10 Laptop Untuk Recording Musik Terbaik dan Paling Laris

Kali ini artikel yang akan dibahas menganai berbagai laptop yang bisa menjadi pilihan bagi Sahabat Arena yang memiliki hobi merekam atau membuat musik. Laptop kini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan komputasi seperti mengetik atau menonton video, tetapi telah mendukung kebutuhan lainnya, termasuk merekam hingga membuat musik. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli laptop untuk recording musik, beberapa hal di bawah ini perlu dipertimbangkan agar proyek musik yang Sahabat Arena kerjakan berjalan lancar tanpa ada gangguan dari laptop yang digunakan.

Laptop Untuk Recording Musik

Ukuran Layar

Layar menjadi salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan karena berkaitan dengan ruang kerja visual. Laptop dengan layar berukuran kecil tentunya akan menyulitkan jika harus mengelola banyak trek musik. Oleh karena itu, Sahabat Arena bisa memilih layar berukuran 14 hinga 17 inci agar bisa memantau trek musik dalam jumlah banyak sekaligus.

Prosesor

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah prosesor yang digunakan laptop tersebut. Pembuatan musik memang akan membutuhkan CPU atau prosesor yang andal. Oleh karena itu, pilihlah laptop yang ditenagai dengan prosesor terbaik dan paling canggih. Laptop dengan prosesor quad core menjadi pilihan yang terbaik untuk menunjang kebutuhan recording maupun produksi musik. Selain itu, untuk kecepatan prosesor tersebut, pilih prosesor dengan kecepatan minimal 2,4GHz. Semakin cepat prosesornya tentu kinerjanya juga akan semakin baik.

Penyimpanan

Dalam melakukan recording musik tentunya akan banyak memakan ruang penyimpanan. Oleh karena itu, dalam memilih laptop untuk recording musik, sebaiknya pilih laptop dengan penyimpanan berkapasitas besar. Ada dua jenis penyimpanan yang bisa dijadikan pilihan yaitu penyimpanan berupa hard disk dan solid state drive (SSD). Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Sahabat Arena ingin penyimpanan dengan kinerja yang cepat, SSD adalah pilihannya. Namun, harga yang ditawarkan lebih mahal dibanding harddisk.

Itulah beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih laptop unttuk kebutuhan recording musik. Setelah mempertimbangkan ketiga hal yang disebutkan di atas, selanjutnya kami juga telah merangkum laptop apa saja yang cocok untuk digunakan recording musik, berikut daftar laptopnya.

10 Laptop untuk Recording Musik Terbaik dan Paling Laris

1. Apple MacBook Pro MJLQ2

Apple MacBook Pro MJLQ2

MacBook Apple memang menjadi salah satu laptop terbaik dan banyak digunakan para pekerja seni, khususnya dalam membuat atau merekam sebuah lagu. Dengan dukungan aplikasi yang telah disediakan di Macbook ini, tugas pengeditan bisa dilakukan dengan cepat. Untuk melihat spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki Apple Macbook Pro ini bisa dilihat di link berikut.

2. Macbook Pro Retina

Macbook Pro Retina

Dengan menggunakan MacBook Pro Retina, Sahabat Arena bisa merecording musik dngan cepat. Penyimpanan berupa SSD, baterai yang tahan lama, serta prosesor yang andal menjadi keunggulan yang dimiliki laptop ini. Tidak hanya itu, MacBook ini juga telah dilengkapi dengan layar sentuh yang akan memudahkan dalam pengerjaan pembuatan musik. Ulasan lengkapnya bisa dilihat di sini.

3. HP Pavilion Power 15

HP Pavilion Power 15

HP menghadirkan laptop seri Pavilion 15 ini dengan layar yang cukup untuk kebutuhan pembuatan musik. Tidak hanya itu, laptop yang dirilis perusahaan Hawlett-Packard ini juga dapat diandalkan untuk recording musik dengan lancar berkat dukungan prosesor Intel Core i7 7700HQ. Untuk melihat spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

4. Asus ZenBook Flip S

Asus ZenBook Flip S

Jika Sahabat Arena menginginkan laptop yang dapat dibawa bepergian dengan mudah, Asus ZenBook Flip S layak dipertimbangkan. Dengan mengusung desain yang tipis dan ringan, laptop Asus ini tidak hanya cocok untuk produksi musik, tetapi juga mendukung mobilitas tinggi  Sahabat Arena. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai laptop Asus ini bisa dilihat di link berikut.

5. Asus ROG GL503VD

Asus ROG GL503VD

Satu lagi laptop dari Asus yang mumpuni untuk pembuatan musik yaitu Asus ROG GL503VD. Laptop untuk recording musik yang satu ini hadir dengan penyimpanan internal berkapasitas cukup besar, yaitu 1TB dan ditambah lagi dengan penyimpanan berupa SSD. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di sini.

6. Razer Blade 970M

Razer Blade 970M

Laptop untuk recording musik berikutnya yang bisa Sahabat Arena jadikan pilihan adalah Razer Blade Stealth dengan layar berukuran 1.3 inci. Laptop ini memiliki spesifikasi yang sesuai untuk kebutuhan recording hingga pembuatan musik. Mulai dari prosesor quad core i7 6700HQ, RAM 16GB, hingga kartu grafis Nvidia GeForce GTX 970M. Sepsifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

7. MSI GF63

MSI GF63

MSI GF63diklaim sebagai laptop Windows terbaik dalam pembuatan rekaman musik. Laptop dari MSI ini menawarkan performa tinggi berkat dukungan prosesor Intel Core i7. Selain tu, ukuran layar laptop ini juga cukup besar, yaitu 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Untuk spesifikasi lengkap laptop ini, bisa dilihat di link berikut.

8. Dell XPS 13

Dell XPS 13

Dell Seri XPS memang telah lama dirilis. Salah satu laptop seri Dell XPS yang bisa Sahabat Arena pertimbangkan adalah XPS 13 yang mengusung desain sangat tipis. Meski laptop ini memiliki ukuran yang ringan dan tipis, namun laptop ini tetap terlihat kuat dan kokoh. Kinerja laptop Dell ini juga tidak perlu diragukan lagi. Ditenagai prosesor Intel Coer i7 dan RAM yang dapat diupgrade hingga 32GB, Dell XPS 13 mampu diandalkan untuk mengerjakan berbagai kebutuhan, termasuk recording musik. Untuk lebih jelas lihat disini.

9. Dell Inspiron 15 5579

Dell Inspiron 15 5579

Dell Inspiron 15 5579 merupakan salah satu laptop gaming besutan Dell. Tidak hanya andal untuk urusan gaming, laptop Dell yang satu ini juga dapat diandalkan untuk kebutuhan produksi musik. Dell Inspiron 15 5579 juga memiliki keunggulan dalam hal ketahanan baterainya yang diklaim mampu bertahan hingga 11 jam. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

10. Samsung Notebook 9

Samsung Notebook 9

Selain terkenal dengan produk smartphone-nya, Samsung juga memiliki produk laptop yang menawarkan kinerja cepat untuk menyelasaikan kebutuhan pekerjaan penggunanya. Produk laptop untuk recording musik dari Samsung yang bisa Sahabat Arena jadikan pilihan adalah Samsung Notebook 9. Didukung prosesor Intel i7 dan penyimpanan SSD berkapasitas 256GB, Samsung Notebook 9 sangat cocok digunakan untuk pembuatan musik, terutama bagi Sahabat Arena yang sering bepergian dengan membawa laptop. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

Demikian daftar laptop yang bisa Sahabat Arena jadikan pilihan untuk kebutuhan recording maupun pembuatan musik. Semua laptop yang ada di dalam daftar di atas tentunya memiliki spesifikasi dan kinerja yang mumpuni untuk kebutuhan multimedia, termasuk untuk urusan recording musik. Meski semua laptop untuk recording musik di atas sudah terpercaya untuk urusan pembuatan musik, namun Sahabat Arena juga perlu mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan jika ingin membelinya. Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah bobot lapop tersebut. Jika memiliki mobilitas tinggi, Sahabat Arena bisa memilih laptop dengan desain tipis dan ringan, salah satunya Asus ZenBook Pro.

ArenaLaptop Editor