10 Laptop Untuk Desain Grafis Harga 4 Jutaan Terbaik dan Paling Laris

Perkembangan teknologi menjadikan desain grafis merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Dalam dunia desain memungkinkan seseorang untuk mengeluarkan ide-ide kreatifnya lewat sebuat gambar, baik digital maupun cetak. Di sisi lain desain grafis juga berperan besar dalam mempromosikan sebuah produk, seperti kemasan produk, poster, buku, dan lainnya. Untuk memulainya memang tidaklah mudah dan murah, sebab harus didukung fasilitas pendukung semacam laptop/komputer. Namun, bagi desainer pemula yang punya budget terbatas, mau tidak mau harus mencari laptop dengan harga terjangkau. Akan tetapi hal itu tidak perlu dikhawatirkan, sebab disini akan diberikan saran laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan dengan spesifikasi cukup menunjang kegiatan desain.

Laptop Untuk Desain Grafis Harga 4 Jutaan

Syarat Minimum Laptop Desain Grafis

Penting untuk tahu syarat yang harus dimiliki sebuah laptop untuk desain agar aktivitas kreatif sahabat arena dapat berjalan lancar. Pastinya akan sangat menyebalkan jika di tengah-tengah proses desain laptop jadi lambat atau not responding. Berikut syarat yang dibutuhkan laptop untuk desain grafis.

  • Laptop minimal dibekali dengan prosesor Core i3 atau paling tidak punya kecepatan 2,4GHz supaya tidak lag saat running aplikasi desain.
  • RAM juga penting, setidaknya laptop sudah terdapat memori 4GB dan lebih baik yang bisa diupgrade sesuai kebutuhan.
  • GPU punya peran penting dalam mendukung pengolahan desain, terutama saat proses sketsa dan editing. Nvidia GeForce dan AMD ATI Radeon sudah yang paling baik. Usahakan juga paling tidak GPU punya kapasitas 1 atau 2GB.
  • Untuk hardisk bisa disesuaikan dengan keperluan masing-masing. Namun, supaya lebih aman hardisk 500GB atau 1TB sudah cukup. Jikalau ada budget lebih pakai SSD akan lebih mantap.

Semua syarat tadi sebetulnya sudah ada di laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan, tinggal pintar-pintar sahabat arena saat memilih. Di sisi lain untuk desainer pemula harus tahu software desain apa saja yang bisa digunakan pada laptop.

10 Laptop Untuk Desain Grafis Harga 4 Jutaan Terbaik dan Paling Laris

1. ASUS X454YA-BX801D

Asus X454YA

Bagi yang mencari laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan, ada Asus X454YA-BX801D. Hadir untuk memberikan kepuasan dalam komputasi harian apapun kontennya dengan harga yang terjangkau. Laptop ini ditanamkan prosesor AMD Quad Core A8 berkecepatan hingga 2,5GHz, serta didukung RAM 4GB 1600MHz. Lalu GPU dibekali AMD Radeon R5 yang mampu menunjang kegiatan desain grafis. Harga dan spek lainnya lihat disini.

2. Acer Aspire Z3-451

Acer Z3-451

Laptop 14 inci dengan harga yang ekonomis. Dibekali prosesor Quad core AMD A8-7410 dengan teknologi turbo untuk meningkatkan kecepatan pemerosesan data dari frekuensi dasar 2,20GHz hingga 2,50GHz. Prosesornya sudah mendukung komputasi 64bit yang didorong oleh kekuatan RAM sebesar 4GB dan bisa diupgrade hingga 8GB. Kartu grafisnya terintegrasi VGA AMD Radeon R5 yang dibanderol Rp 4,4 juta. Lebih jelasnya lihat disini.

3. HP 14-AN004AU

Harga HP 14-an004AU

Dari spesifikasinya laptop ini bisa digunakan pemakaian desain grafis dan profesional user. Dapur pacunya mengandalkan AMD APU A8 yang cukup kencang dengan dorongan dari memori RAM sebesar 4GB akan memaksimalkan performanya. Laptop berukuran 14 inch ini didukung dengan GPU AMD Radeon R5 2GB yang cukup oke untuk proses editing. Harganya terjangkau, yakni Rp 4,7 jutaan. Selengkapnya silahkan kunjungi halamannya disini.

4. Lenovo Ideapad 110

Lenovo IdeaPad 110-14IBR

Buat desainer pemula yang butuh laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan bisa melirik Lenovo Ideapad 110. Laptop ini juga bisa digunakan untuk bermain game yang dibekali prosesor AMD A9. Kinerja laptop didukung oleh RAM sebesar 4GB dan media penyimpanan sebesar 1TB. Sahabat arena bisa mendapatkan laptop ini dengan harga Rp 4,5 juta. Spesifikasi selengkapnya bisa langsung lihat disini.

5. Acer Z1402-308T

Acer One Z1402

Buat mahasiswa baru jurusan desain, laptop ini bisa jadi andalan dengan harga yang terjangkau. Kemampuannya dibekali prosesor Intel Core i3 yang disokong oleh memori RAM berkekuatan 2GB DDR3. Laptop 14 inch ini memakai kartu grafis Intel HD Graphics 5500 yang dibanderol dengan harga Rp 4,9 jutaan. Sementara untuk kapasitas penyimpanan disediakan hardisk 500GB. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat disini.

6. HP 14-BW018AU

HP 14-BW018AU

Laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan berikutnya ada HP 14-BW018AU. Menawarkan performa yang cukup mumpuni buat desainer pemula dan juga kegiatan multitasking lainnya berkat dukungan prosesor AMD A9 APU. Kinerja prosesor berasitektur ‘Stoney Ridge’ ini punya kecepatan 3,0GHz hingga 3,6GHz, jadi dijamin tak akan lag pada saat proses editing. Apalagi dibekali RAM 4GB yang makin mantap. Selengkapnya lihat disini.

7. Dell Inspiron 3180

Dell Inspiron 11 3180

Hadir dengan layar yang lebih kecil 11,6 inch, mudah dan nyaman untuk dibawa kemanapun. Soal dapur pacunya cukup mantap yang mengandalkan prosesor AMD A9 yang memiliki kecepatan hingga 3,6GHz. Sementara untuk mendukung kegiatan desain grafis ditunjang dengan kartu grafis dari AMD Radeon R5. Makin mantap dengan kekuatan RAM sebesar 4GB dan hardisk 500GB. Dijual harga Rp4 jutaan. Selengkapnya lihat disini.

8. Asus A455LA

Asus A455LA

Laptop Asus seri A455LA ini mungkin jadi salah satu yang terlaris. Harga yang dijual sangat terjangkau, yakni Rp 4,9 juta dengan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk kebutuhan multitasking. Buat para desainer pemula, laptop dari Asus ini jadi opsi yang bagus untuk belajar. Dibekali prosesor Intel Core i3 dan RAM 4GB, serta tersedia kapasitas hardisk 500GB. Info selengkapnya ada disini.

9. Lenovo Ideapad 320-14AST

Lenovo Ideapad 320

Laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan selanjutnya hadir lewat Lenovo Ideapad 320-14AST. Laptop ini terbilang berhasil memikat banyak konsumen dengan kelengkapan yang ada di dalamnya, mulai dari hardisk berkapasitas 1TB dan RAM 4GB DDR4. Lalu prosesornya di otaki oleh AMD A9 APU yang mampu berlari dengan kecepatan 3GHz-3,6GHz. Harganya dibanderol Rp 4,4 juta. Komponen lengkapnya bisa dilihat disini.

10. Acer Aspire 3 A315-21-948E

Acer Aspire 3 A315-21

Terakhir ada Acer Aspire 3 A315-21-948E yang siap membantu para desainer untuk berkretivitas dan terus produktif. Proses editing akan terasa menyenangkan karena dibekali prosesor AMD APU A9 dengan kecepatan 3,1GHz sampai 3,7GHz. Kinerjanya makin meningkat dengan adanya RAM 4G yang dapat ditambahkan hingga 12GB, serta GPU dari AMD Radeon R5. Harganya sangat ekonomis, yakni Rp 4,5 juta. Selengkapnya lihat disini.

Itulah tadi sepuluh tipe laptop untuk desain grafis harga 4 jutaan yang disarankan. Lebih cocok untuk para desainer pemula atau mahasiswa yang baru belajar mengenai desain. Walaupun sebagian besar rekomendasi laptop di atas berbekal prosesor AMD Quad Core, namun kecepatannya sudah mumpuni untuk melakukan pengolahan desain grafis. Begitu pula dengan kartu grafis yang lebih banyak tersedia AMD R5. Minimal budget yang harus dipersiapkan sekitar 4 juta saja untuk bawa pulang laptop tersebut. Selamat berkarya!

ArenaLaptop Editor