Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Paling Ampuh

Halo Sahabat Arena, kali ini arena laptop punya solusinya nih mengenai cara mematikan update otomatis windows 10. Melalui solusi yang akan diberikan berikut ini, dijamin pastinya Sahabat Arena bakal sukses untuk mematikan atau menonaktifkan update otomatis dari windows 10 yang ada di laptop Sahabat Arena. Sahabat Arena juga dijamin ngga akan kebingungan mengikuti tutorial atau cara mematikan update otomatis windows 10. Karena artikel ini ditulis dengan sangat terperinci langkah demi langkahnya dan tentunya mudah dan simpel.

Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10

Sebelum kita langsung membahas cara mematikan update otomatis windows 10, ada baiknya Sahabat Arena ketahui terlebih dahulu mengenai Dampak Positif dan Dampak Negatif dari Update Otomatis Windows 10 di Laptop Sahabat Arena. Siapa tau saja setelah membaca dampak positifnya, sahabat arena tidak jadi mematikan Update Otomatis Windows 10. Hehe…

Kelebihan atau Dampak Positif Update Otomatis Windows 10

  1. Mencegah Serangan Virus

Tentunya Update Otomatis Windows 10 ini memberikan dampak positif juga bagi Sahabat Arena. Yang pertama ialah dapat mencegah serangan virus-virus yang semakin jahat. Hal ini disebabkan, windows 10 selain terus menerus mengembangkan fitur dan kemampuan verba, keamanan dan pencegahan virus pun terus dilakukan. Oleh karena itu, ketika windows 10 selalu di update otomatis. Maka secara langsung keamanan dan tingkat pencegahan Virus pada Laptop Sahabat Arena pun semakin di perbarui dan diperkuat.

  1. Mendapat fitur-fitur terbaru dari windows

Dengan membiarkan update otomatis windows 10 tetap menyalah, salah satu dampak positifnya juga, Sahabat Arena dapat menikmati berbagai fitur baru yang disediakan windows 10. Karena setiap kali dilakukan update windows 10 dan instalasi selesai, selalu ada penyempurnaan dan penambahan fitur yang akan sangat berguna nantinya.

Kekurangan atau Dampak Negatif Update Otomatis Windows 10

  1. Melibas Habis Kuota Internet

Nah, kekurangan atau dampak negatif pertama dari Proses Update Otomatis Windows 10 yang berjalan pada laptop Sahabat Arena ialah Menghabisi Kuota Tanpa ampun. Yup, hal ini memang hanya bagi Sahabat Arena yang menggunakan kuota terbatas sih. Kalau Sahabat Arena menggunakan Wifi unlimited, memang masalah yang satu ini sudah tidak menjadi masalah lagi. Tetapi, bagi yang menggunakan kuota secara sangat hemat karena menghemat uang jajan, atau sedang kumpul uang buat ke pelaminan. Tentu saja Update Otomatis yang dilakukan oleh Windows sangat berpengaruh.

Sebab kita tidak akan mengetahui proses update yang berjalan di backround. Kita hanya bisa mengetahuinya ketika sudah selesai update dan windows akan restart otomatis untuk menginstal hasil update. Ataupun ketika ada pemberitahuan bahwa kuota internet kita sudah habis. Hehe… Oleh karena itu, hal ini dapat menjadi salah satu alasan untuk mematikan update otomatis Windows 10.

  1. Bisa mengakibatkan Black Screen

Tanpa disadari, ternyata proses update otomatis yang terjadi pada windows 10 ini merupakan salah satu hal yang dapat mengakibatkan terjadinya Black Screen pada windows 10. Kok bisa yah?… Jadi begini, ketika proses update otomatis selesai dilakukan. Maka, bagi yang tidak menonaktifkan Restart Otomatis setelah update selesai untuk menginstal hasil update, hal ini bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu.

Karena, saat Sahabat Arena sedang menggunakan laptop dengan kegiatan multi tasking maksimal. Lalu tiba-tiba terjadi restart otomatis, maka saat proses booting kembali, Black Screen berkemungkinan terjadi akibat proses instal hasil update windows yang tidak berjalan dengan baik. Tetapi tenang saja, untuk masalah black Screen, Arena Laptop punya solusinya disini.

  1. Mengganggu aktivitas

Untuk dampak negatif ketiga ini, cukup mirip dengan yang kedua. Dimana ketika proses update windows selesai dan dilakukan restart otomatis untuk instalais hasil update, maka aktivitas Sahabat Arena akan terganggu. Misalnya saat sedang meeting di kantor, atau sedang presentasi di kampus/sekolah dan tiba-tiba proses update selesai…. Wow restart pun terjadi… tentu saja hal ini akan sangat mengganggu. Kegiatan akan terhenti sambil menunggu proses instalasi selesai. Bahkan hal tersebut selain mengganggu akan membuat Sahabat Arena menjadi malu-malu sendiri. Hehe…

Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10

Nah, sudah pada tahukan dampak positif dan dampak negatif yang diberikan oleh update otomatis windows 10. Bagi Sahabat Arena yang masih mau melanjutkan ayo langsung ke cara Mematikan Update Otomatis Windows 10, mulai dari cara yang paling gampang.

Cara 1 : Menggunakan Metered Connection (Koneksi Terukur) Pada Jaringan WiFi

Cara yang pertama ini, merupakan cara paling mudah yang bisa Sahabat Arena lakukan untuk menonaktifkan update otomatis windows 10.

Lengkah 1 :

Sebelum memulai langkah pertama, pastikan laptop yang dimiliki Sahabat Arena sudah terhubung dengan Wifi. Lalu klik kiri pada keterangan jaringan atau ikon wifi yang ada di taskbar bagian kanan seperti pada gambar dibawah.

cara 1 langkah 1 Mematikan Update Otomatis win10

Langkah 2 :

Setelah mengklik ikon Wifi tersebut maka akan terbuka seperti pada gambar dibawah, lalu klik kiri pada Properties (yang ditunjuk panah coklat).

cara 1 langkah 2 Mematikan Update Otomatis win10

Langkah 3 :

Setelah Sahabat Arena mengklik properties, secara otomatis jendela setingan wifi akan terbuka seperti pada gambar dibawah ini.

Pada jendela setingan wifi ini, Sahabat Arena harus scroll sedikit ke bawah maka akan ditemukan “Set as Metered Connection” yang sedang dalam posisi off seperti pada gambar dibawah ini. Lalu Sahabat Arena harus klik kiri pada bagian yang kami tandai dengan kotak biru (di samping tulisan off). Setelah di klik, tulisan off pun akan berubah menjadi On.

cara 1 langkah 3 Mematikan Update Otomatis win10

Setelah tulisan menjadi On, sistem windows tidak akan melakukan Update secara Otomatis. Karena windows mengetahui bahwasannya koneksi internet yang dipakai anda terbatas. Ternyata windows pengertian juga yah. Hehe…

Cara 2 : Menggunakan layanan Service

Cara yang kedua ini bisa kita kategorikan sebagai cara yang cukup memaksa.

Langkah 1 :

Pada langkah pertama, Sahabat Arena harus mebuka Search menu, kemudian ketikan services pada bagian search menu yang ada (seperti pada gambar dibawah). Kemudian klik kiri pada aplikasi service yang ditemukan (seperti yang ditunjuk panah coklat).

cara 2 langkah 1 Mematikan Update Otomatis win10

Langkah 2 :

Setelah mengklik Service, akan terbuka aplikasi service seperti pada gambar dibawah ini. Selanjutnya ada begitu banyak sistem yang dipaparkan. Maka, Sahabat Arena harus scroll ke bawah dan mencari program Windows Update. Setelah menemukannya seperti gambar dibawah ini, kemudian klik kiri dua kali pada windows update(seperti pada gambar dibawah)

cara 2 langkah 2 Mematikan Update Otomatis win10

Langkah 3 :

Setelah klik kiri dua kali pada windows update, maka akan terbuka seperti pada gambar dibawah. Yang harus dilakukan pada bagian ini ialah, yang pertama klik pada bagian manual, kemudian pilih disabled. Selanjutnya klik kiri pada stop.

cara 2 langkah 3 Mematikan Update Otomatis win10

Langkah 4 :

Selanjutnya Klik Apply kemudian klik OK, seperti yang ada pada gambar.

cara 2 langkah 4 Mematikan Update Otomatis win10

Setelah itu, update secara otomatis pada windows 10 Sahabat Arena berhasil dimatikan.

*Tetapi sebagai keterangan, cara yang satu ini harus dilakukan secara terus menerus setiap kali laptop dihidupkan. Karena tidak berlaku selamanya. Disini, arena Laptop tidak menunjukan cara untuk mematikan Update Windows 10 secara otomatis selamanya karena hal tersebut sangat berbahaya. Bisa membuat laptop Sahabat Arena menjadi rentan terhadap gangguan virus maupun aplikasi perusak sistem.

Demikianlah pembahasan kita di artikel kali ini mengenai Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10. Semoga Sahabat Arena dapat terbantu dengan artikel kita kali ini.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor