Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus Dibanding Laptop Lain

Jauh sebelum mengembangkan produk laptop, Asustek Computer yang merupakan perusahaan asal Taiwan ini memproduksi sejumlah komponen penting komputer. Asustek telah berpengalaman dalam membuat motherboard dan VGA atau kartu grafis. Saat itu Asustek bersaing ketat dengan brand lainnya, seperti MSI dan  Gigabyte yang juga memproduksi komponen komputer. Perusahaan ini sudah dikenal lebih dulu sebagai produsen motherboard dengan kualitas produknya sangat terkenal. Baru setelah itu Asus mulai berinovasi membuat produk laptop atau notebook. Sampai saat ini produk-produk laptop dari Asus jadi salah satu yang populer dan terpercaya di mata konsumen. Sebagai salah satu merk dagang dengan market share terbesar di Indonesia, Asus memiliki sejumlah keunggulan yang sangat layak untuk dibeli. Sebelum sahabat arena membeli laptop, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan laptop Asus dibandingkan produk lain. Yang pastinya akan membuat sahabat arena tak ingin pindah ke lain hati lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Asus Dibanding Laptop Lain

Kelebihan dan Kekurangan

Di sisi lain tak ada yang menyangkal bahwa laptop Asus cukup banyak peminatnya, mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, hingga desainer. Terutama buat mereka yang ingin mencari laptop dengan spesifikasi handal, namun harga bersahabat. Kepopuleran Asus tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan laptop Asus yang dimiliki. Untuk itu, dibawah ini akan dijelaskan seperti apa kelebihan dan kekurangan laptop Asus sehingga menarik banyak minat pembeli.

Kelebihan Laptop Asus

Laptop Asus sendiri memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan laptop merk lain. Apalagi setiap tahunnya Asus sangat rajin untuk merilis produk terbaru. Soal inovasi dan pengembangan, memang Asus ini bisa dibilang sebagai brand yang sangat cepat. Nah, apa saja kelebihan dan kekurangan laptop Asus? Mari kita mulai dengan membahas keunggulannya dulu, simak berikut ini:

Produk terpercaya dengan kualitas jempolan

Asus Produk terpercaya dengan kualitas jempolan

Banyak yang mengatakan jika laptop Asus itu sangat handal dalam menunjang berbagai kebutuhan komputasi, namun dengan harga minimal. Ternyata memang hal tersebut bukanlah sekedar mimpi, melainkan fakta yang memperlihatkan bahwa Asus merupakan brand yang terpercaya.

Oleh karena kualitas produknya yang terjamin, Asus telah mendapatkan berbagai penghargaan baik di Indonesia maupun luar negeri. Ini tentu jadi hal utama yang bisa dipertimbangkan calon pembelinya.

Memiliki motherboard yang tangguh

Asus Memiliki Motherboard yang Tangguh

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh laptop Asus adalah motherboardnya yang tangguh. Tak heran bila motherboard di setiap produk laptopnya jadi salah satu yang sudah dikenal banyak orang. Kualitas motherboard yang dihadirkan laptop Asus ini tidak main-main. Hal itu tentunya tidak lepas dari pengalaman Asus sebagai produsen yang memproduksi motherboard. bahkan sebelum melebarkan sayapnya ke pasar laptop, Asus sudah lebih dulu membuat hardware yang satu ini.

Tahan dan bandel untuk diajak bermain game

Laptop Asus Tahan dan bandel untuk diajak bermain game

Mungkin ini yang menarik untuk para pecinta game yang bermain dengan waktu yang lama. Ya, Asus punya kelebihan lain yang bandel untuk diajak bermain game. Sebagian besar produk laptop Asus dibekali dengan kartu grafis dari ATI Radeon dan Nvidia Geforce yang sangat tangguh untuk gaming. Jadi, bagi yang menginginkan laptop untuk bekerja sekaligus hiburan bermain game, laptop Asus sangat pas untuk dipilih.

Harganya relatif terjangkau

Harga Laptop Asus relatif terjangkau

Banyak alasan orang memilih laptop Asus adalah karena harganya yang bervariatif dan relatif terjangkau. Pada beberapa tipe produk, laptop Asus menawarkan kepada konsumen harga yang lebih murah ketimbang brand lain yang memilikik spesifikasi serupa. Dengan harga jualnya yang bermacam-macam, calon pembeli bisa menemukan laptop yang pas sesuai dengan keperluan dan keuangan mereka.

Garansi lebih lama

Garansi Laptop Asus lebih lama

Kelebihan ini bisa dibilang yang paling mencolok diantara merek dagang lainnya. Asus memberikan garansi untuk produk laptopnya selama 2 tahun secara global. Itu tidak ditawarkan oleh brand lain yang rata-rata hanya memberikan garansi selama satu tahun saja.

Asus ini ingin memanjakan para pelanggannya dengan sangat baik. Klaim garansi laptop Asus bisa dilakukan dimana saja, termasuk di luar negeri sekalipun. Misalnya, sahabat arena membeli perangkat laptop Asus di Indonesia yang masih bergaransi, lalu ingin pergi berlibur ke Inggris sembari mengisi blog. Tanpa diharapkan ternyata selama berada disana, laptop mengalami masalah bahkan ngadat. Dengan garansi yang dimiliki, sahabat arena bisa melakukan klaim di tempat untuk dilakukan perbaikan dan bebas biaya.

Kekurangan Laptop Asus

Masih membahas soal kelebihan dan kekurangan laptop Asus. Kalau tadi sudah dibahas beberapa keunggulan produk Asus, sekarang mari kita cari tahu kekurangan apa yang ada pada laptop keluaran brand asal Taiwan ini. Karena secanggih apapun suatau barang, pasti memiliki kekurangan walaupun tak terlalu berdampak signifikan.

Tidak disertai fasilitas lain saat pembelian

Tidak disertai fasilitas lain saat pembelian Laptop Asus

Dari beberapa kelebihannya, laptop Asus justru sering mendapat keluhan dari para penggunanya soal fasilitas yang didapat pada saat pembelian. Ya, Asus tidak menyertakan tas dan juga softcase seperti yang biasa ditawarkan merek lain saat membeli laptop. Dengan tidak disertakannya tas khusus dari Asus, membuat para konsumen harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli aksesoris tersebut di tempat lain. Ini sangat merepotkan tentunya, karena banyak yang berharap sudah mendapatkan satu paket lengkap dengan tasnya.

Minimnya tempat service center

Minimnya tempat service center Asus

Asus memang memiliki pelayanan yang sangat baik, namun hal itu tidak diimbangi dengan jumlah service centernya. Lokasi service center Asus masih sangat minim dan hanya tersebar di kota-kota besar saja, sementara di beberapa daerah atau kota kecil sulit ditemui. Jadi tidak heran, jika banyak yang mengeluhkan perbaikan laptop Asus memakan waktu yang cukup lama. Hal itu disebabkan seringnya terjadi penumpukan laptop bermasalah yang tengah dilakukan perbaikan.

Terlalu cepat merilis produk baru

Asus Terlalu cepat merilis produk baru

Di satu sisi Asus memang cepat soal inovasi untuk produk laptop terbarunya. Akan tetapi justru ini jadi kekurangan yang membuat pembeli akhirnya enggan untuk memilih laptop Asus. Terlalu cepat merilis laptop baru tentunya akan membuat produk yang dijual di pasaran semakin banyak. Ini akan sangat membingungkan konsumen, apalagi buat mereka yang masih awam dengan spesifikasi laptop.

Tidak hanya itu, Asus juga sering mengeluarkan laptop dengan tipe atau model yang hampir serupa dengan model sebelumnya. Kondisi ini juga yang sering membuat konsumen yang sudah membeli produk Asus sebelumnya merasa kecewa karena tipe yang baru lebih up to date dengan harga yang tak jauh beda.

Masih terdapat error pada produknya

Masih terdapat error pada produk Asus

Memang tidak semua laptop Asus terdapat masalah yang bikin kecewa konsumen. Namun dalam beberapa kondisi, terutama untuk seri 12 inci seringkali terjadi masalah pada touchpad yang sangat mengganggu. Lalu pada kasus lainnya, yakni pada tipe laptop Asus K43U AMD E350 juga sering bermasalah dengan hardisknya.

Nah…

Mungkin segitu saja yang bisa kami ulas mengenai kelebihan dan kekurangan laptop Asus untuk sahabat arena semua. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat membuat sahabat arena bisa lebih mengenal produk Asus. Karena ada pepatah mengatakan ‘tak kenal maka tak sayang’, begitu pula pada saat akan membeli sebuah produk terutama elektronik. Jika melihat kelebihan yang ditawarkan, laptop Asus tetap layak masuk dalam daftar pencarian laptop sahabat arena. Apalagi buat yang ingin mencari produk laptop dengan kemampuan handal dan bertenaga, serta harga yang terjangkau.

Kelebihan dan kekurangan laptop Asus ini bisa memberikan pertimbangan dan arahan, bisa membandingkannya dengan brand laptop lain. Sebab dengan mengetahui masing-masing keunggulan dan kelemahan dari suatu merek laptop, sahabat arena dapat memilih dengan bijak sesuai dengan yang dibutuhkan.

ArenaLaptop Editor