10 Laptop yang Cocok Untuk Ubuntu Terbaik dan Paling Laris

Saat ini memang banyak produk laptop yang menggunakan sistem operasi berbasis Windows. Namun, jika Sahabat Arena bosan dengan sistem operasi tersebut, beralih ke sistem operasi Linux bisa menjadi pilihan yang tepat. Salah satunya alternatifnya, bisa coba menggunakan Ubuntu. Mungkin beberapa di antara Sahabat Arena masih belum familiar dengan sistem operasi tersebut. Ubuntu merupakan salah satu distribusi sistem operasi Linux dengan berbasis Debian dan memiliki interface desktop. Sebenarnya tidak sulit dalam memilih laptop yang cocok untuk Ubuntu. Namun, jika ingin performa yang baik tentunya Sahabat Arena perlu mempertimbangkan laptop yang sesuai untuk itu.

Laptop yang Cocok Untuk Ubuntu

Nah, berikut ini Arena Laptop akan membahas berbagai laptop yang cocok untuk Ubuntu. Namun sebelum itu, mari simak lebih dulu panduan dalam membeli laptop yang sesuai untuk menjalankan sistem operasi tersebut.

Prosesor

Poin pertama yang harus Sahabat Arena pertimbangkan dalam memilih laptop yang sesuai untuk menjalankan sistem operasi Ubuntu adalah prosesor yang digunakan laptop tersebut. Sistem operasi Linux biasanya mendukung berbagai jenis prosesor. Akan tetapi, untuk kinerja yang lebih baik, Sahabat Arena bisa memilih beberapa sistem operasi berikut, yaitu Intel Atom, Intel Core i7, Intel Core 2 Duo, dan AMD.

Kartu Grafis dan RAM

Poin berikutnya adalah mempertimbangkan kartu grafis yang digunakan. Untuk urusan kartu grafis, laptop yang cocok digunakan untuk Ubuntu minimal didukung dengan kartu grafis Intel HD, Intel HD 4000, Intel GMA 4, dan Nvidia serta Radeon Graphics. Selain itu, untuk menunjang kinerja kartu grafis dan prosesor, dibutuhkan RAM dengan kapasitas yang bisa dikatakan standar. Kapasitas RAM 2 hingga 4GB mungkin bisa menjadi kapasitas standar.

Media Penyimpanan

Jika ingin menyimpan data dalam jumlah yang besar, tentunya laptop yang dibutuhkan juga harus memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Hal ini juga berpengaruh pada saat booting ke sistem menggunakan sistem operasi Ubuntu. Laptop yang memiliki kapasitas besar, tentu bisa menjalankan booting dengan lebih cepat. Untuk kinerja yang lebih cepat, Sahabat Arena bisa memilih laptop dengan penyimpanan berupa solid state drive (SSD). Sebab, dibandingkan harddisk, SSD memiliki kecepatan dua kali lipat.

10 Laptop yang Cocok untuk Ubuntu Terbaik dan Paling Laris

1. Dell XPS 13

Dell XPS 13

Dell XPS 13 merupakan salah satu laptop yang didesain sebagai laptop premium dan juga cocok digunakan untuk menjalankan Ubuntu. Sebab, selain dilengkapi sistem operasi Windows 10 Pro, Dell XPS 13 juga didukung sistem operasi Linux. Meski harganya terbilang mahal, yaitu sekitar Rp18 juta, laptop Dell yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Sahabat Arena yang suka dengan laptop berdesain mewah dan memiliki bobot ringan, Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

2. Dell Inspiron 14-3458

Dell Inspiron 14-3458

Seperti laptop Dell sebelumnya, laptop Dell yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan laptop yang cocok untuk Ubuntu. Selain dilengkapi sistem operasi Linux, Dell Inspiron 14-3458 juga ditenagai prosesor Intel Core i3-4005U dengan kecepatan 1.7GHz. Spesifikasi lengkap Dell 14-3458 bisa dilihat di sini.

3. Acer Aspire ES1-432

Acer Aspire ES1-432

Dengan harga yang relatif murah, Acer Aspire ES1-432 bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Selain harganya yang murah, laptop Acer yang satu ini juga didukung dengan spesifikasi yang cukup lengkap dan juga bisa menjalankan sistem operasi Ubuntu, karena laptop Acer ini juga telah dilengkapi sistem operasi berbasis Linux. Untuk melihat spesifikasi lengkapnya, bisa melalui link berikut.

4. Acer Aspire V5-132

Acer Aspire V5-132

Masih dari lini yang sama, laptop Acer yang satu ini juga dilengkapi dengan sistem operasi Linux yang tentunya bisa menjalankan Ubuntu. Tidak hanya itu, laptop Acer ini juga dibanderol dengan harga yang cukup murah, yakni sekitar Rp4 jutaan. Untuk urusan kinerja, Acer Aspire V5-132 didukung prosesor Intel Celeron 1019Y dengan kartu grafis Intel HD. Spesifikasi lengkap laptop Acer ini bisa dilihat di link berikut.

5. Acer Swift 3

Acer Swift 3

Laptop yang cocok untuk Ubuntu selanjutnya yaitu Acer Swift 3. Laptop Acer yang satu ini memiliki daya tarik dari bodinya yang tipis dan ringan. Meski mengusung desain tipis, Acer Swift 3 memiliki spesifikasi yang terbilang cukup tinggi. Spesifikasi lengkap Acer Swift 3 bisa dilihat di sini.

6. HP ProBook 440

HP ProBook 440

HP ProBook 440 menjadi laptop lainnya yang juga didukung dengan sistem operasi Ubuntu. Laptop ini tersedia dalam berbagai versi dengan beragam pilihan prosesor, mulai dari prosesor Intel Celeron hingga Intel Core i7. Tidak hanya itu, HP ProBook 440 memiliki daya tahan yang cukup lama. Untuk lebih jelasnya mengenai HP ProBook 440 bisa dilihat di sini.

7. HP Pavilion 15-BC403TX

HP Pavilion 15-BC403TX

Laptop yang cocok untuk Ubuntu berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Sahabat Arena yang memiliki mobilitas Standar. Sebab, laptop besutan HP yang satu ini memiliki ukuran yang 15 Inch yang tentunya akan mendukung visualisasi penggunanya dan memberi keleluasaan yang lebih. HP Pavilion 15-BC403TX juga nyaman digunakan. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di sini.

8. Apple MacBook Air 11.6 MJVM2ID

Apple MacBook Air

Selain didukung dengan Mac OS, produk besutan Apple yang satu ini juga memungkinkan untuk menjalankan Ubuntu karena dilengkapi juga dengan sistem operasi Linux. Tidak hanya itu, laptop yang dirilis Apple ini juga memiliki kinerja yang tangguh untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan. Untuk melihat spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

9. Asus X441BA

Asus X441BA

Asus X441BA menjadi salah satu laptop keluaran Asus yang cocok untuk Ubuntu. Laptop Asus ini ditenagai dengan prosesor AMD A9-9420. Untuk laptop Asus yang satu ini memiliki model stylish dengan banyak pilihan warna. Laptop Asus X441BA memiliki ukuran layar 14 Inch. Prosesor yang digunakan laptop Asus ini juga sudah dilengkapi versi ULV atau Ultra Low Voltage, yang akan membuat penggunaan daya menjadi lebih irit. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

10. Asus A442UR

Asus A442UR

Laptop yang cocok untuk Ubuntu dan menjadi laptop terakhir yang direkomendasikan adalah Asus seri A442UR. Laptop Asus yang satu ini dibekali prosesor Intel Core i5-8250U yang memiliki kecepatan hingga 3.4GHz. Untuk melihat spesifikasi lengkapnya, Sahabat Arena bisa mengunjungi link berikut.

Nah, itulah 10 daftar laptop yang bisa dijadikan pertimbangan jika Sahabat Arena bosan dengan laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Sistem operasi Ubuntu memang masih terbilang jarang digunakan, namun sistem operasi tersebut juga memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihannya adalah Linux atau Ubuntu lebih aman terhadap serangan virus. Hal ini disebabkan, sistem operasi tersebut tidak dijalankan mesin yang rentan serangan hacker, jadi tentunya sistem operasi Ubuntu lebih aman. Selain itu, masih banyak lagi kelebihan yang ditawarkan Ubuntu. Untuk membuktikannya, silakan dicoba langsung dengan salah satu pilihan laptop yang ada di atas. Demikian rekomendasi 10 laptop yang cocok untuk Ubuntu, semoga bermanfaat.

ArenaLaptop Editor