Dapatkah VPN Dilacak? Ini Dia Faktanya

VPN merupakan kepanjangan dari Virtual Private Network yang berarti koneksi antar jaringan bersifat pribadi melalui jaringan publik. Banyak yang menganggap bahwa VPN lebih aman daripada internet pada umumnya. Memang pernyataan itu tidak salah, karena VPN sendiri memiliki fitur keamanan yang dikelola dengan baik untuk memberikan kenyamanan privasi online. Pemahaman lebih sederhananya, VPN ini seolah-olah kita meminjam sambungan koneksi internet kepada orang lain dari tempat jauh. VPN ini menawarkan keamanan terhadap privasi online penggunanya dari ancaman bahaya kejahatan virtual, seperti pencurian data oleh peretas, serangan virus malware, ISP, dan lainnya. Kendati terdengar masih banyak orang yang mempertanyakan apakah VPN betul-betul aman? Dapatkah VPN dilacak?

Dapatkah VPN Dilacak

Di satu sisi sebagian besar masyarakat sudah memakai VPN untuk kepentingan masing-masing. Akan tetapi pengaturan yang rumit membuat sebagian orang masih kebingungan dalam penggunannya. Terkadang langkah-langkah dalam pengaturannya bisa menimbulkan celah dengan bocornya informasi data pribadi, salah satunya alamat IP yang digunakan bisa terlihat. Untuk memastikan dapatkah VPN terlacak, sahabat arena bisa melakukan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menguji kualitas keamanan dari VPN yang digunakan.

Dapatkah VPN Dilacak? Ini Dia Faktanya

Uji Keamanan Dari DNS

Uji Keamanan Dari DNS

Jika belum ada yang tahu, DNS merupakan Domain Name System yang berfungsi menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP dan dioperasikan oleh ISP. Ketika sahabat arena mengaktifkan VPN, alamat IP yang asli akan disembunyikan sehingga orang lain akan sulit melacaknya. Jadi, Dapatkah VPN Dilacak?…

Apabila ada kejadian kebocoran pada DNS, berarti ada kesalahan dalam penerjemahan dari Tunnel VPN yang akan memperlihatkan alamat IP serta lokasi dari ISP yang sahabat arena gunakan. Dengan begitu alamat IP asli penggunanya dapat terlacak untuk mengetahui dimana lokasi sebenarnya.

Sahabat arena bisa memeriksa apakah terjadi kebocoran atau tidak dengan menghubungkannya ke jaringan server VPN yang ada di luar wilayah Indonesia. Lalu cek alamat IP, lokasi sesuai ISP yang sahabat arena pakai dengan tools dns (bisa cari di google). Jika terdapat kesamaan, bisa dipastikan bahwa dns sahabat arena bocor dan bisa terlacak.

Tentu hal itu akan sangat merugikan, takut-takut kalau informasi data yang bocor disalahgunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Tidak Sepenuhnya Anonim

Tidak Sepenuhnya Anonim

Fungsi dari VPN seharusnya dapat melindungi koneksi jaringan agar tidak terlacak seperti halnya Wide Area Network atau WAN. Dengan merubah alamat IP dan wilayah geografis, para pengguna bisa bebas mengunjungi konten-konten favorit dengan aman. Jadi Dapatkah VPN dilacak ?…

Dalam hal ini begitu terkoneksi dengan internet, sahabat arena akan dibuat anonim untuk terhindar dari pelacakan. Akan tetapi saat kita online tidak sepenuhnya dibuat anonim. Tetap saja layanan VPN bisa mengidentifikasi atau melacak penggunanya melalui alamat IP tadi. Namun, itu bukan hal yang perlu dirisaukan karena layanan VPN yang terpercaya tidak akan mengungkapkan apalagi membocorkan informasi pribadi penggunanya ke pihak lain.

Sebenarnya sahabat arena bisa menguji keamanan alamat IP dengan berbagai jenis tools. Sayangnya kebanyakan masyarakat tidak ingin ribet untuk mencoba mengeceknya walaupun caranya sederhana. Agar terhindar dari kebocoran data, sebaiknya menggunakan VPN yang terjamin reputasinya dan terdapat fitur kill switch. Tombol ini dapat memblokir semua lalu lintas internet ketika koneksi VPN lambat atau sedang down.

Tidak Sepenuhnya Aman dari Peretas

Tidak Sepenuhnya Aman dari Peretas

Kegunaan VPN yang lainnya adalah melindungi sahabat arena dari peretas saat online. Tapi kenyataannya VPN juga tidak sepenuhnya bisa aman dari peretas (hacker) dan kejahatan siber lainnya. Akan tetapi sahabat arena tak perlu khawatir, karena sangat sulit bagi hacker untuk membobol keamanan privasi dengan menggunakan VPN.

Faktanya VPN dapat memblokir semua usaha kejahatan tersebut dengan mengganti alamat IP dan menyamarkannya dari pihak ketiga dengan protokol enkripsi mereka. Dengan enkripsi tersebut membuat hampir semua bentuk ancaman dapat dihindari. Maka dari itu akan jauh lebih aman untuk perangkat sahabat arena menggunakan VPN daripada tidak sama sekali.

Apalagi VPN juga menawarkan kecepatan yang gak kalah ngebut dari penyedia internet biasa, serta mencegah iklan berbahaya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya dapatkah VPN dilacak? Jawabannya bisa, apabila VPN yang sahabat arena gunakan memiliki sistem enkripsi yang lemah atau pengaturan yang rumit. Satu hal yang bisa saja terjadi adalah dengan menggunakan layanan VPN gratis. Sebab versi gratis memberikan batasan-batasan yang tidak didapat pada layanan premiumnyaa sehingga bisa dikatakan agak rentan terhadap kebocoran data, peretas, atau pelacakan. Maka dari itu disarankan untuk memakai VPN dengan layanan uji coba berbayarnya yang juga menawarkan jaminan uang kembali 30 hari tanpa resiko. Jika sahabat arena bingung dalam memilih VPN, klik disini untuk melihat artikel mengenai rekomendai VPN aman yang bisa sahabat arena Pertimbangkan.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor