Amankah Menggunakan VPN Gratis? Berikut Ini Fakta dan Pembahasannya

Pada umumnya VPN mampu memberikan akses yang terbaik dan mampu membuat sahabat arena bisa berjalan dengan baik dan lancar. Berinternet dengan aman dan lancar sudah menjadi salah satu kebutuhan utama di kehidupan online. Nah, maka dari itu sebagai pengguna internet untuk mengamankan privasi kita, maka kita harus menggunakan layanan dari Virtual Private Network atau VPN. VPN biasanya digunakan untuk mempermudah kita dalam membuka blokiran dari pihak tertentu.

VPN Gratis

VPN mampu melewati batasan-batasan yang dilakukan oleh tiap-tiap negara tertentu. Ketika sahabat arena ingin mencari akses terbaik untuk menerobos blokiran pada situs web, maka solusi yang terbaik adalah VPN. Apabila anda adalah seorang pembisnis, pasti memerlukan keamanan disetiap data yang ada di kantor sahabat arena. Nah, maka dari sahabat arena harus menggunakan VPN. VPN berfungsi dengan baik di jaringan kantor, WiFi publik dan jaringan dari rumah.

Namun kebanyakan VPN yang seperti itu digunakan pada VPN yang berlayanan premium. Bagaimana dengan VPN gratis? Sebenarnya VPN gratis itu sangat berbahaya bagi sahabat arena yang ingin melindungi privasi dari sahabat arena. Sahabat arena belum percaya? Mari kita simak mengapa VPN gratis itu berbahaya. Berikut dibawah ini merupakan berbagai alasan-alasan dari arena laptop yang mengatakan kalau VPN gratis itu sangat berbahaya.

Apakah Menggunakan VPN Gratis Aman?

Dilihat dari penelitian yang dilakukan oleh The Commonwealth Scientific dan Industrial Research Organisation (CSIRO). Dimana para peneliti melakukan analisis 283 VPN android dengan mempelajari kelebihan serta kekurangan pada keamanan dan privasi para pengguna. Mereka telah temukan 75% VPN yang diuji, sudah diketahui bahwa menggunakan pelacakan dari pihak tertentu. Sementara 82% VPN memerlukan izin sehingga bisa mengakses ke berbagai data pengguna, misalnya akun pengguna hingga pesan teks.

Hal yang paling terburuk lagi kalau para peneliti menemukan kalau 38% menyediakan malware, seperti spyware, riskware, malvertising, trojan dan adware. Memang pada umumnya VPN gratis menjadi populer, karena hanya satu alasan yaitu free. Banyak para pengguna tidak menyadari kalau VPN yang tidak memiliki harga akan berdampak pada keamanan dan privasi yang menjadi berbahaya. 18% VPN menyediakan protokol tunneling, namun sayang sekali mereka yang meneliti menemukan kalau VPN tersebut tidak menggunakan enkripsi.

Faktanya, kira-kira 66% dan 84% dari VPN yang telah dianalisis ternyata tidak memiliki lalu lintas IPv6 serta DNS dengan melalui antarmuka dari terowongan masing-masing. Hal ini menunjukan kalau VPN tersebut hanya memiliki kinerja yang buruk, jadi setiap kali sahabat arena melihat kalau arena laptop merekomendasikan VPN, pasti VPN tersebut berlayanan premium. Karena VPN yang berlayanan premium sangat bermanfaat untuk memberikan keamanan terhadap privasi sahabat arena. Sebenarnya VPN premium lebih baik daripada VPN yang versi gratis.

Jadi, Amankah VPN Gratis?

Jadi,, Amankah VPN dengan layanan gratis? Seperti pembahasan diatas kalau VPN yang gratisan memiliki kinerja yang buruk. Ada 4 masalah utama yang akan terjadi, apabila sahabat arena menggunakan VPN yang gratisan. Seperti apa masalah-masalah tersebut? Tanpa basa-basi sahabat arena bisa membaca pada ulasan yang sudah tersusun, seperti dibawah ini.

1. Merusakkan Data Anda

Bandwidth Dicuri

VPN bekerja untuk menyembunyikan alamat IP dan berfungsi untuk mengamankan data-data dari para pengguna dengan mengenkripsi melalui terowongan yang telah dibuat. Dengan begitu KSP atau pihak tertentu tidak bisa melacak identitas atau aktivitas yang dilakukan oleh pengguna VPN. Namun, apabila sahabat arena menggunakan VPN yang versi gratis, maka sahabat arena akan menjadi lebih mudah untuk dilacak oleh ISP atau pihak tertentu.

Hal ini sudah terbukti bahwa VPN gratis memiliki tingkat keamanan yang buruk. Bahkan ada VPN yang versi gratis mampu melacak semua data-data yang ada pada sahabat arena. Dimana ketika sahabat arena mengakses ke VPN yang versi gratis, dengan begitu VPN tersebut dapat melihat Apa yang dilakukan oleh sahabat arena. Dengan menggunakan VPN gratis, kehidupan digital sahabat arena akan menjadi lebih buruk dan privasi sahabat karena tidak terjaga

2. Mudah Di Serang Oleh Malware

Mengandung Malware Berbahaya

Berinternet tanpa gangguan dari virus malware sangatlah menyenangkan. Tentu saja semua pengguna yang ada di seluruh dunia menginginkan hal ini untuk terjadi. Sudah banyak pengguna VPN yang selalu ambisi dalam berinternet, apalagi mereka ingin membuka situs-situs yang diinginkannya. Sehingga mereka membutuhkan VPN untuk dijadikan sebagai alat pembantunya dalam kehidupan digital mereka.

Pemilihan terhadap VPN harus dipilih dengan cara yang baik, karena ketika sahabat adalah salah memilih dalam pilihan VPN. Hal ini akan menyebabkan keamanan sahabat akan terganggu, bahkan virus malware juga bisa merusak perangkat sahabat arena. Namun kebanyakan VPN yang dapat diserang oleh malware adalah VPN yang tidak memiliki kualitas terbaik.

Memasukkan virus malware ke perangkat sahabat arena adalah salah satu ciri-ciri dari VPN yang versi gratis. Selain merusakkan perangkat sahabat arena, Malware juga bisa mencuri data sensitif sahabat arena. Dengan kata lain VPN gratis bekerja hanya untuk membawa data-data penting sahabat kepada para virus malware untuk menghancurkan data-data sahabat arena.

3. Mencuri Bandwidth

Dari berbagai jenis VPN dengan layanan gratis dapat memungkinkan untuk mencuri bandwidth sahabat arena dan dijualkan kepada pihak tertentu. Secara umum internet tanpa bandwidth akan membuat kehidupan online kita menjadi lebih buruk dan tidak berjalan dengan lancar. Namun berbeda dengan VPN yang versi gratis di mana mereka hanya memerlukan kepentingan sendiri dan tidak memperdulikan kepentingan dari para penggunanya. Hal ini terbukti kalau mereka dapat mencuri yang ada pada perangkat sahabat arena.

4. Tidak Aman Di WiFi Publik

Bisakah VPN Menghentikan Peretas

Mau pergi kemana sahabat arena, apakah ke kafe, nginap di hotel atau sekarang lagi berada di bandara? Tentu saja pergi ke suatu harus memiliki jaringan WiFi. Nah, pada saat sahabat arena berada di WiFi jaringan, kemungkinan besar sahabat arena akan kehilangan data-data terpenting dari sahabat arena. VPN memungkinkan untuk mengamankan data-data sahabat. Tapi jangan senang dulu, kalau VPN gratis tidak membuat sahabat arena aman di WiFi publik. Disebabkan berbagai penyedia VPN gratis yang ada tidak memiliki enkripsi untuk mengamankan data-data sahabat arena.

Kesimpulan

Memang pada umumnya VPN dapat mengenkripsi privasi sahabat arena. Jika kita lihat dari Wikipedia dimana VPN menjadi salah satu jaringan pribadi untuk dihubungkan internet dengan cara yang aman. Namun, hal ini tidak berlaku pada penyedia layanan VPN yang gratisan. Kita bisa pembahasan diatas dimana VPN yang versi gratis memiliki kinerja yang sangat buruk, mulai dari mengambil data dan engambil bandwidth.

Sampai disitu dulu pembahasan kita pada hari ini, semoga melalui pembahasan ini dapat membuat sahabat arena menjadi lebih berhati-hati dalam memilih VPN. Karena VPN dibagi menjadi dua versi, yaitu premium dan free. Ketika sahabat arena memilih VPN gratis maka sahabat arena akan terancam dengan keamanan yang berbahaya. Berbeda dengan VPN premium, justru sahabat arena akan mendapatkan sensasi yang luar biasa pada saat berinternet. ExpressVPN dan NordVPN merupakan 2 rekomendasi VPN terbaik yang bisa sahabat arena gunakan.

ArenaLaptop Editor