Rekomendasi 5 Laptop HP SSD Dengan Performa Terbaik 2021

Hewlett Packard atau biasa disebut HP merupakan salah satu produsen laptop yang namanya sudah menduia dan cukup populer di Indonesia. Untuk produk laptopnya, HP sudah mengeluarkan berbagai varian menarik mulai dari seri untuk pelajar hingga profesional dengan bermacam-macam spesifikasi berkualitas. Agar bisa tetap bersaing dengan para kompetitornya, HP selalu merilis produk laptop yang inovatif berspesifikasi tinggi dan dilengkapi media simpan berbasis SSD. Seperti yang kita tahu, hardisk berbasis Solid State Drive ini membantu kinerja laptop dalam hal kecepatan memproses data. Oleh karena itu laptop SSD lebih banyak diburu daripada HDD. Jika HDD ini merupakan media simpan yang berbentuk seperti piringan CD, maka SDD memiliki bentuk chip dengan kualitas yang lebih bagus. Brand asal Amerika ini tak ingin kalah menawarkan seri laptop HP SSD dengan performa yang handal.

Laptop HP SSD

Namun, perlu diketahui bahwa laptop SSD ini biasanya dibanderol dengan harga yang mahal. Karena memang kemampuannya mampu menyesuaikan diri dengan software dan game kelas berat dengan lancar. Buat sahabat arena yang sedang mencari laptop HP SSD, arena laptop akan menghadirkan beberapa ulasan dan rekomendasi menarik.

Keunggulan Menggunakan Teknologi SSD

Pada umumnya untuk laptop High End selalu menawarkan SSD sebagai media penyimpanannya atau biasa terdapat pada laptop spek gaming harga 10 juta ke atas. Dari segi fungsi SSD dan HDD memang sama, yang membedakan hanya dari komponennya saja. SSD ini memberikan beberapa keunggulan menarik yang sayang dilewatkan.

·         SSD Mampu Lebih Kencang

Dari performa, kemampuan SSD jauh lebih baik daripada HDD. Dari segi kecepatan read and write SSD lebih bagus. Seperti halnya untuk mentransfer file, mencari file, atau membuka aplikasi berat, SSD dapat melakukannya dengan waktu yang singkat. Selain itu, waktu booting Windows SSD mampu lebih kencang dari HDD.

·         Tidak Akan Terlalu Berisik

Menggunakan SSD berarti tidak menimbulkan suara, sebab komponen di dalamnya berisikan sekumpulan memori sehingga tidak akan terlalu berisik. Berbeda halnya dengan HDD yang masih berbentuk cakram atau piringan CD.

·         Bobot SSD Lebih Ringan Daripada HDD

Biasanya pada laptop slim atau tipis terdapat media penyimpanan berupa SSD. Ini dikarenakan bobot SSD yang lebih ringan daripada HDD yang berat karena bentuk dan komponennya tadi.

·         Lebih Hemat Listrik

Sisi menariknya SSD ini lebih hemat listrik dibandingkan HDD. Meskipun daya yang dikeluarkannya tidak terlalu terasa, tapi dapat dikatakan SSD ini punya keunggulan hemat listrik.

·         Ketahanan Sangat Baik Terhadap Guncangan

SSD ini memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap guncangan. Sementara HDD yang masih mengandalkan disk di dalamnya lebih sensitif merasakan guncangan. Hal ini karena ia berputar saat bekerja dan memiliki banyak mekanikal di dalam komponennya. Sementara SSD bekerja dengan tidak ada gerakan sama sekali jadi lebih tahan dari guncangan.

Itulah beberapa keunggulan laptop yang menggunakan teknologi SSD. Akan tetapi meski menawarkan berbagai macam kelebihan, SSD ini menyimpan kelemahan yang patut dicermati. Yakni dari segi harga yang sudah pasti mahal, misalnya untuk SSD berkapasitas 120GB saja dijual seharga 600 ribu sampai 800 ribuan. Sementara dengan nominal tersebut kita sudah bisa mendapat laptop HDD dengan kapasitas 1TB. Selain itu ternyata umur pakai SSD ini lebih pendek daripada HDD.

Rekomendasi 5 Laptop HP SSD Dengan Performa Terbaik 2021

Setelah mengetahui kelebihan dan sedikit kekurangan dari teknologi SSD, di bawah ini akan dbahas 5 rekomendasi laptop HP SSD terbaik untuk sahabat arena miliki.

1. HP 14-CM0091AU

HP 14-CM0091AU

Buat yang menginginkan laptop HP SSD yang berkualitas dengan harga ekonomis ada seri HP 14-CM0091AU atau HP Joy 2. Dibanderol dengan harga Rp 3,8 jutaan laptop dengan bentang layar 14 inci ini sudah dibekali teknologi Full HD SVA BrigtView untuk tampilan yang tajam. Laptop ini mengusung resolusi 1366 x 768 yang didukung kartu grafis AMD Radeon R3 yang membuat kualitas gambar semakin oke.

Walaupun harganya ekonomis, nyatanya laptop HP ini dilengkapi dengan media penyimpanan berupa SSD berkapasitas 128GB. Kinerja dari hardisknya tersebut mendapat dukungan dari prosesor AMD A4 9125 berkecepatan maksimal hingga 2,6GHz yang disokong RAM 4GB DDR4. Jadi secara performa laptop ini sangat handal untuk bekerja, nonton video atau edit foto.

Dari segi kelengkapan konektivitasnya pun cukup baik, seperti port USB 3.1, USB 2.0, HDMI, Card Reader, dan lainnya. Apalagi bobotnya yang hanya 1,47 kg memberikan kenyamanan buat si mobile worker. Apabila tertarik untuk membeli silahkan lihat disini.

2. HP 14-CM0077AU

HP 14-CM0077AU

Laptop ini merupakan perangkat entry level yang dibekali spesifikasi tangguh di dalamnya dan sudah terdapat media simpan SSD. Laptop HP ini hadir dengan desain yang cukup menarik berbalut warna hitam gelap di seluruh bodinya. Ditambah dengan bobotnya yang ringan membuat laptop ini sangat cocok buat sahabat arena yang sering bepergian atau bekerja di luar kantor.

Laptop dengan layar 14 inci Full HD ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 10 untuk memberikan pengalaman lebih dalam bermultitasking. Soal urusan dapur pacunya laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5 2500U dengan kecepatan maksimal 3,6GHz. Kekuatan prosesornya didukung kapasitas memori RAM sebesar 4GB DDR4 serta kartu grafis dari AMD Radeon Vega 8. Sementara itu untuk kebutuhan penyimpanannnya dibekali dual storage 1TB HDD dan 128GB SSD. Untuk harganya laptop ini dijual sekitar Rp 7,7 juta cukup terjangkau untuk kalangan menengah. Untuk melihat lebih detailnya bisa langsung lihat disini.

3. HP Pavilion 14-bf004tx

HP Pavilion 14-BF004TX

Laptop HP SSD berikutnya ini hadir dengan tampilan yang kece dan modern. Desainnya akan membuat siapapun tertarik untuk membelinya dengan balutan warna putih yang cantik dan bodinya yang kokoh. Selain itu laptop ini memiliki bobot yang agak berat sekitar 1,53 kg, tidak terlalu nyaman untuk dibawa-bawa.

Lalu soal performanya laptop ini sangat kuat dengan berbekal kemampuan dari prosesor Intel Core i5 7200U yang mampu berlari dengan kecepatan turbo boost 3,1GHz. Apalagi memori RAMnya dibekali cukup besar berkapasitas 8GB DDR4 untuk mengoptimalkan kinerjanya. Laptop berukuran 14 inci Full HD yang berteknologi panel IPS BrightView ini didukung kartu grafis dari Nvidia Geforce 940MX. Melihat kemampuannya tersebut, laptop HP Pavilion ini bisa diandalkan untuk diajak bekerja dengan aplikasi dan game-game berat sekalipun.

Ditambah lagi adanya dual storage berupa HDD 1TB dan 128GB M.2 SSD membuat performanya makin tangguh. Harganya sendiri dijual sekitar Rp 11, 3 yang bisa sahabat arena temukan disini.

4. HP Envy X360 13-AG0023AU

HP Envy X360 13-AG0023AU

HP ENVY X360 13-AG0023AU merupakan laptop kelas atas yang mengusung konsep hybird. Memiliki desain yang cukup menarik dan modern, walaupun secara tampilan tidak berbeda jauh dengan seri sebelumnya. Laptop ini juga dapat dibentuk menyerupai tablet untuk kenyamanan dalam pemakaiannya. Laptop tipis dengan massa yang ringan ini cocok buat sahabat arena yang mobile setiap harinya. Terlebih spesifikasinya mampu untuk diajak bekerja, multimedia, editing video atau foto hingga gaming.

Kinerjanya ini didukung oleh prosesor AMD Ryzen 7 2700U yang memiliki kecepatan proses hingga 3,8GHz. Performa dari prosesornya didorong dengan kekuatan RAM 8GB DDR4 untuk memaksimalkan kekuatannya. Ditambah dengan kapasitas penyimpanan yang dibekali berukuran 512GB SSD membuat kinerjanya sangat tangguh untuk bermultitasking tanpa lag.

Sementara untuk tampilan kualitas grafisnya, laptop 13,3 inci Full HD ini disematkan VGA AMD Radeon RX Vega 10. Harganya sendiri dibanderol sekitar Rp 15,8 juta, sudah dilengkapi Windows 10. Biar gak penasaran silahkan lihat selengkapnya disini.

5. HP Spectre X360 13-AE077TU

HP Spectre X360 13

Rekomendasi terakhir laptop HP SSD ada HP Spectre X360 13-AE077TU yang merupakan salah satu andalan dari HP dengan spesifikasi yang berkualitas tinggi. Dari desainnya pun sangat menarik, modern, dan modis yang sangat cocok dipakai oleh desainer ataupun profesional. Ketebalannya yang tipis dan berbobot ringan, serta memiliki 4 mode penggunaan membuatnya sangat nyaman untuk dibawa bepergian dan dibutuhkan dalam acara apapun.

Dari segi performanya HP tidak main-main dalam membekali komponennya. Intel Kelby Lake generasi ke delapan Quad Core i7 8565U jadi otaknya untuk memberikan kinerja yang tangguh. Prosesornya ini disandingkan dengan memori RAM berkapasitas 16GB DDR4L untuk kecepatan yang optimal. Lebih mantap lagi dengan adanya media penyimpanannya berupa hardisk SSD berukuran 512GB sehingga kegiatan multitasking berjalan tanpa hambatan.

Tampilan grafisnya mengandalkan Intel HD Graphics 620 yang mampu memberikan detail gambar lebih jernih. Apabila tertarik untuk membeli siapkan kocek sebesar Rp 24 jutaan yang bisa dilihat disini.

Nah, bagaimana ?…

Nah, bagaimana sahabat arena sudah kepikiran untuk memilih laptop HD SSD yang mana? Dengan adanya teknologi media simpan SSD, laptop dapat bekerja dengan lebih kencang tanpa hambatan sehingga memudahkan untuk menyelesaikan tugas komputasi harian seperti mengetik, desain, maupun mengedit video.

ArenaLaptop Editor