Apa Itu Web Hosting Dan Domain?.. Berikut Ini Pembahasannya

Secara umum, ada banyak istilah yang mungkin sahabat arena belum pernah dengar dikehidupan online sahabat arena. Padahal ketika sahabat arena ingin membuat website, biasanya sahabat arena akan mendengarkan kata-kata seperti web hosting dan domain. Apa itu web hosting dan domain? Pada umumnya, pembahasan yang mengenai apa itu web hosting dan domain cukup mudah untuk dimengerti. Memangnya seperti apa pembahasan tentang apa itu web hosting dan domain? Jika sahabat arena ingin mencari tahu pengertian dari web hosting dan juga domain, maka sahabat arena dapat menyimak pada ulasan yang sudah ada dibawah ini.

Apa Itu Web Hosting Dan Domain

Apa Itu Web Hosting?

Apa itu web hosting? Web hosting merupakan salah satu layanan yang akan memberikan pilihan paket mengenai apa yang akan dihosting oleh website sahabat arena. Hosting adalah salah satu tempat yang akan menyimpan seluruh data atau file yang dimiliki oleh sebuah website pengguna, dan kemudian ini bisa dijalankan pada beberapa komputer dengan menggunakan sebuah software browser di komputer tersebut.

Hosting memiliki bentuk yang secara fisik dan hal ini biasanya disebut sebagai server hosting. Dimana server tersebut akan bekerja seperti layaknya komputer pada umumnya, misalnya memiliki RAM, Hard Disk dan juga Prosesor dengan bentuk serta ukuran yang akan disesuaikan dengan penyimpanan pada rack server. Server hosting biasanya wajib untuk disimpan pada data center, tentu saja mempunyai listrik serta cadangan listrik berupa UPS.

Server hosting inilah yang akan digunakan untuk sebuah website dari para pengguna, dimana ini akan dijadikan sebagai bank data yang berasal dari website mereka sendiri. Hal ini tentu akan menciptakan performa tercepat dalam mengakses suatu website, namun usahakan pengguna harus menyediakan jaringan internet yang sesuai dan cepat. Dengan begitu sebuah website dapat diakses oleh banyak pengguna secara cepat dan lancar tanpa adanya buffering.

Apa Itu Domain?

Apa itu domain? Domain merupakan sebuah nama yang telah diatur dan ditentukan oleh salah satu badan telekomunikasi. Pada umumnya, nama domain adalah sebuah nama yang dapat dipilih untuk dijadikan sebagai alamat website sahabat arena sendiri. Sebenarnya, nama domain ini adalah nama yang digunakan untuk mengirim pesan pada address IP Server Hosting. Jadi, pada saat sahabat arena menulis sebuah nama domain pada alamat IP bar, pada hal yang sebenarnya koneksi sahabat arena adalah server IP yang ditujui oleh sahabat arena.

Maksudnya disini adalah ketika sahabat arena membeli sebuah nama domain, dimana sahabat arena hanya menyewa sebuah nama tersebut. Secara umum, domain terdiri atas dua jenis, yakni Domain gTLD dan Domain ccTLD. Domain gTLD merupakan domain global atau tanpa harus memiliki syarat apapun, misalnya .com, .org, .net dan lain sebagainya. Sedangkan Domain ccTLD merupakan domain Indonesia yang diatur oleh PANDI dan memiliki persyaratan yang telah ditentukan, misalnya .id, .co.id, .my.id dan lain sebagainya.

Jadi, Apa Itu Web Hosting Dan Domain?

Jadi, apa itu web hosting dan domain? Masih kurang jelas dengan penjelasan yang ada diatas. Jadi gini, jika kita ibaratkan web hosting, dimana ini seperti rumah yang berisikan barang mewah. Maksudnya, hosting akan dijadikan sebagai tempat penginapan bagi data-data penting suatu website. Sedangkan, domain dapat di ibaratkan seperti alamat, dimana website akan memerlukan sebuah alamat agar bisa dicari oleh para penjelajah yang menggunakan sebuah browser.

Rekomendasi Layanan Web Hosting Dengan Kualitas Terbaik

Gimana dengan pembahasan mengenai apa itu web hosting dan domain? Jika anda sudah mengetahui tentang apa itu web hosting dan domain, maka selanjutnya arena laptop akan memberikan rekomendasi web hosting untuk sahabat arena. Dimana rekomendasi kali ini akan menjelaskan tentang beberapa layanan web hosting yang menyediakan domain secara gratis. Ingin mencari tahu pembahasannya seperti apa? Mari kita simak bersama ulasan yang ada dibawah ini.

1. Siteground

Siteground Web Hosting

Untuk rekomendasi pertama pada pembahasan kali ini, arena laptop merekomendasikan layanan Siteground. Kenapa harus Siteground? Dikarenakan, layanan Siteground ini menyediakan kualitas yang terbaik sehingga bisa menghasilkan sebuah hasil terbaik dalam menghost website sahabat arena. Mereka juga menyediakan sistem keamanan terbaik dan terjamin untuk website sahabat arena.

Melalui Siteground, maka website sahabat arena bisa terhindar dari berbagai macam kejahatan yang akan mendeteksi jalannya lalu lintas website sahabat arena. Mereka telah memiliki sertifikat SSL sebagai keamanan yang akan mengamankan website sahabat arena. Jika sahabat arena ingin berlangganan dengannya, maka sahabat arena bisa mendapatkan domain gratis selama satu tahun. Untuk info lebih lanjut sahabat arena bisa lihat disini.

Periksa Situs Web

2. A2Hosting

A2Hosting Web Hosting

Dapatkan layanan web hosting dengan kecepatan yang sangat cepat, hal ini sahabat arena bisa dapati ketika sahabat arena berlangganan dengan A2Hosting. Layanan A2Hosting ini menyediakan kecepatan yang sangat cepat, bahkan pada situs resminya tercatat kalau layanan mereka memiliki kecepatan yang mencapai 20x lebih cepat dari beberapa web hosting lainnya.

Pada umumnya, jika menggunakan layanan A2Hosting ini, maka sahabat arena bisa menerima berbagai fitur yang terbaik. Dengan demikian, hasil terbaik dalam membangun sebuah website tentu bisa didapatkan. Apakah sahabat arena ingin mencoba untuk berlangganan dengan A2Hosting ini? Sahabat arena bisa klik disini agar bisa berlangganan dengan mereka.

Periksa Situs Web

3. BlueHost

Bluehost Web Hosting

Sebagai layanan web hosting dengan kualitas terbaik, BlueHost hadir dengan berbagai macam fitur yang akan ditawarkan kepada sahabat arena. Ketersediaan fitur yang dimilikinya dapat menjadikan website sahabat arena menjadi lebih baik. Dikarenakan tingkat kualitas yang dimilikinya bisa mengubah sebuah website yang biasa saja menjadi sebuah website yang terbaik dan layak untuk dikunjungi oleh banyak orang.

Layanan BlueHost ini menyediakan harga terjangkau dengan tingkat kualitas terbaik. Selain itu, mereka juga menyediakan uang jaminan kembali buat para pelanggannya yang ingin membatalkan kerjasama dengan mereka. Jadi, sahabat arena tidak akan merasa rugi jika menggunakan layanan BlueHost ini. Sahabat arena bisa mendapat info lengkap mengenai harga yang ditawarkan dengan mengklik disini.

Periksa Situs Web

4. HostGator

HostGator Web Hosting

HostGator merupakan salah satu penyedia layanan web hosting yang terakhir dipembahasan kali ini. Namun, bukan berarti layanan HostGator ini tidak layak untuk digunakan oleh sahabat arena. Dimana layanan HostGator ini menyediakan berbagai fasilitas yang siap digunakan untuk menghosting website sahabat arena. Yang pastinya sahabat arena bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika menggunakan layanan mereka.

Menurut informasi yang telah didapati oleh arena laptop, HostGator ini menyediakan tingkat uptime yang mencapai 99%. Hal ini bertanda kalau website sahabat arena tidak mudah untuk down selama sahabat arena mengandalkan layanan HostGator. Bagi sahabat arena yang ingin mencoba layanan HostGator, maka sahabat arena bisa berlangganan disini.

Periksa Situs Web

Akhir Kata

Akhir kata kali ini, arena laptop akan menyimpulkan kalau pembahasan mengenai apa itu web hosting dan domain ialah, mereka berdua menjadi suatu hal yang sangat penting untuk sebuah website. Web hosting dan domain harus diperhatikan oleh sahabat arena yang ingin membangun sebuah website. Nah, jika sahabat arena ingin mendapatkan layanan web hosting dengan kualitas terbaik dan menyediakan domain secara gratis, maka cobalah untuk menggunakan salah satu dari keempat web hosting yang sudah dijelaskan diatas.

ArenaLaptop Editor