VPN vs VLAN, Mana yang Lebih Bermanfaat? Berikut Pembahasan

VPN vs VLAN mana yang menjadi lebih bermanfaat? Tenang sahabat arena bisa mendapatkan jawaban terbaik saat berada disini. Disebabkan arena laptop akan mengulas pertanyaan dari sahabat arena yang mengenai hal seperti itu. Perlu diketahui bahwa dunia internet yang sudah semakin meningkat popularitasnya. Maka dari itu kebanyakan para pembisnis ingin mencari pendekatan dalam memperluas jaringan yang dimiliki oleh mereka sendiri.

VPN vs VLAN

Bahkan pada saat ini banyak dari mereka yang selalu membandingkan VPN vs VLAN, namun biasanya perbandingan dari mereka akan membuat kita merasa kebingungan. Pada umumnya VPN vs VLAN menjadi salah satu hal yang terbaik untuk digunakan oleh sahabat arena. Namun disini arena laptop akan memperjelas antara mana yang lebih bermanfaat dari VPN vs VLAN. Sebelum kita masuk ke pembahasannya, sahabat arena harus tahu apa itu VPN dan juga VLAN, simak ulasan yang ada dibawah ini.

Apa Itu VPN

VPN atau kepanjangan dari Virtual Private Network merupakan salah satu jaringan virtual yang mampu mengaman semua aktivitas dari para pengguna secara private. Virtual Private Network memiliki sebuah makna dari namanya tersebut, berikut makna nama tersebut.

  • Virtual — hal yang semu di dunia internet.
  • Private — hal ini berarti tidak bisa dilihat oleh orang, karena secara private. Jadi, data sahabat arena akan dienkripsi.
  • Network — suatu koneksi jaringan yang memiliki hubungan.

Jadi, apa sebenarnya yang menjadi pengertian dari Virtual Private Network ini? Kita bisa simpulkan kalau VPN merupakan suatu koneksi jaringan yang saling terhubung secara pribadi yang tidak bisa diganggu oleh siapapun itu. Nah, dengan begitu semua rahasia yang dimiliki oleh sahabat arena tidak bisa dilihat oleh siapapun, karena VPN telah mengenkripsinya terlebih dahulu.

Penggunaan VPN menjadi salah satu akses yang teraman untuk terkoneksi pada LAN atau Local Area Network yang ada di jangkauan tertentu. Dengan adanya VPN maka sahabat arena bisa menghindar dari virus malware yang akan merusakkan perangkat sahabat arena. Selain itu VPN juga bekerja untuk menganalisis sumber yang telah dianggap berbahaya, jadi virus malware tidak dapat bekerja dengan baik.

Manfaat VPN

Mengapa VPN Itu Penting

Manfaat dari VPN sangat bermanfaat untuk membantu sahabat arena di dunia internet pada masa sekarang. Pengertian diatas sudah jelas kalau mereka mampu melindungi sahabat arena ketika berhadapan dengan virus malware. Melalui VPN data yang di ponsel maupun di komputer sahabat arena akan dienkripsi oleh VPN, sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan.

Berikut dibawah ini yang menjadi beberapa manfaat, ketika sahabat arena menggunakan layanan Virtual Private Network.

  • Privasi — Privasi sahabat arena akan terlindungi dari pelacakan yang dilakukan oleh ISP pada saat sahabat arena sedang berinternet. Selain itu, alamat IP yang dimiliki oleh sahabat arena dapat dilindungi oleh layanan VPN ini. Ketika sahabat arena sedang menjelajahi dunia internet, maka pihak tertentu tidak bisa mengetahui lokasi sahabat arena.
  • Remote Access — Perlu diketahui kalau VPN mampu membuat koneksi sahabat arena bisa terakses dengan baik di jaringan kantor ataupun dimana saja yang menjadi jaringan internet.
  • Keamanan — Pada umumnya VPN dapat melindungi sahabat arena dari para hacker saat berinternet, terutama sahabat arena yang menggunakan WiFi jaringan. Dimana kejahatan WiFi jaringan sangat diperhatikan, maka dari itu VPN hadir untuk melindungi sahabat arena saat berada di dalam WiFi jaringan.
  • Hemat Biaya — VPN mampu mendukung sistem keuangan sahabat arena menjadi lebih hemat. Sebagai contoh ketika sahabat arena memesan tiket pesawat secara online dengan melalui VPN, maka sahabat arena bisa memilih server VPN dengan harga tiket yang terjangkau.

Apa Itu VLAN

VLAN

VLAN atau kepanjangan dari Virtual LAN adalah sekelompok perangkat di suatu LAN dan lebih dikonfigurasikan dengan menggunakan sebuah aplikasi pengelolaan. Dengan demikian bisa berkomunikasi seperti perangkat telah terhubung pada suatu jalan yang sama. Akan tetapi perangkat tersebut berada di sejumlah kelompok LAN yang sedikit berbeda. Tahukah sahabat arena kalau VLAN diproduksi dengan menggunakan suatu jaringan pihak yang ketiga.

VLAN merupakan salah satu bagian kecil dari jaringan IP dan terpisah dengan cara yang logik. VLAN memungkinkan berbagai jaringan IP dan subnet berada pada jaringan switched ini yang sama. Dengan begitu komunikasi komputer bisa menjadi sama pada VLAN. Pada umumnya Sub Mask serta Alamat IP yang sesuai pada ketentuan VLAN harus dimiliki oleh sebuah komputer.

Switch juga harus dikonfigurasi dalam VLAN dan port yang harus sama dengan VLAN. Salah satu port yang termasuk pada VLAN biasanya disebut dengan sebutan Access Port. Perlu diingatkan kalau VLAN mampu membuat seseorang administrator untuk menciptakan sejumlah kelempok peralatan secara logik yang dihubungkan satu dengan yang lain. Dengan menggunakan sebuah VLAN, maka anda bisa membagi suatu jaringan switch dengan cara yang logik dengan berdasarkan dari fungsi, project team ataupun departemen.

Manfaat VLAN

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh sahabat arena ketika menggunakan layanan VLAN ini. Coba sahabat arena simak berbagai manfaat dari VLAN, seperti yang ada dibawah ini.

  • Security — Suatu kelempok yang memiliki sebuah data sensitif akan dipisahkan dari jaringan yang sisa. Hal ini memungkinkan untuk mengurangi sebuah pelanggaran yang akan akses kepada informasi penting dan juga rahasia.
  • Cost Reduction — Penghematan biaya akan dihasilkan dari tidak perlu memilih biaya yang mahal dalam mengupgrade suatu jaringan serta efisiensi dari penggunaan bandwidth dan juga Uplink.
  • Higher Performance — Membagi dua jaringan layer menjadikan broadcast domain akan mengurangkan lalin lintas yang tidak penting, sehingga dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik.
  • Broadcast Storm Mitigation — Dengan suatu jaringan yang menjadi VLAN dapat mengurangi sejumlah peralatan yang telah berpartisipasi pada broadcast storm.
  • Improved IT Staff Efficiency — Dengan adanya VLAN dapat memudahkan untuk mengelola jaringan, ini karena adanya persyaratan VLAN dimana pengguna harus memiliki jaringan yang sesuai dengan VLAN.

Jadi Mana Yang Lebih Bermanfaat Antara VPN vs VLAN

Mana yang menjadi lebih bermanfaat antara VPN vs VLAN? Ini menjadi salah satu pertanyaan yang membingungkan untuk mencari jawaban terbaik antara VPN vs VLAN. Disebabkan VLAN termasuk pada subkategori VPN. Jadi mana yang lebih bermanfaat VPN vs VLAN? Jika sahabat arena mencari suatu koneksi yang bermanfaat untuk mengamankan data-data sahabat arena, akan menjadi lebih baik apabila sahabat arena menggunakan VPN. Kenapa? Disebabkan kebanyakan layanan VPN telah memiliki perlindungan yang sangat bermanfaat melalui enkripsi AES 256-bit.

Penutup

Dengan demikian pembahasan kita yang mengenai manfaat terbaik dan mana yang lebih antara VPN vs VLAN. Semoga apa yang sudah dibaca oleh sahabat arena bisa menjadi berguna, apalagi sahabat arena mencari manfaat terbaik untuk mengamankan data-data sahabat arena. Untuk rekomendasi VPN, Kami merekomendasikan ExpresVPN dan NordVPN sebagi VPN yang Teraman dan Paling Bermanfaat.

ArenaLaptop Editor