Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 Menjadi Super Cepat

Koneksi internet yang lambat menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pengguna Windows, khususnya Windows 10. Berkaitan dengan hal tersebut, Arena Laptop akan memberikan beberapa cara mempercepat koneksi internet Windows 10. Sebelum mulai ke pembahasan, mari kita mengenal lebih jauh dengan sistem operasi terbaru dari Microsoft ini dan mengetahui apa saja fitur terbaru yang dihadirkannya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10

Sistem operasi Windows adalah salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh para pengguna laptop maupun komputer di berbagai belahan dunia. Dari tahun ke tahun, Windows telah merilis beberapa varian dan varian yang terbaru adalah versi Windows 10. Bukan hanya itu saja, Windows 10 juga hadir dengan berbagai fitur yang berbeda dibandingkan versi Windows 8 atau Windows 8.1. Beberapa fitur baru yang dihadirkan pada Windows 10 di antaranya tampilan taskbar yang kembali dengan tombol start, cortana, Microsoft Edge, dan Task View.

Penyebab Lambatnya Koneksi Internet di Windows 10

Di samping kelebihan tersebut, Windows 10 memiliki satu masalah utama yaitu kecepatan internet yang lambat karena banyaknya pemakaian bandwith. Selain itu, koneksi internet yang lambat pada Windows 10 juga bisa disebabkan oleh fitur Windows Auto-Tuning. Fitur tersebut pertama kali diperkenalkan pada Windows Vista dan kembali dihadirkan pada Windows 10. Windows Auto-Tuning berfungsi sudah diaktifkan secara default dan berfungsi untuk meningkatkan performa untuk program yang menerima data TCP dengan jaringan internet. Salah satu dampak dari kehadiran fitur tersebut adalah membuat koneksi internet menjadi lambat.

Lalu, adakah langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai cara mempercepat koneksi internet Windows 10? Meski pada dasarnya kecepatan koneksi internet tidak bisa ditingkatkan secara drastis, namun ada beberapa cara yang bisa Sahabat Arena lakukan untuk membuat koneksi internet di laptop menjadi lebih optimal, khususnya untuk pada sistem operasi Windows 10. Langsung saja, berikut Arena Laptop akan memberikan tips dan trik untuk membuat koneksi internet di Windows 10 menjadi lebih cepat.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 :

1. Menonaktifkan Fitur Windows Auto-Tuning

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa Windows 10 memiliki beragam fitur yang berbeda dibandingkan versi Windows sebelumnya, khusunya Windows 8 atau 8.1. Salah satu fitur tersebut adalah Windows Auto-Tuning yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja atau performa program yang menerima data TCP. Fitur tersebut memang secara default sudah diaktifkan yang juga akan secara otomatis menggunakan kuota internet ketika laptop juga terhubung ke jaringan internet.

Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab koneksi internet di Windows 10 menjadi lambat. Untuk mengatasinya, Sahabat Arena bisa menonaktifkan fitur Windows Auto-Tuning tersebut. Cara mempercepat koneksi internet Windows 10 dengan menonaktifkan Windows Auto-Tuning dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah Menonaktifkan Fitur Windows Auto-Tuning :

  1. Langkah pertama klik kanan pada menu Start yang berada di pojok kiri bawah, lalu pilih Run.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 1

  1. Setelah jendela Run terbuka, ketikan CMD. Kemudian klik OK atau Enter.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 2

  1. Selanjutnya, jendela CMD akan muncul secara otomatis.
  2. Sebelum menonaktifkan fitur Windows Auto-Tuning, Sahabat Arena bisa melihat status Windows Auto-Tuning tersebut terlebih dahulu untuk memastikan apakah fitur tersebut aktif atau tidak. Caranya dengan mengetikan perintah netsh interface tcp show global, lalu tekan Enter.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 3

  1. Setelah itu, pada bagian Receive Window Auto-Tuning Level akan terlihat statusnya Normal/Enable jika fitur tersebut aktif. Untuk menonaktifkannya, Sahabat Arena hanya perlu mengubah statusnya menjadi Disable.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 4

  1. Kemudian ketikan perintah netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled untuk menonaktifkan fitur tersebut. Lalu, tekan Enter setelahnya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 5

  1. Selanjutnya akan muncul tulisan OK jika fitur Windows Auto-Tuning ini berhasil dinonaktifkan atau dimatikan. Setelah berhasil, laptop tersebut di-restart dan Sahabat Arena bisa melakukan browsing lagi untuk memastikan apakah koneksi internet menjadi lebih cepat. Selain itu, Sahabat Arena juga bisa mengetes kecepatan internet melalui situs fast.com.

2. Mengatur Batas Bandwith Internet

Selain dengan menonaktifkan fitur Windows Auto-Tuning, masih banyak cara untuk mempercepat koneksi internet di Windows 10 yang bisa Sahabat Arena coba. Cara mempercepat koneksi internet Windows 10 berikutnya dapat dilakukan dengan mengatur batas penggunaan bandwith internet. Secara default, Windows menggunakan sekitar 20 persen dari bandwith internet yang ada untuk sistem operasinya, sehingga 80 persen sisanyalah yang bisa digunakan.

Akan tetapi, Sahabat Arena juga bisa memaksimalkan penggunaan bandwith internet hingga 100 persen.

Langkah Mengatur Batas Bandwith Internet :

Caranya pun cukup mudah, pertama-tama buka jendela Run dengan menekan tombol Windows dan tombol R yang ada di keyboard. Lalu, Sahabat Arena ketikan perintah gpedit.msc dan klik OK setelahnya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 6

Setelah itu, jendela Grup Policy akan terbuka. Klik ganda pada opsi Computer Configuration pada bagian kiri.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 7

Selanjutnya, pilih opsi Administrative Template.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 8

Kemudian, pilih Network dan pilih QoS Packet setelahnya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 9

Setelah itu, pilih opsi Limit reservable bandwith, maka akan muncul jendela baru.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 10

Setelah jendela Limit reservable bandwith muncul, klik pada pilihan Enabled. Kemudian pada pilihan Bandwith limit (%), ubah angka yang semula 80 menjadi 0.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 11

Terakhir, klik Apply dan klik OK setelahnya.

3. Menonaktifkan Update Otomatis

Selain pemakaian bandwith yang banyak dan kehadiran fitur Windows Auto-Tuning, koneksi internet di Windows 10 yang lambat juga bisa disebabkan adanya fitur update otomatis yang ada di sistem operasi ini. Untuk mengatasinya, Sahabat Arena bisa menonaktifkan fitur tersebut. Fitur update otomatis memang dinilai memiliki banyak kelebihan. Akan tetapi, tidak sedikit pula sisi negatif dari fitur tersebut, salah satunya membuat koneksi internet menjadi lambat karena laptop akan secara otomatis mengunduh dan menginstal program terbaru ketika terhubung ke jaringan internet.

Oleh karena itu, jika ingin koneksi internet lebih cepat, Sahabat Arena bisa menonaktifkan fitur tersebut dengan mengubahnya menjadi manual. Cara mempercepat koneksi internet Windows 10 dengan menonaktifkan fitur update otomatis bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Langkah Menonaktifkan Update Otomatis :

Pertama, klik ikon Search pada taskbar. Lalu, ketikan Control Panel dan klik ganda setelahnya.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 12

Ketika jendela Control Panel sudah terbuka, kemudian Sahabat Arena ketikan Administrative Tools pada kotak pencarian.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 13

Setelah jendela Administrative Tools terbuka, klik ganda pada opsi Service.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 14

Carilah Windows Update, lalu klik dua kali pada opsi tersebut.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 15

Kemudian akan terbuka jendela Windows Update Properties (Local Computer). Pada bagian Service Status: Running, klik Stop. Selanjutnya, Windows akan secara otomatis menghentikan penggunaan bandwith untuk mengunduh pembaharuan. Setelah langkah-langkah di atas berhasil dijalankan, restart laptop dan coba kembali browsing.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 10 16

Sekian tips dan trik seputar cara mempercepat koneksi internet Windows 10 yang bisa Sahabat Arena lakukan untuk mengatasi permasalahan internet yang lambat. Meski berbagai cara di atas tidak serta-merta membuat koneksi internet di Windows 10 berubah secara drastis, namun dengan cara mempercepat koneksi internet Windows 10 yang telah diulas di atas bisa membuat koneksi internet menjadi lebih optimal dan lebih efisien. Selamat mencoba.

ArenaLaptop Editor