10 Laptop Untuk DJ Terbaik dan Paling Laris

Dalam dunia musik, laptop jadi alat yang penting untuk mengolah aransemen lagu terlepas dari alat musik yang dipakai. Disamping itu laptop juga berfungsi sebagai editing lagu, hingga membuat lagu itu sendiri. Apalagi untuk para DJ, laptop jadi senjata andalan untuk nge-mix lagu yang mereka inginkan. Memilih laptop untuk DJ tidak bisa sembarangan harus dibarengi dengan kebutuhan. Karena nantinya tidak hanya sekedar laptop yang jadi komponen utama, melainkan juga software DJ yang membantu mengolah lagu. Saat ini banyak laptop untuk DJ atau produser musik yang fiturnya dikhususkan untuk musisi. Namun, harga yang harus dibayarkan tidak murah. Jadi jika hendak menjadi DJ atau produser musik, pastinya akan mengorbankan keuangan yang tidak sedikit.

Laptop Untuk DJ

Kecepatan Prosesor Harus Tangguh

Apapun kebutuhannya, prosesor jadi komponen vital bagi laptop. Nah, buat sahabat arena yang ingin menjadi seorang DJ, belilah laptop yang memiliki kecepatan prosesor mumpuni. Minimal laptop untuk DJ dibekali Intel Core i3, atau lebih bagus lagi i5 agar laptop dapat stabil menjalankan software yang biasa digunakan para DJ.

Kekuatan RAM

Karena DJ pada umumnya perform selalu menggunakan laptop, maka kapasitas memori RAM di dalamnya haruslah kuat. Besarnya RAM berpengaruh pada kinerja laptop. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya error pada saat kamu belajar atau performing minimal memiliki RAM 4GB (direkomendasikan 8GB).

Kapasitas Penyimpanan Harus Besar

Untuk menyimpan file lagu-lagu DJ, minimal kapasitas penyimpanan sebesar 250GB HDD. Apalagi saat perform dengan menggunakan software, bisa jadi menggunakan format file wave yang butuh space harddisk cukup besar. Jika memiliki budget lebih, menggunakan SSD akan jauh lebih baik kinerjanya.

Daya Tahan Baterai

Ketahanan baterai laptop untuk DJ tidak boleh disepelekan begitu saja. Bisa saja si DJ meminta rider menyediakan colokan listrik, tapi belum tentu socketnya memenuhi kebutuhan alat DJ. Terlebih lagi akan membuat settingan alat di stage lebih ramai dan jadi ribet.

10 Laptop Untuk DJ Terbaik dan Paling Laris

1. HP Envy 15 X360

HP Envy 15 X360

Untuk memaksimalkan kegiatan bermusik, bisa banget mengandalkan HP Envy 15 X360. Kemampuannya cukup tangguh untuk mendukung aktifitas DJ dalam memproduksi musik dengan kekuatan prosesor AMD FX-9800P berkecepatan 2,3GHz. Sementara kapasitas RAMnya sebesar 8GB dengan dukungan dari grafis AMD Radeon R7 yang pastinya membantu meningkatkan produktivitas seorang DJ. Harga laptop ini cukup murah, yakni Rp 11 jutaan. Selengkapnya bisa lihat di sini.

2. HP Pavilion Power 15

HP Pavilion Power 15

Hp Pavilion Power 15 merupakan laptop tangguh yang bagus untuk mengedit musik dengan layar yang cukup luas. Mengandalkan prosesor Intel Core i7-8750, sahabat arena punya kekuatan besar untuk memproses rekaman musik dalam skala besar. Kemampuannya didukung oleh RAM 8GB yang didukung kapasitas penyimpanan 1TB HDD. Laptop ini dijual dengan harga Rp 13 jutaan. spesifikasi dan komponen lengkapnya silahkan lihat di sini.

3. MSI PS42

MSI PS42

Micro-Star International atau biasa dikenal dengan MSI merupakan produsen laptop yang terkenal memiliki spesifikasi cukup bandel. Salah satunya adalah MSI PS42 yang jadi opsi terbaik laptop untuk DJ. Kemampuannya pun sangat mendukung produktivitas sahabat arena sebagai disc jockey karena dibekali prosesor Intel Core i5-8250U. Didukung pula dengan RAM 8GB dan harddisk 256GB SSD. Harga dan spesifikasi lengkapnya bisa lihat di sini.

4. Dell Inspiron 15 7000

Dell Inspiron 15 7000

Laptop gaming ini juga layak dipertimbangkan buat sahabat arena yang mencari laptop untuk DJ. Dengan harga Rp 16,4 juta sudah dibekali tenaga dari prosesor Intel Core i7-7700HQ yang disokong oleh kekuatan RAM 16GB. Menariknya laptop dual tipe grafis dan dual storage yang akan bekerja lebih cepat saat proses merekam musik. Untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya bisa kunjungi halamannya di sini.

5. Asus ROG Strix GL503GE-EN023T

Asus ROG Strix GL503GE-EN023T

Secara spesifikasi yang telah disebutkan di atas, Asus ROG Strix GL503GE-EN023T ini masuk dalam rekomendasi laptop untuk DJ. Selain desainnya yang terlihat garang dan mewah, tenaganya tangguh karena kekuatan dari prosesor Intel i7. Ditambah dengan RAM 8GB membuat kinerjanya makin kencang dan dibekali storage 1TB SSHD. Sementara grafisnya mengusung Nvidia GTX. Untuk harga dan spek lainnya bisa lihat di sini.

6. Razer Blade Stealth 13.3

Razer Blade Stealth 13.3 inch

Razer Blade Stealth merupakan salah satu perangkat yang paling pas untuk aktifitas produksi musik. Laptop keren ini memiliki generasi ke-8 Intel Core i7-7500U yang didukung memori RAM berkapasitas 16GB. Sementara ruang simpannya disediakan harddisk berupa SSD 512GB yang membuat performa laptop jadi kencang saat digunakan untuk mengolah musik. Laptop ini dijual seharga Rp 17,9 jutaan. Lebih lengkapnya bisa lihat di sini.

7. MacBook Pro MPXT2ID-A

Apple MacBook Pro

Rata-rata para DJ menggunakan MacBook sebagai senjata utamanya, terutama saat performing. Salah satu yang jadi opsi menarik adalah MacBook Pro MPXT2ID-A yang secara spesifikasinya mendukung untuk aktifitas seorang disc jockey. Dari mesinnya ditanamkan prosesor Intel Core i5 dengan kecepatan 3,6GHz, memori RAM 8GB, dan kapasitas penyimpanan berupa SSD 256GB. Harganya dibanderol Rp 23,9 juta yang bisa sahabat arena lihat di sini.

8. Acer Predator Helios 300

Acer Predator Helios 300

Acer Predator Helios ini cukup tangguh dalam urusan desain, bisnis, hingga gaming. Namun, bagi sahabat arena yang berprofesi sebagai disc jokey, laptop ini punya performa yang sama baiknya untuk menjalankan aplikasi-aplikasi DJ. Memiliki prosesor Core i7-7700HQ yang didorong dengan kekuatan RAM 16GB, ditambah dengan dual storage sangat membantu para musisi. Harganya dibanderol Rp 23,9 juta yang bisa lihat di sini.

9. Asus Zenbook Pro UX550VD

Asus Zenbook Pro UX550VD

Rekomendasi laptop untuk DJ yang terakhir ada Asus Zenbook Pro. Hadir dengan desainnya yang tipis sangat nyaman untuk dibawa bepergian. Laptop ini mampu menunjang kegiatan memproduksi musik dengan berbekal kekuatan dari Intel Core i7 berkecepatan 2,8GHz. Ditambah dengan kapasitas memori RAM 16GB, serta storage berupa 512GB SSD membuat kinerjanya makin kencang. Untuk mengetahui harga dan spek lainnya bisa lihat di sini.

10. Dell XPS 15

Dell XPS 15 Touch

Seri Dell XPS 15 merupakan salah satu perangkat keren yang bisa sahabat arena beli untuk kegiatan produksi musik. Tidak seperti produk buatan China lainnya, laptop ini memiliki versi kokoh dan premium dengan bentuknya yang tipis. Sangat cocok digunakan saat DJ performing. Dibanderol dengan harga Rp 32,5 juta sudah tertanam Intel Core i7, serta RAM 16GB. Selebihnya bisa lihat langsung di sini.

Itu tadi beberapa rekomendasi laptop untuk DJ yang bisa sahabat arena jadi pertimbangan. Harga memang menentukan kualitas, namun khusus untuk laptop dengan spek yang menunjang kebutuhan bermusik tidaklah murah. Pasalnya ada software-software untuk musik ini biasanya memiliki spesifikasi tertentu untuk bisa dijalankan pada sebuah laptop. Jika didukung dengan perangkat yang mumpuni tentu sahabat arena ciptakan kreativitas yang tanpa batas. Sebab musik harus disebar luaskan untuk menghibur orang banyak.

ArenaLaptop Editor