Inilah Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu

Dengan bangga ditulis oleh: Adjie Purbojati

ARENALAPTOP.COM — Beberapa tips membeli laptop bekas / second berkualitas dan standart pengecekannya. Jadi gini ceritanya, ane tadi dapet curhatan dari temen sob, beberapa hari yang lalu temen ane ini beli laptop bekas, tetapi setelah pemakaian beberapa hari, laptop harus masuk bengkel, dan beberapa komponenya minta ganti. Kasus kaya gini bukannya bikin kita untung karena bisa dapet laptop dengan harga murah, tapi malah bikin buntung karena kita harus keluar uang lagi buat biaya servis dan penggantian komponen yang rusak. Nah mugkin banyak juga nih sob kalian yang berencana membeli laptop bekas untuk digunakan kebutuhan sehari – hari kita nantinya. Supaya ga buntung kaya temen ane tadi, dan pastinya bisa dapetin laptop yang bagus, ane mau share beberapa tips nih sob, gausah lama – lama lagi langsung aja kita babat habis ulasannya.

Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu

Tips Membeli Laptop Bekas Yang Bagus

  1. Periksa Bagian Fisik

  2. Menurut ane tampilan fisik dari laptop adalah salah satu point penting yang bisa jadi acuan kita dalam menentukan laptop bekas mana yang akan kita beli. Kenapa begitu ? karena hal yang paling terlihat jelas saat membeli laptop bekas adalah ada pada bagian fisiknya, kondisi fisik yang masih bagus menandakan pemilik sebelumnya dapat merawat laptop tersebut dengan baik sob. Tapi belum tentu kalau luarannya bagus bagian dalamnya juga menjanjikan, tapi setidaknya sudah mendapatkan kesan baik dimata kita. Bandingkan dengan laptop yang luarannya sudah amburadul, jangankan untuk mengecek performa dan kondisinya, melihatnya saja kita udah ga pingin dulu.

  3. Cek Garansi

  4. Laptop bekas yang masih mempunyai masa garansi entah itu garansi toko maupun garansi distributor resmi patut mendapatkan point lebih untuk kita beli. Karena apa? karena garansi yang masih berlaku akan mempermudah dan pastinya menguntungkan bagi kita juga kalau – kalau di kemudian hari kita mendapati masalah maupun kerusakan pada laptop yang kita beli.

  5. Cek Fungsi dan Performa

  6. Selanjutnya nih yang juga waijib kita perhatikan adalah mengecek fungsi – fungsi dari komponen – komponen ataupun peripheral dari laptop bekas yang akan kita beli. Misalnya kita cek pada bagian port USB apakah semua port masih berfungsi, kemudian cek juga DVD – ROM, keyboard, webcam, dan juga kondisi dari speakernya. Baca: Harga Laptop RAM 8GB Termurah 

  7. Pastikan Baterai dan Charger Dalam Kondisi Baik

  8. Salah satu keluhan yang sering ane denger dari temen – temen sehabis membeli laptop bekas adalah pada kinerja baterainya. Biasanya penggunaan laptop yang tidak baik, dapat menimbulkan efek samping pada baterai yaitu menurunnya kemampuan menyimpan daya dari baterai itu sendiri. Cukup susah memang memastikan apakah baterai laptop masih dalam keadaan baik atau tidak. Salah satu cara yang bisa digunai nih sob, lihat indikator baterai terlebih dahulu pada level berapa, kemudian coba kita gunakan laptop untuk membuka banyak aplikasi yang cukup berat sekitar 5 – 10 menit dan lihat apakah baterai mengalami penurunan yang normal atau justru mengalami penurunan yang extereme. Kalau baterai mengalami penurunan yang extreme perhitungkan lagi untuk membelinya. Charger juga harus dalam kondisi baik sob, pastikan tidak ada kabel yang mengelupas atau charger sering hidup mati saat digunakan.

  9. Periksa Layar LCD

  10. Hal ini menjadi penting karena harga LCD sebuah laptop cukup mahal sob, lebih baik kita pastikan kondisinya baik terlebih dahulu sebelum membelinya, dan pastikan juga tidak ada dot pixel pada layar LCD laptop tersebut. Cara mudahnya dengan mengganti wallpaper dengan warna hitam polos kemudian perhatikan adakah selain warna hitam disana, kemudian ganti lagi dengan warna putih polos, dan pastikan lagi kondisinya baik. Baca: Harga Laptop Touschscreen Termurah

  11. Cek Harga Pasar

  12. Jadilah pembeli yang bijak, kita harus tahu dulu kira – kira harga pasaran jenis laptop yang akan kita beli itu berapa. Agar kita juga bisa mendapatkan harga yang sesuai. Harga laptop bekas turun sekitar 20% – 40% tergantung dari kondisi barang dan lamanya pemakaian, apabila menemukan harga yang terlalu tinggi dari harga pasar, mending pikir – pikir dulu deh sob.

  13. Jangan Mudah Percaya

  14. Ini penting nih, biasanya kita sering menjumpai penjual yang pinter sekali ngasih janji – janji politik ke kita. Maksutnya apa yang dia bilang tentang kondisi laptop tersebut, belum tentu yang sebenernya. Biasanya para penjual berusaha menutupi kecacatan yang ada pada barang yang akan dijual. Jadi berhati – hatilah dan jangan mudah percaya.

Mungkin kali ini segitu dulu aja ya sob Tips Membeli Laptop Bekas Agar Tidak Tertipu yang bisa ane kasih, udah mepet sama jadwal kuliah nih, takut telat kalau ane terusin nulisnya. Kapan – kapan ane tambahin lagi kalau dapet tips menarik lainnya. Semoga bermanfaat.