20 Software Recovery Data Terbaik (untuk Windows dan Mac)

Halo semua sahabat arena! Adakah diantara kalian semua pernah mengalami kejadian memori yang tidak sengaja atau tiba-tiba ke format dengan sendirinya karena virus? Pastinya sangat menyebalkan bukan. Apalagi di dalam memori tersebut tersimpan data-data penting, baik itu tugas-tugas kuliah maupun dokumen kantor. Nah, untuk mengembalikan data yang hilang tersebut, sahabat arena harus menggunakan suatu program atau software recovery data. Ternyata recovery data bisa banget mengatasi masalah tersebut. recovery data sendiri merupakan tindakan untuk mengembalikan data yang hilang karena rusak, korup, atau gagal mengakses ke kondisi awal. Disini arena laptop akan memberikan rekomendasi sofware recovery data terbaik dan terpercaya yang sudah dianalisis dan akan di jelaskan secara jelas dan lugas di bawah ini.

Software Recovery Data Terbaik

Bedanya Recovery dengan Backup atau Restore

Kenapa menggunakan recovery data? Pakai backup atau restore memang tidak bisa?  Jawabannya bisa, hanya saja ketiga tindakan tersebut memiliki perbedaan. Lalu apa bedanya?

Backup

Backup sendiri merupakan tindakan yang sengaja dilaksanakan guna melindungi data dengan cara copy-paste atau menyalinnya ke media simpan yang lain. Apabila salah satu file ada yang rusak atau corrupt, masih punya cadangan data yang lain seperti laporan skripsi, atau dokumen perusahaan yang harus dibuatkan backupnya.

Restore

Sementara restore fungsinya untuk mengembalikan data atau file yang sudah terlanjur dibuang atau dihapus. Data yang sudah dihapus biasanya akan masuk dan tersimpan di Recycle Bin. Akan tetapi restore tidak bisa dilakukan secara sengaja. Kita harus masuk terlebih dahulu ke Recycle Bin dan lakukan restore, barulah data tersebut akan dikembalikan ke tempat asalnya.

Recovery Data

Sedangkan recovery data adalah suatu tindakan mengembalikan sistem atau data secara menyeluruh karena hilang atau rusak hingga corrupt dan tidak terbatas pada beberapa sistem saja. Artinya sahabat arena bisa memunculkan lagi data-data yang bahkan tidak tersimpan di Recycle Bin.

Selain untuk mengembalikan data yang hilang, recovery data juga berfungsi mengembalikan aplikasi atau software yang error ke kondisi semula. Jika komputer mengalami hang karena virus, recovery data bisa mengembalikannya ke keadaan awal.

Sekarang ini sudah banyak yang menawarkan software recovery data terbaik di media internet dengan cara mendownloadnya. Buat yang pengguna Windows bisa menggunakan sistem bawaan dari sistem operasinya.

Software Recovery Data Terbaik Untuk Windows dan Mac

Nah, setelah sahabat arena tahu perbedaan antara backup, restore, dan data recovery, sekarang mari kita ulas beberapa software recovery data terbaik untuk Windows dan Mac.

1. EaseUS Data Recovery

EaseUS Data Recovery

EaseUS merupakan software recovery data terbaik dengan rating yang cukup tinggi dibandingkan aplikasi serupa. Apabila sahabat arena mencari di google dengan keyword ‘software data recovery’, maka EaseUS akan ada di halaman pertama yang disertakan pula dengan bintang 4,5 dari total 5 bintang. Lalu apa keunggulan dari software EaseUS ini?

  • Bisa mengembalikan file atau data yang hilang atau rusak akibat terserang virus, sistem operasi crash, corrupt, partisi RAW, dan penyebab kerusakan lainnya.
  • Mampu mengembalikan data dari berbagai media simpanya, seperti harddisk, flashdisk, memory card, mobile phone, dan lainnya.
  • Adanya mode Deep Scan untuk mengetahui data-data yang sudah lama hilang atau terhapus.
  • Di dukung dengan RAW recovery dan Loss Partition

Dari keunggulannya tersebut, EaseUS ini termasuk juga software recovery data terbaik untuk Windows mudah digunakan. Dengan adanya EaseUS Data Recovery ini, sahabat arena tidak perlu panik saat data-data penting hilang dan dengan sekejap bisa dikembalikan ke semula. Buat sahabat arena yang ingin melihat langsung produknya atau mendownloadnya bisa kunjungi halamannya dengan klik disini. Di dalam websitenya nanti akan dijelaskan dengan detail spesifikasi sistem operasi apa saja yang bisa memenuhi, serta komponen-komponen yang menjadi pendukungnya. Ditambah dengan tampilan halamannya yang cukup jelas dan mudah.

2. Stellar Data Recovery

Stellar Data Recovery

Kehilangan data penting serta dokumen di dalam harddisk atau memory card bikin kita jengkel dan bisa terjadi pada siapa saja. Untuk mengembalikannya bisa menggunakan aplikasi yang recovery data yang sangat keren dari Stellar Phoenix. Software ini mampu bekerja dengan sangat baik memulihkan semua data yang hilang atau terhapus secara tidak sengaja pada penyimpanan eksternal seperti harddisk, SSD, flashdisk, dan lainnya. Cara menggunakannya cukup mudah, pertama sahabat arena harus mengunduh terlebih dahulu softwarenya disini. Setelah di download, pilih lokasi dimana sahabat arena ingin mengembalikan data yang hilang tersebut.

Tersedia 2 metode pemindahan seperti yang ditawarkan pada software ternama lainnya. Ada Quick Scan yang bisa digunakan untuk melakukan pemindaian pada beberapa folder saja yang diinginkan dengan durasi yang lebih cepat tentunya.

Jika ingin hasil yang lebih maksimal, gunakan opsi Deep Scan untuk pemindaian data atau file secara menyeluruh di penyimpanan sahabat arena. Hanya saja pemindaiannya membutuhkan waktu yang lebih lama dan hasilnya pun lebih baik.

Software recovery data ini punya kecepatan waktu memulihkan data dengan singkat. Software ini sempat diujikan untuk merecovery data yang hilang pada harddisk berkapasitas 40GB dan waktu yang pemulihannya hanya 30 menit saja. Selain itu Stellar juga mendukung berbagai OS Windows mulai dari XP, Vista, dan seterusnya.

3. Wondershare Data Recovery

Wondershare Data Recovery

Salah satu software recovery data terbaik lainnya adalah Wondershare. Perangkat lunak ini menjanjikan pemulihan file atau data yang terhapus dengan baik dan cepat, entah itu dari komputer, penyimpanan eksternal smartphone, MP4, bahkan kamera digital sekalipun. Wondershare Data Recovery ini memiliki kelebihan yang menjadikannya layak masuk dalam daftar ini, diantaranya:

  • Wondershare Data Recovery punya kemampuan menangani lebih dari 400 jenis format data yang ada pada hard drive komputer, serta media penyimpanan lainnya.
  • Dari segi biaya, perangkat lunak yang satu ini merupakan software pemulihan data yang ramah dikantong dan sangat efektif untuk digunakan.
  • Wondershare Data Recovery juga menawarkan pemulihan data atau file yang bebas dari resiko, sehingga kerusakan data yang dikembalikan sangat kecil kemungkinannya.
  • Terdapat fitur only reading untuk pilihan terbaik dalam memulihkan media penyimpanan eksternal.

Dengan Wondershare Data Recovery ini, para pengguna akan mendapatkan hasil pemulihan data yang efisien dan sesuai diharapkan. Wondershare juga bisa digunakan untuk sistem operasi Windows maupun Mac.

Jika sahabat arena ingin mengetahuinya bisa mencoba versi gratisnya. Namun, untuk mendapatkan yang full version bisa mendownloadnya disini. Untuk versi gratisnya, hanya bisa memulihkan data sebesar 100 MB saja, berbeda dengan yang berbayar. Akan tetapi kedua fitur yang didapat semua sama.

4. Remo Recover

Remo Recover

Remo Recover ini adalah perangkat lunak bagi yang mengalami masalah data hilang atau rusak akibat virus dan lain sebagainya. Software ini merupakan solusi yang tepat dan mudah digunakan dengan kemampuan kerja yang cepat guna memulihkan data yang hilang atau terhapus.

Tim dari Remo software mengkalim bahwa aplikasi ini dapat membantu memulihkan semua jenis file, baik itu dokumen, gambar, video, spreadsheet, file musik, dan lainnya. Selain itu pihak Remo juga mengatakan bahwa software recovery data ini mudah digunakan untuk mengembalikan data yang hilang.

Untuk mengetahuinya, sahabat arena bisa mengunjungi atau mendowload Remo Recovery data disini. Jika dilihat pada halaman situs resminya, disediakan dalam dua versi, yaitu versi gratis dan profesional atau berbayar. Menariknya, salah satu software recovery data terbaik ini dikembangkan untuk mendukung tiga sistem operasi yang berbeda, yakni Windows, Mac, dan Android.

Lalu kelebihan apa saja yang ditawarkan Remo Recocver? berikut singkatnya:

  • Menawarkan pemulihan data hanya dengan 4 tahap
  • Mekanisme pemindaian yang kuat untuk mendukung semua bentuk kondisi data yang hilang
  • Tersedia 4 edisi yang bervariasi untuk sistem operasi Windows dengan persyaratan khusus
  • Pratinjau data yang akan dipulihkan dengan salinan evaluasi secara gratis
  • Mendukung berbagai sistem operasi Windows (Windows 7, XP, Vista, dan Windows 8).

5. DoYourData

DoYourData

Software recovery data dari DoYourData ini bisa jadi andalan untuk memulihkan data yang hilang atau rusak. Sebab memang ketika data-data penting kita hilang, padahal akan masih digunakan akan sangat mengganggu dan terkadang membuat kita stres. Maka dari itu DoYourData hadir sebagai perangkat lunak yang kuat dan mudah digunakan untuk mengembalikan data sahabat arena yang terhapus terkena serangan virus dan sebagainya.

Dengan DoYourData Recover, sahabat arena bisa memulihkan data untuk komputer, Windows, Mac, Iphone, memory card, dan perangkat media simpan lainnya. DoYourData Recovery juga menjanjikan pemulihan data yang aman dan bebas resiko akan kerusakan file tersebut.

Disamping itu, sahabat arena yang hendak menjual laptop lamanya dan bingung cara menghapus data secara permanen bisa menggunakan software DoYourData ini. Tapi sebelum itu di backup dulu datanya ya!

DoYourData Recover ini juga mendukung berbagai sistem operasi Windows, bahkan Windows 10 dengan mudah dan komprehensif. Saat ini DoYourData sudah merilis versi terbarunya Do Your Data Recovery 6.8 untuk sistem operasi Windows dan Mac.

Buat yang penasaran bisa mencoba dulu versi gratisnya disini. Tapi tentu yang mode gratis tidak akan selengkap versi berbayarnya. Perangkat lunak ini sudah sangat dikenal di seluruh dunia dengan menawarkan kualitas terbaik dan dukungan layanan 24 jam dalam seminggu.

6. Recuva

Recuva

Software untuk recovery data ini jadi yang paling di rekomendasikan oleh beberapa artikel. Kemampuan dari perangkat lunak ini adalah untuk memulihkan data atau file dari hard drive, DVD, memory card, hingga penyimpanan eksternal.

Kinerja dari aplikasi ini superior dengan mode pemindaian mutakhir. Selain itu Recuva memiliki fitur penyimpanan yang aman dengan teknik penghapusan standar industri, serta kemampuan mengembalikan data yang rusak atau baru saja diformat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Recuva merupakan salah satu software recovery data terbaik saat ini. Salah satu fitur yang membedakan dari software lainnya adalah portabilitasnya yang jempolan, artinya aplikasi ini bisa dijalankan tanpa instalasi.

Software ini kembangan oleh Ccleaner yang sangat memberikan manfaat buat perangkat sahabat arena. Apalagi bisa di download dengan cuma-cuma alias gratis disini. Secara keseluruhan Recuva memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Mampu mengembalikan gambar, video, musik, dokumen, atau file apapun yang hilang dari berbagai media penyimpanan.
  • Recuva juga sangat fleksibel yang dapat memulihkan data dari hardisk yang rusak atau baru diformat.
  • Buat yang kesulitan menemukan file, Recuva dapat membantu lewat mode pemindaiannya yang canggih untuk menemukan jejak file yang hilang.
  • Recuva juga mendukung buat yang ingin menghilangkan file selamanya dengan aman dengan fitur timpa menggunakan teknik penghapusan standar industri dan militer.

7. MiniTool Power Data Recovery

MiniTool Power Data Recovery

Berikutnya ada MiniTool Power Data Recovery yang juga bisa diandalkan untuk mengembalikan file sahabat arena yang terhapus. Pernagkat lunak yang satu ini bisa memulihkan file dari seluruh partisi yang hilang dan ini yang membedakan MiniTool dengan software lainnya.

Sahabat arena pun bisa menggunakan software ini dengan gratis yang bisa langsung didapatkan disini. Meskipun versi gratis bukan berarti kemampuan dan fitur yang disediakan sedikit. Apalagi dibandingkan dengan aplikasi recovery data lainnya, MiniTool Partition Recovery ini termasuk yang lengkap menyediakan fitur-fitur canggihnya.

Beberapa fitur utama yang bisa sahabat arena gunakan lewat MiniTool Partition Recovery, diantaranya:

Undelete Recovery

Fitur ini untuk memulihkan file yang sudah terhapus dengan menggunakan tombol Delete atau Shift+Delete. Selain itu fitur ini juga mendukung berbagai file sistem, seperti FAT12, FAT16, FAT32, VFAT, dan NTFS.

Damaged Partition Recovery

Untuk menyelamatkan file penting dari hardisk atau perangkat penyimpanan eksternal yang rusak, fitur ini sangat bisa diandalkan.

Lost Partition Recovery

Fitur ini juga sangat berguna yang bisa memulihkan data dari partisi yang hilang dengan aman tanpa resiko.

Digital Media Recovery

Dari namanya sudah jelas bahwa fitur dari MiniTool ini digunakan untuk memulihkan file dari berbagai media penyimpanan, serta berbagai jenis data.

8. Seagate Recovery

Seagate Recovery Software

Mungkin sebagian besar dari sahabat arena lebih tahu jika Seagate merupakan perangkat hardisk eksternal. Disamping memproduksi media penyimpanan dengan kualitas unggul, Seagate juga memiliki perangkat lunak untuk merecovery data yang sangat handal.

Salah satu software recovery data terbaik untuk Mac dan Windows ini memiliki kinerja memulihkan file yang terhapus dengan aman. Diketahui Seagate memiliki dua versi recovery data, yakni Premium dan Teknisi.

Versi Premium disarankan oleh tim pengembang Seagate bagi yang membutuhkan pemulihan data untuk satu media simpan eksternal. Versi ini mampu mengembalikan jenis file yang paling umum dipakai para pengguna, seperti dokumen, foto, video, musik, dan sebagainya.

Sementara versi Teknisi direkomendasikan untuk yang memulihkan data dengan metode pemindaian dengan cepat dan dapat mengelola beberapa media penyimpanan. Dengan versi ini sahabat arena dapat menyelematkan jenis file yang berorientasi bisnis, seperti email, database, dan lainnya. Selain itu dihadirkan pula fitur Seagate Smartscan yang mampu melakukan pemindaian hard drive lebih cepat, serta fitur penghapusan data untuk membuang file dengan aman.

Secara pemakaiannya pun sangat mudah. Sahabat arena hanya perlu 4 langkah untuk mengembalikan file yang terhapus atau hilang. Jika penasaran, bisa mengunduhnya atau lihat selengkapnya disini.

Selain komputer, Seagate Recovery juga mendukung beberapa perangkat penyimpanan pada laptop, tablet, smartphone, RAID, serta NAS.

9. Data Rescue

Data Rescue

Salah satu aplikasi yang juga tak kalah handal untuk memulihkan data yang hilang atau tarhapus selanjutnya ada Data Rescue. Software recovery data terbaik untuk Mac ini membantu menyelamatkan file sahabat arena dengan aman. Tidak hanya itu, software ini memungkinkan konsumen untuk membuat cadangan atau tiruan dari semua file pada hard drive yang ingin diperbaiki. Dengan begitu kehilangan data kembali sangat bisa diminimalisir.

Data Rescue ini menawarkan beberapa fitur, salah satunya BootWell yang memungkinkan pemakaianya untuk memulai pemulihan file dari awal utama hardisk. Selain itu perangkat lunak ini juga mendukung sistem operasi Windows yang menawarkan dua versi, demo dan lisensi standar. Sahabat arena bisa melihat selengkapnya atau mendowload pada halaman disini. Versi demo disediakan untuk melihat pratinjau dari file apa yang ingin dipulihkan dan kualitasnya sebelum membeli versi berbayarnya.

Perangkat lunak ini sudah diuji cobakan di lab pemulihan data profesional guna memastikan dapat bekerja secara maksimal. Prosoft Recover memastikan data yang hilang dapat diselamatkan dengan aman tanpa resiko kerusakan pada media penyimpanan.

Saat ini Prosoft (pembuat Data Rescue) meluncurkan versi perangkat lunak pemulihan data bernama ‘Data Rescue 5’. Di situs resmi Prosoft, diperlihatkan ada dua perbandingan mode antara yang standar dengan berlisensi. Jadi kalau ingin menggunakan aplikasi ini harus membeli lisensinya langsung.

10. iOrgsoft Data Recovery

iOrgsoft Data Recovery

Software yang satu memiliki fungsi yang yang ampuh buat sahabat arena yang memiliki permasalahan untuk mengembalikan data yang hilang atau terhapus dengan tidak sengaja, terformat, dan operasi lainnya. Dengan software ini, berbagai jenis file dapat dipulihkan dengan aman.

Menyelamatkan data yang hilang akibat terkena serangan virus juga dapat dilakukan dengan singkat. Sahabat arena dapat mengunduh Iorgsoft Data Recovery disini. Adanya Iorgsoft Data Recovery, dapat menyelamatkan data yang terhapus dari media penyimpanan eksternal seperti, USB flash drive, memory card, tablet, smartphone, kamera digital, dan perangkat lainnya.

Semua pengguna bisa menggunakan perangkat lunak ini untuk memulihkan data dengan mudah tanpa beresiko. Kemudian, sahabat arena bisa melakukan pemindaian, pratinjau data yang akan dipulihkan hanya dengan beberapa langkah saja. terdapat empat mode penyelamatan data yang mampu menyelesaikan permasalahan data yang hilang, yaitu:

  • Mengembalikan Data yang Terhapus: Memindai file dengan lebih cepat untuk mencari jejak data yang sulit ditemukan.
  • Memulihkan Data Mentah: fitur ini melakukan pemindaian secara menyeluruh terhadap drive perangkat penggunanya.
  • Memulihkan Iphone dari Penyimpanan Itunes: untuk pengguna Iphone, fitur ini bisa digunakan untuk menyelematkan file yang terhapus pada sistem IOS.
  • Lanjutan Pemulihan: Memindai secara berkelanjutan sesuai dengan data yang belum selesai dipindai.

11. Bitrecover

bitrecover Data Recovery Wizard

Ada pula software yang ampuh untuk menyelamatkan data sahabat arena yang terhapus secara tak sengaja dengan Bitrecover. Aplikasi ini merupakan perangkat lunak untuk memulihkan data read only yang mudah dioperasikan. Para pengguna komputer atau PC tidak perlu kesulitan lagi untuk mengembalikan file yang hilang, serta meminimalisir kehilangan data di semua perangkat penyimpanan data.

Salah satu sofware recovery data terbaik untuk Windows ini dapat mengambil data yang terhapus secara permanen. Bahkan yang tidak dapat ditemukan di Recycle Bean. Kemudian jika secara tidak sengaja memformat drive atau media penyimpanan eksternal atau salah satu partisi disk menampilkan kesalahan, tinggal gunakan bitrecover dan semua kembali seperti semula.

Perangkat lunak ini dapat otomatis memindai semua file pada pada komputer yang akan diberi opsi untuk memulihkan data dari drive mana yang akan dikembalikan juga.

Selain itu jika partisi pada perangkat sahabat arena hilang atau terhapus dan ingin dikembalikan, caranya pun sangat mudah. Pada software Bitrecover bisa menggunakan pilihan Partition Dara Recovery untuk mengembalikannya ke kondisi seperti sebelumnya. Opsi ini juga mendukung sistem file NTFS dan FAT.

Bahkan jika pada perangkat drive tidak menampilkan partisi apapun atau karena tidak terbaca, melalui pemulihan yang ada pada sistem file RAW Bitcover dapat dengan mudah dipulihkan. Untuk mengunduhnya ada disini.

12. Hasleo Data Recovery

Hasleo Data Recovery Free

Untuk pengguna sistem operasi Windows pastinya akan sangat gembira, sebab Hasleo Data Recovery bisa didapatkan 100% gratis. Software ini berguna buat yang sedang atau untuk berjaga suatu saat mengalami masalah hilangnya data penting secara tidak sengaja dan ingin dikembalikan seperti sedia kala.

Hasleo Data Recovery merupakan aplikasi pemulihan file yang bagitu kuat dan sangat handal. Apakah sahabat arena menghapus file secara tidak sengaja, memformat drive, atau sistem mengalami kerusakan? Serahkan saja pada Hasleo Data Recovery. Hanya dengan tiga langkah saja, sahabat arena dapat mengembalikan kembali semua file yang hilang tersebut dari berbagai hard drive eksternal. Kemudian sahabat arena juga bisa memulihkan data yang hilang dari drive terenkripsi Windows Bitlocker dengan menggunakan edisi Ultimate atau versi Teknisi.

Banyak alasan yang bisa mengakibatkan data hilang secara mendadak. Namun, Hasleo Data Recovery dapat membantu menyelamatkan data dari penghapusan yang tidak sengaja, pemformatan, tidak dapat diakses, kerusakan pada drive, atau alasan yang tidak dikenal sekalipun.

Perangkat lunak Hasleo Data Recovery mendukung berbagai jenis sistem operasi Windows mulai dari Windows 2003 hingga Windows 10. Selain itu juga mendukung sistem file berupa FAT 12/16/32, exFAT, NTFS, dan HFS+.

Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah, apalagi bisa didapakan dengan gratis. Buat yang penasaran bisa mendownloadnya disini.

13. Pandora Recovery (Disk Drill)

Disk Drill

Sama seperti halnya Hasleo, Pandora Recovery (Disk Drill) juga bisa sahabat arena gunakan secara gratis. Aplikasi pemulihan data ini sangat handal dan efektif dengan fitur-fitur canggih di dalamnya. Pandora Recovery (Disk Drill) menawarkan banyak hal yang ditawarkan kepada para penggunanya. Apalagi software yang satu ini merupakan aplikasi portable yang tidak memakan banyak kapasitas ruang penyimpanannya. Namun, masih ada kekurangan dari Pandora Recovery ini yaitu sistem pendeteksiannya yang perlu ditingkatkan.

Berikut beberapa keunggulan dari Pandora Recovery yang bisa dinikmati untuk mengatasi masalah sahabat arena:

  • Memulihkan file yang hilang secara permanen dari folder Recycle Bin.
  • Tampilan sederhana sehingga mudah untuk dioperasikan.
  • Pemakaian gratis tanpa ada batas kuota.
  • Softwarenya ringan dan mampu memulihkan data dengan waktu yang cepat.
  • Aman, tidak merusak file yang sudah di recovery.

Meski bisa digunakan secara gratis kemampuan Pandora Recovery (Disk Drill) untuk menyelematkan data yang hilang sangat bisa diandalkan. Ditambah lagi aplikasi ini sudah didukung dengan sistem file FAT16, FAT32, NTFS, NTFS5 dan NTFS/EFS. Sementara Pandora Recovery dapat memulihkan berbagai jenis file, seperti file video (.avi, .mpg, .mov), foto (bmp, jpg, png, gif) dan format document lainnya.

Selain itu Pandora Recovery dapat digunakan pada sistem operasi windows, mulai dari windows 7, windows vista, windows XP, windows 2003 dan windows 2000. Untuk bisa menggunakan software Pandora Recovery (Disk Drill) ini, bisa diunduh pada situs resminya disini.

14. Ontrack EasyRecovery

Ontrack EasyRecovery

Jika hard drive Anda macet, terinfeksi oleh virus, atau Anda tidak sengaja menghapus file seperti foto berharga, video atau dokumen penting, Ontrack EasyRecovery dapat memulihkan file Anda dan membuat Anda kembali aktif dan berjalan dengan cepat.

Dikembangkan oleh penyedia pemulihan data terkemuka di dunia, Ontrack EasyRecovery mudah digunakan dan cukup kuat untuk menangani hampir setiap jenis situasi kehilangan data umum. Ontrack EasyRecovery memungkinkan Anda untuk melakukan pemulihan file yang akurat dari data yang hilang melalui penghapusan, pemformatan ulang, dan sejumlah skenario kehilangan data lainnya. Pulih dari SSD dan hard drive konvensional, kartu memori, hard drive USB, flash drive serta media optik.

Secara keseluruhan Ontrack Recovery memiliki kelebihan yang bisa diandalkan untuk memulihkan data yang terhapus, diantaranya:

  • Pulihkan file dari drive yang rusak, rusak, dihapus atau diformat ulang
  • Bekerja dengan drive internal dan eksternal; SSD, RAID, USB, kartu memori, dan media optik
  • Mendukung sistem operasi Windows dan Macintosh
  • Memperbaiki file foto dan video yang rusak dan rusak

Pada halaman situs resminya, Ontrack Recovery menawarkan enam versi yang untuk beberapa kebutuhan, yakni versi Bebas yang bisa dicoba gratis, versi rumah, versi profesional, versi premium, versi teknisi, dan versi toolkit. Untuk lihat selengkapnya bisa kunjungi situsnya disini.

15. Active File Recovery

Active@ File Recovery

Perangkat lunak yang satu ini juga masuk dalam daftar software recovery data terbaik yang bisa sahabat arena gunakan di kala mengalami masalah kehilangan file secara tidak sengaja. Active File Recovery ini merupakan alat pemulihan yang efisien dan mudah digunakan untuk file yang terhapus atau hilang, volume yang rusak, atau diformat ulang. Bahkan jika PC sahabat arena rusak tidak bisa di boot, Active File Recovery bisa jadi solusi yang tepat.

Seperti halnya dengan software lainnya, Active File Recovery juga mendukung semua jenis media penyimpanan dan juga mampu memulihkan berbagai jenis data, seperti dokumen, gambar, video, audio, email, database, dan lainnya.

Berikut ini keunggulan dari Active File Recovery yang ditawarkan:

  • Pulihkan file yang dihapus setelah Keranjang Sampah dikosongkan
  • Pulihkan file yang hilang karena pemformatan disk yang tidak disengaja
  • Pulihkan foto & gambar yang dihapus dari USB Flash
  • Memulihkan data saat partisi atau volume dihapus

Selain itu, menawarkan tiga versi yang bisa sahabat arena unduh disini. Ada versi Active File Recovery standard, Active File Recovery Professional, dan Active File Recovery Ultimate.

Active File Recovery mendukung para pengguna sistem operasi Windows, yakni Windows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, Windows XP. Windows Server 2016, 2012, 2008, 2003.

16. Recovery Explorer

RECOVERY EXPLORER

Perangkat lunak pemulihan data ini dikembangkan oleh SysDev Laboratories yang merupakan salah satu pengembang perangkat lunak terkemuka di bidang pemulihan data. Spesialis dari pengembang ini bertujuan untuk membuat aplikasi pemulihan data yang mudah digunakan dan sekaligus sangat efisien. Dengan pengalaman bertahun-tahun dan membuatnya telah mendapatkan kepercayaan konsumen dari berbagai negara.

Recovery Explorer ini bisa menyelamatkan apapun jenis file yang dinginkan, mencakup dokumen, video, audio, email, Zip, dan lainnya. Bentuk media penyimpanan eksternal apapun bisa dipulihkan oleh Recovery Explorer.

Jadi, Recovery Explorer ini sebuah alat pemulihan data yang kompleks dengan konsep Do-It-Yourself. Dengan berbagai fiturnya menawarkan kemampuan sebagai berikut:

  • Pemulihan data dari berbagai perangkat
  • Akses instan ke data
  • Pencarian cepat dan efisien untuk data yang hilang
  • Mode opsional yang disederhanakan

Di samping itu Recovery Explorer memberikan tiga pilihan edisi yang bisa sahabat arena gunakan sesuai dengan kebutuhan. Ada edisi Standard, Raid, dan Professional.

Untuk edisi Standar, fitur yang didapat adalah:

  • Dukungan berbagai penyimpanan
  • Pemulihan dari berbagai sistem file Windows, Mac, Linux
  • Opsi untuk beralih ke mode sederhana berbasis Wizard
  • Tidak diperlukan pengetahuan ahli
  • Harga terbaik untuk pemulihan penyimpanan yang tetap dan dapat dilepas

Lebih lengkapnya bisa lihat langsung disini.

17. Glary Undelete

Glary Undelete

Glary Undelete merupakan salahs satu software recovery data terbaik untuk Windows yang menayangkan tampilan bersih sehingga mudah digunakan untuk pemula. Secara visual Glary Undelete tidak terlalu memiliki banyak daya tarik, akan tetapi kinerjanya sangat bagus untuk mendapatkan data sahabat arena kembali yang terhapus dengan utuh.

Program Glary Undelete ini bisa di download disini secara gratis yang ukurannya pun tak terlalu besar, hanya 1,6MB saja. Lalu apa saja fitur yang ditawarkan oleh Glary Undelete ini?

  • Ukuran filenya sangat kecil
  • Lancar digunakan pada OS Windows XP sampai Windows 7
  • Mampu memulihkan data dengan sistem format Fat, hingga NTFS bahkan untuk file yang di enkripsi oleh NTFS sekalipun.
  • Dapat memulihkan data dari berbagai media simpan seperti harddisk, SSD atau memory card
  • Pemakaiannya mudah dan sangat sederhana
  • Dilengkapi fitur Search untuk menemukan file yang hilang atau terhapus
  • Apabila ingin menyelamatkan folder yang hilang akan terlihat dengan jelas pada folder file yang akan dipulihkan.

Jadi tak perlu membayar lisensinya, sahabat arena sudah bisa menggunakan program Glary Undelete dengan cuma-cuma. Dengan menggunakan Glary Undelete, sahabat arena bisa mengembalikan lagi data yang sudah dikosongkan dari Recycle Bean, pada jendela DOS, atau dari Windows Explorer cukup dengan hanya menekan tombol SHIFT.

18. Wise Data Recovery

Wise Data Recovery

Wise Data Recovery bisa menyelamatkan data yang hilang dan membuat sahabat arena kembali tersenyum seketika. Pasalnya, Wise Data Recovery ini merupakan salah satu software recovery data terbaik dengan kinerja yang tercepat di antara aplikasi lainnya.

Selain menawarkan kecepatan dalam melakukan pemindaian data selama proses pemulihan data, program ini didukung mode Deep Scan untuk hasil yang lebih baik. Sahabat arena bisa menggunakan, mengupdate, bahkan mendapakatkan layanan teknis dari Wise Data Recovery dengan gratis yang bisa diunduh disini. Kemudian kemampuan aplikasi ini hanya membaca media penyimpanan sahabat arena, sehingga dapat meminimalisir kerusakan pada perangkat. Beberapa fitur yang dimiliki Wise Data Recovery ini adalah:

  • Quick Scan & Recovery Speed: Memakai multi-thread beserta teknologi pemindaian khusus yang memiliki kecepatan scanning sangat kencang.
  • Support All Devices: mampu digunakan untuk memulihkan data dari berbagai media simpan.
  • Support All File Formats: Mampu menyelematkan apapun jenis filenya (gambar, file audio, file video, Email, Dokumen, Arsip, dan lainnya).
  • Support Almost All File Systems: Mendukung sistem file seperti FAT, cramfs, JFS, Linux, RAID 4, dan lain-lain.
  • Raw Recovery: alat pemulihan data ini mendukung lebih dari 100 jenis file yang berbeda.
  • Wide System CompatibilityWise Recoverybisa lancar digunakan pada semua versi sistem operasi Windows.

19. PC Inspector File Recovery

PC INSPECTOR File Recovery

Selanjutnya ada PC Inspector File Recovery, hadir dengan kinerja yang ampuh pada drive FAT dan NFTS hingga sektor boot yang sudah rusak sekalipun. Namun, yang perlu diperhatikan pada software PC Inspector File Recovery ini adalah tata letaknya yang cukup membingungkan penggunanya.

Untuk bisa menjalankannya, sahabat arena bisa membukanya sebagai Administrator atau “Run As Administrator” supaya dapat dioperasikan. Sebelum menjalankannya, sahabat arena musti mendownload dulu softwarenya disini.

Alat pemulihan data ini memberikan penawaran dengan berbagai fungsi sama seperti aplikasi lainnya. Akan tetapi, paket recovery data ini termasuk ke dalam freeware yang artinya pengguna tidak perlu membayar untuk bisa mengunduhnya.

Pada dasarnya PC Inspector File Recovery ini didesain guna menyimpan harddisk jika mengalami crash system atau kegagalan hard drive. Salah satu kelebihan dari penggunaan aplikasi ini yaitu dapat mengindentifikasi partisinya dengan mudah, bahkan saat header-nya terhapus. Tindakan yang seperti itu tidak banyak bisa dilakukan oleh software gratis lainnya.

Berikut ini beberapa fitur yang ditawarkan PC Inspector File Recovery:

  • Memampukan partisi, walaupun bagian FAT sudah terhapus ataupun rusak
  • Memulihkan file dengan stempel waktu dan tanggal yang asli
  • Mendukung penghematan file yang dipulihkan pada jaringan drive
  • Memulihkan file, bahkan ketika entri tajuk tidak lagi tersedia

20. Softtote Data Recovery

Softtote Data Recovery

Aplikasi yang terakhir ada Softtote Data Recovery yang merupakan software recovery data terbaik untuk Mac. Buat sahabat arena yang kehilangan data penting pada sistem operasi IOS karena tidak sengaja, terformat atau karena virus, Softtote Data Recovery siap memperbaiki masalah tersebut.

Program ini dapat mengembalikan file yang terhapus atau memulihkan partisi yang terhapus pada format sistem file HFS+, FAT 16, FAT 32, dan NTFS. Tingkat keberhasilannya sangat bagus dan data sahabat arena dapat kembali seperti semula tanpa mengubah file aslinya.

Softtote Data Recovery adalah toolkit pemulihan data yang inovatif untuk memberi pilihan untuk mengembalikan dokumen data berharga yang hilang dari hard drive yang hilang, terhapus, rusak secara logis dan diformat, kamera digital, drive USB, MP3, dan MP4 player, kartu SD di OS Mac. Untuk bisa mengoperasikannya bisa unduh dulu disini.

Dengan Softtote Data Recovery untuk Mac ini, sahabat arena akan mendapatkan beberapa manfaat berikut ini:

  • Kemudahan Penggunaan yang Tak Tertandingi

Mampu menghapus data secara permanen dengan aman dan memulihkan data dengan sangat mudah.

  • Metode Pemindaian Time saving

Infrastruktur klasifikasi file memungkinkan sahabat arena memilih jenis file yang ingin dipulihkan.

  • Preview Mode

menunjukkan file yang dipilih dalam dua mode pratinjau dan memungkinkan sahabat arena memutuskan untuk memulihkannya atau tidak.

Itu dia…

Itu tadi ulasan singkat dari software recovery data terbaik yang bisa sahabat arena pilih. Semuanya memiliki fungsi yang sama, hanya saja fitur-fitur yang dihadirkan masing-masing aplikasi memberikan manfaat dan kecanggihan tersendiri.

Di sisi lain melakukan recovery itu sangat penting. Alasannya bisa beragam, namun biasanya mereka yang melakukan recovery dikarenakan data yang rusak pada komputer. Pada umumnya, kerusakan data yang terjadi pada komputer disebabkan oleh virus, sistem partisi eror, hardisk mengalami badsector, terformat, dan beberapa hal lainnya. Ketika hal itu terjadi kepada sahabat arena, segera lakukan tindakan recovery. Dengan recovery setidaknya dapat membantu memperbaiki masalah tersebut tanpa harus membawanya ke tempat service yang pasti memakan biaya dan waktu.

Bagi yang tidak ingin repot-repot mengunduh software recovery data, sahabat arena bisa melakukan pemulihan data melalui recovery dari sistem bawaannya. Adanya bantuan dari software recovery, hasilnya pun akan lebih baik. Semoga dengan 20 rekomendasi software recovery data di atas dapat membantu sahabat arena.

ArenaLaptop Editor