10 Laptop Untuk Desain 3D Terbaik dan Paling Laris

Pekerjaan di dunia desain atau digital memang tidaklah mudah, selain bekal ilmu yang memadai peran laptop atau komputer sangat berpengaruh. Saat ini banyak yang menyediakan laptop untuk desain 3D dipasaran, tapi apakah semua itu terpenuhi? Atau sudah tahukah sahabat arena standar spesifikasi laptop untuk menjalankan program desain 3D?Laptop Untuk Desain 3D

Memilih laptop desain haruslah teliti. Hal itu dimaksudkan agar tidak salah dalam membeli laptop untuk aktivitas desain baik 2D maupun 3D. Jadi ada baiknya sahabat arena mengetahui dengan jelas standar laptop yang bagus untuk diajak menjalankan program desain. Laptop untuk desain 3D memang mahal, tapi harga yang dibayar adalah sebuah investasi jangka panjang yang akan digunakan. Lebih baik membayar satu kali dengan harga cukup mahal namun awet, daripada membeli laptop murah dengan spesifikasi yang pas untuk desain tapi cenderung terjadi kerusakan pada motherboard. Harga motherboard pun sangat mahal setara laptop baru.

Spesifikasi Harus Bagus

Jika sahabat arena lebih cenderung berkutat pada desain 3D, pastikan laptop dibekali spesifikasi yang bagus. Untuk project awal mungkin cukup dengan spek standar. Akan tetapi apabila sedang mengerjakan proyek desain dengan skala besar tentu spek yang dibutuhkan pun makin besar.

Untuk prosesornya minimal bisa menggunakan Intel Core i5 atau AMD FX maupun A8, A9 dst. Sementara kartu grafis paling bagus menggunakan Nvidia atau AMD ATI dengan memori 2GB untuk tampilan gambar yang halus. Paling penting adalah RAM, disarankan berukuran 8GB agar dapat merender desain 3D dengan lancar. Sebab ketika menjalankan sebuah program desain, RAM inilah yang mengkonsumsi daya paling besar. Sedangkan untuk hardisk minimal 500GB atau lebih bagus lagi menggunakan SSD.

Pertimbangkan Soal Budget

Seperti yang sudah dijelaskan, harga memang sensitif. Di satu sisi sesuaikan dengan budget dan jangan memaksa. Lebih baik tahan dulu jika memang laptop incaran harganya masih di atas dana yang dimiliki. Jangan malas untuk terus mencari, terkadang ada yang menjual laptop dengan spesifikasi bagus harga murah.

10 Laptop Untuk Desain 3D Terbaik dan Paling Laris

1. Acer E5 476G

Acer E5 476G

Rekomendasi pertama laptop untuk desain 3D ada Acer E5 476G yang cukup tangguh untuk desainer pemula, seperti mahasiswa desain. Dari tampilan tak terlalu menawan, tapi spesifikasi boleh dibanggakan. Berbekal prosesor Intel Core i5-476G yang ditopang RAM 4GB mampu diupgrade hingga 32GB. Pengolahan grafisnya menggunakan Nvidia Geforce MX150 yang juga dilengkapi Windows 10 yang dibanderol Rp 8 jutaan. Selengkapnya ada disini.

2. HP 15-BW071AX

HP 15-BW071AX

Buat yang punya budget pas-pasan bisa memilih laptop yang mengusung proseor AMD sebagai alternatifnya. Soal performa sama baiknya dengan Intel Core, apalagi laptop ini didalamnya tertanam komponen tangguh dengan harga ekonomis. AMD APU A12 jadi tenaga utamanya yang bersanding dengan RAM 8GB dan media simpan HDD 1TB. Untuk grafisnya mengadopsi AMD Radeon 530 4GB. Biar lebih jelas lihat saja disini.

3. Asus A456UQ

Asus A456UQAsus juga menawarkan spek laptop untuk desain 3D yang menarik untuk sahabat arena andalkan. Hadir dengan warna yang menarik dan stylish, serta punya bobot yang cukup ringan. Soal performanya dibenamkan prosesor Skylake Intel Core i7-7500 yang berpadu dengan RAM 8GB. Untuk grafisnya didukung Nvidia GT940MX 2GB. Sementara ruang simpannya dibekal hardisk 1TB HDD dan juga optical drive. Detailnya lihat disini.

4. Lenovo Yoga 520 L6ID

Lenovo Yoga 520

Hadir dengan desain elegan dibalut dengan casing berbahan solid yang juga mengusung konsep hybird, dapat dibentuk ke dalam beberapa mode. Terlebih bobotnya yang ringan dan ramping nyaman dibawa kemanapun. Urusan dapur pacunya dimotori prosesor Intel Core i5-8250U yang disokong RAM 8GB, serta hardisk 1TB HDD. Laptop 14 inci ini didukung kartu grafis dari Nvidia MX130 2GB. Untuk harganya lihat disini.

5. Dell Inspiron 3476

Dell Inspiron 3476

Dari segi portabilitas, laptop ini agak kurang nyaman karena bodinya yang tebal. Tapi kinerjanya sangat handal untuk bekerja, desain, multimedia hingga gaming. Semua itu karena laptop ini mengusung prosesor Intel Core i7-8550 dan didorong kekuatan RAM 8GB, sangat nyaman untuk aktivitas desain 3D. Untuk grafisnya mengandalkan AtI Radeon R5 yang dibanderol Rp 10 jutaan. Info detailnya bisa lihat semua disini.

6. HP Pavilion 14-BF004TX

HP Pavilion 14-BF004TX

Laptop Untuk Desain 3D yang satu ini Hadir dengan warna silver yang menarik dan desain yang solid, serta menawarkan pengalaman multitasking lewat Windows 10. Bicara kinerjanya, laptop ini sangat tangguh untuk kegiatan desain, multimedia, dan gaming. Berbekal Intel Core i5-7200U yang hemat daya, RAM 8GB dan VGA Nvidia 940MX. Menariknya dibekali dual storage berkapasitas 1TB HDD dan 128GB SSD. Harganya Rp 12 juta yang bisa dibeli disini.

7. Asus UX410UQ-GV090T

Asus ZenBook UX410UQMenawarkan desain yang anggun dan kinerja luar biasa dalam dimensi laptop yang ramping, serta indah untuk dipandang. Bodinya yang kokoh berbalut alumunium solid ini cukup ringan buat dibawa perjalanan. Sementara mesinnya ditenagai prosesor Intel Core i7-7500U yang didukung RAM 8GB dan VGA Nvidia GT940MX. Harganya mencapai Rp 16,2 juta yang disediakan dual storage 1TB + 128GB SSD. Selebihnya ada disini.

8. Dell Inspiron 15-7567

Dell Inspiron 15-7567

Laptop ini cocok untuk gamers dan desainer 3D untuk berkreativitas, karena dibekali dengan spek gaming yang mantap. Desainnya terlihat jelas ditujukan untuk gamers dengan spesifikasi tangguh, seperti prosesor Intel Core i7-7700HQ berkecepatan 3,6GHz. Didukung oleh RAM 8GB dan VGA Nvidia GTX1050Ti. Makin kencang berkat dual hardisknya berkapasitas 1TB HDD dan 128GB SSD yang dibanderol Rp 17 juta. Komponen detailnya ada disini.

9. Acer Predator Nitro 5

Acer Predator Nitro 5 AN515-51

Ini untuk desainer yang juga punya hobi bermain game. Laptop dengan spek gaming dengan layar 15 inch yang didukung kartu grafis dari Nvidia Geforce GTX1050 dan juga Windows 10. Sementara tenaganya mengadopsi prosesor Intel Core i5-8300 yang disokong RAM 8GB. Lalu ruang simpanya disediakan sebesar 1TB HDD yang dijual seharga Rp 11 jutaan. Tertarik? Langsung saja lihat lebih lengkapnya disini.

10. Apple MacBook Pro MPXT2ID-A

Apple MacBook Pro

Jika sahabat arena punya budget lebih, sangat bagus memilih Apple MacBook Pro ini sebagai laptop untuk desain 3D. Bodinya yang tipis dan ramping ini punya spesifikasi berkelas untuk semua komputasi dan sering dipakai para desainer. Performanya mengandalkan RAM 8GB yang didukung Intel Core i5, serta hardisk berkapasitas 256GB SSD. Grafisnya menggunakan VGA Intel Iris Plus Graphics 640. Selengkapnya ada disini.

Harga memang tidak melulu menjamin suatu laptop memiliki kinerja yang sesuai dibutuhkan dan diharapkan. Akan tetapi harga bisa menentukan kualitas, maka dari itu telitilah sebelum membeli. Rekomendasi 10 laptop untuk desain 3D di atas semoga dapat membantu sahabat arena mengetahui lebih jelas spesifikasi laptop desain. Jangan lupakan garansi resminya, agar memberikan kenyamanan saat laptop bermasalah.

ArenaLaptop Editor