10 Laptop yang Cocok Untuk Hackintosh Terbaik dan Paling Laris

Mungkin banyak yang masih belum tahu apa itu laptop Hackintos, terutama buat mereka yang baru belajar tentang komputer. Pada dasarnya laptop yang cocok untuk Hackintosh bukan sebuah merk laptop, tetapi sebutan untuk produk-produk non Apple yang di modifikasi sedimikian rupa. Hal ini bertujuan agar laptop non Apple bisa menjalankan sistem operasi bawaan MacBook, yaitu Macintosh (Mac OS). Jadi gampangnya Hackintosh adalah singkatan dari Hacking Macintosh.

Laptop yang Cocok Untuk Hackintosh

Buat yang ingin menjajal Hackintosh, ada hal penting yang harus diperhatikan. Sistem Mac OS sendiri sudah dirancang sesuai dengan hardware yang ada pada MacBook. Maka dari itu, mungkin sebagian fitur dan fungsi pada laptop Hackintosh tidak akan berjalan semestinya. Namun, hal itu bisa diatasi apabila spek laptop yang dimiliki bisa disesuaikan dengan aplikasi-aplikasi pada Mac OS.

Pengalaman Lebih Dari MacBook

Ada kelebihan yang bisa didapat dari Hackintosh, yakni bebas membangun spesifikasi yang diinginkan selama itu mendukung Hackintosh. Namun, menginstall-nya pada laptop bisa sedikit rumit. Sebaiknya mencari laptop yang cocok untuk hackintosh yang speknya hampir sama dengan OS Mac atau yang support hackintosh. Selain itu harganya jauh lebih murah ketimbang membeli MacBook.

Perhatikan Spesifikasinya

Pastikan komponen-komponen seperti prosesor dan GPU di dalamnya kompatibel. Jika mencoba untuk menginstall OS Mac pada mesin prosesor AMD, kemungkinan hasilnya tidak akan maksimal. Perhatikan juga harddisk, SSD dan jaringannya. Apabila OS Mac tidak mendukung, maka laptop tidak akan bisa terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Grafis yang Digunakan

Sebaiknya kartu grafis laptop sudah dibekali dengan AMD. Pasalnya, kebanyakan MacBook saat ini telah beralih ke AMD bukan Nvidia atau Intel Graphics. Jika tetap ingin menjalankannya dengan grafis Nvidia, harus mencari drive alternatifnya. Dengan Intel HD Graphics pun tetap bisa, jika spesifikasi lainnya mendukung untuk Hackintosh.

Dukungan driver sangat penting buat laptop Hackintosh, karena driver yang disediakan bukan driver resmi melainkan hasil modifikasi. Maka wajar jika muncul masalah seperti VGA tidak terbaca, Hackintos lambat, bahkan bisa mati total.

10 Laptop yang CocokUntuk Hackintosh Terbaik dan Paling Laris

1. Asus Transformer Book Flip TP500LA

Asus Transformer Book Flip TP500LA

Laptop yang Cocok untuk Hackintosh berikutnya adalah Asus Transformer Book Flip TP500LA. Laptop ini punya spesifikasi yang cukup tangguh dan sudah mendukung untuk Hackintosh. Tenaganya dipercayakan pada Intel Core i3-4030U, beserta memori RAM berkapasitas 4GB. Di dalamnya sudah terinstall Windows 10 Home dan harddisk sebesar 500GB HDD. Harga laptop ini murah, yakni Rp 5,7 juta. Untuk melihat secara lengkap bisa lihat di sini.

2. Xiaomi Mi Notebook Pro

Xiaomi Mi Notebook Pro

Ketika Xiaomi meluncurkan mi Notebook Pro, banyak yang menyebutnya MacBook versi Windows. Sebutan itu sepertinya tepat, karena Xiaomi hadir spesifikasi yang memukau sekelas MacBook, namun lebih murah. Dari tenaganya, Mi Notebook Pro ini dibekali Intel Core i7-8550U generasi ke-8, memori RAM 16GB, serta grafis Nvidia GeForce MX150. Harganya dibanderol Rp 16,9 juta sudah support Hackintosh. Jika tertarik, lihat produknya di sini.

3. Lenovo Y50-70

Lenovo Y50-70

Perangkat yang ini lebih mahal dan support banget Hackintosh. Lenovo Y50-70 ini dibekali kemampuan tangguh untuk digunakan berbisnis, kreatifitas, hingga gaming. Performanya dibekali dengan Intel Core i7 yang disokong memori RAM 8GB, serta harddisk sebesar 1TB HDD. Sementara untuk grafisnya ditanamkan Nvidia GeForce GTX. Harganya cukup mahal sekitar Rp 14,4 juta, namun bisa dimodifikasi layaknya MacBook. Lebih jelasnya lihat di sini.

4. Asus Zenbook UX305FA

Asus Zenbook UX305FA

Asus Zenbook UX305FA ini bisa sahabat arena gunakan sebagai laptop yang cocok untuk Hackintosh dengan lancar. Dibekali dengan prosesor Intel Core M-5Y71 yang cukup tangguh, memori RAM berkapasitas 8GB, serta mengusung pemakaian kartu grafis Intel HD Graphics 5300. Laptop berukuran 13,3 inch ini dijual seharga Rp 14 jutaan dengan ketahanan baterai selama 10 jam. Tertarik untuk membelinya? Silahkan lihat selengkapnya di sini.

5. Lenovo Thinkpad T520

Lenovo Thinkpad T520

Salah satu laptop kelas bisnis yang kualitasnya cukup oke. Lenovo Thinkpad T520 ini termasuk perangkat yang mendukung Hackintosh. Build quality-nya luar biasa kokoh yang kinerjanya didukung dari prosesor Intel Core i5 berkecepatan 2,3GHz. Laptop 15,6 inch ini dibekali RAM 4GB dan harddisk sebesar 320GB HDD. Untuk harganya dibanderol murah, yakni Rp 3 juta. Supaya lebih jelas bisa lihat produknya di sini.

6. HP ProBook 450 G4

HP ProBook 450 G4

Jika ingin menginstall OS X pada laptop, HP ProBook 450 G4 bisa jadi pilihan alternatif yang cukup oke. Sahabat arena akan mendapatkan kepuasan setelah merombaknya ke OS X. Di dalamnya tertanam prosesor Intel Core i7-7500U, kapasitas memori RAM 16GB, serta mengusung penggunaan grafis Nvidia GeForce 930MX. Harga laptop HP ini dijual Rp 15,2 jutaan. Selengkapnya bisa lihat langsung produknya di sini.

7. Dell Inspiron 15 7559

Dell Inspiron 7559

Dell Inspiron 15 7559 termasuk rekomendasi terbaik laptop yang cocok untuk Hackintosh. Dibekali tenaga sangat tangguh yang ditujukan untuk para gamers. Prosesor Intel Core i7-6700HQ sebagai senjata utamanya dengan dorongan dari RAM 16GB. Grafisnya didukung oleh Intel HD 530 dan Nvidia GeForce GTX dan tak lupa disematkan dual storage. Harga laptop ini dibanderol sekitar Rp 11,7 juta. Spesifikasi lengkapnya silahkan lihat di sini.

8. Lenovo IdeaPad 710S

Lenovo IdeaPad 710S

Berikutnya ada Lenovo IdeaPad 710S yang bisa sahabat arena layak untuk dipertimbangkan jika ingin install OS Mac di laptop. Dibekali dengan tenaga yang kuat dari prosesornya Intel Core i7, serta dukungan RAM 8GB. Untuk kartu grafisnya sudah disematkan Nvidia GT940MX 2GB. Harga jual laptop Lenovo ini mencapai Rp 16,4 juta plus OS Windows di dalamnya. Untuk lebih jelasnya lihat di sini.

9. Dell XPS 15–9550

Dell XPS 15 9550

Sulit memang mencari laptop yang cocok untuk hackintosh, namun DELL XPS 15 – 9550 rekomendasi yang tepat buat menjajal performa OS Mac. Spesifikasi laptop ini sangat powerfull untuk desain, workstation, dan gaming. Tenaga disematkan prosesornya Intel Core i7-6700HQ yang kuat dan tangguh dengan sokongan dari RAM berkapasitas 16GB. Ruang simpannya cukup besar, yakni berupa SSD 512GB. Untuk harga dan spek lengkapnya lihat di sini.

10. HP Specter x360

HP Spectre X360

HP Specter x360 merupakan salah satu laptop yang memiliki mesin paling kuat di pasaran. Laptop ini cocok untuk para kreatif atau pebisnis. Namun, buat yang ingin mengupgrade ke OS Mac, laptop ini mampu diandalkan. Dari segi performanya tertanam prosesor Intel Core i7, memori RAM 8GB, serta kapasitas penyimpanan berupa SSD 512GB. Untuk melihat harga dan spesifikasi lengkapnya, bisa lihat di sini.

Mencari laptop yang cocok untuk Hackintosh agak sulit memang dan sahabat arena harus sering-sering searching internet. Di samping itu sahabat arena harus jeli dalam melihat apakah spesifikasi laptop yang dipilih telah sesuai untuk diupgrade ke OS Mac. Akan tetapi setelah di install OS Mac tidak semua fitur memang bisa bekerja seperti sebelumnya, akan ada beberapa fitur yang hilang. Namun, ketika mendapatkan spek yang sesuai untuk Hackintosh, pengalaman yang didapat akan lebih wow daripada yang didapat OS Windows.

ArenaLaptop Editor