10 Laptop Untuk Multimedia Terbaik dan Paling Laris

Mencari laptop mana yang sesuai untuk dibeli memang bukan perkara yang mudah dan tidak bisa hanya sekedar membaca referensi. Sahabat arena harus menyesuaikan beberapa hal, mulai harga hingga kebutuhan pemakaian. Terutama bagi yang butuh laptop untuk multimedia mungkin sangat sulit dicari, jika belum paham betul mengenai spesifikasi suatu laptop. Khususnya bagi sahabat arena yang memang ingin berkecimpung di multimedia atau desain grafis, tapi masih bingung mencari perangkat yang pas.

Laptop Untuk Multimedia

Selain itu, sahabat arena pun harus teliti dalam memilih, agar bisa membantu produktivitas dalam bekerja. Apabila sudah mengetahui spek apa yang dibutuhkan, sesuaikan dengan isi dompet sahabat arena. Karena ada banyak laptop untuk multimedia yang harganya jauh lebih hemat.

Performa Tangguh

Perangkat laptop untuk multimedia harus dibekali dengan performa yang tangguh. Hal ini bertujuan menampilkan gambar tanpa patah-patah, entah itu bermain game 3D maupun menonton film beresolusi High Definition. Laptop seharusnya mendapat sokongan kuat dari prosesor. Idealnya Intel Core i5 ke atas, serta didukung minimal memori RAM sebesar 4GB menghasilkan kinerja yang sangat baik untuk digunakan multimedia. Akan lebih baik jika RAM bisa diupgrade.

Dukungan dari GPU

Kartu grafis juga berperan penting bagi laptop multimedia. Model GPU terpisah diklaim bisa menghadirkan performa grafis lebih baik daripada built-in yang terpasang pada laptop. Salah satu contohnya adalah GPU Nvidia dan AMD ATI yang sudah dilengkapi memori khusus terpisah dari RAM bawaan dari laptop.

Kualitas Sound dan Layar

Laptop untuk multimedia tidak lengkap tanpa kualitas sound. Banyak laptop saat ini yang menyediakan teknologi suara, jadi tinggal menyesuaikan saja mana yang tepat buat sahabat arena. Apabila laptop tidak memiliki fitur tersebut di dalamnya, maka harus membeli speaker terpisah atau memakai headphone.

Ukuran Layar untuk yang satu ini tidak ada spek khusus, tergantung dari kebutuhan penggunanya. Sedangkan untuk resolusi layar idealnya 1600×900 piksel agar menghasilkan gambar yang tajam dan detail.

10 Laptop Untuk Multimedia Terbaik dan Paling Laris

1. Acer E5-475G

Acer Aspire E5-475G

Laptop Acer E5-475G ini sudah dibekali dengan spesifikasi mumpuni untuk aktivitas multimedia. Prosesornya mengandalkan Intel Core i5-7200 Kabylake yang didukung dengan memori RAM 4GB DDR4. Harganya pun cukup terjangkau, yakni Rp 7,4 juta yang sudah terpasang OS Windows 10. Untuk mendukung mulitmedia laptop berukuran 14 inch ini ditanamkan GPU Nvidia GeForce GT940MX yang powerful. Supaya lebih jelas bisa lihat disini.

2. Lenovo IP320–14IKB

Lenovo Ideapad 320

Perangkat yang satu ini bisa jadi pilihan menarik sahabat arena yang mencari laptop untuk multimedia. Spesifikasinya sudah mumpuni untuk kegiatan multimedia yang tertanam prosesor Intel Core i5 yang mampu bekerja hingga kecepatan maksimal 3,1GHz. Terlebih sudah dibekali kartu grafis Nvidia GT920MX untuk gambar yang jernih dan detail. Disediakan pula hardisk berkapasitas 1TB. Untuk harga dan komponen lainnya lihat disini.

3. Asus A455LD-WX165D

Asus A455LD

Asus juga memiliki laptop untuk multimedia dengan harga yang bersaing. Dibanderol seharga Rp 7,2 jutaan, laptop ini dirancang dengan warna yang elegan. Untuk dapur pacunya sudah dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5-5200U generasi kelima, serta dibantu oleh memori RAM 2GB yang bisa diupgrade sesuai kebutuhan. Sementara untuk grafis dibekali Nvidia GeForce 840M. Spesifikasi lengkapnya bisa langsung lihat pada halaman disini.

4. Dell G3 Inspiron 15-3579

Dell G3 15-3579

Jika sahabat arena punya budget lebih, tak ada salahnya melirik DELL G3 Inspiron 15-3579 untuk keperluan multimedia. Selain punya tiga varian warna yang menawan, kemampuan mesinnya pun mampu menunjang kebutuhan aktivitas multimedia yang mengandalkan prosesor Intel Core i5-8300H. Untuk memaksimalkan kekuatannya disematkan RAM 4GB bersama GPU Nvidia GeForce Series 10. Harganya mencapai Rp 11,9 juta yang bisa dilihat disini selengkapnya.

5. HP Pavilion 14-BF007TX

HP Pavilion 14-BF007TX

Laptop canggih lainnya yang bisa dipilih untuk multimedia adalah HP Pavilion 14-BF007TX. Dari segi komponennya, kemampuan laptop ini sudah sangat layak untuk multimedia maupun desain grafis. Dengan berbekal prosesor Intel Core i5-7200U, serta kekuatan RAM 8GB DDR4 mampu menghasilkan kinerja yang tangguh untuk menjalankan aplikasi multimedia tanpa lag. Harga laptop ini dibanderol Rp 8,6 juta. Lebih lengkapnya bisa lihat disini.

6. Acer Aspire E5 575G-74E2

Acer Aspire E5 575G-74E2

Acer Aspire E5 575G ini menawarkan performa yang berkelas dengan harga yang terjangkau. Di dalamnya sudah disediakan prosesor Intel Core i7-6500U yang dipadukan dengan kekuatan RAM 8GB dan masih tersedia 1 slot memori tambahan. Lalu untuk detail gambar yang tajam mengandalkan dual grafis dari Intel HD Graphics 520 dan Nvidia GT940MX. Harganya dibanderol sekitar Rp 10,9 jutaan. Selengkapnya ada disini.

7. Asus S410UN-EB067T

Asus S410UN

Laptop Asus ini dirancang dengan spesifikasi yang tangguh untuk sahabat arena yang punya mobilitas tinggi dan kreatif. Kemampuannya dibekali prosesor Intel Core i5-8250U yang disokong dengan kekuatan RAM 8GB untuk menunjang aktivitas multimedia dan desain. Kelebihan lainnya terdapat dual media penyimpanan berupa hardisk 1TB HDD + 128GB SSD. Sementara kartu grafisnya mengandalkan Nvidia GeForce MX150. Lebih detailnya bisa lihat disini.

8. HP Pavilion 15-CX0055TX

HP Pavilion 15-CX0055TX

Rasakan pengalaman mengagumkan dalam bermultimedia dan gaming dengan laptop HP Pavilion 15-CX0055TX. Dapur pacunya dipercayakan pada Intel Core i7-8750 yang pastinya kencang karena didorong oleh kekuatan RAM 8GB DDR4. Untuk akses yang lebih cepat, dibekali dengan media penyimpanan SSD 128GB dan 1TB HDD. Harga laptop ini mencapai Rp 14,4 juta sudah terpasang OS Windows 10. Untuk lebih detailnya ada disini.

9. Lenovo Ideapad Y700

Lenovo ideaPad Y700

Laptop yang satu ini sangat handal untuk dipakai bermultimedia, baik itu bermain game, menonton film kualitas tinggi, hingga editing foto dan video. Kinerjanya yang tangguh terbantu berkat prosesor Intel Core i7-6700HQ dengan kecepatan 2,6GHz hingga turbo bosst 3,5GHz. Untuk melengkapi performanya dibekali RAM 16GB dan GPU Nvidia GeForce GTX960. Laptop ini dibanderol Rp 15,4 juta. Untuk spesifikasi lengkapnya lihat disini.

10. Asus ZenBook Flip S UX370UA

Asus ZenBook Flip S UX370UA

Bila sahabat arena pekerja multimedia yang membutuhkan laptop sebagai penunjangnya, tak ada salahnya menginvestasikan pada ASUS ZenBook Flip S UX370UA. Dibanderol dengan harga Rp 19,3 juta, Asus menawarkan spesifikasi yang tidak main-main untuk para profesional kreatif maupun pebisnis. Komponen mesinnya dibenamkan prosesor Intel Core i7-8550U, RAM 16GB, serta media penyimpanan berupa SSD 512GB. Daripada penasaran langsung lihat selengkapnya disini.

Masih banyak lagi laptop untuk multimedia yang beredar di pasaran. Namun, yang direkomendasikan disini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Memang harganya bervariasi dari yang murah hingga paling mahal, maka dari itu jika memang difokuskan untuk multimedia persiapkan terlebih dahulu budgetnya. Mencari laptop bukan hanya sekedar murah, tapi spesifikasi di dalamnya pun harus mendukung pekerjaan sahabat arena untuk waktu yang panjang sehingga tak perlu lagi mengupgrade atau mengganti laptop karena rusak.

ArenaLaptop Editor