Apa Perbedaan Domain Dan Web Hosting?.. Berikut Pembahasannya

Apa perbedaan domain dan web hosting? Biasanya kedua nama ini sering kita dengar, apalagi kita yang sering browsing ke Google untuk mencari sesuatu yang berkaitan dengan internet. Lantas apa yang membuat perbedaan domain dan web hosting? Apabila sahabat arena sedang berada disini, tentu saja sahabat arena adalah orang yang paling tepat. Kenapa? Karena disini arena laptop akan membahas tentang perbedaan dari kedua elemen tersebut. Bagi sahabat arena yang ingin mencari tahu perbedaannya seperti apa, langsung saja disimak pembahasan yang telah tersedia dibawah ini.

Perbedaan Domain Dan Web Hosting

1. Fungsi dari Web Hosting dan Domain

Salah satu hal yang bisa membuat perbedaan domain dan web hosting adalah, sahabat arena dapat melihatnya dari fungsi kedua elemen tersebut. Tentu saja sahabat arena akan mengetahui dengan mudah tentang perbedaannya, karena domain dan web hosting memiliki perbedaan yang terlihat mencolok. Jadi, sahabat arena tak perlu ragu dengan hal yang seperti ini.

Secara umum, web hosting menjadi sebuah layanan yang dapat menyimpan berbagai macam data dari suatu situs web yang ada. Web hosting memiliki fungsi yang sangat bermanfaat buat kebutuhan dari website milik sahabat arena. Dimana fungsi yang berasal dari web hosting ini dapat membuat kinerja situs sahabat arena menjadi lebih baik.

Fungsi utama yang dimiliki oleh web hosting, yakni sebagai tempat penyimpanan data milik website. Tetapi, sahabat arena harus tahu kalau layanan hosting memiliki nama sebutan yang berbeda jika fungsi serta penggunaannya berbeda. Umumnya, hosting yang ada di dalam komputer seringkali tidak memerlukan kinerja yang berasal dari suatu server. Terlihat beda jika hosting digunakan sebagai kebutuhan sebuah website, yang seringkali disebut sebagai nama web hosting.

Sedangkan untuk domain, dimana fungsinya hanya sebagai sebuah media untuk mempermudahkan akses yang dimiliki oleh website tersebut dan akan membantu para visitor untuk menemukan website tersebut dengan mudah. Dalam hal ini, domain dapat diartikan sebagai alamat dari sebuah website yang ada. Dimana nama domain akan terletak pada belakang nama website tersebut.

2. Bentuk dari Domain dan Web Hosting

Perbedaan antara domain dan juga web hosting dapat dilihat oleh sahabat arena dari segi bentuk yang dimilikinya. Umumnya, bentuk dari domain seperti tulisan URL yang berada di belakang dari nama suatu situs web tertentu. Domain seringkali memberikan arahan apabila website berada di naungan entitas atau lembaga khusus. Sebagai contohnya, yakni .com, .co.id, .ac.id, .id dan lain sebagainya yang dapat dilihat oleh sahabat arena sebagai contoh-contoh domain.

Berbeda dengan web hosting, dimana sahabat arena dapat melihat bentuk yang dimilikinya dari bentuk fisiknya. Bentuk web hosting ini bisa diakses dengan membutuhkan server hosting serta koneksi  internet agar kecepatan yang akan diakses tidak akan bermasalah atau mengalami gangguan.

3. Kegunaan ataupun Tugas Masing-masingnya

Jika sahabat arena ingin memahami lebih dalam tentang perbedaan domain dan web hosting, maka cobalah sahabat arena melihatnya dari sisi kegunaan serta tugas yang berasal dari masing-masingnya.

Domain memiliki tugas serta kegunaan yang sangat penting untuk para pengunjung website. Selain itu, domain juga dapat membantu visitor web dalam mencari suatu pertanyaan yang ada di search engine. Yang membuat domain ini sangat penting adalah, seorang blogger tidak dapat membuat website apabila tidak menyediakan domain. Pasalnya, domain ini memiliki kaitan yang erat dengan alamat IP komputer.

Tidak sama dengan web hosting yang dijadikan sebagai sebuah ruangan atau tempat dalam menyimpan berbagai macam file milik website. File-file tersebut berupa teks, gambar hingga video serta audio dan lain sebagainya. Web hosting mempunyai kegunaan yang bisa membuat situs web menjadi lebih berguna buat visitor yang ingin mengakses situs tersebut.

Kecepatan dan keamanan website hanya bergantung dari web hosting yang digunakannya. Jadi, sebuah website akan menjadi lebih aman dan cepat apabila web hosting yang digunakannya memiliki kualitas terbaik. Web hosting juga ditugaskan untuk membuat kenyamanan akses pada suatu website yang telah memakai dan mengandalkan web hosting.

4. Pengembangan Servernya

Perbedaan domain dan web hosting bisa juga sahabat arena mencari tahu dengan memperhatikan pengembangan server milik masing-masingnya. Web hosting memiliki kaitan yang erat dengan kegunaan domain.  Jadi, tingkat kinerja dari situs sahabat arena akan menjadi lebih baik jika sahabat arena memperhatikan pemilihan web hosting dan domain yang berkualitas.

Untuk soal kecepatan milik situs sahabat arena bisa bertambah apabila kapasitas dari penyimpanan web hosting cukup besar dan sesuai dengan website sahabat arena. Dengan demikian, kecepatan yang sangat cepat bisa membuat situs sahabat arena menjaid lebih mudah dalam mengaksesnya.

Rekomendasi Web Hosting dengan Kualitas Terbaik

Sesudah sahabat arena mengetahui tentang perbedaan domain dan web hosting. Selanjutnya, disini arena laptop akan membagikan pembahasan yang mengenai rekomendasi web hosting terbaik untuk kebutuhan dari situs sahabat arena. Seperti apa pembahasannya? Sahabat arena dapat simak ulasan yang berikut ini.

1. Siteground

Siteground Web Hosting

Siteground adalah layanan yang memiliki kualitas terbaik sehingga akses dari situs sahabat arena akan tetap stabil. Mereka menyediakan tingkat kecepatan dan keamanan yang bisa membuat situs sahabat arena menjadi lebih lancar serta aman saat berkegiatan. Layanan Siteground juga menawarkan berbagai pilihan paket terbaik dan berbeda, baik itu harganya maupun fitur-fitur miliknya. Klik disini jika sahabat arena ingin berlangganan dengannya.

Periksa Situs Web

2. BlueHost

Bluehost Web Hosting

Sebagai layanan terkemuka, BlueHost menghadirkan dengan berbagai macam jenis fitur yang bisa membantu sahabat arena dalam membuat akses situs menjadi lebih baik. Jangan ragu dan khawatir untuk memakai layanan BlueHost ini, karena mereka sudah berpengalaman dan ahli di bidang hosting yang seperti ini. Ingin mencobanya? Silahkan klik tombol yang telah tersedia disini.

Periksa Situs Web

3. A2Hosting

A2Hosting Web Hosting

Sahabat arena membutuhkan layanan hosting dengan kecepatan yang sangat cepat? Dapatkan layanan hosting dengan tingkat kecepatan terbaik dari layanan A2Hosting ini. Mereka menawarkan tingkat kecepatan yang bisa mencapai 20X lebih cepat. Tapi, kecepatan yang seperti ini, sahabat arena bisa temukan di paket hosting tertentu dari A2Hosting ini. Bisa dilihat disini untuk informasi yang lebih lanjut mengenai A2Hosting.

Periksa Situs Web

4. HostGator

HostGator Web Hosting

Apabila sahabat arena mengira layanan hosting yang ada diatas masih kurang sesuai dengan kebutuhan situs sahabat arena. Mungkin sahabat arena dapat mencoba HostGator yang merupakan alternatif dari berbagai macam layanan hosting terbaik diatas. Dalam hal ini, layanan HostGator menyediakan fitur-fitur canggih dengan pilihan paket hosting yang bermanfaat buat website sahabat arena. Nah, jika sahabat arena ingin melihat informasi yang lebih lengkap tentang HostGator, langsung saja sahabat arena klik disini.

Periksa Situs Web

Kesimpulan

Perbedaan domain dan web hosting bisa kita simpulkan kalau kedua elemen tersebut memiliki peran yang sangat penting bagi kinerja website kita. Jika sahabat arena tidak memiliki domain, maka sahabat arena tidak bisa membangun website. Sedangkan, apabila sahabat arena tidak memakai web hosting untuk website sahabat arena, maka kinerja dari website tersebut akan memburuk. Perhatikanlah dengan hal ini jika sahabat arena ingin membangun website yang bagus dan menarik perhatian banyaknya visitor.

ArenaLaptop Editor