Rahasia Mempercepat Kinerja Laptop Dijamin Sukses

Mempercepat Kinerja Laptop – Cara terakhir untuk meningkatkan performa laptop setelah semua cara dicoba. Sebal, itu hal yang nampaknya pantas diungkapkan ketika laptop yang saya hadapi berjalan begitu lambat. Apalagi ketika sedang penting-pentingnya membutuhkan laptop tersebut untuk hal yang urgent. Untuk membuka kata sandi pada bom yang mau meledak misalnya. Bayangkan jika laptop tersebut sangat lambat, akan ada berapa nyawa yang akan melayang yang disebabkan oleh dosa lambatnya kinerja laptop tersebut?

Pada hari ini, ketika saya menulis artikel ini saya sudah mencoba beberapa cara bahkan artikel yang ditulis teman saya Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Agar Lebih Cepat” pun sudah saya coba. Namun hasilnya ya begitu-begitu saja. Benar, kinerja laptop meningkat, namun meningkat hanya sedikit saja. Saya sudah membeli RAM dengan merk yang paling baik, dari RAM 4GB ke 8GB namun masih saja seperti itu. Jauh dari ekspektasi saya. Perlu diketahui bahwa saya lebih sering menggunakan laptop untuk kebutuhan multimedia. Membuka aplikasi-aplikasi yang berat seperti Adobe After Effect ataupun Maya untuk desain 3D. Bisa kebayang kan bagaimana jika laptop lambat? Padahal laptop ini termasuk terhitung laptop darah muda karena sudah memiliki processor Core i5.

Rahasia Mempercepat Kinerja Laptop

Lalu saya menemukan rahasia mempercepat kinerja laptop yang tiba-tiba muncul dibenak saya. Belum ada artikel yang membahas ini sebelumnya. Ya jawabannya adalah, SSD atau Solid-State Drive , merupakan sebuah media penyimpanan seperti harddisk yang diklaim memiliki kecepatan olah data 24 kali lebih cepat ketimbang harddisk biasa. Bahkan harddisk dengan 7200 RPM pun masih kalah cepat ketimbang SSD tersebut.

perbandingan hdd vs ssd

Setelah saya upgrade ke SSD, walah dalah booting Windows cuma sedetik! Bayangkan betapa kerasanya hal tersebut. Jauh lebih baik ketimbang Anda upgrade RAM sampai puluhan GB, lagipula memangnya ada upgrade RAM hingga puluhan GB? :D Membuka aplikasi seperti membuka folder rasanya. Dan yang terpenting, ketika digunakan untuk render hasil video saya nggak harus nunggu render selesai sambil bikin mie instant atau menyeduh kopi dahulu. :)

Jadi saran saya kepada Anda semua, jika Anda ingin upgrade RAM sebaiknya urungkan dulu niat Anda tersebut. Apalagi RAM laptop Anda saat ini sudah 8GB namun laptop masih lemot juga, niscaya itu bukanlah salah memori tersebut. Berhenti mengkambing-hitamkan RAM, karena dia bukanlah kambing berwarna hitam. Coba teknologi baru, dan perhatikan juga dari segi software. Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel Cara Mudah Mengatasi Laptop Lemot Agar Lebih Cepat“. 

Jangan menggunakan software bajakan terlalu parah, segera bertobatlah. Hapus file-file yang tidak digunakan. Hapus cache file dengan aplikasi cCleaner yang amat sangat membantu. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda semua yang ingin mempercepat kinerja laptop atau komputer. Jika ada pertanyaan silakan kontak Arena Laptop di Facebook atau di kolom komentar.

 

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik