10 Laptop Untuk Mining Terbaik dan Paling Laris

Kepopuleran mata uang bitcoin (BTC) di Indonesia mengalami peningkatan lantaran dipicu nilai tukarnya terhadap rupiah yang sangat tinggi membuat orang berbondong ikut peruntungan di bisnis cryptocurrency ini. Salah satu bisnis yang berurusan dengan bitcoin ini adalah mining atau menambang. Saat ini sudah cara untuk mining bitcoin dengan mudah, bahkan sekarang hp Android pun bisa dipakai untuk melakukan penambangan hanya menekan satu tombol saja. Jika dulu proses mining ini membutuhkan spek PC yang cukup tinggi dan khusus, sekarang pengguna bisa menggunakan laptop. Namun, laptop untuk mining ini pun harus disesuaikan dengan kebutuhan karena memang saat proses penambangan dibutuhkan beberapa komponen yang tangguh. Jika tertarik untuk berkecimpung dalam bisnis bitcoin atau mining, bersiaplah untuk sedikit merogoh kocek dalam membeli sebuah laptop.

Laptop Untuk Mining

Prosesor yang Dibutuhkan

Menurut mereka yang sudah berpengalaman, memang lebih nyaman bila menambang menggunakan PC dengan spek khusus. Akan tetapi buat yang pemula tidak perlu khawatir karena sekarang laptop pun sudah bisa menyesuaikan untuk menambang bitcoin. Laptop untuk mining tidak perlu mementingkan prosesor. Intel dual core saja sudah cukup untuk bisa menambang bitcoin. Namun, dengan prosesor yang lebih cepat tentu akan memberikan kelebihan dalam proses mining yang dilakukan.

Komponen Penting

Komponen lain yang harus benar-benar diperhatikan laptop untuk mining bitcoin dengan lancar adalah RAM dan GPU. Kedua komponen ini nantinya akan lebih banyak menyerap tenaga untuk memecahkan kode dari chainblock yang ada pada bitcoin. Usahakan memilih kartu grafis yang high-end, seperti AMD atau Nvidia dan memiliki waktu proses yang cepat.

Selain GPU, memori RAM jadi hal penting buat sahabat arena yang ingin mining bitcoin. Agar proses penghitungan memecah chainblock berjalan lancar, minimal RAM yang dibutuhkan sebesar 8GB.

Daya Tahan Baterai

Kenapa perlu ketahanan baterai, karena proses mining bitcoin ini memerlukan waktu seharian. Jadi alangkah baiknya jika baterai laptop tahan lama jika sewaktu-waktu listrik padam. Sebab jika proses terpotong karena mati lampu, maka proses penghitungan harus dimulai lagi dari awal.

10 Laptop Untuk Mining Terbaik dan Paling Laris

1. HP OMEN 15-ce523TX

HP OMEN 15

Dibekali dengan prosesor yang kuat dari Intel Core i7-7700HQ kecepatan 2,8GHz, sahabat arena akan dibuat takjub dengan performanya. Didukung juga grafisnya yang mengusung Nvidia GeForce GTX1050Ti. Desainnya yang terlihat mewah ini dirancang untuk pendinginan yang lebih baik agar mesinnya tidak panas saat proses penghitungan. Laptop yang luar biasa ini dibanderol Rp 14 jutaan. Untuk kelengkapan lainnya, bisa kunjungi halaman ini.

2. Asus ZenBook UX330UA

Asus ZenBook UX330UA

Laptop untuk mining yang pertama ada Asus ZenBook UX330UA. Laptop ini cukup kuat untuk menunjang kegiatan menambang bitcoin karena dibekali kekuatan prosesor Intel Core i5 yang cukup cepat. Performanya akan semakin kencang dengan tambahan RAM 8GB, serta kapasitas penyimpanan berupa SSD 256GB. Untuk grafisnya masih menggunakan Intel HD, namun masih bisa menyiasati penggunaan software mining sebagai alternatifnya. Selengkapnya lihat di sini.

3. HP Pavilion 15-BC403TX

HP Pavilion 15-BC403TX

Laptop untuk mining yang berikutnya adalah HP Pavilion 15. Jika sahabat arena ingin menghemat uang agar saat penambangan bisa diperoleh, maka laptop HP ini jadi pilihan yang bagus. Meski dibanderol Rp 10,4 juta, di dalamnya sudah disematkan Intel Core i5 yang ditunjang dengan memori RAM 8GB. Kartu grafisnya sudah menggunakan Nvidia GTX1050 4GB. Silahkan lihat spesifikasi dan komponen lengkapnya di sini.

4. Microsoft New Surface Pro

Microsoft New Surface Pro

Microsoft New Surface Pro ini juga bisa jadi opsi terbaik laptop untuk mining jika dilihat dari spesifikasi yang terdapat di dalamnya. Laptop 12,3 inch ini mengandalkan prosesor Intel Core i5 dengan dorongan dari memori RAM 8GB. Sementara untuk kapasitas penyimpanannya disediakan SSD 256GB. Untuk harganya sendiri dibanderol Rp 15,8 juta. Sangat nyaman bila dibawa bepergian. Detail selengkapnya bisa dilihat di sini.

5. Dell Inspiron 15 7000

Dell Inspiron 15 7000

Memilih laptop gaming sebagai perangkat menambang bitcoin merupakan yang terbaik, seperti Dell Inspiron 15 7000. Di dalamnya tertanam Intel Core i7-7700HQ kecepatan 2,8GHz, memori RAM 16GB yang bisa diupgrade hingga 32GB. Dilengkapi pula dengan dual GPU dari Intel HD Graphics + Nvidia GeForce GTX 4GB. Laptop high-end ini dibanderol Rp 16,4 juta. Untuk melihat kecanggihan lainnya bisa kunjungi halaman di sini.

6. Razer Blade Pro 14 UltraPortable

Razer Blade Pro

Apabila memilih laptop sebagai perangkat untuk menambang bitcoin, Razer Blade Pro 14 UltraPortable ini bisa diandalkan. Berbekal prosesor Intel Core i7 berkecepatan 3,5GHz yang diperkuat dengan RAM 8GB (up to 16GB). Sementara kartu grafisnya mengusung GDDR5X 1060 6GB yang cukup tangguh saat proses mining. Harga laptop ini mencapai Rp 20,9 juta. untuk melihat model dan spek lainnya silahkan klik di sini.

7. Asus Rog Strix GL503GE-EN129T

Asus Rog Strix GL503GE

Asus Rog Strix G hadir dengan pengaturan yang mengesankan, menjadikannya pilihan terbaik untuk menambang bitcoin. Ditenagai dengan Intel Core i7-8750H dengan dukungan dari memori RAM 8GB. Untuk grafisnya menggunakan Nvidia GeForce GTX 1050Ti 4GB. Memiliki dual storage berupa 128GB PCle SSD + 1TB SSHD. Dilengkapi pula sistem pendingin Hyper Cool Duo-Copper untuk mendinginkan GPU dan CPU. Selengkapnya bisa lihat di sini.

8. MSI GT75-8RF Titan

MSI GT75-8RF Titan

Buat yang mencoba peruntungan menambang cryptocurrency di tahun 2019 nanti, tentunya butuh peralatan yang kuat untuk menghasilkan uang. MSI GT75 Titan ini bisa menjawab kebutuhan tersebut. Memiliki tenaga kuda dari prosesor Intel Core i7 dengan dukungan RAM 32GB, serta menggunakan grafis Nvidia GeForce GTX 1070-8GB. Untuk harganya sangat mahal, yakni Rp 42,9 juta. Lebih jelasnya bisa dilihat pada halaman di sini.

9. Lenovo Legion Y520

Lenovo Legion Y520

Apabila sahabat arena mencari laptop untuk mining dengan harga yang agak miring dengan kualitas yang powerfull, maka Lenovo Legion Y520 alternatif terbaiknya. Untuk bermain game juga oke sebab laptop ini ditenagai oleh Intel i7 yang disokong memori RAM 16GB. Sementara grafisnya ditanamkan Nvidia GTX1050TI untuk menunjang proses penghitungan. Harga laptop mencapai Rp 15 jutaan. Untuk komponen lainnya bisa lihat di sini.

10. Acer Predator Helios 300

Acer Predator Helios 300

Acer Predator merupakan laptop dengan kecepatan yang mumpuni dan tangguh sebagai laptop gaming dan cocok untuk mining. Dibekali prosesor Intel Core i7 dan memiliki memori RAM berkapasitas 16GB. Untuk kartu grafisnya sudah dibenamkan Nvidia GeForce GTX 1060 dengan 6GB yang dapat menambang Zcash dan Ethereum dengan mudah. Untuk harganya sendiri laptop ini dibanderol Rp 23 juta. Selengkapnya bisa dilihat di sini.

Itu tadi rincian rekomendasi terbaik laptop untuk mining bitcoin. Menghasilkan uang dari zona nyaman tidaklah sulit. Berkat perkembangan teknologi, kita bisa melebarkan sayap untuk kebebasan menghasilkan uang darimana pun. Hanya berbekal laptop berkualitas dan koneksi internet yang stabil, sudah bisa mendapatkan penghasilan dari rumah. Bisnis penambangan bitcoin ini membutuhkan perangkat keras berkualitas yang ditunjang dengan spek kuat. Jadi jika memang sahabat arena benar-benar ingin berkecimpung di bisnis cryptocurrency ini, modal yang dibutuhkan cukup besar.

nah…

Untuk alternatif penambangan di laptop, sahabat arena bisa mengandalkan software Honeyminer tanpa harus mengeluarkan budget lebih untuk membeli laptop mahal. Aplikasi ini akan membantu dengan mudah proses mining dan akan menangani semua konfigurasi secara otomatis, termasuk beralih ke penambangan lain. Namun, sepertinya jangan terlalu berharap mendapatkan profit lebih. Semua itu kembali lagi kepada kualitas laptop yang dipakai untuk menyumbangkan tenaganya. Karena laptop berkekuatan besar pun rata-rata hanya menghasilkan profit satu atau dua dolar US menggunakan Honeyminer seharian penuh.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor