VPN vs Proxy, Mana yang Lebih Menguntungkan? Berikut Pembahasan

VPN vs Proxy, mana yang lebih menguntungkan? Dalam menentukan sebuah pilihan untuk keamanan dimana kita harus memikirkan hal-hal yang terbaik kedepannya. Kedua teknologi ini memiliki kemampuan untuk mengamankan data dan informasi online dari sahabat arena. Mana yang harus saya gunakan antara VPN vs Proxy? Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, alangkah baiknya sahabat arena menyimak pengertian dari kedua layanan tersebut. Berikut ulasannya.

VPN vs Proxy

Tentang VPN

VPN atau Virtual Private Network (Jaringan Privat Virtual) adalah simulasi LAN pribadi yang untuk memperluas lintas internet sehingga sahabat arena bisa mengunjungi ke berbagai situs web dengan cara anonim. Data yang dimiliki sahabat arena sudah dienkripsi oleh VPN, dengan begitu informasi dari sahabat arena akan tetap aman. Ini merupakan salah satu keuntungan yang dimiliki oleh VPN.

Menggunakan VPN menjadi salah satu hal yang terbaik, karena mereka menawarkan banyak fitur-fitur keamanan. Berkemungkinan besar sahabat arena akan mengurangi terlacaknya kegiatan online sahabat arena pada saat berinternet. Mulai dari kata sandi sahabat arena serta data-data yang sensitif atau ancaman-ancaman yang ingin merusakkan privasi sahabat arena.

VPN menjadi sebuah alat yang bisa menyembunyikan alamat IP sahabat arena, sehingga sahabat arena bisa berinternet dengan nyaman. Beberapa penyedia layanan VPN memberikan server yang begitu luas, hal ini akan membuat para pengguna dari VPN bisa terakses ke internet dari berbagai arah melalui server VPN. Memungkinkan sahabat arena menerima internet tak ada batasan.

Mengapa Kita Harus Menggunakan VPN

Mengapa kita harus menggunakan VPN? Hal ini tidak jauh dari lokasi dengan sejumlah server yang sangat luas, memungkinkan sahabat arena dapat mencegah persoalan geolokasi. Sahabat arena tidak perlu untuk merepotkan diri ketika mencari cara agar bisa terkoneksi dengan berbagai konten terlarang. VPN sangat memungkinkan untuk menghubungkan sahabat arena ke konten terlarang secara aman dan mudah.

VPN mampu mengkoneksikan sahabat arena ke internet dengan aman dari koneksi manapun, baik itu secara publik maupun privat. Selain itu, VPN juga menyediakan keamanan tambahan serta enkripsi yang bekerja sebagai alat untuk memproteksi lalu lintas sahabat arena, terutama sahabat arena yang menggunakan WiFi publik. Apabila peretas berusaha untuk mengakses pada informasi sahabat arena, maka enkripsi dari VPN akan memastikan kalau data sahabat arena tidak bisa diretas.

ISP bisa membatasi sahabat arena, apabila sahabat arena ingin menggunakan aplikasi yang terbatas atau mengunjungi website yang yang tidak bisa dijangkau. Tak hanya itu, streaming video tertentu, ISP mampu membatasi sahabat arena. Akan tetapi karena VPN merupakan layanan yang bisa diandalkan, maka semua hal yang telah dibatasi atau diblokir oleh ISP bisa terbuka dengan cara otomatis melalui VPN.

Tentang Proxy

Proxy

Walaupun proxy menjadi salah satu layanan yang lebih mudah apabila dibandingkan dengan VPN, namun proxy tidak serbaguna. Ketika menggunakan proxy dalam peramban internet, maka sahabat arena akan mengatakan internet terlebih dahulu dan mengarahkan kepada server yang independen. Memungkinkan alamat IP sahabat arena akan disembunyikan dan mampu menyembunyikan lokasi sahabat arena.

Fungsi utama dari proxy ini, yaitu menghindari filter, misalnya blokir geolokasi hingga blokir yang berasal dari website tertentu. Sebagai contoh, apabila sahabat arena ingin mengunjungi website yang memiliki konten sensor, maka sahabat arena harus menggunakan proxy. Dengan adanya proxy, website apapun yang memiliki konten sensor bisa dibuka oleh sahabat arena.

Disebabkan banyak website yang sudah diblokir oleh berbagai negara yang ada diseluruh dunia. Hal yang paling utama ini terjadi karena adanya aturan dari penyensoran terhadap lokasi sahabat arena. Nah dengan adanya proxy ini, maka sahabat arena bisa melampaui aturan tersebut sehingga bisa mengakses ke website yang sudah diblokir oleh ISP

Mengapa Kita Harus Menggunakan Proxy

Proxy mampu memberikan kepada sahabat arena proteksi dasar, sehingga bisa mengamankan semua aktivitas dan privasi online sahabat arena. Karena berbagai data situs sahabat arena, terlebih dahulu akan dikirimkan pada server proxy. Lalu kemudian baru dikirimkan ke berbagai situs web yang diinginkan oleh sahabat arena. Tapi tenang sahabat arena bisa menjaga alamat IP tetap aman.

Hal ini memberikan proteksi pada pengawasan eksternal. Tetapi sahabat arena harus ketahui kalau pemilik dari server proxy dapat mengakses ke data sahabat arena, biasanya ini akan menyimpan beberapa catatan sahabat arena. Dengan menggunakan proxy sahabat arena bisa mendapat sejumlah iklan yang sahabat arena terima. Iklan muncul, karena adanya alamat IP yang telah tersembunyi.

Apabila sahabat arena mengkhawatirkan berbagai iklan yang ada, maka sahabat arena harus memastikan kalau pemilihan proxy harus tepat. Disebabkan ada beberapa proxy yang justru menampilkan iklan mereka terhadap website yang akan dikunjungi oleh sahabat arena. Mereka melakukan hal ini seperti memblokir iklan yang lain, kemudian mereka menggantikan iklan yang dimiliki oleh mereka sendiri.

Jadi, Mana Yang Lebih Menguntungkan, VPN vs Proxy?

Mana yang lebih menguntungkan, VPN vs Proxy? Pada saat sahabat arena ingin memilih VPN ataupun proxy, sahabat arena harus mengikuti aturan yang sederhana – jangan menggunakan proxy. Memang akan ada situasi yang tertentu dimana proxy akan menjadi pilihan yang tepat. Namun tetap saja VPN akan menjadi lebih unggul dalam pertandingan antara VPN vs Proxy. Hal ini sahabat arena bisa melihat dari keamanan, kecepatan, kemudahan dan fungsionalitas.

Pada umumnya VPN dan Proxy akan membuat sahabat arena bisa berselancar di berbagai website yang ada. Jika VPN menjadi lebih unggul dari proxy, maka sahabat arena harus menerima paket-paket yang lebih mahal saat memilih VPN. Maka dari itu, saat ingin mengakses kedua layanan tersebut, sahabat arena harus memperhatikan dengan baik. Hal ini agar tidak membuat sahabat arena merasa kecewa ketika sahabat arena telah memilih salah satu dari kedua layanan tersebut.

Kesimpulan

Kesimpulan dari VPN vs Proxy kita bisa dapatkan kalau VPN mampu memenuhi fungsi dari layanan proxy. Disebabkan VPN memiliki fitur-fitur yang menarik untuk digunakan oleh para pengguna sehingga mereka bisa berselancar pada saat berinternet. Itulah sebabnya VPN vs Proxy yang lebih unggul adalah layanan dari Virtual Private Network atau VPN.

Tapi perlu diingatkan jika sahabat arena ingin menggunakan, sahabat arena harus berhati-hati dalam memilih VPN. Pada umumnya penyedia VPN terbagi dua layanan, yaitu premium atau berbayar dan gratis. Namun tetap saja yang akan lebih unggul adalah VPN premium. Jika sahabat arena menggunakan layanan yang gratisan, maka sama hal dengan sahabat arena tidak memikirkan keamanan dari informasi.

ExpressVPN

Dalam artinya VPN gratis akan menjadi lebih renda jika dibandingkan dengan Proxy, maka dari arena laptop menyarankan VPN yang layanan premium. Ada dua VPN yang terpopuler dari arena laptop, yaitu ExpressVPN dan NordVPN. Walaupun kedua layanan ini harus dibayar setiap paketnya, namun mereka juga menjaminkan keamanan yang terbaik. Bahkan sahabat arena bisa mendapatkan uang jaminan jika tidak menyukainya.

ArenaLaptop Editor