10 Laptop Untuk Fotografer Terbaik dan Terlaris

Selain kamera, laptop juga menjadi perangkat yang dibutuhkan bagi seorang fotografer. Laptop untuk fotografer tentunya mengusung spesifikasi yang berbeda dibanding laptop biasa. Nah, bagi Sahabat Arena yang berprofesi sebagai fotografer, artikel berikut tentunya akan membantu untuk memilih laptop yang sesuai. Namun sebelum membeli laptop, ada baiknya untuk memperhatikan spesifikasi seperti di bawah ini.

Laptop Untuk Fotografer

Prosesor

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan untuk memilih sebuah lapop yang dapat menunjang pekerjaan sebagai fotografer adalah prosesor yang diusung laptop tersebut. Dalam memilih laptop untuk fotografer, prosesor yang digunakan merupakan prosesor yang cepat, seperti AMD A9 atau prosesor Intel Core i5. Kedua prosesor tersebut akan mendukung pekerjaan Sahabat Arena yang bekerja dengan banyak file sekaligus dan selalu berhubungan dengan aplikasi editing foto seperti Adobe Photoshop.

Jenis Penyimpanan

Selain prosesor, jenis penyimpanan menjadi hal lainnya yang perlu Sahabat Arena perhatikan. Jika ingin tugas mengedit foto dapat berjalan dengan lancar, Sahabat Arena bisa memilih laptop dengan penyimpanan berupa solid state drive atau SSD. Jenis penyimpanan tersebut memberikan kinerja yang lebih cepat dibanding hard drive. Selain kedua hal di atas, tentunya masih banyak hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop untuk fotografer. Namun, Sahabat Arena tidak perlu khawatir sebab Arena Laptop telah merangkum berbagai laptop yang sesuai berikut ini.

Sesuaikan Budget

Ya, budget merupakan salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan. Untuk sahabat arena yang baru memulai profesi sebagai fotografer, tentunya belum memiliki terlalu banyak modal/budget untuk mendapatkan laptop yang berada dalam level harga cukup tinggi. Nah, oleh karena itu sahabat arena dapat memulai dengan laptop yang cukup terjangkau untuk awal. Setelah sudah mendapat budget lebih dari pendapatan fotografer, maka sahabat arena bisa melirik laptop yang lebih mahal. Walaupun demikian, jika budget yang dimiliki sudah mencukupi untuk laptop yang pas, maka harga yang cukup mahal pun bisa dikatakan bukan masalah.

10 Laptop untuk Fotografer Terbaik dan Terlaris

1. Apple MacBook Pro 15 Inch

Apple MacBook Pro 15 Inch

Tidak perlu diragukan lagi, laptop Apple yang satu ini memang didesain untuk kebutuhan seorang fotografer. Dengan layar beresolusi tinggi (2880×1800) dan penyimpanan SSD berkapasitas 256GB, Apple MacBook Pro 15 inch ini sangat mendukung pekerjaan editing video maupun foto. Selain itu, daya tahan baterai mencaai 16,5 jam menjadi nilai tambah yang perlu dipertimbangkan. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat detailnya berikut ini.

2. Microsoft Surface Pro 3

Microsoft Surface Pro 3

Perangkat berikutnya yang masuk dalam daftar laptop untuk fotografer adalah Microsoft Surface Pro 3. Laptop ini memiliki layar berukuran 12 inch dan penyimpanan berupa solid state drive yang akan memberikan kinerja yang sangat baik untuk kebutuhan pengeditan. Uniknya, Microsoft Surface Pro 3 mengusung desain dengan keyboard yang dapat dilepas, sehingga Sahabat Arena bisa menggunakannya sebagai tablet maupun laptop. Lebih jelasnya, Sahabat Arena bisa klik link berikut.

3. Razer Blade Stealth 13.3 inch

Razer Blade Stealth 13.3 inch

Razer merupakan brand yang terkenal dengan spesialiasi produk untuk bermain game. Tidak hanya itu, Razer juga mengeluarkan produk laptop dengan spesifikasi mumpuni yang dapat menunjang pekerjaan sebagai fotografer. Salah satu produknya adalah Razer Blade Stealth 13.3 inch yang didukung prosesor Intel generasi kedelapan, Intel i7 8550U. Salah satu keunggulan laptop Razer ini adalah layarnya dengan resolusi 3200×1800 piksel. Dengan layar tersebut, laptop ini akan menawarkan detail yang sangat baik ketika digunakan untuk mengedit foto. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di sini.

4. Lenovo ThinkPad L540

Lenovo ThinkPad L540

Mungkin untuk ketiga laptop di atas, Sahabat Arena harus mengeluarkan budget yang tidak murah. Namun jangan khawatir, Sahabat Arena bisa memilih Lenovo ThinkPad L540 sebagai alternatifnya. Dengan harga yang cukup terjangkau, Lenovo ThinkPad L540 menawarkan kinerja yang cukup baik untuk menyelesaikan berbagai tugas penggunanya, termasuk untuk editing foto dan video. Selain itu, dengan penyimpanan sebesar 500GB, laaptop Kenovo ini menawarkan ruang yang cukup besar untuk menampung berbagai foto Sahabat Arena. Informasi lebih detailnya bisa dilihat di sini.

5. Lenovo IdeaPad Yoga 3 Pro

Lenovo IdeaPad Yoga 3 Pro

Laptop berikut ini juga merupakan produk keluaran Lenovo. Tidak kalah dengan seri ThinkPad L540, Lenovo IdeaPad Yoga 3 Pro juga bisa dijadikan pilihan bagi Sahabat Arena yang sedang  mencari laptop untuk fotografer. Dengan diperkuat prosesor Intel M-5Y70 yang berkecepatan 2.6 GHz dan layar beresolusi QHD+, laptop Lenovo yang satu ini mampu diandalkan untuk menyelesaikan berbagai kebutuhan editing. Tidak hanya itu, laptop Lenovo yang satu ini mengusung desain convertible, sehingga akan menunjang mobilitas tinggi penggunanya. Informasi lebih detailnya bisa dilihat di sini.

6. Lenovo Y580

Lenovo Y580

Masih laptop besutan Lenovo yang diperuntukkan bagi fotografer, laptop ini diklaim sebagai salah satu laptop terbesar. Untuk kinerjanya, Lenovo Y580 menawarkan performa yang luar biasa khususnya untuk editing foto dan video. Hal ini berkat spesifikasi yang diusungnya, yaitu layar full HD 1920×1080 piksel dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 660M yang dilengkapi dengan RAM berkapasits 8GB. Informasi lebih detailnya bisa dilihat di sini.

7. Dell XPS 15 Touch

Dell XPS 15 Touch

Kali ini, laptop untuk fotografer yang dibahas merupakan laptop besutan Dell, yaitu Dell XPS 15 Touch. Berkat prosesor Intel Core i5 yang diusungnya, Dell XPS 15 terbilang cukup cepat untuk melakukan tugas editing foto maupun video. Tidak hanya itu, laptop Dell yang satu ini juga menawarkan tampilan dengan kualitas warna yang lebih akurat dan terlihat alami. Informasi lebih detail mengenai Dell XPS 15 Touch, bisa dilihat di sini.

8. Dell Inspiron 7559

Dell Inspiron 7559

Laptop selanjutnya yang masuk dalam daftar laptop untuk fotografer adalah Dell Inspiration i7559. Laptop Dell yang satu ini memang dirancang khusus untuk melakukan editing foto maupun video, sehingga laptop ini sangat sesuai bagi para fotografer. Hal ini berkat penggunaan Intel Quad Core i7-6700HQ yang berkecepatan hingga 2.6 GHz. Informasi lebih detail mengenai Dell Inspiration i7559, bisa dilihat di sini.

9. Acer Swift 3

Acer Swift 3

Jika Sahabat Arena termasuk seorang  fotografer dengan tingkat mobilitas tinggi, Laptop Acer yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan bobot hanya 1.3 kg, Acer Swift 3 akan sangat mudah untuk dibawa bepergian. Untuk kinerjanya, laptop Acer ini juga tidak perlu diragukan lagi, terutama untuk kebutuhan editin foto dan video. Selain itu, daya tahan baterai laptop ini juga sangat lama, yaitu hingga 12 jam. Informasi lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

10. Asus Zenbook UX331UAL

Asus Zenbook UX331UAL

Sebagai salah satu produsen laptop yang cukup ternama, Asus telah menghadirkan berbagai produk laptop untuk berbagai kebutuhan konsumennya, termasuk untuk seorang fotografer. Asus Zenbook UX331UAL menjadi salah satu laptop yang bisa Sahabat Arena jadikan pilihan untuk menunjang pekerjaan sebagai fotografer. Latop Asus yang satu ini, hadir dengan layar berukuran 13.3 inci beresolusi full HD dan QHD. Informasi lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

Nah, demikian ulasan mengenai 10 daftar laptop untuk fotografer terbaik dan terlaris. Kesepuluh laptop di atas tentunya mampu menampilkan kinerja yang sangat baik, terutama dalam mendukung pekerjaan sebagai fotografer. Perlu diperhatikan juga, setiap produk laptop yang telah disebutkan di atas memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Oleh karena itu, pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat Arena. Jangan lupa juga, sahabat arena dapat melihat berbagai informasi lainnya mengenai laptop melalui berbagai artikel lainnya yang ada di arena laptop ini.

ArenaLaptop Editor