Rekomendasi 5 Laptop Dell SSD Dengan Performa Terbaik 2021

Dalam beberapa waktu belakangan ini, pemakaian Solid State Drive (SSD) pada laptop semakin banyak diusung oleh para vendor. Hal ini karena para produsen laptop ingin menawarkan produk laptop kepada konsumen yang mengedepankan kecepatan. Oleh karena itu dengan menggunakan SSD, performa laptop akan terasa lebih kencang dibandingkan dengan HDD. Salah satu brand laptop ternama yang rajin mengeluarkan varian laptop SSD adalah Dell. Laptop Dell SSD yang ditawarkan di pasaran saat ini memiliki tenaga yang memukau dengan harga yang cukup bersaing.

Laptop Dell SSD

Pada artikel kali ini, arena laptop akan membahas beberapa rekomendasi laptop Dell SSD terbaik. Soal kualitas, produk-produk laptop Dell tidak kalah dengan para kompetitornya. Tak hanya dibekali spesifikasi yang mumpuni, Dell juga sangat memperhatikan desain pada produk laptopnya sehingga tampil dengan menawan.

Kualitas Dell Tidak Kalah dengan Merek Lainnya

Kendati saat ini dunia gadget terus dijejali dengan ragam pilihan smartphone, laptop masih mampu bertahan di pasaran. Bahkan mampu mengungguli pasara komputer desktop atau PC.

Laptop dapat melakukan lebih dari yang PC tidak bisa lakukan, dan dalam hal ini tentu saja mobilitas. Dari beberapa brand laptop dunia, hanya beberapa yang sampai saat ini masih bisa diandalkan. Dell merupakan salah satu merek dagang yang sudah dikenal luas karena kualitasnya yang sangat baik untuk memenuhi setiap kebutuhan komputasi. Mulai dari office, mengedit video, desain, sampai gaming tersedia lengkap dengan spesifikasi mumpuni.

Rekomendasi 5 Laptop Dell SSD Dengan Performa Terbaik 2021

1. Dell Inspiron 11 3153

Dell Inspiron 11 3153

Cari laptop Dell SSD yang cukup terjangkau dengan spek mumpuni? Dell Inspiron 11 3153 ini bisa sahabat arena pertimbangkan untuk dipilih. Laptop yang mengusung konsep hybird ini sangat nyaman untuk menunjang mobilitas sahabat arena. Layarnya yang berukuran 11 inci berteknologi touchscreen itu dapat ditekuk hingga 360 derajat sehingga membentuk layaknya tablet. Dari penampilan fisiknya, laptop Dell ini masih terlihat stylish dan kelengkapan konektivitasnya yang cukup baik.

Soal performanya, laptop ini cukup handal untuk tugas sehari-hari, mengedit foto, serta gaming kelas ringan. Tenaga dari mesinnya mengandalkan prosesor Intel Core i3-6100 yang cukup kencang dan bersanding dengan memori RAM sebesar 8GB. Kinerjanya akan lebih maksimal berkat dukungan kapasitas penyimpanan SSD sebesar 128GB.

Sementara untuk menampilkan kualitas gambar yang jernih, laptop ini didukung oleh kartu grafis dari Intel HD Graphics. Untuk harganya laptop ini dijual dengan harga Rp 7,7 jutaan, sudah termasuk sistem operasi Windows di dalamnya. Untuk info lebih lengkapnya lihat disini.

2. Dell Inspiron 14-7472

Dell Inspiron 7472

Hadir dengan tampilan yang cukup menawan berbalut warna silver membuatnya terlihat modern dan modis. Dari segi portabilitasnya pun cukup baik dengan bodinya yang tidak terlalu berat sehingga masih tetap nyaman untuk dibawa kemanapun. Untuk mendukung kegiatan multitasking, Dell Inspiron 14-7472 ini sudah dibekali dengan sistem operasi Windows 10. Namun, konektivitas yang disediakan kurang cukup memadai tapi masih oke untuk diandalkan sehari-hari.

Tak hanya menampilkan desain yang memukau saja, spesifikasi yang tertanam di dalamnya pun tak kalah menawan. Kekuatannya dimotori oleh prosesor Intel Core i5-8250U yang memiliki kecepatan akses hingga 3,4GHz. Untuk memaksimalkan kecepatan performa prosesornya, dibekali memori RAM 4GB DDR4 yang berpadu dengan storage SSD berkapasitas 128GB + 500GB HDD.

Laptop 14 inci berteknologi Full HD ini didukung kartu grafis Nvidia Geforce MX150 2GB DDR5 untuk hasil gambar yang detail. Sahabat arena bisa mendapatkan laptop ini dengan harga Rp 11,3 jutaan yang bisa dilihat selengkapnya disini.

3. Dell Inspiron 5570

Dell Inspiron 15-5570

Laptop Dell SSD yang satu ini dengan desain ciri khasnya berwarna hitam dengan logo tercantum jelas di belakang layarnya. Secara keseluruhan penampilan Dell Inspiron 5570 ini cukup menawan sehingga terkesan modis dan misterius. Laptop dengan layar 15,6 inci Full HD ini memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel Anti-Glare untuk gambar yang lebih akurat. Ditambah dukungan dari kartu grafis AMD Radeon 530 4GB membuatnya sangat handal dalam urusan mengedit foto maupun video.

Sementara dapur pacunya, laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-8250U dengan kecepatan maksimal 3,4GHz yang berpadu dengan memori RAM 8GB DDR4. Laptop ini mampu berlari lebih kencang berkat adanya hardisk berupa SSD yang memiliki kapasitas 256GB. Selain itu laptop ini sudah terinstal sistem operasi Linux Ubuntu.

Tertarik untuk membeli? Jika ya, maka sahabat arena perlu siapkan budget sebesar Rp 10,8 juta untuk bisa membawanya pulang. Cukup masuk akal dengan speknya yang berkelas. Untuk lebih detailnya bisa lihat disini.

4. Dell Inspiron 7373

Dell Inspiron 7373

Laptop ini hadir untuk memberikan pengalaman lebih kepada penggunanya dengan performa kelas premium. Jika dilihat dari tampilan fisiknya, Dell Inspiron 7373 ini membawa konsep 2-in-1 yang bisa berfungsi sebagai laptop dan juga tablet hanya dengan memutar layarnya hingga 360 derajat. Keyboardnya pun tampil dengan backlit untuk menerangi tombol-tombol hurufnya supaya dapat digunakan di ruangan yang minim cahaya. Ditambah lagi sahabat arena akan mendapatkan active pen optional untuk membantu memaksimalkan kegiatan desainer atau penulis. Dengan active pen ini sahabat arena bisa menulis atau menggambar di atas layar laptop.

Untuk spesifikasinya, laptop ini menyematkan prosesor Intel Core i5-8250U sebagai tenaga utamanya. Agar kecepatannya lebih optimal disokong oleh RAM 8GB DDR4L, serta kapasitas simpan SSD sebesar 256GB. Laptop berukuran 13,3 inci dengan teknologi Full HD ini beresolusi 1920 x 1080 piksel yang disandingkan dengan VGA Intel HD Graphics 620.

Harga jualnya laptop ini mencapai Rp 14,9 jutaan yang bisa ditemukan produknya disini.

5. Dell XPS 13-9370

Dell XPS 13 9370

Laptop Dell SSD terakhir hadir dari Dell XPS 13-9370 yang menawarkan desain cukup tampan. Soal tenaganya, laptop ini memiliki kinerja yang sangat prima karena dibekali dengan komponen-komponen yang mutakhir. Laptop dengan bentang layar 13,3 inci Full UHD ini memiliki resolusi 3840 x 2160 piksel yang menghasilkan tampilan lebih akurat dan jernih. Laptop ini juga sudah dilengkapi teknologi layar sentuh dan juga fingerprint untuk keamanan data laptop. Terlebih laptop ini punya bodi yang tipis dan ringan sehingga tidak repot saat dibawa-bawa.

Laptop dengan sistem operasi Windows 10 ini memiliki performa yang handal berkat prosesor Intel Core i7-8550U dengan kecepatan maksimal 4GHz. Tak hanya itu, memori RAM 16GB melengkapi kecepatan dari prosesornya sehingga kegiatan multitasking sahabat arena tidak akan terhambat. Kecepatannya akan lebih maksimal berkat dorongan dari media penyimpanannya berbasis SSD yang berkapasitas 512GB. Lalu untuk kualitas grafisnya, Dell membekalinya dengan VGA Intel HD Graphics 620. Lebih lengkapnya silahkan lihat langsung disini.

Pilih Laptop SSD atau HDD?

Beberapa laptop yang beredar di pasaran sekarang ini harga SSD sudah jauh lebih terjangkau. Kendati belum bisa dibanderol semurah storage HDD, namun SSD memiliki kecepatan baca yang lebih cepat.

Jika kita lihat perbandingannya, laptop kelas menengah yang dibekali HDD mempunyai kecepatan baca dan tulis di bawah 100 MB/s. Sedangkan laptop SSD di segmen yang sama kecepatan baca dan tulisnya bisa mencapai di atas 200 MB/s. Hal tersebut karena kecepatan memori flash dalam mencari data jauh lebih kencang daripada yang menggunakan storage berbasis piringan, seperti HDD.

Dengan kecepatan read & write yang kencang bisa mempersingkat waktu loading saat membuka software berat, misalnya Adobe Photoshop yang terkenal memiliki waktu loading cukup lama. Jadi meskipun prosesor laptop sahabat arena tak terlalu bertenaga, sementara storagenya menggunakan SSD, maka kemampuannya akan terlihat seperti laptop kelas premium.

Namun, memang laptop SSD biasanya dibanderol dengan harga yang mahal dan pastinya dibarengi dengan prosesor yang mutakhir juga. Nah, laptop merek Dell bisa jadi opsi yang bagus karena ada beberapa produk murahnya sudah dilengkapi SSD. Oleh karena itu tak ada salahnya sahabat arena untuk mempertimbangkan laptop Dell SSD sebagai pilihan utama.

Itu dia…

Itu dia rekomendasi dan ulasan laptop Dell SSD yang bisa diberikan sebagai bahan pertimbangan, apabila sahabat arena mencari laptop berbasis SSD. Semoga pilihan laptop SSD dari Dell yang kami tampilkan cukup memuaskan sahabat arena untuk menentukan alternatif laptop terbaik.

ArenaLaptop Editor