Kelebihan Laptop Dell dan Kekurangan Dibanding Laptop Lain

Memang butuh banyak pertimbangan pada saat memilih laptop, apalagi di pasaran banyak jenis dan tipe laptop yang pastinya membuat bingung. Selain spesifikasi, harga, maupun tampilannya, brand jadi salah satu faktor subjektif yang mempengaruhi keputusan seseorang dalam memilih laptop. Dari sekian banyak brand laptop, merek Dell bisa jadi pilihan menarik. Berbagai kelebihan laptop Dell sangat layak untuk jadi pertimbangan dan harus masuk daftar list pencarian laptop sahabat arena.

Kelebihan Laptop Dell

Merek laptop Dell ini berasal dari Amerika yang pertama kali diprakarsai oleh Michael Dell di tahun 1984. Brand inilah yang kemudian mengakuisisi produk laptop Alienware tepatnya di tahun 2006. Lalu apa yang menarik dari laptop Dell? Berikut kelebihan laptop Dell dalam mengakomodasi kebutuhan komputasi sahabat arena.

Kelebihan Laptop Dell

Desainnya Kokoh dan Berkualitas Premium

Desain Kokoh Laptop Dell

Dari tampilan eksteriornya, laptop Dell tak akan membuat kecewa sahabat arena. Hal ini karena Dell mendesain bodinya dengan kokoh dan tahan banting berkat penggunaan casing berbahan Chromium. Bahkan di beberapa serinya dibekali dengan pelindung baja yang tahan terhadap guncangan. Selain itu laptop Dell selalu menawarkan desain yang ergonomis, terutama buat para pekerja yang memiliki mobilitas tinggi sangat cocok mengandalkan brand dari negeri Paman Sam ini. Jadi soal ketahanan, laptop Dell ini sangat handal dan tahan lama.

Dari sisi interiornya, Dell menyusun tiap-tiap bagian hardware-nya dengan sangat baik untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas komputasi. Walaupun pada beberapa tipe memiliki tampilan yang klasik, namun tetap tak kehilangan sentuhan modern.

Untuk Gaming? Bisa Banget

Laptop Dell Untuk Gaming

Tak hanya menyediakan laptop untuk kebutuhan bekerja saja, kelebihan laptop Dell lainnya adalah memiliki perangkat yang mengakomodasi kebutuhan gamers. Dell menawarkan laptop gaming melalui anak perusahaannya Alienware yang tentunya sudah dikenal luas sebagai perangkat khusus untuk bermain game. Apalagi desainnya memiliki ciri khas seperti alien yang berbeda dari produk lain.

Tak hanya Alienware saja laptop Dell yang bisa diajak bermain game. Adapun laptop Dell Inspiron yang juga menawarkan spesifikasi tak kalah sangar untuk gaming pada beberapa tipenya. Selain Alienware dan Inspiron, sebenarnya jenis XPS dan Vostro juga sudah memiliki kemampuan yang bisa dikatakan mampu digunakan untuk memainkan game. Baik itu game dari kelas yang ringan sampai game kelas berat.

Ramah Lingkungan

Dell Ramah Lingkungan

Ini salah satu inovasi yang diusung Dell untuk memberikan dampak yang baik bagi penggunanya dan lingkungan. Lewat Dell’s Ocean Plastics Packaging, Dell berhasil memanfaatkan sampah plastik yang diambil dari laut untuk diolah menjadi produk berkualitas premium.

Gerakan yang dilakukan Dell ini sukses mengolah 7,5 ton sampah plastik yang ada di lautan. Atas inovasinya ini Dell diberi penghargaan Environmental Leader Award di tahun 2017. Dengan memilih laptop Dell secara tidak langsung sahabat arena sudah mendukung penggunaan produk ramah lingkungan.

Memiliki Pelayanan Khusus

Pelayanan Service Dell

Selain desain dan fiturnya, salah satu kelebihan laptop Dell yang patut dibanggakan adalah pelayanannya yang tidak dimiliki oleh brand lain. Ya, Dell mempunyai service center dengan menawarkan pelayanan khusus. Jika konsumen mengalami masalah pada laptop Dellnya tak perlu repot-repot datang ke kantor service centernya. Cukup menghubungi atau memanggil teknisi kerumah dan pada saat itu juga akan dilakukan perbaikan.

Dari beberapa kelebihan laptop Dell di atas, apa masih ragu untuk memilih Dell sebagai perangkat andalan sahabat arena?

Tapi sebelum membeli ada baiknya mengetahui kekurangan dari laptop Dell. Apapun kelebihan yang ditawarkan selalu memiliki titik lemah yang juga patut diperhatikan.

Kekurangan Laptop Dell

Desainnya Terlalu Kaku

Sebagian seri laptop Dell ternyata memiliki desain yang terkesan kaku dan kurang menarik. Yang mana, terlihat seperti laptop untuk pekerja kantoran. Meskipun bodinya dibalut menggunakan Chromium, justru di beberapa jenis laptop Dell menampilkan desain yang kurang modis. Buat konsumen yang mementingkan gaya, ini akan jadi hal negatif dan tidak akan begitu disukai.

Service Center Tidak Merata

Memang laptop Dell memberikan pelayanan khusus buat pelanggannya, namun masalahnya adalah service center Dell tidak merata ke semua Indonesia. Tentu ini akan menyulitkan pelanggan apabila laptopnya mengalami kerusakan, akhirnya mau tidak mau pergi ke tempat service abal-abal.

Tidak meratanya service center Dell berakibat terjadi penumpukan di beberapa titik tempat service, sehingga memakan waktu yang cukup lama dalam proses perbaikannya. Padahal Dell menawarkan pelayanan khusus dengan memanggil teknisi ke tempat kediaman pelanggan. Kekurangan ini tentu akan terasa sia-sia jika kantor service centernya hanya tersedia di beberapa wilayah saja di Indonesia.

Jenis-jenis Laptop Dell

Sudah tahu kan sekarang apa kelebihan laptop Dell dan kekurangannya. Tapi bicara soal spesifikasinya, sudah pasti Dell mampu diandalkan untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan sahabat arena. Laptop Dell memiliki beberapa tipe atau jenis laptop yang disediakan untuk memudahkan calon pembeli memilih sesuai dengan kebutuhannya. Setidaknya ada 4 jenis laptop yang ditawarkan Dell, berikut ulasannya.

Dell Inspiron

Dell Inspiron

Laptop Dell Inspiron ini dirancang yang menyasar segmen pelajar dan para pekerja kantoran. Bisa dikatakan, laptop Dell ini menawarkan spesifikasi yang dilengkapi untuk kebutuhan komputasi harian seperti pengetikan, office dan lainnya. Namun, laptop ini mempunyai kinerja yang tangguh dan tahan lama. Bisa juga lihat tipe – tipenya disini.

Dell XPS

Dell XPS

Secara desain mirip dengan laptop Dell Inspiron, tapi bedanya terletak pada tingkatan speknya yang lebih tinggi dari Inspiron. Bahkan kemampuan dari Dell XPS ini juga bisa diajak untuk bemain game dengan tingkat resolusi sedang. Cukup mumpuni juga untuk mengerjakan aktivitas desain grafis buat mahasiswa.Tipe dan Harga-nya bisa dilihat disini.

Dell Vostro

Dell Vostro

Kalau laptop Dell yang satu ini cocok untuk segmen pebisnis. Jika laptop bisnis lainnya dibanderol dengan harga mahal, Dell Vostro justru menawarkan dengan harga cukup murah. Kendati demikian ada kelebihan dan kekurangan tersendiri yang dimiliki laptop Dell Vostro ini. Namun, prosesornya sudah dibekali dengan kemampuan kelas atas. Disamping itu laptop Dell jenis ini pun tergolong ringan. Harga Serta Tipe Dell Vostro bisa lihat disini.

Dell Alienware

Dell Alienware

Kalau laptop Dell yang satu ini dilengkapi dengan spesifikasi kelas atas. Hadir untuk mengakomodasi kebutuhan para pecinta game dengan nyaman. Dell Alienware ini juga mendukung kegiatan yang memerlukan kualtias grafis tinggi untuk para pekerja kreatif seperti desainer, arsitek, dan lainnya. Karena memiliki komponen kelas atas dan pasar yang dituju adalah para gamers, jangan heran laptop ini dijual dengan harga mahal. Harga jualnya mulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah. Bisa Lihat tipe – tipenya disini.

Demikianlah ulasan singkat tentang kelebihan laptop Dell dan kekuranganya. Semoga dengan membaca artikel ini, sahabat arena dapat mempertimbangkan dengan bijak sebelum membeli laptop agar tidak menyesal di kemudian hari. Kendati laptop Dell memiliki beberapa kekurangan, tapi kualitas dan daya tahannya memang sangat diperhatikan oleh merek laptop yang satu ini. Jadi, dengan kata lain laptop Dell masih sangat layak untuk dipilih dalam memenuhi segala keperluan komputasi sahabat arena setiap hari.

ArenaLaptop Editor