10 Laptop yang Cocok untuk Solidworks Terbaik dan Paling Laris

Solidworks merupakan salah satu aplikasi atau software yang digunakan untuk pemodelan desain 3D. Aplikasi desain 3D ini dapat dijalankan pada Microsoft Windows. Selain Solidworks, ada begitu banyak aplikasi desain, salah satunya Autocad yang mungkin lebih familiar dibanding Solidworks. Akan tetapi, dibanding aplikasi Autocad, Solidworks memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan dari aplikasi Solidworks adalah memiliki kemampuan desain dan pengeditan dalam bentuk solid dengan data yang tersimpan dalam data base. Hal ini memungkinkan para pengguna Solidworks untuk memodifikasi desain tanpa harus mendesain ulang. Akan tetapi, jika ingin menggunakan aplikasi tersebut, laptop yang digunakan harus memenuhi kriteria tertentu. Spesifikasi laptop yang cocok untuk Solidworks akan dibahas berikut ini.

Laptop yang Cocok untuk Solidworks

Ukuran Layar

Untuk kebutuhan desain grafis, terutama yang menggunakan aplikasi Solidworks, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran layar laptop. Agar tampilan konten lebih jelas dan lebih luas dalam mendesain, laptop dengan ukuran layar yang lebar bisa menjadi pilihan yang tepat. Beberapa ukuran layar aptop yang cocok untuk Solidworks, yaitu 14, 15.4, hingga 16 inci. Ukuran layar tersebut juga perlu diimbangi dengan resolusi yang sesuai agar tampilan yang dihasilkan juga lebih maksimal.

Kartu Grafis

Kartu grafis menjadi salah satu komponen yang sangat penting, khusunya ketika Sahabat Arena ingin melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan desain grafis. Laptop untuk desain grafis, terutama untuk menjalankan Solidworks, setidaknya memiliki kartu grafis terpisah, seperti Nvidia GeForce dengan kapasitas memori 1GB atau 2GB. Hal ini tentunya bertujuan agar laptop yang digunakan untuk mengakses aplikasi Solidworks, bekerja dengan lebih cepat.

Memilih laptop yang cocok untuk Solidworks memang terbilang susah-susah gampang. Jika salah memilih spesifikasi laptop, akan berakibat pada kinerja dan tentunya mengganggu pekerjaan desain grafis yang dijalankan. Untuk menghindari hal tersebut, berikut Arena laptop telah merangkum 10 daftar laptop yang sesuai dan cocok digunakan untuk desain grafis, khususnya dalam menjalankan aplikasi Solidworks.

10 Laptop yang Cocok untuk Solidworks Terbaik dan Paling Laris

1. Lenovo G40 80

Lenovo G40-80

Lenovo G40 merupakan produk laptop kelas menengah. Laptop besutan Lenovo ini diperkuat dengan prosesor AMD A8-6410 2G dan didukung kartu grafis terintegrasi Radeon R5. Kombinasi kartu grafis dan prosesor tersebut tentunya tidak perlu diragukan lagi. Untuk urusan desain, terutama yang menggunakan Solidworks, Lenovo G40 bisa diandalkan. Selain itu, ukuran layar laptop Lenovo ini juga cukup memadai dalam menampilkan konten dengan resolusi yang cukup tinggi. Spesifikasi lengkap Lenovo G40 bisa dilihat di link berikut.

2. Lenovo ThinkPad X1

Lenovo Thinkpad X1 Carbon

Masih dari produsen yang sama, laptop yang cocok untuk Solidworks berikutnya adalah seri ThinkPad X1. Laptop Lenovo yang satu ini dibekali prosesor Intel Core i7 VPro 4600U dan kartu grafis Intel HD. Dengan spesifikasi tersebut, tidak heran jika Lenovo ThinkPad X1 dapat memenuhi kebutuhan komputasi tinggi, termasuk desain grafis dengan menggunakan aplikasi Solidworks. Spesifikasi lengkap Lenovo ThinkPad X1 bisa dilihat di sini.

3. HP Pavilion 14-R021TU

HP Pavilion 14-R021TU

Untuk urusan kinerja, HP 14-R021TU memang tidak perlu diragukan lagi berkat dukungan prosesor Intel Pentium N3530 dengan kartu grafis Intel HD Graphics. Selain itu, laptop besutan HP ini memiliki keunggulan dari segi penggunaan daya. HP Pavilion 14-R021TU menawarkan penggunaan daya yang hemat. Spesifikasi lengkap laptop ini bisa dilihat di link berikut.

4. HP 14-CM0067AU

HP 14-CM0067AU

Selain HP Pavilion 14-R021TU, laptop besutan HP lainnya yang juga cocok digunakan untuk menjalankan aplikasi Solidworks adalah laptop seri 14-CM0067AU. Laptop HP yang satu ini dibekali prosesor AMD, seri A9-9425 Dual Core yang memiliki kecepatan 3.1GHz. Selain itu, laptop ini juga ditenagai kartu grafis AMD Radeon R5 Graphics. Untuk mengetahui spesifikasi lainnya laptop HP 14-CM0067AU, bisa dilihat di sini.

5. Asus X455LA-WX127D

Asus X455LA

Jika Sahabat Arena mencari laptop untuk desain grafis dengan harga yang relatif murah, Asus X455LA-WX127D bisa dijadikan salah satu pertimbangan. Selain harganya yang cukup terjangkau, laptop Asus yang satu ini tentunya memiliki kinerja yang tidak kalah dengan laptop berharga mahal. Asus X455LA-WX127D ditenagai prosesor Intel Core i3 4005U dan kartu grafis Intel HD 5500. Spesifikasi lengkap laptop Asus ini bisa dilihat di link berikut.

6. Asus N56VZ

Asus N56VZ

Berbeda dengan produk laptop Asus sebelumnya, laptop Asus berikut ini memang dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Asus N56VZ memang didesain sebagai laptop multimedia high-end. Soal kinerja, laptop Asus yang satu ini menawarkan performa yang mumpuni berkat prosesor Intel Core i7 3630QM yang diintegrasikan dengan kartu grafis Nvidia GeForce GT 650M. Dengan dukungan prosesor dan grafis tersebut, tidak heran jika Asus N56VZ menjadi salah satu laptop yang cocok untuk Solidworks. Untuk spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

7. Asus X555QA-BX101T

Asus X555QA

Laptop berikut ini juga masih laptop besutan Asus dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan layar berukuran 15.6 inci, Asus X555QA-BX101T dibekali dengan prosesor AMD A10-920P dan terintegrasi dengan kartu grafis dari AMD, yaitu AMD Radeon R5-430. Jadi, meski harganya terbilang cukup murah, Sahabat Arena tidak akan kecewa dengan kinerja yang ditawarkan. Untuk spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

8. Dell Inspiron 7559

Dell Inspiron 7559

Dell Inspiron 7559 merupakan salah satu laptop gaming yang diproduksi perusahaan Dell. Selain bisa diandalkan untuk bermain game, laptop Dell yang satu ini juga cocok untuk menjalankan aplikasi desain grafis seperti Solidworks. Hal ini berkat dukungan prosesor Intel Core i7 6700HQ dan kartu grafis Intel HD 530 yang juga terintegrasi dengan grafis dari GeForce GTX 960M. Untuk spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

9. MSI GL62M 7RDX

MSI GL62M 7RDX

Laptop yang cocok untuk Solidworks lainnya yakni MSI GL62 7RDX. Laptop ini hadir bagi para penggemar game. Sebagai salah satu laptop gaming, tentunya laptop MSI GL62 7RDX mengusung spesifikasi yang cukup tinggi. Prosesor Intel Core i7 7700HQ dan grafis GTX 1050 menjadi beberapa spesifikasi yang mendukung kinerja laptop MSI ini. Spesifikasi lengkap MSI GL62 bisa dilihat di sini.

10. Apple MacBook Pro

Apple MacBook Pro

Nah, bagi Sahabat Arena yang memiliki budget besar, tidak ada salahnya untuk memilih Apple Macbook Pro jika sedang mencari laptop untuk desain grafis. Macbook Pro milik Apple yang satu ini telah dilengkapi prosesor Intel Core i7 dengan grafis Intel HD dan Radeon Pro. Selain itu, Apple Macbook Pro juga menawarkan kualitas warna yang lebih kaya yang juga menjadi salah satu kelebihan dari laptop tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

Memilih laptop yang sesuai kebutuhan memang perlu dilakukan. Hal ini bertujuan agar laptop dapat menunjang pekerjaan yang dijalankan dan tentunya hal tersebut juga meminimalkan berbagai hambatan yang terjadi. Bagi Sahabat Arena yang sedang mencari laptop yang cocok untuk Solidworks, 10 daftar laptop di atas tentunya bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Kesepuluh daftar laptop di atas tentunya termasuk laptop yang cukup laris dan terbaik sehingga mudah ditemukan di berbagai toko, baik online maupun offline. Demikian informasi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat dan selamat berburu laptop yang sesuai kebutuhan.

ArenaLaptop Editor