Ulasan Lengkap 5 Laptop Dell 4 Jutaan Paling Laris dan Mantap

Di era teknologi masyarakat saat ini seakan tidak dipisahkan dari alat elektronik di setiap kehidupannya. Berbagai perangkat elektronik memudahkan seseorang dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, salah satunya laptop. Pasar laptop sudah sangat menjamur dan setiap tahunnya selalu dirilis model baru yang membuat calon pembeli kebingungan dalam memilih. Dari sejumlah produsen laptop, sahabat arena bisa menjadikan laptop Dell sebagai pilihan yang sangat tepat.

Laptop Dell 4 Jutaan

Tidak sulit menemukan perangkat brand Dell, sebab produsen asal negeri Paman Sam ini sudah cukup laris di pasaran. Kelebihan yang ditawarkan Dell diantaranya desainnya yang berkualitas premium dengan spesifikasi yang mantap, serta harga yang bersahabat. Kalau budget sahabat arena tipis, memilih laptop Dell 4 jutaan sudah cukup mumpuni untuk digunakan bekerja dan multimedia atau bermain game ringan. Soal performa pastinya bisa diandalkan.

Pada artikel ini akan diulas secara lengkap dan detail beberapa laptop Dell 4 jutaan yang bisa jadi bahan pertimbangkan.

Dibuat Oleh Seorang Mahasiswa

Bicara soal sejarahnnya, siapa yang menyangka laptop Dell akan sepopuler seperti sekarang ini. Brand yang satu ini diciptakan oleh seorang mahasiswa bernama Michael Dell yang mengemban pendidikan di University of Texas, Austin.

Jika menilik masa lalunya, Dell dulunya dibuat di dalam kamar asrama milik Michael Dell yang hanya bermodalkan $1000. Dari modal tersebut ternyata mampu menjadi salah satu brand dengan nama besar di dunia elektronik. Komputer yang pertama kali dibuat oleh Michael Dell berupa PC Turbo di tahun 1985 yang dijual dengan harga $759.

Dell mulai menjual produknya secara online melalui situs website pada tahun 1994. Berkat usaha dan kegigihannya, Dell bisa berkembang pesat hingga ke seluruh negara. Tepat di tahun 2003, Michael Dell secara resmi membuat nama perusahaannya seperti nama belakangnya yakni Dell. Sebelum itu produk Dell sudah cukup dikenal di kalangan pengguna PC.

Notebook Pertama Berbasis AMD

Kesuksesan Dell di pasar komputer ditandai dengan keberhasilannya mengakuisisi produk laptop Alienware pada tahun 2006, sekaligus pertama kalinya dirilis laptop Dell Alienware.

Masih di tahun yang sama pada tanggal 1 November 2006, Dell meluncurkan sebuah notebook berbasis AMD dengan pilihan tipe prosesor Single Core MK-36, Dual Core Turion X2 Chip yang kemudian berganti nama menjadi Inspiron 1501 yang dibekali layar 15,4 inci.

Setelah mengetahui sejarah panjang dari Dell, kurang lengkap kalau tidak membahas beberapa produk dari Amerika ini. Berikut ulasan lengkap dari laptop Dell 4 jutaan.

Ulasan Lengkap 5 Laptop Dell 4 Jutaan Paling Laris dan Mantap

1. Dell Inspiron 14-3473

Dell Inspiron 14-3473

Di daftar pertama laptop Dell 4 jutaan ada Dell Inspiron 14-3473 menawarkan performa yang tak kalah bagus dari produk lain di kelasnya. Mengandalkan prosesor Intel Celeron N4000 dengan kecepatan hingga 2,6GHz jadi senjata utamanya.

Laptop dengan bentang layar 14 inci ini diperkuat oleh memori RAM berkapasitas 4GB DDR4 sebagai pendamping prosesor. Selain itu didukung pula dengan media penyimpanannya yang cukup lega sebesar 500GB HDD dan masih dilengkapi optical drive sebagai tambahan ruang simpan. Layarnya yang sudah dilengkapi Anti Glare LED ini diperkuat oleh kekuatan grafis dari Intel HD Graphics 600.

Laptop Dell Inspiron 14-3473 Qini juga menawarkan konektivitas yang lengkap untuk memudahkan kegiatan komputasi harian sahabat arena. Apabila masih belum jelas, bisa lihat produk dan spek lengkapnya disini.

2. Dell Inspiron 3180

Dell Inspiron 11-3180

Laptop Dell 4 jutaan yang satu ini bisa sahabat arena andalkan untuk kebutuhan mengerjakan tugas maupun desain grafis. Ditambah laptop ini sudah dibekali dengan sistem operasi Windows 10 untuk aktivitas multitasking yang menyenangkan.

Bobotnya yang tak sampai 2 kg masih cukup nyaman jika dibawa bepergian. Apalagi laptop Dell ini disediakan konektivitas yang lengkap untuk memanjakan penggunanya. Soal performanya, laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD A9 9420 yang mampu memacu kecepatannya hingga 3,6GHz.

Untuk memperkuat kinerjanya dibekali dengan kekuatan RAM 4GB DDR4 yang bersanding dengan hardisk berkapasitas 500GB HDD. Laptop berukuran 11,6 HD ini memiliki resolusi 1366 x 768 dengan tambahan Anti-Glare yang membuat penglihatan nyaman saat menggunakan laptop untuk waktu yang lama. Tampilan visualnya dipercayakan pada kekuatan kartu grafis dari AMD Radeon R5 yang menghasilkan gambar dengan jernih. Selebihnya sahabat arena bisa langsung kunjungi halaman lengkap mengenai produk disini.

3. Dell Inspiron 3462

Dell Inspiron 3462

Mencari laptop murah yang berkualitas sekarang bukan lagi impian. Lewat Dell Inspiron ini sahabat arena akan mendapat pengalaman lebih untuk kegiatan multitasking seperti office, multimedia dan browsing secara bersamaan. Hal itu karena didukung kekuatan memori RAM berkapasitas 4GB DDR3L dan sokongan dari prosesor Intel Celeron N3350 berkecepatan 2,4GHz.

Konektivitas yang dihadirkan laptop dengan layar 14 inci juga cukup lengkap, seperti satu port USB 2.0, dua port USB 3.0, HDMI, dan lainnya. Ditambah lagi kegiatan multitasking sahabat arena sudah didukung OS Windows 10. Sementara kualitas grafisnya mengandalkan Intel HD Graphics 500. Untuk media simpannya dibekali hardisk cukup luas sebesar 500GB. Namun yang menarik masih disediakan optical drive berupa DVD Super Multi guna menambah ruang penyimpanannya. Harganya dibanderol sekitar Rp 4,4 juta yang bisa sahabat arena lihat langsung disini.

4. Dell Inspiron 11 3168

Dell Inspiron 11-3168

Laptop Dell yang satu ini sangat pas buat sahabat arena yang mementingkan gaya maupun mahasiswa yang aktif. Hadir menawarkan desain yang ciamik dengan balutan warna merah cantik dan stylish ini akan menambah kesan modis. Tak hanya menawan dari luarnya saja, tapi spesifikasi yang dihadirkannya juga tidak kalah baik.

Prosesor Intel Core N3710 jadi andalan dengan kecepatan maksimal hingga 2,56GHz. Ditambah lagi memori RAM berkapasitas 4GB DDR3L akan semakin membuat kinerjanya optimal. Untuk keperluan penyimpanan data atau file laptop membekalinya dengan hardisk sebesar 500GB HDD.

Sedangkan pengolahan grafisnya masih mengandalkan Intel HD Graphics 405 yang didukung oleh sistem operasi Windows 10. Untuk mengetahui apa saja yang ditawarkan Dell Inspiron 11 3168 ini bisa dilihat disini.

5. Dell Inspiron 3552

Dell Inspiron 3552

Laptop Dell 4 jutaan yang terakhir dari daftar ini ada Dell Inspiron 3552. Laptop dengan bentang layar 15,6 inci ini menawarkan spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan laptop yang sudah disebutkan. Hanya saja laptop ini menawarkan portabilitas yang cukup baik, sangat nyaman untuk dibawa kemanapun saat digunakan.

Dari spesifikasinya tertanam Intel Celeron N3060 yang disokong dengan kekuatan memori RAM berkapasitas 4GB DDR3L. Kemampuannya masih dibekali dengan storage HDD sebesar 500GB yang cukup lega untuk menyimpan semua file atau data sahabat arena. Sementara pengolahan grafisnya dipercayakan kepada Intel HD Graphics 400. Sayangnya laptop belum dibekali sistem operasi. Namun, baiknya sahabat arena bisa memilih dan menginstal sendiri sistem operasi, apakah yang berbayar atau open source.

Harganya sangat terjangkau buat kantong mahasiswa yang dibanderol Rp 4,2 juta. Selebihnya bisa lihat komponen lengkapnya disini.

Bagaimana?…

Bagaimana sahabat arena, sudah mulai terbayang ingin membeli yang mana? Laptop Dell 4 jutaan ini bisa diandalkan untuk keperluan komputasi atau pekerjaan sahabat arena dengan lancar. Ada beberapa yang mampu diajak bermain game yang ringan, namun rata-rata laptop harga 4 jutaan biasanya lebih ditujukan kepada para mahasiswa atau pekerja kantoran yang lebih sering berkutat dengan office. Nah, itulah tadi lima ulasan lengkap laptop Dell 4 jutaan yang terbaik dan semoga bisa membantu sahabat arena dalam mempertimbangkan laptop pilihan.

ArenaLaptop Editor