10 Laptop Untuk Photoshop Terbaik dan Paling Laris

Banyak dari para remaja saat ini yang suka dengan hal berbau desain. Entah itu menggambar maupun edit foto karena dirasa memberikan rasa senang melihat banyak hal yang beragam. Hal ini membuat anak muda makin kretif dalam menciptakan suatu karya seni. Untuk mendukung semua itu, pastinya memerlukan sebuah perangkat yang bisa diandalkan menjalankan aplikasi seperti Ilustrator, 3D Max, ataupun Photoshop. Buat sahabat arena yang berprofesi sebagai editor foto maupun fotografer tentu memiliki kriteria khusus dalam memilih suatu laptop sebagai senjatanya. Jika menginginkan laptop untuk photoshop yang dapat digunakan setiap hari, sahabat arena perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Laptop Untuk Photoshop

Prosesor yang Utama

Prosesor sangat penting bagi laptop untuk desain grafis maupun digital imaging. Sebab prosesor yang paling bertanggung jawab dari setiap proses atau perintah yang diberikan pengguna. Prosesor laptop punya rancangan khusus dan berbeda dengan prosesor untuk desktop. Namun, tak perlu khawatir karena meski berbeda prosesor, prosesor yang ada pada laptop masih tetap tangguh menjalankan aplikasi berat.

Disarankan setidaknya laptop untuk photoshop minimal menggunakan prosesor Intel Core i3. Atau kalau yang terbiasa dengan AMD bisa mencari spec yang sepadan, seperti A6, A8, A10, dan seri FX yang sangat powerful.

Grafis Harus Mumpuni

Sudah pasti laptop untuk photoshop harus dibekali dengan kartu grafis yang memukau, gunanya adalah untuk menampilkan visual yang tajam dan detail. Untuk mendapatkan tampilan yang bagus, harus memiliki GPU tersendiri minimal berkapasitas 2GB. Sekarang ini sudah banyak laptop untuk desain grafis dan digital imaging dengan harga 6 jutaan. Biasanya terdapat GPU dari Intel Graphics, Nvidia ataupun AMD ATI Radeon yang cukup menunjang kegiatan editing foto maupun mengolah grafis.

Perhatikan RAM

RAM sangat berpengaruh dalam performa untuk mengedit foto atau desain grafis. Agar pekerjaan sahabat arena bisa berjalan lancar, minimal laptop untuk photoshop butuh RAM 4GB. Selain itu akan lebih baik apabila laptop terdapat slot memori tambahan, jika sewaktu-waktu perlu mengupgrade agar performa makin mantap dan kencang.

10 Laptop Untuk Photoshop Terbaik dan Paling Laris

1. Acer E5 553G-114Q

Acer E5-553G-114Q

Rekomendasi pertama laptop untuk photoshop ada Acer E5-553G-114Q. Hadir dengan layar 15,6 inch beresolusi HD yang didukung prosesor AMD Quad Core A12 dan kartu grafis AMD Radeon R8. Apalagi laptop ini punya fitur dual storage yang menggabungkan SSD tambahan dengan HDD 1TB. Bentuknya yang ringkas bisa dibawa kemanapun dengan nyaman. Untuk melihat harga dan spesifikasi lengkapnya silahkan kunjungi halamannya disini.

2. Dell Inspiron 3467

DELL Inspiron 3467

Jika membutuhkan laptop untuk photoshop yang tak terlalu diperuntukkan secara teratur, ada DELL Inspiron 3467 yang dibanderol dengan harga terjangkau. Spesifikasi yang ditanamkan cukup berkelas untuk menunjang kegiatan editing foto maupun video. Dibekali dengan Intel Core i5 dengan kecepatan 3,1GHz untuk menjalankan proses atau perintah secara cepat. Didukung pula dengan kapasitas penyimpanan mencapai 1TB HDD. Untuk spesifikasi dan harganya bisa lihat disini.

3. Lenovo 310-15ABR

Lenovo 310-15AbR

Lenovo 310-15ABR ini bisa dibilang merupakan laptop yang cukup populer, terutama untuk anak desain. Dibanderol dengan harga yang cukup bersahabat, yakni Rp 7 jutaan sudah dilengkapi prosesor Quad Core 12 dan memori RAM 8GB. Sangat cocok bagi yang mencari laptop untuk photoshop maupun desain grafis. Laptop ini juga menyediakan 1 slot ekstra untuk mengupgrade memori RAM. Lebih jelasnya lihat disini.

4. HP Pavilion 14-AF118AU

HP Pavilion 14-AF118AU

Bagi yang tidak memiliki budget lebih namun membutuhkan laptop untuk photoshop setiap harinya, ada pilihan menarik dari HP Pavilion 14-AF118AU. Harga laptop ini sangat terjangkau sekitar Rp 4,1 juta yang sudah tertanam prosesor AMD A8 Quad Core berkecepatan 2,2GHz. Cukup memadai untuk penggunaan komputasi macam editing atau desain yang ringan, apalagi didukung dengan GPU AMD Radeon R5. Selengkapnya lihat disini.

5. Asus Zenbook UX410UQ

Asus ZenBook UX410UQ

Apabila sahabat arena seorang profesional fotorgrafer, freelancer, atau desainer, Asus Zenbook UX410UQ ini cocok untuk jadi teman kerja. Perangkat ini sangat ideal digunakan untuk kalangan desainer dan memadai mengedit foto menggunakan photoshop ataupun video. Desainnya yang simpel memberikan portabilitas cukup baik dengan tenaga memukau dari Intel Core i7. Harganya sekitar Rp 14 jutaan. Supaya lebih jelas bisa langsung lihat disini.

6. Dell XPS 13

Dell XPS 13

Dell XPS 13 hadir dengan desain yang ramping, ringan, dan menawan. Dibekali Intel Kelby Lake dari Core i7 dan layar ‘Infinty Edge’ memberikan kenyamanan saat digunakan untuk kegiatan grafis, edit foto dan video hingga gaming. Harganya memang mahal sekitar Rp 18 jutaan, namun untuk kalangan desainer dan fotografer laptop ini sangat dijagokan. Selengkapnya sahabat arena bisa lihat detail spesifikasinya disini.

7. HP Zbook 14 G2 Mobile Workstation

HP Zbook 14 G2

Rekomendasi laptop untuk photoshop selanjutnya adalah HP Zbook 14 G2 Mobile Workstation. Laptop ini bukan laptop tidak ditujukan untuk kalangan pengguna biasa, melainkan perangkat yang dirancang sebagai mobile workstation. Jadi tidak hanya garang dari sisi performanya, tapi juga ringan. Tenaganya dibenamkan Intel Core i7 yang disokong dengan dual VGA yang memukau untuk grafis, editing maupun gaming. Selengkapnya bisa lihat disini.

8. Apple Macbook Pro MPXQ2

Apple Macbook Pro MPXQ2

Ingin mencari laptop untuk photo editing dan desain grafis dengan tenaga menawan? Apple Macbook Pro MPXQ2 ini bisa jadi alternatif terbaik. Tampil dengan layar 13 inch LED-Backlight Retina Display membuat laptop ini nyaman digunakan berjam-jam. Prosesornya ditanamkan Intel Core i5 menunjang kegiatan multitasking dengan lancar dan di sokong oleh RAM 8GB untuk kinerja yang makin optimal. Lebih jelasnya lihat disini.

9. Lenovo IdeaPad Yoga 3 Pro 1370

Lenovo Yoga 3 Pro

Laptop hybird keluaran Lenovo ini juga direkomendasikan untuk aktivitas desain dan editing. Dibekali spesifikasi yang berkelas akan memberikan pengalaman menyenangkan saat bekerja atau menikmati multimedia. Tenaga mesinnya dipercayakan kepada Intel Core M-5Y70 dan memori RAM berkapasitas 8GB, serta menyematkan kartu grafis berupa Intel Graphics 5300. Untuk harganya Lenovo Yoga 3 Pro ini dibanderol Rp 13 jutaan. Selengkapnya bisa dilihat disini.

10. Acer Aspire V15 Nitro VN7

Acer Aspire V15 Nitro VN7

Acer menghadirkan Aspire V15 Nitro VN7 untuk keperluan desain grafis, editing, dan gaming. Berbekal prosesor Intel Core i7, pekerjaan edit foto atau video pun akan terasa mengagumkan dengan tampilan layar 15,6 inch. Penggunaan grafisnya berupa Nvidia GeForce GTX yang menghasilkan objek yang jernih dan tajam, cocok untuk membantu pekerjaan fotografer atau videografer. Untuk harga dan spesifkasi lengkapnya bisa lihat disini.

Itu tadi beberapa alternatif pilihan buat sahabat arena yang ingin mencari laptop untuk photoshop. Harga laptop yang diberikan rata-rata memang cukup mahal karena untuk mewadahi sahabat arena yang berprofesi sebagai fotografer, freelancer, fotografer, videografer hingga desainer. Memang ada laptop yang ditawarkan dengan harga murah untuk menunjang kebutuhan desain ataupun editing. Akan tetapi jika ingin lebih nyaman dan tak khawatir laptop menjadi lemot di kemudian hari, memang diperlukan untuk mengorbankan sedikit pengeluaran.

ArenaLaptop Editor