Ingin Upgrade Hard Disk Laptop? Simak Tips Berikut

ARENALAPTOP.COM — Cara upgrade hard disk laptop biasa atau SSD. Kapasitas penyimpanan merupakan hal yang cukup penting sekarang ini, hard disk merupakan salah satu media penyimpanan yang banyak digunakan. Dengan semakin banyaknya data yang kita simpan pada hard disk, menyebabkan ruang kosong yang tersisa pun semakin sedikit. Upgrade hard disk merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut, upgrade harddisk dilakukan tidak hanya karena ruang penyimpanan yang semakin sedikit, bisa juga karena harddisk mengalami trouble atau tidak bekerja dengan baik, sehingga peformannya menurun.

Pada laptop jika kita ingin meng-upgrade hard disk laptop, secara otomatis kita mengganti hard disk yang lama, kemudian mengganti dengan yang baru. Oleh karena itu supaya tidak salah pilih, apalagi merugi nantinya maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih harddisk untuk kebutuhan upgrade. Penasaran ya? oke langsung saja saya kasih beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tips Upgrade Hard Disk Laptop

  1. Merk Hard Disk

  2. Usahakan saat membeli harddisk baru untuk kebutuhan upgrade, merk dari harddisk yang akan dibeli sama dengan merk pada harddisk yang ingin diganti, tujuannya agar performa yang dihasilkan sama seperti jika kita menggunakan harddisk bawaan yang sudah terpasang saat membeli laptop. Tak hanya performa, ukuran hard disk pun juga harus di perhatikan dan harus sama dengan hard disk sebelumnya.

  3. Kapasitas Hard Disk

  4. Pastikan kapasitas hard disk pengganti jauh lebih besar daripada harddisk sebelumnya, namanya juga upgrade, kalau yang dibeli kapasitasnya sama saja mending gausah upgrade sekalian hehehe :D.

  5. Teliti Sebelum Membeli

  6. Pastikan kondisi hard disk baru yang akan kita beli, apakah hard disk tersebut benar – benar baru atau baru hasil rekondisi. Biasanya terdapat perbedaan pada hard disk baru dengan hard disk hasil rekondisi.

  7. Harga Hard Disk

  8. Cek harga harddisk di pasaran, jangan sampai kita membeli harddsik dengan harga yang terlalu tinggi. Tapi juga jangan senang dulu kalau – kalau kita mendapatkan penawaran harga yang sangat jauh lebih murah daripada harga pasarannya. Pastikan dan teliti lagi apabila mendapatkan harddik seperti itu.

  9. Garansi

  10. Garansi dari sebuah harddisk juga bisa menjadi bahan pertimbangan, ada yang berani memberikan garansi resmi 2 sampai 3 tahun, ada juga yang hanya memberikan garansi resmi selama satu tahun. Pilihlah yang berani memberikan garansi dengan jangka waktu yang lama, karena akan mempermudahkan saat kita mengalami masalah atau trouble pada harddisk kita.

  11. Salin Semua Data

Nah, untuk yang satu ini hanya jika Anda ingin tetap memiliki data pada harddisk lama Anda. Karena jika tidak Anda salin sebelum dilepas, maka selanjutnya sulit lagi untuk menyalinnya. Masa abis lepas dan pasang yang baru, lepas lagi dan pasang hard disk lama cuma untuk menyalin data? kan nggak lucu :D. Tahap yang ini juga terkadang disebut dengan kloning. Jadi Anda ndak perlu instal OS ulang.

Semoga tips upgarde hard disk laptop yang saya berikan dalam meng-upgrade harddisk laptop ini bermanfaat, semoga dapat membantu teman – teman sekalian kalau – kalau dikemudian hari ingin upgrade harddisknya.

Riko Rahmanto

Saya misterius.

Kamu pasti juga suka..

Tinggalkan jejak gan