Bisakah VPN Menghentikan Peretas? Berikut ini Penjelasannya

Internet atau dunia virtual sebetulnya membuat sejumlah privasi kita menghilang. Ya, pada beberapa situs atau aplikasi mengharuskan kita untuk mengisi data pribadi. Pada saat terkoneksi internet ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh peretas (hacker). Saat itulah informasi data pribadi bisa saja dicuri apabila mengakses internet melalui jaringan yang tidak aman. Sambungan koneksi tersebut akan mudah untuk dipantau, direkam, hingga dicuri selama komputer melewati server. Ada contoh kasus dimana pada bulan Mei dan Juli tahun 2018 kemarin, para hacker berhasil membobol perusahaan Equifax dan mencuri jutaan informasi data pelanggannya. Tentu hal tersebut bukan kejadian yang pertama kalinya di dunia digital. Serangan dari para peretas kerap kali terjadi, sasarannya mulai dari individu hingga organisasi. Untuk itu sudah seharusnya kita mengambil tindakan yang diperlukan untuk memproteksi data diri, yaitu dengan menggunakan VPN. Mungkin banyak sahabat arena bertanya-tanya, bisakah VPN menghentikan peretas? Jawabannya tentu saja bisa jika VPN yang dipilih punya kualitas layanan baik.

Bisakah VPN Menghentikan Peretas

Cara yang Dilakukan Peretas Untuk Mencuri Data

Para peretas akan selalu punya taktik seiring dengan perkembangan sistem keamanan yang modern. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan peretas untuk mencuri data orang lain.

  • Jaringan Wi-fi

Menggunakan wi-fi publik yang tidak menggunakan kata sandi memang mengasikkan. Tapi hal itu justru memberikan akses bebas ke seluruh file sahabat arena. Semua aktivitas online sahabat arena dapat dipantau peretas melalui jaringan wi-fi yang sama.

  • Mengunjungi Situs yang Tidak Terproteksi

Apabila ada situs yang tidak memiliki simbol kunci, sebaiknya waspada. Tanpa simbol tersebut, mereka akan mudah mendapat informasi dari perangkat tanpa seizin pemiliknya dengan serangan MIM (Man In The Middle). Jadi, selalu periksa tanda centang hijau yang ada di samping simbol kunci.

  • Memasukkan Program yang Tak Diketahui Namanya

Akan sangat berbahaya membiarkan program yang tidak kita ketahui (malware) masuk ke komputer. Ini juga merupakan salah satu cara peretas dapat mengekstrak password sahabat arena dengan mudah. Jika terlanjur menginstalnya, segera hapus dan pindai komputer dengan antivirus.

Kenapa Harus Menggunakan VPN

Kenapa Harus Menggunakan VPN

Langkah untuk aman dari peretas adalah dengan memakai VPN pada perangkat. Fungsi dari VPN tidak hanya sebatas menjawab bisakah VPN menghentikan peretas saja, tapi lebih dari itu. Ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan menggunakan layanan VPN untuk kebutuhan privasi online.

Setiap lalu lintas data yang dikirimkan dari komputer ke internet, sahabat arena harus pastikan tidak ada yang mencegahnya. Dalam hal ini VPN akan mengenkripsi data sahabat arena, walaupun masih ada kemungkinan untuk bocor tapi setidaknya jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

Setiap individu memiliki informasi sensitif, seperti email, rekening bank, hingga laporan pension dan itu harus diproteksi. Peretas bisa mencuri informasi tentang kesehatan sahabat arena untuk membuat asuransi palsu, ini sangat membahayakan tentunya. Dengan VPN, semua itu bisa dicegah dengan fitur-fitur keamanannya dan membuat sahabat arena anonim saat aktivitas online.

Selain itu VPN juga dapat melindungi file-file sahabat arena dari sejumlah program jahat yang ditanamkan peretas dalam sistem komputer.

VPN Memberikan Proteksi Menyeluruh

VPN Memberikan Proteksi Menyeluruh

Memiliki VPN, berarti sahabat arena meningkatkan keamanan yang menyeluruh selain antivirus. VPN akan menyembunyikan dan merubah alamat IP setiap sahabat arena online sehingga akan sulit untuk dilacak. Layanan VPN adalah pilihan terbaik untuk sahabat arena yang sering menggunakan wi-fi publik. Seluruh data yang sahabat arena kirimkan akan terenkripsi dan VPN pun memiliki kebijakan tanpa pencatatan sebagai standar keamanannya.

Layanan VPN yang memiliki kebijakan tanpa logging terhadap seluruh aktivitas dan riwayat penjelajahan akan memberi perlindungan maksimal. Sebab ada beberapa VPN yang ternyata diam-diam merekam, mencatat, sampai memberikan informasi data penggunanya kepada pihak lain. Maka dari itu, pemilihan VPN pun sangat penting, karena tidak semua VPN punya reputasi baik.

Buat sahabat arena yang menginginkan VPN untuk keamanan tingkat lanjut, arena laptop merekomendasikan ExpressVPN dan NordVPN. Dua penyedia layanan VPN tersebut memiliki protokol keamanan yang unggul untuk memberikan privasi online sahabat arena. Namun, disarankan untuk berlangganan layanan premium untuk bisa mendapatkan kualitas terbaiknya.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor