10 Laptop untuk Lumion Terbaik dan Paling Laris

Lumion merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat desain 3D menjadi terlihat lebih nyata. Aplikasi yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi Sahabat Arena yang bekerja sebagai arsitek atau sedang kuliah di bidang itu. Sebenarnya banyak software 3D yang bisa digunakan, namun Lumion menjadi software 3D yang paling banyak digunakan. Untuk bisa menjalankan software ini dengan lancar di laptop, Sahabat Arena perlu memperhatikan spesifikasi yang sesuai. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, artikel kali ini akan membahas spesifikasi laptop untuk Lumion. Selain itu, Sahabat Arena juga bisa menemukan laptop apa aja yang memiliki spesifikasi yang sesuai dan cocok digunakan untuk menjalankan software tersebut.

Laptop untuk Lumion

Spesifikasi Laptop untuk Lumion

Dalam memilih laptop yang sesuai untuk menjalankan software Lumion, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi VGA yang digunakan laptop tersebut. VGA menjadi salah satu komponen yang memilik peranan besar untuk memberikan efek halus ketika laptop digunakan pada area viewport dengan objek yang cukup banyak. Spesifikasi minimum VGA pada laptop yang dapat Sahabat Arena gunakan adalah sekitar 2000 poin passmark dengan kapasitas minimum vram sebesar 2GB. Untuk hasil yang lebih baik, tentunya Sahabat Arena harus memilih laptop dengan nilai passmark VGA yang lebih tinggi dari standar minimum tersebut. Selain itu, kinerja VGA juga perlu didukung dengan prosesor dan RAM yang seimbang.

Kelebihan Software Lumion

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, software Lumion menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk desain 3D. Hal ini tentu saja disebabkan banyaknya kelebihan yang ditawarkan aplikasi tersebut. Salah satu kelebihannya adalah banyak teknik pemodelan yang berbeda dari software kebanyakan. Hal yang membedakannya adalah pemodelan untuk realtime render. Selain itu, settingan atmosfer dan pencahayaan menjadi kelebihan lain dari software 3D yang satu ini.

Setelah mengetahui spesifikasi minimum laptop untuk Lumion dan apa saja kelebihan software tersebut, selanjutnya akan dibahas 10 laptop yang bisa digunakan untuk menjalankan software Lumion dengan lancar.

10 Laptop untuk Lumion Terbaik dan Paling Laris

1. Asus A442UR

Asus A442UR

Asus A442UR hadir dengan desain yang menarik dan elegan yang membedakannya dari laptop kebanyakan. Laptop dengan layar 14 inci ini menawarkan kinerja yang tangguh dalam penggunaan berbagai software desain modern. Tidak hanya itu, kinerja laptop Asus ini juga bisa diandalkan untuk menjalankan software Lumion. Sebab, Asus A442UR mengusung spesifkasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop untuk Lumion, yaitu VGA dari Nvidia GeForce GT930MX dengan vram 2GB, prosesor Intel Core i5-8250, dan RAM 8GB. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

2. Asus ROG Strix GL553VE

Asus ROG Strix GL553VE

Masih dari brand yang sama seperti sebelumnya, laptop ini juga menawarkan kinerja yang mumpuni untuk menunjang berbagai kebutuhan penggunanya. Asus ROG Strix GL553VE menjadi pilihan yang tepat bagi Sahabat Arena yang membutuhkan laptop untuk Lumion dan mengusung display yang solid serta dilengkapi penyimpanan internal dengan kinerja yang tinggi. Untuk informasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

3. Dell Inspiron 3576

Dell Inspiron 3576

Laptop untuk Lumion yang Arena Laptop rekomendasikan berikutnya adalah Inspiron 3576 milik Dell. Dell Inspiron 3576 hadir sebagai laptop gaming kelas premium dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Laptop Dell yang satu ini ditenagai prosesor Intel generasi kedelapan. Selain itu, laptop Dell ini mengusung sistem kombinasi prosesor Core i7 dari intel, yang dikombinasikan dengan penyimpanan SSD, serta RAM 8GB dan VGA AMD Radeon 520 Graphics dengan 2GB vram GDDR5. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di sini.

4. HP Pavilion 15-BW069AX

HP Pavilion 15-BW069AX

HP Pavilion 15-BW069AX juga menjadi salah satu laptop dengan spesifikasi yang sesuai untuk menjalankan software Lumion. Tidak hanya itu, laptop besutan perusahaan Hawlett-Packard ini mengusung desain yang cukup unik dan memiliki layar dengan kualitas visual yang tebilang sangat baik. Display HP Pavilion 15-BW069AX didukung Dual Graphics; AMD Radeon R5 2GB DDR3 dan AMD Radeon 530 2GB DDR3. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini.

5. HP Pavilion Power 15-CB530TX

HP Pavilion Power 15

Dengan harga yang cukup tinggi, HP Pavilion Power 15-CB530TX, yang juga merupakan besutan perusahaan Hawlett-Packard ini mengusung spesifikasi yang sesuai bahkan diatas standar spesifikasi untuk bisa menjalankan software Lumion dengan slancar. Bahkan, HP Pavilion Power 15 diklaim sebagai laptop 4K terbaik untuk Lumion. Untuk melihat seperti apa spesifikasi yang diusungnya, bisa dilihat di sini.

6. Acer Swift 3 SF314-54G

Acer Swift 3 SF314-54G

Acer Swift 3 SF314-54G merupakan salah satu laptop gaming dengan kinerja grafis terbaik. Tidak heran jika laptop Acer yang satu ini direkomendasikan sebagai salah satu laptop yang sesuai untuk menjalankan software Lumion. Kinerja grafisnya didukng Nvidia GeForce MX150 dengan 2GB VRAM GDDR5. Spesifikasi lengkap laptop ini bisa dilihat di link berikut.

7. Acer Nitro 5 AN515

Acer Nitro 5 AN515

Laptop yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan bagi Sahabat Arena yang menyukai laptop dengan layar besar. Acer Nitro 5 AN515 hadir dengan layar berukuran 15,6 inci. Dengan layar yang berukuran besar, tentunya Sahabat Arena bisa melihat konten dengan lebih jelas dan lebih detail. Hal ini tentunya sangat dibutuhkan ketika mendesain. Spesifikasi lengkap Acer Nitro 5 AN515 bisa dilihat di sini.  

8. Lenovo Flex 5 1470

Lenovo Flex 5 1470

Lenovo Flex 5 1470 mungkin bisa Sahabat Arena jadikan pertimbangan jika memiliki budget 9 jutaan. Meskipun demikian, laptop yang diproduksi Lenovo ini tentunya bisa diandalkan untuk menunjang kebutuhan desain 3D. Hal ini berkat dukungan prosesor Core i5 8250U dan grafis Nvidia GeForce 940MX 2 GB. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

9. Lenovo Ideapad 320 Core i7

Lenovo Ideapad 320-14AST

Soal kinerja, laptop untuk Lumion yang satu ini tentunya tidak perlu diragukan lagi. Laptop yang dirilis Lenovo ini menawarkan kinerja mumpuni untuk menjalankan software Lumion berkat dukungan prosesor Intel Core i7-7500U, Nvidia GT940MX 2GB, dan RAM 8GB. Laptop Lenovo Ideapad 320 Core i7 ini juga hadir dengan layar 14 Inch yang tentu saja sudah cukup menunjang penggunaan Lumion. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di sini.

10. MSI GL62M 7RDX

MSI GL62M 7RDX

Laptop berikutnya yang menjadi penutup rekomendasi kali ini juga merupakan laptop dari MSI. Laptop ini memiliki spesifikasi yang tinggi sehingga dapat diandalkan untuk menjalankan software Lumion dengan lancar. Untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di sini.

Itulah 10 dafar laptop dengan spesifikasi terbaik untuk mendukung kebutuhan desain 3D dan rendering dengan menggunakan software Lumion. Tentu saja, selain daftar laptop yang telah disebutkan di atas, masih banyak laptop lainnya yang bisa Sahabat Arena jadikan pilihan untuk menjalankan software Lumion dengan lancar. Yang terpenting, laptop tersebut memenuhi spesifikasi minimum laptop untuk menjalankan Lumion seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Spesifikasi tersebut hanya spesifikasi minimum yang harus ada di dalam laptop yang akan digunakan untuk menjalankan software Lumion. Jika ingin kinerja yang lebih baik, maka pilih laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

ArenaLaptop Editor