Tips Membersihkan Layar Laptop dan Keyboard Agar Tetap Kinclong

ARENALAPTOP.COM — Kebersihan pada laptop merupakan hal yang patut kita perhatikan, karena dengan perawatan yang baik, maka sedikit banyak akan berdampak pada keawetan laptop yang kita punyai. Masalah yang sering kita jumpai, tetapi sering kita abaikan adalah banyaknya debu yang menempel pada layar monitor laptop, dan juga pada bagian keyboard laptop. Selain tidak enak untuk dipandang, dampak yang lebih serius bisa terjadi, misalnya karena terlalu banyak debu yang menumpuk pada keyboard dapat menyebabkan salah satu tombol menjadi macet atau sulit ditekan karena debu menumpuk pada bagian bawah dari tombol keyboard tersebut. Untuk menghindari hal – hal yang tidak kita inginkan seperti tadi, ada baiknya kita secara berkala membersihkan laptop yang kita punyai. Nah kali ini saya akan memberi sedikit tips untuk membersihkan laptop, khususnya pada bagian layar monitor dan juga keyboard. Oke langsung saja kita simak :

1. Membersihkan Layar Laptop

Pastikan laptop dalam keadaan mati, guna untuk mengantisipasi kerusakan pada bagian layar laptop, karena ini bisa jadi cukup serius yang berdampak pada dead pixel atau titik cahaya yang mati. Selain itu pada keadaan laptop mati kotoran pada layar menjadi lebih mudah terlihat.

Gunakan kain yang memiliki tekstur lembut, seperti kain katun misalnya. Ini bertujuan untuk menghindari goresan ataupun tertinggalnya serabut – serabut halus seperti jika kita menggunakan handuk untuk membersihkannya. Kain yang paling bagus adalah kain yang disertakan saat membeli sebuah kacamata. Nah, kain tersebut memang di desain khusus untuk membersihkan lensa, jadi pasti halus dan lembut. Lebih lembut daripada paha Nabilah JKT48. :p

Gunakan cairan pembersih khusus yang dapat kita beli di toko – toko aksesoris komputer, dan biasannya kita sudah mendapatkan satu paket alat yang terdiri dari satu botol cairan pembersih khusus, kain halus, dan juga kuas kecil. Jangan meggunakan cairan yang mengadung amonia, karena dapat menyebabkan layar laptop menjadi menghitam. Dan juga jangan menggunakan bensin. -_-

Gunaan screen protector atau anti gores, yang bertujuan untuk menjaga lapisan utama dari layar monitor, dan dapat mengurangi dampak seperti goresan yang dapat timbul pada layar monitor. Anti gores juga bisa memberikan efek baik yakni mengurangi pancaran sinar blue light yang dapat merusak mata.

2. Membersihkan Keyboard

Pastikan laptop dalam keadaan mati. Hal ini bertujuan untuk mencegah keyboard laptop mengalami korseleting karena saat membersihkan laptop biasannya kita menggunakan pembersih yang berbentuk cair, apabila kita tidak hati – hati dalam menggunakannya dapat meyebabkan efek buruk bagi keyboard kita sendiri.

Usahakan tidak makan ataupun minum. Tidak boleh makan ataupun minum disini artinya adalah, saat kita menggunakan laptop, misalnya untuk kebutuhan mengetik, usahakan jangan sambil makan ataupun minum, karena remah – remah halus makanan yang kita konsumsi dapat jatuh ke atas keyboard dan menyebabkan kotor. Dan apabila kita sedang minum, dan tumpah ke atas keyboard dapat menyebabkan kerusakan yang cukup parah, bahkan sampai meyebabkan laptop mati, dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang sedikit untuk memperbaiki atau mengganti komponen yang satu ini. Jika ingin tetap makan atau minum usahakan jauh dari laptop yang sedang kita gunakan.

Bersihkan dengan kuas kecil. Bersihkan keyboard laptop dengan kuas kecil dalam posisi terbalik, agar debu tidak masuk ke bagian dalam dari keyboard, ini juga bertujuan untuk mengurangi jumlah debu yang menumpuk pada sela – sela tombol yang ada pada keyboard.

Gunakan kain lembut yang sudah dibasahi. Jika ingin membersihkan keyboard jangan langsung menuangkan cairan pembersih ke atas keyboard, ini sangat berbahaya dan dapat merusak. Gunakan kain halus yang sudah dibasahi cairan pembersih dan baru bersihkan permukaan laptop sampai bersih, setelah itu lap lagi dengan kain kering.

Selalu pastikan kebersihan pada layar dan keyboard laptop, ini berguna untuk menjaga keawetan dari komponen tersebut, supaya masa pakainya bisa menjadi lebih lama. Jangan lupa mempraktikkan tips – tips membersihkan layar laptop dan keyboard yang sudah saya berikan tadi. Semoga bermanfaat.

Arena Laptop

ArenaLaptop memberikan informasi tentang ulasan laptop, harga laptop terbaru, spesifikasi laptop, berita teknologi, tips dan trik