Owalah! Ini Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Overheat

ARENALAPTOP.COM — Tips dan cara mudah mengatasi laptop cepat panas atau overheat. Ketemu lagi kita, kali ini saya mau nepatin janji saya nih buat bahas tentang cara mengatasi laptop yang cepat panas dan overheat. Dari artikel sebelumnya kita udah tahu nih apa – apa saja penyebab laptop mejadi cepat panas ( baca: Ini Penyebab Laptop Cepat Panas ). Nah kali ini saya mau bagi – bagi tips buat menangani masalah tersebut. Masa udah tahu peyebab – penyebabnya, kita tidak bisa mengatasinya.

Tapi sebelum masuk ke inti sari dari artikel kali ini, saya mau kasih tahu effect – effect yang dapat ditimbulkan terhadap laptop jikalau overheat pada laptop tidak cepat diatasi. Efek yang sering terjadi diantaranya adalah laptop sering hang, kadang restart – restart sendiri, dan yang paling parah dapat menyebabkan processor mati. Untuk itu, mengingat efeknya yang dapat ditimbulkan bisa sangat fatal untuk laptop Anda, maka Anda harus segera mengatasi kegundahan tersebut. Setelah tahu penyebabnya dan juga effect yang dapat ditimbulkan dari overheat pada laptop, selanjutnya adalah masuk pada langkah – langkah mengatasi laptop cepat panas.

  1. Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Ketika kita sedang menggunakan laptop, usahakan ditempatkan di tempat yang mempunyai sirkulasi udara baik. Maksudnya disini adalah, jangan meletakkan laptop ditempat yang pengap, misal diatas kasur atau diatas bantal, laptop kebanyakan menempatkan lubang untuk sirkulasi udara mereka dibagian sisi samping maupun sisi bawah dari laptop itu sendiri. Jika kita meletakkan laptop yang sedang menyala diatas kasur maupun bantal dapat menyebabkan sirkulasi udara menjadi buruk, karena udara panas terperangkap oleh bantal sehingga udara baru yang akan masuk menjadi terhalang. Lama – kelamaan karena sirkulasi udaranya buruk, menyebabkan laptop mejadi overheat dan akan berdampak pada menurunnya performa laptop itu sendiri.

  1. Gunakan Cooling Pad

Cooling pad merupakan salah satu alat yang dapat mengurangi overheat pada laptop. Fungsinya adalah mengurangi atau menurunkan panas pada laptop dengan cara mengalirkan udara segar melalui bagian bawah laptop, agar sirkulasi udaranya menjadi lancar. Tepai perlu diingat, cooling pad juga dapat membawa dampak negative kalau kita tidak benar dalam pemakaiannya. Misalnya adalah membawa debu masuk ke dalam laptop, ini terjadi jika cooling pad dalam keadaan kotor. Nah supaya tidak membawa dampak negative usahakan membersihkan cooling pad dari debu- debu yang menempel secara berkala. Dan juga perlu di perhatikan, kadang ada laptop yang menempatkan sirkulasi udaranya di bawah monitor. Nah untuk satu ini saya rasa dilema juga menggunakan kipas cooling pad karena tidak begitu berguna. Udara hanya muter-muter saja disitu.

  1. Bersihkan Kipas Atau Heatsink

Kipas yang digunakan terus – menerus, bukan tidak mungkin menumpuk bedu yang cukup banyak. Hal ini dapat menyebabkan kecepatan putar dari kipas menjadi menurun atau melambat. Untuk mengatasinya, lakukan pembongkaran kemudian bersihkan kipas dan heatsink laptop hingga benar – benar bersih, dan usahakan beri pelumas. Tapi Anda juga harus berhati-hati membongkar laptop tersebut jika itu merupakan pengalaman pertama bagi Anda. :D

  1. Tambahkan Thermal Pasta

Kinerja dari processor yang terus – menerus menyebabkan panas menumpuk, dan dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan lapisan thermal pasta pada processor mengering. Padahal thermal paste digunakan sebagai penghatar keluarnya panas dari chip processor. Dengan begitu lebih baik tambahkan thermal paste secara berkala agar panas pada processor bisa dihantarkan dengan baik. Anda tidak tahu letaknya thermal pasta? Sama, saya juga baru tau kemarin. :3

Baca juga: Owalah.. Ini tips memilih laptop berkualitas!

  1. Istirahatkan Laptop

Jika penggunaan laptop sudah dalam waktu lama dan digunakan terus – menerus untuk kerja berat seperti bermain games ataupun mengedit foto atau video lebih baik kita istirahatkan dulu. Seperti halnya manusia, laptop juga butuh istirahat setelah bekerja lama. Istirahatkan laptop minimal 30 menit, sebelum nanti digunakan kembali. Istirahatkan dalam hal ini harus dimatikan total ya, atau kalau bisa di masukkan lemari pendingin pun tidak apa-apa biar beku sekalian. :p

Kayanya saya udah kasih semuannya nih, mulai dari penyebab – penyebab laptop cepat panas dan overheat, kemudian effect – effect yang ditimbulkan karena panas, dan juga beberapa tips untuk menanggulanginya. Berhubung udah gak ada yang bisa saya tulis lagi, kali ini artikelnya saya cukupkan sampai di sini dulu. Saya tunggu kunjungan Anda kembali. Semoga bermanfaat. :)

Adjie Purbojati

Sehari-hari berkutat dengan komputer, saat ini stay di Jogja.

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..

Pusat Grosir Laptop Termurah Kini OnlineBeli Disini