Apa Sebenarnya Manfaat VPN?.. Berikut Ini Pembahasannya

Teknologi Virtual Private Network atau sering disapa dengan VPN hadir untuk melindungi segala aktivitas online. Bahkan, rahasia penting dari para pengguna bisa dilindungi oleh VPN dari jaringan yang jahat. Ini merupakan fungsi dari VPN, namun fungsi utama dari VPN adalah salah satu teknologi yang membantu pengguna untuk membuka semua jenis konten yang terbatas. Tak hanya itu saja, VPN juga sangat efektif untuk membuka blokiran ISP dengan memberikan kepada penggunanya kebebasan internet yang tak terbatas.

Manfaat VPN

Mungkin sahabat arena sudah tidak asing lagi dengan nama VPN. Nah jika sahabat arena belum tahu, apa itu VPN. Maka disini arena laptop akan menguraikan pengertian VPN secara singkat. VPN merupakan layanan yang bisa sahabat arena gunakan ketika sahabat arena ingin terlindungi dari hal-hal yang mengandung kejahatan terhadap kehidupan online kita. Kejahatan yang dimaksud disini adalah pencurian data atau data yang telah dianggap penting oleh sahabat arena akan mudah diretas. Dengan adanya VPN hal-hal yang seperti ini tidak akan mungkin untuk terjadi.

Manfaat VPN dapat membuat kehidupan online sahabat arena menjadi lebih menyenangkan. Bahkan sahabat arena bisa menikmati suasana yang sangat nyaman ketika berinternet. Jika sahabat arena menggunakan layanan VPN, maka sahabat arena akan mendapatkan beberapa hal yang seperti dibawah ini.

  • Keamanan – Saat sahabat arena terhubung pada jaringan yang melalui VPN, maka data sahabat arena akan dienkripsi dan disimpan.
  • Performa Lebih Baik – Apa manfaat VPN? Melalui VPN maka performa akan menjadi lebih atau hal ini biasanya disebut Bandwidth tidak ada batasan.
  • Remote Control – Manfaat VPN sangat menguntungkan, karena VPN mampu meningkatkan produktivitas pada perusahaan.

Jadi, Apa Sebenarnya Manfaat VPN?

Internet bukan membuat sahabat arena berada di zona nyaman. Pada saat sahabat arena terhubung dengan internet, maka informasi atau apapun itu yang mengenai sahabat arena terus dianggap penting. Dengan begitu para penjahat cyber/jaringan akan menyadap atau meretasnya. Bahkan privasi sahabat arena bisa diekspos, sehingga hal ini akan membuat bahaya terhadap kehidupan digital sahabat arena.

Sahabat arena harus mencari solusi untuk mengamankan kehidupan digital sahabat arena. Menurut arena laptop, sahabat arena bisa menggunakan layanan VPN untuk mengamankan semua privasi sahabat arena. Data yang dimiliki oleh sahabat arena akan dienkripsi dan privasi sahabat arena tidak bisa diekspos. Pada umumnya manfaat VPN ada banyak, namun disini arena laptop akan membagikan 6 manfaat yang paling utama dari VPN. Berikut ulasannya.

1. Mampu Menyembunyikan Alamat IP

VPN dengan IP Statis

Pada saat sahabat arena sedang beronline (seperti pada saat ini) di perangkat sahabat arena (komputer/PC dan smartphone android/iOS). Maka secara otomatis sahabat arena akan diwakili alamat IP. Disebabkan semua aktivitas online sahabat arena dapat dilacak hingga ke alamat IP tersebut. Hal ini sangat berbahaya buat privasi sahabat arena.

Ketika sahabat arena menggunakan VPN, maka VPN dapat menyembunyikan alamat IP sahabat arena, namun sahabat arena akan mendapatkan alamat IP dari VPN tersebut. Maksudnya, alamat IP milik sahabat arena akan disembunyikan oleh VPN ke tempat yang aman. Alamat IP milik VPN yang bisa sahabat arena gunakan sehingga alamat IP yang dimiliki sahabat arena akan tetap aman.

2. Aman Di WiFi Publik

Ada berbagai tempat yang menyediakan WiFi publik, seperti restoran, hotel, bandara dan tempat yang umum lainnya. Memang pada umumnya WiFi publik akan menjadi lebih unggul jika dibandingkan dengan data seluler dalam kecepatan saat berinternet. Tapi, sahabat arena jangan senang dulu dengan hak ini. Penggunaan WiFi publik memiliki dampak negatif terhadap aktivitas online kita.

Ada beberapa contoh dampak negatif dari penggunaan WiFi publik adalah pengintaian sinyal, jaringan tak terenkripsi, serangan man-in-the-middle dan masih banyak lagi yang membuat WiFi publik itu tidak senyaman dengan apa yang sahabat arena pikirkan. Manfaat VPN ini akan membuat sahabat arena merasa lebih aman saat berada di WiFi publik.

3. Membuka Konten Yang Telah Diblokir

Walaupun ada beberapa negara yang tidak bisa membuka konten-konten sensor. Jadi ketika sahabat arena berada di negara tersebut maka sahabat arena tidak bisa membuka konten yang telah diblokir. Konten yang diblokir beridentik dengan konten-konten sensor. Dengan adanya VPN, maka sahabat arena bisa menipu alamat IP komputer yang digunakan oleh sahabat arena. Hal ini akan menyiasati akses pada konten yang telah dibatasi sehingga tetap selalu terakses pada konten tersebut, walaupun ada larangan atau pembatasan.

Manfaat VPN berikutnya adalah membuka semua konten larangan. Mengapa VPN bisa melakukan hal yang seperti itu?… Sebagai contoh, sahabat arena berada di Indonesia dimana pemerintah negara Indonesia telah memblokir akses ke Facebook. Nah pada saat sahabat arena terhubung ke server yang ada di Australia melalui VPN dimana pemerintah Australia tidak melarang akses ke Facebook. Seperti yang kita ketahui kalau VPN menyediakan berbagai server. Dengan begitu, sahabat arena masih bisa mengakses ke Facebook tanpa hambatan.

4. Mendapatkan Tiket Pesawat Dengan Harga Yang Murah

Sahabat berencana untuk ke luar negeri dan Ingin mendapatkan tiket pesawat yang lebih murah? VPN adalah solusinya. Ketika sahabat arena menggunakan VPN dan memesan tiket melalui online, maka sahabat arena akan mendapatkan harga yang lebih murah. Dikarenakan melalui VPN sahabat arena bisa memilih server negara untuk memesan tiket dengan harga yang lebih rendah. Harga bisa menjadi lebih mahal apabila sahabat arena memesan tiket secara langsung di negara yang ditempati oleh sahabat arena.

5. Bisa Digunakan Diberbagai Jaringan

Sahabat arena bisa menggunakan VPN pada jaringan kantor (work network), jaringan rumah (home network) dan pada hotspot WiFi publik ketika sahabat arena ingin berpergian. Ini juga memungkinkan bagi sahabat arena yang menginginkan keamanan lebih besar pada data penting sahabat arena.

6. Bisa Digunakan Diberbagai Perangkat

Dapatkah VPN Digunakan Pada Banyak Perangkat

VPN bisa digunakan setiap perangkat sahabat arena, mulai dari smartphone android/iOS hingga ke komputer/PC/Laptop dan perangkat mobile yang lainnya. Beberapa dari penyedia layanan VPN mampu membuat sahabat arena terhubung ke beberapa perangkat secara bersamaan. Hal ini memungkinkan bagi sahabat arena menggunakan berbagai perangkat yang berbeda untuk menghubungkan perangkat sahabat arena ke internet dengan aman.

Penutup

Pembahasan diatas sudah jelas kalau manfaat VPN ini akan memberikan akses internet yang paling terbaik. Semua yang menjadi privasi sahabat arena akan terenkripsi dengan perlindungan yang berasal dari VPN tersebut. VPN tersebut bertujuan kepada VPN yang berkualitas. Kebanyakan VPN yang berkualitas tersedia di layanan VPN premium atau sahabat arena harus beli paket terlebih dahulu baru bisa menggunakan VPN tersebut.

ExpressVPN

Sahabat arena bisa menggunakan NordVPN atau ExpressVPN dimana kedua layanan ini memiliki manfaat VPN yang sangat berguna untuk menunjang kegiatan sahabat arena pada saat berinternet. Banyak para pengguna internet menggunakan salah satu dari kedua VPN tersebut. Karena mereka mengatakan kalau kedua VPN tersebut bisa melindungi semua privasinya. Bahkan sahabat arena bisa menggunakannya dengan cara yang mudah, tanpa harus repot-repot menggunakan kedua VPN tersebut.

ArenaLaptop Editor