Laptop di Charge Terus Menerus Meski Sudah Penuh, Apakah Aman?

Arena Laptop – Banyak yang khawatir dan bertanya-tanya apakah aman jika laptop di charge terus menerus meskipun sudah penuh?. Well, kali ini kita akan membahas sesuatu yang menarik yang tak jauh-jauh dengan dunia laptop. Yup, kita akan membahas pada sektor baterai laptop yang selama ini mungkin kalian memiliki permasalahan pada pasangan Anda, maksudnya pada baterai laptop Anda. :D

Berbeda dengan PC yang setiap saat digunakan harus terhubung dengan sumber daya listrik, laptop membuatmu lebih leluasa menggunakannya karena dibekali dengan baterai. Jadi ketika baterai laptop terisi penuh kamu bisa membawa laptopmu kemanapun angin berlalu, yaelah.

Pada sektor daya listrik pasti laptop memiliki nilai lebih dibandingkan dengan PC. Namun yang menjadi pertanyaan misterius selama ini adalah, sebenarnya berbahaya ga sih ketika baterai laptop sudah terisi penuh namun tidak dicabut kabel chargernya? Hayoo kepo yaaa, yuk simak penelusuran tim arenalaptop.com dibawah ini. ( Baca Tips Laptop Lainnya )

Apakah aman laptop di charge terus-menerus?

Laptop di Charge Terus Menerus

Dalam kasus ini sebenarnya penyebab kerusakan baterai bukan lama atau tidaknya sebuah laptop terhubung dengan sumber daya listrik. Nah untuk baterai laptopmu yang berjenis Lithium, hal-hal berikut ini yang mempengaruhi kesehatan baterai laptop kita:

1. Temperatur

Hal yang membuat baterai laptopmu cepat rusak (soak) bukanlah lama atau tidaknya waktu ketika Anda men-charge-nya, namun yang menjadi penyebabnya adalah temperature suhu laptopmu. Jadi ketika kondisi suhu laptopmu semakin panas, maka semakin cepat pula baterai laptopmu akan rusak. Oleh karena itu jaga selalu kondisi suhu laptopmu agar tetap dingin ya, kayak sikap doi ke kamu yang dingin.

Solusi buat laptopmu yang sering kepanasan, kamu bisa membeli USB Cooler Fan yang bisa kamu dapetin dikantor polisi terdekat agar kondisi permukaan laptopmu tetap dingin. Solusi lain adalah kamu bisa mencabut baterai laptopmu ketika baterai laptopmu telah terisi penuh. Nah itu tadi solusi buat kamu agar bisa menjaga suhu laptopmu lebih stabil.

2. Cara Menyimpan Baterai

Bagi yang menggunakan baterai Lithium, baterai jenis tersebut memiliki sifat akan berkurang dengan sendiri daya listriknya walaupun tidak dipakai. Semisal ketika kamu mencabut baterai laptopmu dan kamu simpan dilemari atau dilubuk hati yang paling dalam pun, kapasitas baterai laptop jenis ini akan berkurang dengan sendirinya.

Jadi solusi bagi kamu yang suka menyimpan perasaan eh maksudnya baterai usahakan saat menyimpan baterai dalam kondisi terisi 40%. Baterai Lithium saat disimpan akan memiliki umur lebih panjang saat penyimpanannya dalam kondisi terisi 40% dibandingkan saat kondisi terisi 100%.

3. Siklus Baterai

Semakin sering kamu menggunakan laptop yang baterainya berisi 100% hingga benar-benar habis 0% maka akan semakin memperpendek siklus baterai laptopmu. Dengan catatan kondisi baterai dari 100% menjadi 0% dihitung satu siklus baterai. Kalau di laptop Apple, ada yang namanya Cycle Count yang bisa di cek di program bawaan Mac OS. Jadi, ini akan sangat berguna jika kamu membeli laptop bekas. Demi keberlangsungan hidup baterai laptopmu, sebaiknya jangan sering-sering membiarkan laptopmu mati karena kehabisan sumber daya hingga 0%. Ya, maksimal sampai 25% lah udah kamu charge.

Selama kamu menggunakan laptop, lebih baik laptopmu terhubung dengan sumber daya listrik. Lagi pula ketika kamu sedang bermain game, FPS yang dihasilkan di laptop lebih maksimal jika kamu memainkannya sambil menghubungkan laptopmu dengan sumber daya listrik.

Kesimpulannya adalah, membiarkan ataupun menggunakan laptop dalam kondisi di charge terus menerus tidaklah berbahaya bagi pengguna maupun baterai laptopmu, dengan catatan jangan membiarkan kondisi suhu laptopmu terlalu panas. Selama penggunaan laptop yang wajar-wajar saja, umur baterai akan tetap awet muda saat laptop digunakan sambil di charge. Lagipula, laptop-laptop keluaran terbaru sekarang sudah ada fitur auto cut off power kok, jadi daya listrik dari charher otomatis terputus jika baterai sudah penuh.

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik