Apakah VPN Ilegal? Berikut Ini Fakta dan Pembahasannya

Apakah VPN ilegal atau legal? Banyak pertanyaan yang seperti ini di arena laptop sehingga kesempatan kali ini arena laptop akan membahas pertanyaan dari sahabat arena. VPN menjadi salah satu kunci terbaik untuk membuka semua konten yang telah diblokir oleh pihak tertentu. Namun hal ini juga sangat berpengaruh kepada pemimpin negara untuk membuat VPN menjadi ilegal.

Apakah VPN Ilegal

Banyak penyedia VPN yang telah diblokir oleh pihak tertentu karena adanya sebuah alasan sehingga VPN tersebut diblokir. Pada awalnya layanan VPN hanya dapat digunakan untuk mengamankan bagi para pembisnis maupun organisasi yang ingin aman dalam dunia internet. Dalam soal keamanan VPN mampu melindungi setiap penggunanya melalui kebijakan non-log yang dimilikinya.

Dengan demikian informasi mengenai sahabat arena tidak mudah untuk dilacak, bahkan aktivitas online dari sahabat arena tidak mudah untuk dipantau. Hal ini menyatakan kalau internet sahabat arena akan menjadi lebih aman saat berinternet, lantas kenapa pertanyaan yang mengenai apakah VPN ilegal atau legal itu harus ada. Mari kita simak pembahasan yang ada dibawah ini.

Apakah VPN Ilegal?

Apakah VPN ilegal? Ada sebagian besar negara yang mengatakan kalau VPN ilegal dan ada juga beberapa negara yang mengizinkan layanan VPN untuk beroperasi. Mungkin sahabat arena akan merasa menyesal ketika dinyatakan kalau layanan VPN itu ilegal. Banyak penyedia layanan VPN sudah diblokir oleh ISP, bahkan ada yang mengatakan kalau penggunaan terhadap VPN mendatangkan sanksi.

Awal mulanya VPN hanya digunakan untuk mengamankan privasi dari setiap penggunanya. Hal dalam mengamankan privasi pengguna mencakup hal-hal seperti data sensitif dan keamanan untuk sahabat arena saat berada di jaringan WiFi publik. Jika sahabat arena bertanya lagi tentang apakah VPN ilegal atau legal untuk digunakan oleh kita, maka jawabannya hanya tergantung dari sahabat arena.

maksudnya ketika sahabat arena menggunakan VPN untuk hal yang baik, maka VPN akan dinyatakan legal. Sementara sahabat arena yang menggunakan layanan VPN untuk keperluan hal yang negatif, maka VPN akan dinyatakan ilegal. Maka dari itu hanya perlu diingatkan saja, kalau sahabat arena ingin menggunakan VPN pastikan sahabat arena akan menggunakannya untuk hal-hal yang positif.

Jadi, Apakah VPN Ilegal?

Jadi, apakah VPN ilegal? Tentu saja bisa iya dan juga tidak karena VPN yang menjadi ilegal maupun legal hanya tergantung dari apa yang dilakukan oleh sahabat arena. Apakah sahabat arena memerlukan VPN untuk keperluan yang positif dan apakah sahabat arena memerlukannya untuk keperluan hal yang negatif.

Sebagai contohnya, jika sahabat arena menggunakan VPN dan hanya untuk membuka sebuah situs yang berbau Kejahatan maupun pengedaran obat Terlarang (Narkoba), maka pihak yang bersangkutan akan memblokir layanan VPN tersebut. Begitu juga dengan sebaliknya, jika sahabat arena menggunakan VPN untuk menghasilkan hal yang baik maka VPN akan dinyatakan legal.

Namun ada juga sebagian besar dari penyedia layanan VPN harus mengikuti peraturan negara yang sudah ditetapkan oleh ISP tertentu bagi VPN tersebut. Tentu saja hal ini sangat sulit untuk sahabat arena yang ingin mendapatkan aktivitas terlancar dan tidak ada gangguan dari siapapun.

Namun sahabat arena masih bisa menggunakan layanan VPN untuk beraktivitas dengan aman dan lancar. Misalnya sahabat arena menggunakan layanan VPN di suatu negara yang tidak melarang VPN tersebut. Jadi sahabat arena tak perlu takut dalam berinternet dengan tanpa batasan dari siapapun.

Beberapa Negara Yang Menyatakan VPN Ilegal

Seperti yang sudah dibahas diatas kalau ada beberapa negara yang melarang VPN untuk melakukan aktivitasnya. Untuk itu sahabat arena harus berhati-hati ketika menggunakan layanan VPN di suatu negara. Lalu apakah VPN ilegal? Berikut negara-negara inilah yang menyatakan kalau VPN itu ilegal.

1. China

VPN Untuk China

Apakah sahabat arena ingin menggunakan layanan VPN di China? Namun jika sahabat arena ingin menggunakan VPN maka sahabat arena harus berhati-hati. Karena penggunaan VPN yang ada disana sangat dijaga ketat oleh pihak pemerintah China. Penyedia layanan VPN masih bisa menjalankan aktivitasnya, namun VPN tersebut harus mendapatkan lisensi dari pihak pemerintah. Jika VPN tersebut sudah mendapatkan haknya agar beroperasi maka sahabat arena bisa menggunakan layanan VPN tersebut.

2. Rusia

VPN Rusia

Selain negara Cina ternyata di negara Rusia juga diketahui kalau VPN itu tidak sah untuk digunakan oleh para pengguna yang ada disana. Undang-undang yang ada di negeri Rusia sangat membatasi berbagai VPN. Hal ini untuk menjauhkan warganya dari situs-situs yang telah dibatasi oleh pemerintah. Namun, sahabat arena bisa berinternet sambil menggunakan VPN apabila sahabat arena memiliki pemikiran yang baik.

3. UAE

Di negara inilah sahabat arena harus berhati-hati, karena menggunakan VPN untuk hal yang buruk disana sanksinya sangat berat. Perlu diketahui kalau VPN bisa membuat sahabat arena bangkrut dalam membisnis disana. Pengguna yang menggunakan VPN akan mendapatkan hukuman  £ 412.240, tentu saja ini menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan oleh sahabat arena.

4. Turki

VPN Untuk Turki

Turki merupakan negara yang halal, sehingga hal-hal yang mengandung faktor negatif akan dihukum. Ini memungkinkan bagi sahabat arena akan mendapatkan akses yang buruk ketika menggunakan layanan VPN. Karena beberapa penyedia layanan VPN disana sudah dibatasi oleh pihak tertentu Turki.

5. Iran

Pemerintah yang ada di Iran menyediakan Undang-undang untuk melarang VPN. Namun jika sahabat arena menggunakan layanan VPN yang terbaik atau memiliki keamanan yang sangat kuat. Tentu saja hal ini sangat memungkinkan bagi VPN untuk beroperasi, apalagi VPN tersebut telah mendapatkan lisensi dari pihak pemerintah yang ada di negara Iran.

6. Oman

Apakah VPN ilegal di Oman? Yang harus diketahui oleh sahabat arena adalah secara umum negara Oman aktif untuk melarang atau memblokydan menyensor berbagai media serta termasuk internet. Hal ini juga akan berdampak pada pemblokiran terhadap penggunaan VPN..

7. Belarus

Pada tahun 2015 pemerintah Belarus mengikuti halnya dengan Rusia. Dimana negara Belarus sudah memutuskan untuk memblokir layanan VPN dan layanan Tor juga. Bahkan sahabat arena harus tahu kalau ISP yang ada di Belarus sudah mewajibkan untuk melakukan pengecekan terhadap daftar layanan yang sudah dilarang oleh pihak tertentu. Dalam pengecekan mengenai hal ini, mereka juga melakukannya setiap hari.

Kesimpulan

Pembahasan diatas yang mengenai apakah VPN ilegal atau legal bisa disimpulkan bahwa VPN bisa menjadi ilegal dan bisa saja VPN akan menjadi legal. Disebabkan sebagian besar negara akan melakukan pencegahan terhadap penggunaan VPN. Adapun negara-negara yang masih mengizinkan bagi para pengguna untuk menggunakan layanan VPN.

Namun sahabat arena masih bisa menggunakan layanan VPN di negara-negara yang melarang VPN. Di beberapa negara yang ada diatas, pemblokiran VPN hanya dilakukan apabila VPN tersebut memiliki akses yang buruk. Coba sahabat arena menggunakan layanan ExpressVPN dan NordVPN, dimana kedua layanan ini memiliki kinerja yang baik dengan keamanan terjamin. Semoga, artikel kali ini dapat memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh sahabat arena. Terima kasih…

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor