Dapatkah VPN Diblokir? Ini Dia Pembahasannya

Sejatinya VPN merupakan layanan yang paling ampuh untuk menerobos pemblokiran secara geografis dan sensor. Namun, tidak sedikit korporasi atau pihak pemerintah yang menerapkan kebijakan mengontrol seluruh akses internet warganya. Sejumlah perusahaan dan pemerintah memiliki teknologi anti VPN yang dapat mendeteksi dan memblokir layanan tersebut dari jaringan lokal. Jadi, dapatkah VPN diblokir? Jawabannya ya! Bahkan negara seperti China dan Rusia sudah melarang penggunaan VPN.

Dapatkah VPN Diblokir

Cara yang dilakukan pemerintah untuk memblokir VPN beragam seperti penerapan sensor atau undang-undang hak cipta. Misalnya di China, pemerintahnya menghimbau agar ISP memblokir setiap orang yang memakai VPN untuk terhindar dari Tembok Api Besar.

Kemudian ada Netflix yang dikenal sangat ketat dalam menerapkan kebijakan anti VPN yang dimulai sejak 2014 karena desakan industri. Pihak studio film dan TV tidak ingin pengguna di luar wilayah lisensinya menikmati konten-konten. Maka dari itu mereka meminta Netflix untuk mengontrol dan menghormati kesepakatan distribusi yang terjalin.

Ragam Jenis Pemblokiran VPN

Lalu bagaimana cara pemerintah atau beberapa layanan memblokir VPN? Setidaknya ada tiga tipe yang dapat memblokir VPN, berikut ulasannya.

Blokir alamat IP

Dapatkah VPN diblokir? Tentu bisa dan tidak sulit melakukannya. Melalui alamat IP dapat memberitahukan lokasi sekaligus perangkat penggunanya dari situs web yang diakses. Ketika memakai VPN, situs web justru dapat melihat alamat IP dan lokasi dari jaringan server yang terkoneksi dengan penggunanya. Netflix adalah contoh yang paling sering memblokir VPN melalui IP

Blokir melalui porta

Ketika menggunakan layanan VPN, data sahabat arena akan melintas melalui berbagai porta. Umumnya, administrator jaringan menutup porta yang seringkali digunakan oleh penyedia layanan VPN. Dengan begitu mereka akan kesulitan untuk mengakses koneksi jaringannya.

Inspeksi paket mendalam/DPI

Teknik DPI biasanya digunakan pemerintah untuk pemeriksaan sejumlah data yang melintasi jaringan mereka. Dengan DPI, pemerintah dapat dengan mudah memeriksa VPN yang sedang aktif lalu memblokirnya dan merubah rute aksesnya atau mencatat informasi data.

Bagaimana Cara Menembus Blokir Layanan VPN

Bagaimana Cara Menembus Blokir Layanan VPN

Tidak cara yang tercepat dan efektif untuk menembus blokir geografis ataupun sensor online selain menggunakan layanan VPN. Beberapa layanan VPN bisa sahabat arena gunakan untuk membuka akses anti VPN. Arena laptop merekomendasikan NordVPN dan ExpressVPN untuk mengatasi masalah pemblokiran terhadap VPN. Kedua VPN tersebut dikenal rutin mengubah alamat IP dan mampu menyembunyikannya dari pelacakan atau terdeteksi sensor pemerintah. Maka, sahabat arena bisa tetap anonim selama menjelajah situs web atau streaming Netflix tanpa takut dilacak.

Baik NordVPN maupun ExpressVPN punya kemampuan untuk melewati blokiran VPN dan pembatasan geografis. Sahabat arena akan terhindar dari radar Netflix dengan alamat IP khusus yang diberikan. Namun, untuk bisa mendapatkan layanan tersebut sahabat arena harus mengeluarkan sedikit uang. Tapi tak perlu khawatir karena harganya tidak akan menguras kantong, malah manfaatnya melebihi ekspektasi sahabat arena daripada menggunakan VPN gratis.

Kemudian untuk menembus blokir VPN di negara yang menerapkan sensor dengan ketat, bisa menggunakan VPN yang memiliki teknologi Obfsproxy.

Kesimpulan

Jadi, jika ada pertanyaan dapatkah VPN diblokir? Dari penjelasan di atas sudah bisa diketahui kalau VPN sangat mungkin untuk diblokir. Alamat IP paling sering digunakan untuk mendeteksi penggunaan VPN. Sebab di beberapa negara yang menolak VPN, sengaja memblokir layanan tersebut karena beragam alasan seperti membatasi akses tertentu, menyebarkan hoax, hingga mencegah terorisme.

Namun, di Indonesia penggunaan VPN sendiri masih belum jelas aturan hukum yang diterapkan atau bisa dibilang abu-abu. Akan tetapi selama VPN itu digunakan untuk hal-hal positif sebetulnya sah-sah saja, apalagi untuk melindungi informasi data pribadi yang mudah untuk dicuri pada saat aktivitas online.

ArenaLaptop Editor