VPN vs WAN, Mana yang Lebih Menguntungkan? Simak Pembahasannya

VPN Vs WAN mana yang lebih menguntungkan? Nah disini arena laptop akan menjawab pertanyaan dari sahabat arena. Jika kita berbicara dunia teknologi pasti sahabat arena sudah tidak asing lagi dengan kedua nama VPN dan juga WAN. Namun sampai pada saat ini banyak orang yang membanding-bandingkan antara VPN Vs WAN. Namun banya orang juga yang tidak mengetahui secara detail tentang apa itu VPN dan juga WAN.

VPN vs WAN

Seperti judul yang ada diatas dimana arena laptop akan membahasnya secara detail mengenai perbandingan dari VPN Vs WAN. Mana sih yang menguntungkan antara VPN Vs WAN? Ada beberapa hal yang harus diketahui oleh sahabat arena sebelum masuk kedalam pembahasan utamanya. Seperti pengertian dari VPN dan WAN serta perbedaan hingga perbandingan antara VPN Vs WAN. Langsung saja simak pembahasan yang ada dibawah ini.

Mengenal VPN

Jika dilihat beberapa dekade, misi terdasar dari VPN adalah untuk membuat jatuhnya paket yang tidak berasal pada titik akhir dan diautentikasi. Lalu lintas dari setiap penggunanya akan dienkripsi dengan tingkat yang paling tinggi dengan membentuk dasar dari VPN yang melalui internet. Dengan adanya VPN semua lalu lintas dari sahabat arena akan selalu terenkripsi.

Virtual Private Network (VPN) ini lebih memprioritaskan aplikasi dari pengguna dan mengamankan semua identitas dari para penggunanya, hal ini merupakan tingkat yang paling dasar. VPN menjadi salah satu alat yang dapat membantu sahabat arena untuk berinternet dengan nyaman. Namun kecepatan jaringan internet terbatas, karena kecepatan internet akan bergantung pada data seluler yang dimiliki oleh sahabat arena.

VPN dijuluki sebagai terowongan yang mengenkripsi semua informasi dari setiap penggunanya. Selain itu sangat bermanfaat untuk menyembunyikan alamat IP dari para penggunanya. Jadi, sahabat arena tak perlu khawatir akan terjadinya kehilangan dari alamat IP yang dimiliki oleh sahabat arena. Bahkan sahabat arena juga bisa terasa aman apabila berada di jaringan publik.

Berikut dibawah ini merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan dari VPN dan harus dipertimbangkan bagi sahabat arena apabila ingin menggunakannya dengan mengevaluasi VPN Vs WAN.

  • VPN standar memberikan tawaran WAN sederhana dengan menggunakan terowongan enkripsi yang telah diautentikasi.
  • Pada umumnya VPN itu sangat mudah digunakan, apabila memilih VPN yang berkualitas.

Mengenal WAN

Teknologi dari WAN ini sangat terbaik pada perusahaan yang mengadopsi dan selalu mengandalkan layanan dari cloud serta membutuhkan keamanan granular. Apabila WAN tidak menyediakan layanan QoS, maka ini akan bertentangan dengan kemampuan yang menyediakan kondisi jaringan serta aplikasi yang telah diutamakan dengan cara lokal.

Apabila organisasi membutuhkan layanan cloud, maka mereka harus mempertimbangkan kesadaran dan keamanan aplikasi. Klien dan peranti WAN biasanya akan lebih komprehensif pada fitur yang berjalan dalam praktik kerja. Dengan peningkatan pada kontrol WAN, penyedia atau tim TI bisa melakukan pembatasan dan mengamankan semua lalu lintas yang sesuai dengan profil dari pengguna serta jenis lalu lintasnya.

Janji dari WAN adalah sebuah layanan yang mendukung berbagai konektivitas dari jaringan. Namun teknologi dari ini belum cukup, karena ada berbagai hambatan yang dapat membuat WAN ini memerlukan teknologi yang harus ditingkatkan. Hal ini pada umumnya akan membutuhkan konfigurasi pada server. Menggunakan internet dengan konektivitas WAN, maka ini akan mengurangi waktu dari perbaikan dan mengurangi tingkat layanan.

Perbedaan Antara VPN Dengan WAN

Perbedaan yang paling utama antara dari VPN dengan WAN bisa dilihat dari fitur-fitur jaringan yang sudah ditentukan oleh perangkat lunak. VPN mampu menawarkan keamanan pada WAN secara terotentikasi dengan dua bahkan lebih titik terakhir. Hal ini dapat diartikan untuk mengamankan interaksi kantor pusat dengan kantor cabang. Enkripsi VPN yang dari ujung ke ujung dimana ini hanya sebuah komponen yang kecil untuk keamanan secara keseluruhan.

Kedua ujung dari transportasi membutuhkan keamanan lalu lintas, melakukan optimasi pada WAN dan untuk memilih jalur yang paling terbaik. Sementara WAN hanya sebagai kumpulan pada berbagai aspek dalam fitur WAN untuk dikonsolidasikan pada sebuah platform dengan cara yang mudah. VPN menyertakan intelejen untuk mengarahkan lalu lintas  yang berdasarkan dengan jalur terbaik pada pengoptimalan serta keamanan. Hal ini bertanda kalau sahabat arena bisa menggunakan VPN tanpa harus menggunakan fungsi dari WAN.

Jadi, Mana Yang Lebih Menguntungkan Antara VPN Vs WAN?

Pada umumnya untuk memutuskan antara VPN Vs WAN sangat membingungkan. Namun jika sahabat arena adalah seorang pengguna internet mungkin sudah tahu mana yang lebih menguntungkan dan mana yang tidak menguntungkan. VPN Vs WAN, mungkin arena laptop sarankan untuk menggunakan layanan VPN, apalagi sahabat arena ingin mendapatkan akses internet yang paling aman.

Kenapa arena laptop mengatakan kalau VPN ini lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan WAN. Pada umumnya VPN memiliki fitur-fitur yang menarik, namun tetap saja sahabat arena harus memilih VPN dengan kemampuan yang terbaik atau berkualitas. Sedangkan dari banyak penyedia layanan VPN terdapat VPN yang tidak mampu memberikan perlindungan terhadap aktivitas online dari sahabat arena.

Jadi, mana yang lebih menguntungkan antara VPN Vs WAN? Jika sahabat arena ingin mendapatkan akses yang sepenuhnya dari VPN, arena laptop sarankan untuk menggunakan VPN yang premium. Walaupun berbayar VPN premium dapat memberikan perlindungan yang maksimal dengan kecepatan serta kemudahan dalam pemakaian. Berbeda dengan VPN gratisan dimana ini akan membuat kenyamanan dalam berinternet akan sering terganggu atau tidak aman lagi saat berinternet.

Rekomendasi VPN

Seperti apa VPN yang paling terbaik meski berbayar? Nah dibawah ini merupakan dua VPN yang paling terbaik dengan harga yang terjangkau, apabila dilihat dengan fitur-fiturnya. Berikut kedua VPN tersebut.

1. NordVPN

NordVPN

Pada NordVPN terdapat fitur-fitur yang terbaik untuk melindungi aktivitas online dari sahabat arena. NordVPN dapat dijuluki sebagai VPN yang paling aman jika dibandingkan dengan berbagai VPN yang lainnya. Ini dikarenakan keamanan yang berada pada protokolnya, seperti OpenVPN mampu melindungi sahabat arena dari jaringan yang jahat.

Sahabat arena bisa berinternet dengan nyaman di 60 negara dalam 5000 lebih server. Bahkan sahabat arena bisa merasa tenang ketika menggunakan WiFi publik. Ini disebabkan pada jaringan publik, NordVPN menjadi VPN yang sangat bermanfaat untuk melindungi sahabat arena di WiFi publik. Keamanan pada WiFi publik sangat kuat, seakan-akan sahabat arena sedang berada di perlindungan tingkat militer. Klik disini untuk melihat informasi yang lebih lengkap mengenai NordVPN.

2. ExpressVPN

ExpressVPN

Untuk rekomendasi VPN yang kedua adalah ExpressVPN. Kenapa harus menggunakan ExpressVPN? Tak hanya NordVPN yang menyediakan keamanan tingkat militer, pada ExpressVPN ini terdapat fitur-fitur keamanan yang menunjang aktivitas online dari sahabat arena. ExpressVPN selalu memprioritaskan kepentingan dari setiap pelanggannya, baik itu keamanan, kecepatan dan kemudahan untuk semua pengguna, terutama bagi pengguna yang masih pemula.

Jika sahabat arena ingin mencari VPN dengan memberikan pelayanan terbaik kepada sahabat arena, mungkin ExpressVPN ini bisa menjadi pilihan yang paling terbaik. ExpressVPN hadir dengan 3000 server lebih di 90 negara yang sudah dioperasikan, bahkan ExpressVPN menyediakan 160 lokasi. Nah dengan demikian sahabat arena akan merasakan pengalaman yang paling terbaik ketika berada di negara yang disukai oleh sahabat arena. Untuk info yang selengkapnya bisa lihat disini.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor