VPN vs SSL, Mana yang Sebaiknya Kita Pakai? Berikut Pembahasan

Kini dunia internet yang ada di Indonesia sudah terancam dengan berbagai virus malware atau kejahatan yang lainnya. Banyak para pengguna yang kini sering membandingkan antara keamanan dari VPN vs SSL. Tapi banyak yang menganggap remeh dengan kedua layanan ini. Mereka tidak menyadari kalau internet mereka dalam keberadaan yang memburuk. Sehingga harus memerlukan enkripsi yang paling aman untuk kehidupan internet.

VPN vs SSL

Sesuai dengan apa yang sudah dijudulkan diatas kalau arena laptop akan membahas perbandingan dari VPN vs SSL. Namun sebelum arena laptop membahasnya, arena laptop akan memberikan penjelasan yang detail tentang apa itu VPN dan juga SSL serta apa saja manfaat dari VPN dan SSL. Sebenarnya manfaat dari VPN serta SSL sangat bermanfaat untuk berinternet, apalagi ketika sahabat arena ingin merasakan keamanan yang terkuat saat berinternet. Berikut pembahasan dari kedua layanan tersebut.

Apa Itu VPN?

VPN atau Virtual Private Network merupakan salah satu layanan yang dapat menghubungkan perangkat sahabat arena (komputer/PC atau smartphone android/IOS) dengan Internet. Berinteraksi tanpa gangguan apapun sudah menjadi prioritas utama buat kita. Nah dengan VPN sahabat arena bisa berselancar di media online ataupun diberbagai situs web yang ada.

Sahabat arena bisa menggunakan VPN diberbagai jaringan yang, baik itu di WiFi publik dan jaringan pribadi. Teknologi dari VPN ini mampu menjaga semua rahasia dari sahabat arena. Memang sudah banyak pihak ketiga ataupun ISP yang ingin menyadap data penting dari sahabat arena, namun melalui VPN semua data penting sahabat arena akan selalu terenkripsi dan tetap aman.

Koneksi dari VPN sangat aman untuk menjelajahi blokiran yang dilakukan oleh pihak tertentu. VPN hadir untuk membantu sahabat arena dalam menghadapi masalah terhadap aktivitas online sahabat arena. Semua data-data sahabat arena akan tetap utuh ketika menggunakan VPN. Penggunaan dari VPN sangat mudah, rata-rata VPN yang ada memiliki penggunaan yang mudah, jadi sahabat arena bisa menggunakan VPN dengan nyaman.

Manfaat Menggunakan VPN

Pada umumnya VPN memiliki manfaat yang terbaik jika dibandingkan dengan layanan yang lainnya. Ada tiga manfaat utama yang harus diketahui oleh sahabat arena, berikut 3 manfaat utama dari VPN.

  • Sahabat arena bisa menggunakan VPN dengan mengakses ke jaringan kantor ataupun komputer. Sebenarnya VPN bisa digunakan dari mana aja, asalkan data seluler sahabat arena tetap aktif. Hal ini biasanya disebut sebagai Remote Access
  • Dengan adanya VPN kita bisa searching ataupun browsing dengan aman ketika telah terakses ke jaringan internet yang publik, misalnya hotspot seperti hotel, cafe dan tempat-tempat lainnya yang memiliki hotspot.
  • Dengan menggunakan VPN kita bisa menghemat biaya dalam setup jaringan. Disebabkan VPN juga menjadi salah satu alternatif pada saat menghubungkan pada jaringan lokal yang begitu luas dengan pengeluaran biaya menjadi lebih rendah. Hal ini karena adanya transmisi data pada VPN yang menggunakan jaringan pribadi ataupun publik, sebenarnya sudah ada dan tidak perlu untuk membangun jaringan dengan cara yang sendiri.

Apa Itu SSL

SSL atau Secure Socket Layer adalah salah satu keamanan yang dapat melindungi transaksi pada web sahabat arena melalui enkripsi yang canggih. Dalam website yang menggunakan SSL, hal ini untuk mengubah alamatnya menjadi https serta muncul tanda yang berupa gembok atau padlock pada alamat bar browser. Hal ini untuk menimbulkan jenis SSL, identitas dari kepemilikan web dan teknologi enkripsi yang digunakan.

Pada umumnya SSL menjadi salah satu cara untuk membuat keamanan pada situs dengan browser dari pengguna. Ketika seseorang sedang mengunjungi website yang dengan menggunakan teknologi dari SSL, dengan begitu ini akan menampilkan suatu link yang telah terenkripsi dari sesi browser dan web server. Jadi, SSL merupakan standar industri ketika berkomunikasi dengan situs yang aman dan dapat pada perlindungan terhadap jutaan transaksi secara online disetiap hari

Manfaat Menggunakan SSL

Sama dengan VPN dimana SSL memiliki 3 manfaat utama dan wajib diketahui oleh sahabat arena. Tanpa basa-basi, langsung saja disimak 3 manfaat dari SSL, seperti yang ada dibawah ini.

  • Mampu meningkatkan reputasi pada website, mungkin ini yang membuat pengguna ingin menggunakan SSL.
  • Ketika sahabat arena menggunakan SSL, maka hal ini dapat membuat keamanan pada transfer data yang ada di website. Dikarenakan SSL telah menggunakan fitur enkripsi yang terbaik.
  • Dengan adanya SSL, maka kualitas SEO akan menjadi lebih meningkat. Jadi, SSL menjadi salah satu layanan yang bermanfaat bagi web sahabat arena.

Jadi, Mana Yang Sebaiknya Kita Pakai, VPN vs SSL

VPN vs SSL merupakan sebuah pilihan yang sangat berat untuk memilih dari kedua layanan tersebut. Namun pada kenyataannya kedua layanan ini akan terungkap jika bandingkan. VPN vs SSL, mana yang harus saya gunakan? Jika sahabat arena mengamankan semua informasi yang berasal dari website sahabat arena, maka sahabat arena bisa menggunakan layanan SSL.

Namun apabila sahabat arena ingin berinternet dengan aman dilayanan streaming dan media online lainnya, maka arena laptop sangat menyarankan untuk menggunakan layanan dari VPN. Jadi, mana yang menjadi layanan terbaik antara VPN vs SSL? Kalau kita berbicara kehidupan online, pasti tidak lari dengan koneksi terhadap sosmed, streaming dan browsing ke berbagai web.

Jika sahabat arena masih membandingkan antara VPN vs SSL? Arena laptop memberitahu kepada sahabat arena, kalau VPN sangat diharuskan untuk digunakan oleh sahabat arena. Jadi sudah terbukti kalau VPN vs SSL, tentu saja yang menjadi pemenang dari kedua layanan ini adalah VPN. Dimana VPN mampu mengenkripsi semua data sahabat arena dan mampu menyembunyikan alamat IP sahabat arena.

Penutup

Kesimpulan dari pembahasan diatas dimana VPN menjadi salah satu layanan yang paling terbaik, sahabat arena bisa lihat pada pengertian yang ada diatas. Memang kedua layanan tersebut memiliki enkripsi untuk mengamankan data dari sahabat arena. Namun sayang sekali kalau dibuat perbandingan antara VPN vs SSL, tentu saja VPN menjadi sesuatu hal yang paling terbaik.

Pada umumnya VPN memiliki dua versi yang bisa digunakan oleh sahabat arena dan ada yang tidak bisa digunakan oleh sahabat arena. Jika, sahabat arena memilih VPN yang memiliki harga, maka kemungkinan besar sahabat arena akan mendapatkan akses dengan perlindungan yang terbaik dari VPN tersebut. Berbeda dengan VPN gratisan yang hanya bisa menjual data-data sahabat arena kepada pihak yang tertentu.

ExpressVPN

Maka dari itu pemilihan VPN harus diterapkan oleh sahabat arena, karena salah menggunakan VPN sahabat arena akan mendapatkan penyasalan. Arena laptop sangat merekomendasikan VPN yang memiliki harga atau, jangan menggunakan VPN gratisan. Lebih sahabat arena menggunakan SSL daripada sahabat arena menggunakan VPN gratisan. Walaupun memiliki harga, tapi sahabat arena akan mendapatkan keamanan yang sepenuhnya. ExpressVPN dan NordVPN bisa menjadi VPN Berbayar terbaik yang bisa sahabat arena coba. Terima kasih…

ArenaLaptop Editor