VPN vs VPC, Mana yang Lebih Unggul? Berikut Fakta dan Pembahasan

VPN Vs VPC, banyak orang yang mengatakan kalau kedua layanan ini memiliki kesamaan. Namun, dalam hal yang sebenarnya bahwa mereka berdua ini sangat berbeda. Pada umumnya kedua layanan ini memiliki karakteristik utama, sehingga para pengguna menjadi lebih bingung, jika mendapatkan pertanyaan mengenai VPN Vs VPC. Sahabat arena harus tahu kalau VPN dan VPC itu bisa digunakan secara bersamaan, dimana VPN dapat di host pada VPC.

VPN vs VPC

VPN Vs VPC banyak orang yang mengira kalau kedua layanan ini sama, karena memiliki nama yang sama. Mari kita bahas kedua nama tersebut yang dinyatakan sama.

  • V yang merupakan kependekan dari Virtual. Ini bertanda Jaringan Vs Cloud pada VPN Vs VPC dimana kedua layanan ini dibuat dengan cara virtualisasi. Jadi perangkat lunak yang diandalkan oleh mereka bersifat virtual serta terpisah dari perangkat lunak itu sendiri yang mendasarinya. Namun pada intinya perangkat keras, perangkat penyimpanan dan sistem operasi semuanya ditiru.
  • P yang merupakan kependekan dari Private. Ini dapat diartikan kalau sumber daya bisa diakses oleh para pengguna yang telah diizinkan. Hal ini akan diidentifikasi oleh sertifikat kriptografi, kata sandi maupun nama pengguna.

Nah pada artikel ini, sahabat arena akan mengetahui tentang VPN Vs VPC, karena arena laptop akan mengulas mana yang lebih unggul antara VPN Vs VPC. Berikut pembahasannya.

Tentang VPN

Pelu diketahui, VPN memberikan jaringan yang secara private dari sebuah entitas bisa diakses dalam infrastruktur publik, apalagi pada internet. VPN mampu menukarkan data dari setiap penggunanya dengan cara yang efisien pada jaringan publik atau bersama, seolah-olah pengguna sudah terhubung langsung pada jaringan pribadi.

Nah, VPN komersial mampu mengamalkan jalannya lalu lintas pada terowongan yang terenkripsi. Kemudian mereka dapat merutekan jalan lalu lintas dengan melalui sebuah server pada lokasi yang telah dipilih oleh pengguna. Hal ini dapat memungkinkan kalau informasi, alamat IP dan apapun yang menjadi aktivitas online akan selalu terjaga.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

VPN dibuat untuk menghasilkan sebuah koneksi dari virtual peer-to-peer dengan menggunakan kombinasi dari protokol enkripsi dan koneksi khusus. Apabila internet lalu lintas dari sahabat arena sudah terhubung, maka lalu lintas sahabat arena akan melalui terowongan enkripsi.

Ini dikarenakan protokol tunneling akan membuat terowongan antara pengirim dan juga penerima, lalu mengenkripsi lalu lintas yang telah ditransmisikan. Dengan begitu kejahatan apapun yang akan mengambil hak milik (informasi berupa data penting) sahabat arena, akan selalu terjaga.

Secara pribadi VPN akan terhubung pada jaringan virtual, sehingga bisa mengatasi intersepsi dari lalu lintas yang dianggap tidak sah. Hal ini dapat dimungkinkan untuk aliran data yang menjadi lebih efisien tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup besar pada pembangunan jaringan pribadi secara fisik ataupun infrastruktur internet.

Apa Yang Akan Saya Dapatkan Jika Menggunakan VPN?

Apabila sahabat arena ingin mengakses ke internet secara aman dengan perusahaan ketika jauh dari sebuah kantor, sahabat arena bisa menggunakan layanan VPN. Karena VPN sangat bermanfaat untuk akses dengan cara yang aman disetiap kantor yang sudah ada. Atau mungkin sahabat arena yang ingin merasakan aman di Wi-Fi publik, VPN dapat memungkinkan untuk membantu sahabat arena dalam hal ini.

Selain itu, sahabat arena juga bisa mendapatkan keamanan untuk menjaga privasi dari sahabat arena. Dengan dukungan enkripsi perlindungan yang sangat kuat dari setiap VPN tersebut. Dengan menggunakan Virtual Private Network ini, maka sahabat arena bisa melampaui batasan-batasan yang dilakukan oleh ISP, baik itu konten streaming maupun konten browser.

Tentang VPC

VPC atau disingkat dari nama Virtual Private Cloud merupakan divisi logis yang berasal dari arsitektur dengan multi-tenant pada cloud publik yang mendukung komputasi dari cloud publik. Ini dapat memungkinkan bagi para perusahaan yang memiliki tujuan dan manfaat pada cloud publik.

VPC

Misalnya kontrol menjadi lebih terperinci dari jaringan virtual serta yang telah terisolasi buat beban kerja yang sensitif dan tetap sambil memanfaatkan dari sumber daya pada cloud publik. Namun istilah dari cloud pribadi biasanya dilakukan dengan cara yang salah sebagai sinonim.

Bagaimana Cara Kerja VPC

Pada model yang seperti Virtual Private Could, dimana IaaS publik akan bertanggung jawab dengan memastikan kalau setiap data dari pengguna cloud pribadi akan selalu terisolasi pada data dari penggunanya. Baik itu dari perjalanan atau sudah dari didalam penyedia dari jaringan cloud.

Apa Yang Akan Saya Dapatkan Jika Menggunakan VPC

Salah satu manfaat yang paling terbaik adalah mengontrol jaringan menjadi lebih terperinci, menggunakan sumber daya yang publik serta sumber daya yang secara cloud pribadi dengan ukuran yang sangat terukur dan model pay-as–you-go. Selain itu, VPC juga sangat bermanfaat pada penyebaran dari cloud hybird.

Sebuah perusahaan bisa menggunakan VPC dengan memperpanjang pusat datanya dengan cara yang sendiri dan tanpa harus berurusan pada kompleksitas  dari pembangunan tempat cloud pribadi. Selain itu, VPC menjadi salah satu layanan yang dapat mengatasi peningkatkan pada lalu lintas ketika sahabat arena menghosting web.

Jadi, Mana Yang Lebih Unggul, VPN Vs VPC?

Jadi, mana yang lebih unggul, VPN Vs VPC? Jika kita melihat pada pembahasannya, dimana VPN merupakan sebuah alat online yang dapat membantu untuk melindungi sahabat arena dari jaringan yang jahat. Sementara VPC  merupakan layanan cloud yang elastis dan digunakan untuk membuat host pada website maupun aplikasi. Pada umumnya konfigurasi dari perangkat lunak yang ada pada VPN dapat mengatur OpenVPN dalam istance AWS EC2.

Rekomendasi VPN

Pembahasan yang diatas mengenai VPN Vs VPC, yang paling terbaik adalah VPN. Karena VPN dapat mengkonfigurasi dan menghosting layanan dari VPC. VPN apa yang harus saya gunakan? Mungkin sahabat arena bisa menggunakan kedua VPN yang ada dibawah ini.

1. NordVPN

NordVPN

NordVPN adalah sebuah layanan online yang mampu memberikan akses terbaik dengan mengamankan berbagai privasi dari penggunanya. Mungkin sahabat arena bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa harus mengkhawatirkan keselamatan online sahabat arena.

Dari berbagai penyedia VPN, arena laptop merekomendasikan NordVPN untuk melindungi sahabat arena. NordVPN menjadi salah satu VPN yang teraman daripada VPN yang lainnya. Tunggu apalagi langsung saja mencobanya dengan mengunduh aplikasi NordVPN disini.

2. ExpressVPN

ExpressVPN

ExpressVPN hampir sama dengan layanan NordVPN, karena ExpressVPN mampu memberikan akses terbaik dan mampu mengamankan semua identitas dari apa yang dimiliki oleh sahabat arena. Melalui ExpressVPN, sahabat arena akan merasakan pengalaman yang paling terbaik saat berinternet.

Pada umumnya ExpressVPN ini memiliki enkripsi yang terbaik untuk melindungi sahabat arena dari jaringan yang jahat. Jika sahabat arena ingin menggunakan ExpressVPN ini, maka sahabat arena harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Dimana saya bisa dapatkan? Sahabat arena bisa mencobanya dengan klik disini.

Demikianlah Pembahasan Kita kali ini mengenai VPN vs VPC… Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat, terima kasih.

ArenaLaptop Editor