10 Laptop Untuk Desain Grafis Harga 5 Jutaan Terbaik dan Paling Laris

Profesi desain grafis kini banyak digandrungi anak-anak muda generasi milenial. Pekerjaan bidang desain grafis pun dinilai memiliki tantangan yang menarik. Untuk mendukung aktivitas seorang desainer, biasanya mereka lebih memilih laptop ketimbang PC. Selain ringkas dan mudah untuk dibawa kemanapun, laptop juga lebih hemat daya dibandingkan PC. Maka dari itu laptop untuk desain grafis biasanya memiliki spesifikasi yang cukup tinggi untuk mendukung proses menggambar, ataupun mengedit. Namun, buat yang memiliki budget terbatas bisa memilih laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan.

Laptop Untuk Desain Grafis Harga 5 Jutaan

Spesifikasi Harus Tangguh

Soal spesifikasinya, pilih layar laptop yang nyaman dengan penglihatan dan pandangan  saat menatap monitornya. Tak perlu ukuran besar asal nyaman digunakan. Selain itu laptop untuk desain harus dibekali prosesor tangguh yang jadi tulang punggungnya, karena akan jadi otak saat proses rendering. Untuk desain disarankan prosesor Intel dengan seri Core atau paling tidak punya kecepatan 2,2GHz. Namun, tak perlu khawatir karena banyak laptop untuk grafis harga 5 jutaan yang sudah dibekali prosesor canggih.

Kartu grafisnya lebih baik memakai Nvidia GeForce yang sudah terkenal di ranah VGA. Atau bisa juga dengan menggunakan merk dari ATI Radeon. Usahakan memorinya 1GB atau 2GB supaya lancar saat proses editing. Sementara RAM harus powerfull, paling tidak dibekali memori 4-8 GB agar lebih kencang saat digunakan.

Pilih juga harddisk yang kapasitasnya lega karena aplikasi desain biasanya berukuran cukup besar. Minimal 500GB atau lebih bagus 1TB HDD. Kalau ada budget lebih baiknya beli yang tertanam SSD, supaya prosesnya lebih cepat.

Punya Sistem Pendingin

Ini sangat penting buat laptop desain grafis. System requirement laptop untuk desain grafis bisa membuat perangkat menjadi panas. Apabila panas tersebut dibiarkan akan membahayakan dan bisa merusak laptop. Setidaknya laptop memiliki sistem pendingin yang baik, seperti liquid cooler atau paling minimal memiliki kipas. Tapi tenang, biarpun sahabat memilih laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan, tetap punya kualitas terbaik dengan sistem pendinginnya.

10 Laptop Untuk Desain Grafis Harga 5 Jutaan Terbaik dan Paling Laris

1. HP 14–bw001AX

HP 14–bw001AX

Laptop 5 jutaan untuk desain grafis berikutnya ada dari HP 14 – bw001AX. Laptop berukuran 14 inch dengan harga yang sangat terjangkau sekitar Rp 5,4 juta. Mesinnya tertanam prosesor AMD A9 Quad Core dan GPU, Acer membekalinya dengan AMD Radeon R5. Sementara memori RAM disediakan 4GB bisa diupgrade hingga 8GB untuk performa yang lebih kencang. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini.

2. Asus X441UA

Asus X441UA

Laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan pertama ada Asus X441UA-WX099D. Berbekal prosesor Intel Core i3 berkecepatan 2,4GHz dan ditunjang memori RAM 4GB membuat performanya cukup stabil. Sementara kartu grafisnya mengusung Intel HD Graphics yang menghasilkan gambar cukup tajam dan jernih. Sementara kapasitas penyimpanannya disediakan harddisk 500GB HDD. Harganya cukup terjangkau, yakni Rp 5,7 juta. Komponen selengkapnya bisa lihat langsung disini.

3. Dell Inspiron 3467

DELL Inspiron 3467

Sebenarnya sahabat arena bisa mendapatkan laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan yang berkualitas. Misalnya saja seri Dell Inspiron 3467. Laptop Dell sendiri memang telah lama dikenal akan kualitas dan daya tahannya yang sangat baik. Dipersenjatai dengan Intel Core i3 yang ditunjang dengan memori RAM 4GB menghasilkan performa yang cukup kuat. Untuk harga dan spesifikasi lengkapnya bisa lihat disini.

4. Lenovo IdeaPad 320

Lenovo Ideapad 320

Laptop untuk desain grafis tidak harus selalu mahal. Dengan harga 5 jutaan, sudah bisa mendapat perangkat cukup tangguh. Misalnya, Lenovo IdeaPad 320 yang dibanderol dengan harga Rp 5,3 juta. Meski murah, spesifikasinya dibekali prosesor Intel Core i3, memori RAM 4GB, serta kapasitas penyimpanan sebesar 1TB HDD. Untuk kartu grafisnya masih mengusung Intel HD Graphics. Lebih jelasnya silahkan simak disini.

5. ASUS X555QA – BX101T

Asus X555QA

ASUS X555QA – BX101T menawarkan spesifikasi yang cukup mumpuni untuk menunjang pekerjaan para desainer. Laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan ini punya desain elegan yang dibekali dengan prosesor AMD A10. Sementara untuk meningkatkan kekuatannya ditanamkan memori RAM 4GB yang dapat diupgrade hingga 16GB. Lalu untuk kartu grafisnya didukung oleh AMD Radeon R5. Agar lebih jelas sahabat arena bisa lihat disini.

6. Acer Aspire E5-475G-341S

Acer Aspire E5-475G

Hal menarik dari Acer Aspire tipe 341S ini adalah sisi grafisnya. Nvidia Geforce dengan sokongan versi GDDR5 bisa mendorong kinerja game hingga 20% dan cukup stabil dipakai untuk pekerjaan desain grafis. Apalagi memiliki 1 slot ruang RAM yang masih tersedia untuk meningkatkan kapasitasnya. Untuk prosesornya ditanamkan Intel Core i3. Laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan ini bisa dibeli disini.

7. HP Pavilion 14 BS001TX

HP Pavilion 14 BS001TX

HP Pavilion 14 bs001TX ini menawarkan laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan dengan dapur pacu dari Intel Core i3 berkecepatan 2,6GHz. Untuk visualnya mengusung penggunaan kartu grafis AMD Radeon R5. Keunggulan lainnya adalah tersedianya kapasitas penyimpanan sebesar 1TB HDD yang ditunjang oleh memori RAM 4GB. Harganya sendiri dibanderol Rp 5,4 jutaan. Tertarik? Langsung saja kunjungi halamannya dan lihat disini.

8. Asus VivoBook Max X441UV

Asus X441UV

Bagi yang mencari laptop desain grafis yang menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce, ada ASUS VivoBook Max X441UV. Laptop berukuran 14 inci ini ditenagai prosesor yang cukup tangguh, yakni Intel Core i3-6006U. Selain itu RAM yang ditanamkan cukup menunjang kecepatan waktu prosesnya sebesar 4GB. Laptop ini dihargai sekitar Rp 5,9 jutaan yang sudah disediakan harddisk berkapasitas 1TB HDD. Selengkapnya lihat disini.

9. Dell Vostro 3468

Dell Vostro 3468

Dell Vostro 3468 merupakan perangkat alternatif lainnya laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan. Dapur pacu dari laptop ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3 berkecepatan 2,4GHz, serta harddisk sebesar 1TB HDD. Disokong oleh memori RAM berkekuatan 4GB plus satu slot lagi untuk meningkatkan kapasitasnya hingga 16GB. Untuk harganya sendiri sangat menarik, yakni Rp 5,9 juta. Selengkapnya lihat disini.

10. Acer Aspire E1-451G

Acer Aspire E1-451G

Laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan yang terakhir ada Acer Aspire E1-451G. Dari spesifikasinya cukup mumpuni untuk melakukan pekerjaan desain, seperti membuat gambar 3D, editing foto dan video karena dibekali dengan prosesor AMD A8. Sementara kartu grafisnya cukup berkelas yang ditanamkan AMD Radeon HD 8000 series. Harganya sangat murah yang dibanderol Rp 5,1 juta. Untuk lebih lengkapnya lihat disini.

Buat sahabat arena yang bekerja di bidang kreatif seperti desain grafis bisa melirik salah satu 10 rekomendasi laptop diatas. Terlebih bagi yang masih menimba ilmu untuk menjadi seorang desainer, pilihan laptop untuk desain grafis harga 5 jutaan tersebut bisa dipertimbangkan.

ArenaLaptop Editor