VPN vs VDI, Mana Yang Sebaiknya Digunakan? Berikut Ini Faktanya

Kemampuan dalam akses jaringan internal dengan cara yang jauh sudah ada sejak beberapa dekade. Bahkan sejak beberapa tahun yang lalu opsi dalam mengakses jaringan sudah muncul, seperti VPN dan juga VDI. Dan kini banyak pengguna yang begitu antusias untuk membandingkan antara VPN vs VDI. Dimana mereka sangat bingung dalam memilih sebuah jenis jaringan yang mana untuk digunakannya.

VPN vs VDI

Jika sahabat arena merasa salah sulit dalam memilih antara VPN vs VDI, maka disini arena laptop akan menghilangkan rasa kesulitan saat memilihnya. Disebabkan pada artikel ini arena laptop akan membahas mengenai VPN vs VDI dan mana yang harus atau wajib digunakan oleh sahabat arena. Sebelum kita masuk kedalam pembahasan utama disini arena laptop akan menjelaskan tentang apa itu VPN dan VDI.

Apa Itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) merupakan salah satu layanan yang mampu memberikan perlindungan dengan kecepatan tinggi saat berinternet. Teknologi ini sangat canggih, dimana VPN mampu membuat sebuah terowongan yang berfungsi untuk mengenkripsi semua data-data dari pengguna. Namun, perlu diperhatikan kalau ingin terenkripsi usahakan sahabat arena sudah terhubung dengan server milik VPN.

Sudah banyak perusahaan yang menggunakan layanan VPN dalam artinya untuk mengamankan semua informasi yang telah dianggap penting oleh mereka. Jadi, VPN ini menjadi salah satu perangkat yang dapat membantu sahabat arena dalam melindungi informasi yang sensitif. Selain itu, VPN juga akan menyembunyikan alamat IP dari sahabat arena ketempat yang telah disediakannya.

Dengan adanya VPN semua aktivitas online bisa dijalankan dengan baik oleh sahabat arena. Jadi sahabat arena tak perlu khawatir dalam memikirkan kehidupan digital dari sahabat arena. Pada umumnya VPN ini sangat berperan penting di Chrome dan Firefox dan browser lainnya. Bahkan, layanan VPN juga mampu memberikan perlindungan terbaik buat smartphone dan komputer atau PC yang dimiliki oleh sahabat arena.

Apa Itu VDI?

Apa Itu VDI

VDI (Virtual Desktop Infrastructure) merupakan sebuah layanan yang digabungkan dari beberapa teknologi seperti VM atau Virtual Mesin, Microsoft App-V dan  Citrix. VDI mampu membuat pengolahan dekstop di perusahaan besar menjadi lebih mudah. Selain ini juga bisa membuat pengolahan dan operasional menjadi lebih sederhana, tapi sulit untuk mengoperasikan aplikasi secara yang kompleks.

VDI ini memungkinkan untuk menyimpan aplikasi pada server pusat profesional dalam mesin fisik. Hal ini bertanda kalau sahabat arena bisa mengakses pada dekstop virtual sama yang berasal dari sebuah mesin fisik manapun. Virtual Desktop Infrastructure memungkinkan untuk dekstop virtual beroperasi diatas pusat data. Karena ini menggunakan komputasi server dalam dekstop virtual secara hypervisor.

Virtual Desktop Infrastructure ini memiliki manfaat yang mampu memberikan standarisasi terhadap dekstop enviroment dan bisa diakses secara terus-menerus walau dimanapun. Pada umumnya dengan VDI, pengguna bisa memiliki sistem secara khusus yang berbasis Windows dan dapat dikonfigurasi yang sesuai dengan keinginan mereka.

Perbandingan Antara VPN Vs VDI

Jika sahabat arena telah memahami tentang apa itu VPN dan juga VDI, maka disini arena laptop akan memberikan perbandingan antara VPN vs VDI. Perbandingan antara kedua layanan tersedia bisa dilihat dari kinerja kerjanya, keamanan hingga harga yang dimilikinya. Bagaimana perbandingan antara VPN vs VDI ini? Mari kita simak pembahasan yang ada dibawah ini.

1. Koneksi

Perbandingan yang pertama bisa dilihat dari koneksi yang dimiliki oleh kedua layanan tersebut. VPN hanya tergantung pada hardware atau perangkat keras pengguna sehingga koneksi internet bisa berjalan dengan baik. Sementara VDI biasanya akan digunakan untuk AutoCAD atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mendesain. Hal ini akan membutuhkan berbagai daya pemrosesan.

2. Keamanan

VPN adalah sumber keamanan untuk melindungi privasi internet sahabat dan data-data serta alamat IP dari sahabat arena. Berbeda dengan layanan VDI dimana layanan VDI memiliki keamanan tambahan. Walaupun memiliki keamanan tambahan, hal ini juga bisa berdampak buruk. Ini dikarenakan risiko terhadap keamanan data yang tidak bisa mengontrol dengan baik, tetap saja menjadi hal yang sia-sia.

3. Harga

Penyedia layanan VPN ada banyak sehingga harga dari setiap VPN berbeda, bahkan setiap paket yang dimiliki oleh VPN tersebut juga berbeda. Jadi, harga dari VPN ini hanya bergantung oleh sahabat arena, namun tetap saja harga yang paling besar maka tingkat kinerja dari VPN akan menjadi lebih baik. Sedangkan layanan VDI memiliki harga yang termahal, disebabkan VDI memiliki lapisan tambahan terhadap software yang dibutuhkan dalam menghost sistem VDI, biasanya paling umum VMware atau Citrix.

Jadi, Mana Yang Sebaiknya Digunakan? Apakah VPN atau VDI?

Jadi, mana yang sebaiknya digunakan antara VPN vs VDI? Memang pada umumnya sangat sulit dalam menentukan suatu perbandingan dari kedua layanan. Nah perbandingan antara VPN vs VDI, arena laptop merekomendasikan layanan VPN. Kenapa? Jika sahabat arena ingin mendapatkan koneksi yang aman saat berinternet dengan harga yang murah, sahabat arena bisa menggunakan VPN. Mungkin inilah yang menjadi keunggulan dari VPN terhadap layanan VDI atau Virtual Desktop Infrastructure.

Rekomendasi VPN Terbaik Untuk Anda

Nah, bagaimana dengan perbandingan diatas apakah sahabat arena sudah mendapatkan solusi terbaik?.. Apakah sahabat arena sudah jelas dari yang mana harus digunakan oleh anatara VPN vs VDI…? Untuk sahabat arena yang ingin menggunakan layanan VPN terbaik, sahabat arena bisa memilih antara satu dari kedua VPN yang akan diuraikan seperti yang ada dibawah ini.

1. NordVPN

NordVPN

NordVPN merupakan VPN yang berbasis di Panama dengan kemampuan terbaik dalam keamanan serta kecepatan saat berinternet. Jika sahabat arena masih mengkhawatirkan dengan keamanan privasi sahabat, mungkin sahabat arena bisa menghilangkan kekhawatirannya dengan menggunakan layanan NordVPN.

Bahkan banyak pengguna yang telah menggunakan layanan NordVPN, jadi sahabat arena tak perlu ragu dengan NordVPN. Jika sahabat arena masih ragu dengan layanan NordVPN ini, sahabat arena bisa melihat pada situs resminya untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap. Klik disini untuk mengunjungi situs resminya.

2. ExpressVPN

ExpressVPN

Selain NordVPN sahabat arena juga masih bisa menggunakan layanan VPN dan layanan VPN yang direkomendasikan adalah ExpressVPN. Sesuai dengan namanya dimana layanan ExpressVPN mampu memberikan akses dengan pengalaman yang tercepat

Tak hanya menambahkan kecepatan, ExpressVPN juga bisa mengamankan semua keperluan online dari sahabat arena. Hal ini dikarenakan mereka telah menggunakan enkripsi yang sangat tangguh sehingga mampu mengamankan semua kegiatan online sahabat arena. Klik disini untuk informasi yang lebih jelas mengenai ExpressVPN ini.

Penutup

Demikianlah pembahasan kali ini… Semoga bisa bermanfaat bagi sahabat arena yang ingin mencari tahu tentang layanan apa yang harus digunakan oleh sahabat arena, antara VPN vs VDI. Jika jawaban yang ada diatas masih kurang jelas, sahabat arena masih bisa mendapatkan jawaban yang lebih baik ketika sahabat arena menggunakan salah dari VPN yang telah disebutkan diatas. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel artikel berikutnya…

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor