7 Alasan Mengapa Memilih PES 2017 Dibandingkan FIFA 2017

Dengan bangga ditulis oleh: Dony Septian Raditya

Dengan latar belakang sebuah kamar. “Goooolllllll……modar ndes kebobol”, ucap Paidi kepada Kirno. “Stik mu sing iki rapenak kok ndes (Stik mu yang ini kurang enak kok)”. Alasan klise yang keluar dari mulut seorang pemain yang tidak terima karena kebobolan. Selain alasan itu, ada juga alasan lain seperti “Aku ngalah kok ben kowe seneng (Aku ngalah aja kok biar kamu senang)”. Sungguh pernyataan yang tidak enak didengar oleh telinga, jika kata – kata itu terucap oleh pria kepada pria sebangsanya. Seakan – akan si pria tersebut merasa kalau dia akan selalu mengalah demi membahagiakan pria yang disayanginya. Hmmm…jijik.

Yup, itulah sekilas kehidupan nyata seorang gamer yang suka bermain game sepak bola virtual. Berbicara tentang game sepak bola, tak lengkap rasanya kalau tidak menyebut 2 raksasa penguasa game sepak bola, Pro Evolution Soccer (PES) dan FIFA. Kedua raksasa game sepak bola tersebut mempunyai jutaan bahkan milyaran penggemar di penjuru dunia. Mulai dari anak laki – laki yang masih sekolah dasar sampai anak laki – laki dewasa yang sudah punya anak sekolah dasar. Pro Evolution Soccer (PES) merupakan game keluaran dari KONAMI, pabrikan asal negeri sakura. Sedangkan FIFA merupakan game keluaran dari EA Sports yang bermarkas di negeri Paman Sam.

PES 2017 vs FIFA 2017

Banyak yang masih bertanya – tanya. Mana yang lebih baik antara PES 2017 dengan FIFA 2017? Tentu saja saya akan menjawab PES 2017 lah yang lebih baik. Memang pada dasarnya FIFA 2017 lebih unggul dalam segi grafiknya, akan tetapi PES 2017 mampu mengungguli FIFA 2017 dalam hal pengalaman bermain. Berikut 7 Alasan Memilih PES 2017 dibandingkan FIFA 2017. Cekidot.

1. Sentuhan Yang Menawan

Grafis PES 2017

Hal pertama yang membuat PES 2017 sedikit diatas angin yaitu dalam hal sentuhan pemainnya atau Real Touch. Dalam dunia nyata, setiap pemain bola pastinya mempunyai sentuhan khusus dalam mengontrol bola. Misalnya, Ronaldo dan Bale. Jika kalian melihat kedua pemain sayap tersebut, tentunya kalian pasti tahu kalau tipikal kedua pemain tersebut yaitu mengandalkan kecepatannya. Saat kalian bermain PES 2017, Real Madrid memang sulit dikalahkan, bukan? Ya, karena saat Ronaldo atau Bale menggiring bola, kalian akan merasa bahwa kedua pemain tersebut sulit dikejar.

Sama seperti aslinya, kedua pemain tersebut memang selalu membuat kewalahan semua lawannya. Selain itu, ada pemain lain yang mempunyai sentuhan yang sangat menawan. Yup, Lionel Messi. Dalam PES 2017, kontrol bola Messi memang sangat ciamik. Sama halnya di dunia nyata. Dengan mudahnya Messi melewati satu dua pemain. Nah, PES 2017 memang memberikan pengalaman nyata saat pemain yang kalian kontrol itu memang sentuhannya terasa pemain yang sebenarnya.

2. Passing Semakin Tepat Sasaran

Passing PES 2017

Jika kalian pernah main FIFA tentunya kalian pernah mengalami passing yang salah. Akan tetapi pada PES 2017 ini, kalian tidak perlu khawatir. Karena game buatan Konami ini juga bisa dibilang bahwa passing itu adalah karya seni. Lihat saja permainan mengagumkan Barcelona yang mengandalkan passing – passing pendek. Jika kalian bermain PES 2017, bukan tidak mungkin kalian juga bisa memainkan permainan yang sama dengan permainan Barcelona yang biasa disebut tiki-taka. Dengan akurasi passing yang pas dan didukung dengan sentuhan yang menawan. Dijamin permainan kalian akan membuat orang lain melongo.

3. Kiper Yang Susah Dibobol

Kiper PES 2017

Jangan kaget kalau dalam PES 2017 nanti, penjaga gawang akan sulit untuk dibobol. Ya, karena fitur terbaru PES 2017 yang dinamakan Goal Keeping. Tentunya jika kalian berhadapan One on One dengan penjaga gawang, bersiaplah menerima reflek penjaga gawang yang mengejutkan. Dalam fitur terbaru ini, kalian bakal melihat gerakan dan animasi baru ketika si penjaga gawang tiba-tiba makbedunduk berusaha menyelamatkan gawang mereka. Tentunya, setiap serangan yang kamu bangun akan jauh lebih dramatis untuk mencetak sebuah gol.

4. Instruksi Kepada Pemain Bisa Dikontrol

Control PES 2017

Dalam sebuah permainan, pastinya harus diperlukan sebuah kontrol instruksi dalam hal menyerang maupun bertahan. Nah, PES 2017 memberikan pengalaman yang membuat kalian bisa mengatur instruksi sesuai ideologi permainan kamu. Selain itu, dengan total team control akan lebih membuat tipikal permainan kamu semakin cemerlang. Menurut Konami, sekarang kamu bisa mengubah dengan cepat mental tim dari mode bertahan langsung menyerang alias counter attack, begitu pun sebaliknya. Jadi, kalian bisa dengan sigap mengatur ritme permainan di lapangan.

5. Set Piece Strategy

PES 2017 Free Kick

Jika dalam hal Set Piece atau Tendangan Bebas, PES lebih mudah diandalkan dibanding FIFA. Jujur saja, dalam 5 percobaan saya melakukan tendangan bebas dalam PES, 4 tendangan berhasil masuk ke gawang dan 1 yang hanya menyenggol tiang. Kalau dalam hal corner kick, PES juga sangat bisa diandalkan untuk mencuri sebuah gol. Akan tetapi, dalam PES 2017 ini. Kalian akan merasakan sedikit tantangan dalam hal set piece. Ya, dengan adanya fitur Set Piece Strategy kalian bisa mengatur posisi bertahan saat lawan melakukan set piece. Dengan itu, akan sedikit sulit untuk bisa mencuri gol lewat set piece.

6. Teknologi Kecerdasan Buatan Semakin Canggih

PES 2017 artifical intelligence

Jika kalian bermain PES 2017 ke bawah, tentunya bisa dengan mudah memenangkan permainan melawan komputer dari level Amateur sampai Superstar. Akan tetapi, ada hal menarik jika kalian bermain PES 2017 melawan komputer. Dengan teknologi Kecerdasan Buatan (Artifical Inteligent) yang semakin canggih, jangkrik setan alas kalian akan sulit untuk bisa memenangkan pertandingan. Siap – siap saja kalian akan semakin sulit untuk merebut bola dan siap – siap kalian halau counter attack yang mengerikan dari pemain yang dikontrol oleh komputer.

7. Pergerakan Pemain Yang Tidak Bisa Diduga

natural player movement

Ini dia hal terakhir yang membuat PES 2017 masih diatas FIFA. Adanya teknologi Natural Player Movement yang memungkinkan pergerakan pemain yang sulit diduga. Jika dulu saat kalian bermain PES versi lama saat kalian memegang bola. Kalian akan kebingungan untuk mengoper karena tidak ada pemain yang membuka ruang. Akan tetapi, pengalaman berbeda saat kalian bermain PES 2017 yang mengandalkan pergerakan pemain. Kalian bisa mengandalkan teknologi ini untuk mencuri gol dengan killing pass yang ciamik pastinya. Bukan tidak mungkin musuh kalian akan semakin stress.

Nah, itulah 7 Alasan Memilih PES 2017 Dibandingkan FIFA 2017. Jika kalian bisa menggabungkan semua teknik mulai dari sentuhan, passing dan kontrol permainan. Tentunya kalian bisa mendapat julukan sesepuh PES 2017. Oh iya, jika kalian penasaran dengan kekuatan bermain PES 2017 dengan saya (si penulis ini). Kapan – kapan bisa kok main PES 2017 online hehe. Jangan kaget kalau kalian akan saya pecundangi hanya dengan Tim Medioker :D