Dapatkah VPN Meningkatkan Kecepatan Internet?

Harus kita akui bahwa sekarang ini manusia sangat membutuhkan yang namanya internet untuk mencari informasi, bekerja, hingga transaksi. Namun, yang terkadang menjadi kendala adalah kecepatan dari koneksi internet tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa di negara kita menggunakan internet dengan biaya yang mahal dan kuota yang terbatas. Apalagi dengan banyaknya penyedia layanan internet atau ISP memainkan trik promosi dengan mengklaim memiliki kecepatan yang super. Padahal setelah dipakai kecepatan koneksinya tak sesuai yang digembor-gemborkan. Lalu sebagian orang menyarankan untuk menggunakan VPN sebagai solusi permasalahan tersebut, tapi pertanyaannya dapatkah VPN meningkatkan kecepatan internet? Jika kita melihat dari fungsinya VPN ini memberikan layanan berinternet dengan lebih nyaman. Salah satu yang diandalkan adalah keamanan privasi online dan informasi pribadi penggunanya.

Dapatkah VPN Meningkatkan Kecepatan Internet

Sama seperti ISP pada umumnya, penyedia VPN juga menuliskan deskripsi tentang mereka untuk meyakinkan konsumen layanannya mampu meningkatkan kecepatan koneksi. Bahkan dengan tegas para penyedia layanan VPN menyebutkan bisa membantu pengguna mengatasi lambatnya ISP yang digunakan. Terdengarnya mengesankan bukan! Tapi sesungguhnya dapatkah VPN meningkatkan kecepatan internet? Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

VPN Memperlambat atau Mempercepat Koneksi?

Jawabannya tidak pasti, karena sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi koneksi saat menggunakan VPN. Kendati saat ini penggunaan layanan VPN mulai meningkat, nyatanya masih banyak yang belum tahu kinerja dari VPN apalagi di Indonesia. Namun, arena laptop akan membagikan sedikit penjelasan dengan sahabat arena terkait apakah VPN berpengaruh pada kecepatan atau tidak.

Kecepatan Internet Keseluruhan

Kecepatan Internet Keseluruhan

Saat terhubung ke VPN, semua berharap akan mendapatkan kecepatan yang meningkat. Tapi tunggu dulu, meski sudah menggunakan VPN kecepatan koneksinya tergantung dari seberapa kencang kecepatan ISP yang sahabat arena gunakan.

Jika penyedia layanan Internet sahabat arena pada dasarnya memang lambat, tentu tidak akan terdapat perbedaan signifikan pada kecepatannya baik menggunakan VPN ataupun tidak. Itu artinya sama saja dengan omong kosong belaka atau percuma.

Namun, sahabat arena bisa mengecek kecepatan internet yang sedang dignakan melalui sejumlah situs web. Cara ini dapat melihat apakah layanan VPN yang dipakai dapat membantu koneksi jadi lebih cepat atau tidak.

Jaringan Server

Jaringan Server

Apabila VPN yang sahabat arena gunakan memiliki lokasi jaringan server yang banyak, akan jadi keuntungan tersendiri untuk memilihnya. Pastinya makin dekat jarak antara sahabat arena ke server yang terhubung, kecepatan koneksinya tidak akan butuh waktu lama untuk loading.

Kalau sahabat arena menggunakan VPN dari Indonesia, bisa menghubungkan ke server di negara yang memiliki koneksi lebih cepat seperti Singapura.

Pengaruh Protokol Pada VPN

VPN sejatinya memiliki beragam jenis protokol yang bermanfaat, terutama untuk sistem keamanannya. Dalam VPN kecepatan koneksi dan tingkat keamanan saling bersinergi satu sama lain. Artinya kecepatan koneksi internet sahabat arena dipengaruhi dari protokol keamanan yang dipilih.

Bila sahabat arena mengkonfigurasikan perangkat dan VPN dengan enkripsi tingkat militer 256-bit untuk proteksi tingkat tinggi, secara tidak sadar itu akan menghambat kecepatan koneksinya. Tapi apabila dikonfigurasikan ke enkripsi yang lebih rendah, agaknya sedikit beresiko keamanannya tapi kecepatannya bisa meningkat.

Pada intinya VPN ini lebih tepat digunakan untuk mereka yang membutuhkan privasi lebih dalam mengakses internet. Mereka yang lebih aware terhadap ancaman peretas, pelacakan, atau serangan virus malware akan sangat tepat menggunakan VPN. Karena berbagai kebijakan dan protokol VPN dirancang untuk mengatasi hal tersebut. Namun, soal kecepatan kita tidak bisa mengharapkan yang terbaik.

Kesimpulan

Jadi, dapatkah VPN meningkatkan kecepatan internet? Jawabannya tidak. Menggunakan VPN atau tidak, sahabat arena mungkin tidak akan bisa melihat dengan jelas perubahan kecepatan koneksinya. Seberapa besar dari kecepatan penyedia layanan internet yang sahabat arena gunakan. Selama koneksinya stabil, tentu tidak akan menyebabkan perubahan yang drastis. VPN yang sesungguhnya memfasilitasi penggunanya untuk bisa menerobos situs-situs yang diblokir atau terbatas pada wilayah geografis. Untuk sahabat arena yang bingung dalam memilih VPN, arena laptop menyediakan rekomendasi VPN terbaik dan Paling Aman Disini.

ArenaLaptop Editor