Kedepan, Login Tak Usah Pakai Password Lagi

ARENALAPTOP.com — Sudah belasan tahun atau bahkan puluhan tahun metode memasukkan password yang berupa huruf, angka, maupun simbol digunakan oleh masyarakat umum. Dan kian kesini, seiring makin berkembangnya zaman metode memasukkan password dirasa sudah tak aman lagi.

Semakin marak kasus pembajakan ataupun peretasan belakangan ini, membuat Google akhirnya mencoba metode ini. Walaupun masih hanya sebuah prototype, Google telah mengundang beberapa orang untuk mencoba fitur masa depan-nya ini. Hasilnya ada pada gambar dibawah ini.
Sign In Tanpa Password

Pada gambar diatas terlihat bahwa user dapat masuk kedalam akun Google-nya dengan hanya mengetikkan sebuah email. Dan sebuah autentifikasi dikirimkan melalui notifikasi kepada ponsel pemilik yang sebelumnya telah di daftarkan. Dan pada notifikasi tersebut pengguna bisa memilih dua jawaban, yakni “Ya” yang berarti mengizinkan login atau “Tidak” yang berarti tidak mengizinkan untuk masuk.

Banyak komentar tentang inovasi tersebut dari beberapa pengguna internet. Ada yang bilang fitur itu terlalu ribet, ada pula yang bilang itu inovasi yang bagus dan harus segera di realisasi. Namun menurut saya sendiri, fitur tersebut belum bisa diterapkan pada waktu dekat ini di negara kita, Indonesia. Karena belum semua orang memiliki smartphone, bagaimana caranya jika ingin login namun belum memiliki ponsel pintar?

Lalu, bagaimana menurutmu?

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik