Pakai VPN atau Antivirus? Ini Dia Pembahasannya

Buat pengguna internet mungkin bertanya-tanya, apakah penting menggunakan VPN? Kan sudah ada antivirus, untuk apa lagi pakai VPN! Pernyataan tersebut sangat bisa dipahami, apalagi jika sahabat arena belum mengetahui kegunaan dari VPN. Antivirus yang biasa ada pada laptop atau PC memang punya peran vital untuk melindungi perangkat dari serangan virus-virus jahat, seperti malware. Namun, banyak yang perlu sahabat arena tahu bahwa VPN juga jauh lebih penting. Gunanya untuk memberi perlindungan terhadap informasi data agar tetap aman saat menggunakan internet. Baik VPN atau antivirus sama-sama akan menjaga perangkat sahabat arena dari kejahatan virtual. Akan tetapi, apakah kedua software tersebut memang dibutuhkan?

VPN atau Antivirus

Di dunia modern saat ini semua pasti menggunakan internet. Meski internet menawarkan kemudahan di dalamnya, bukan berarti tidak ada ancaman serius yang akan mengintai. Banyak pihak-pihak yang memanfaatkan internet untuk melakukan hal negatif, seperti kasus peretasan, penipuan berkedok hadiah maupun penyadapan ilegal untuk mengambil informasi pribadi. Untuk itulah arena laptop akan mencoba menjelaskan perbandingan antara VPN dan antivirus agar sahabat arena bisa memutuskan mana yang terbaik.

Ancaman Kejahatan Online

Ketika perangkat terkoneksi dengan internet, akan selalu ada bahaya yang siap mengancam. Biasanya serangan yang paling umum terjadi adalah melalui virus malware, virus ini merupakan perangkat lunak yang jahat. Jenis virus ini paling sering terdapat pada program yang berisikan iklan atau adware untuk masuk ke dalam komputer. Kemudian akan membajak, menyisipkan virus, bahkan memasang software dengan tujuan memata-matai sahabat arena.

Selain malware, masih ada beberapa virus yang sering menyerang komputer yaitu:

  • Trojan

Mungkin banyak yang bilang kalau virus ini ada manfaatnya. Tapi jangan tertipu, justru trojan berisikan program-program jahat.

  • Worm

Virus ini akan merusak komputer dengan cara menduplikasi lalu menyebarkan infeksi ke perangkat lainnya yang ada dalam jaringan tersebut.

  • Boot Sector

Hati-hati, media simpan eksternal pun masih bisa terserang virus. Jadi lebih baik menyimpan data-data penting di penyimpanan awan.

Tentu sangat mengasikkan menjelajah internet, menonton layanan streaming, dll. Namun, di balik itu ada resiko lainnya yang mengancam.

Jenis-Jenis Ancaman Online

Semua yang dilakukan di internet mengandung resiko kejahatan yang bisa menimpa siapapun. Beberapa ancaman yang bisa ditemui saat online adalah:

  • Ancaman DNS. Tidak hanya virus, peretas (hacker) bisa mengeksploitasi kelemahan dari DNS untuk mengakses ke jaringan server sahabat arena.
  • Pencurian informasi data oleh hacker
  • Pemantauan oleh sistem pemerintah dan ISP
  • Pemblokiran konten karena batasan geografis atau terkena UU sensor
  • Spam dan modus penipuan

Untuk bisa terlepas dari semua bahaya tersebut dengan menutup semua aktivitas online pada perangkat. Tapi karena internet sudah jadi kebutuhan sehari-hari, maka sangat dianjurkan untuk memasang VPN dan antivirus.

VPN atau antivirus berfungsi menjaga perangkat sahabat arena. namun, keduanya pun memiliki kelemahan yang harus sahabat arena tahu. Memasang kedua perangkat lunak tersebut bisa menutupi masing-masing kelemahan. Bagi yang mementingkan privasi, antivirus saja tidak akan cukup melindungi seluruh informasi penting sahabat arena. sederhananya antivirus lebih melindungi dari dalam, sementara VPN melindungi dari luar.

Antivirus Melindungi Perangkat Dari Dalam

Pastinya dalam perangkat sahabat arena ada program antivirus atau setiap kali membeli laptop baru hal pertama yang dilakukan memasang antivirus. Tapi apa sahabat arena benar-benar tahu cara kerja dari antivirus melindungi perangkat?

Antivirus

Cara Kerja Antivirus dalam Melindungi

Software antivirus memiliki cara kerja memindai (scan), melacak, serta menjaga perangkat dari program jahat. Antivirus akan memindai seluruh file yang ada di komputer lalu mengirim notifikasi jika ada sesuatu yang virus berbahaya.

Terkadang jika data atau file itu dianggap berbahaya yang mengandung virus, secara otomatis akan langsung dihapus dan bikin jengkel. Kemudian ada juga antivirus yang langsung memberitahukan bahwa file tersebut akan di karantina, sehingga sahabat arena bisa mengeceknya terlebih dahulu sebelum dihapus.

Antivirus merupakan program yang harus ada dalam perangkat sahabat arena agar selalu terlindungi. Dengan begitu, secara berkala antivirus akan memindai dan mendeteksi serangan berbahaya yang lain.

Selain itu sahabat arena perlu memasang anti malware untuk melindungi perangkat dari program-program yang diam-diam dapat menghancurkan sistem komputer.

VPN Melindungi Perangkat dari Luar

Berbeda halnya dengan antivirus, VPN ini memberikan perlindungan privasi online sahabat arena yang mampu mengenkripsi semua jaringan internet. Selain itu, VPN pun mampu menyembunyikan seluruh riwayat penjelajahan sahabat arena.

VPN

Namun, kelemahan dari VPN ini tidak bisa berbuat banyak jika komputer sudah terserang virus malware meskipun dilakukan enkripsi. Apalagi buat yang sering menggunakan layanan VPN gratis, sama dengan memposisikan sahabat arena ke dalam resiko yang lebih buruk. Karena beberapa media menyebutkan bahwa sejumlah layanan VPN gratis dengan sengaja menyusupkan aplikasi jahat untuk menyerang perangkat konsumennya.

Maka dari itu memasang layanan VPN premium adalah yang terbaik guna mendapatkan perlindungan yang maksimal. Kemudian VPN ini akan menjaga rahasia alamat IP penggunanya dan mengenkrispi semua lalu lintas yang melewatinya sehingga tetap aman saat mengirim email atau file.

Walaupun menggunakan aplikasi VPN, sahabat arena tetap mendapatkan kecepatan koneksi yang tidak kalah kencang dengan menawarkan banyak jaringan server di seluruh dunia.

VPN dan Antivirus Penting Untuk Perangkat

Sekarang pertanyaan, penting manakah? VPN atau antivirus? Jawabannya tidak berubah, dua-duanya sangat penting. Banyak pakar keamanan virtual yang lebih menyarankan memasang VPN karena dianggap paling baik dari segi keamanan. Tapi, faktanya sahabat arena membutuhkan VPN dan antivirus ada pada komputer untuk perlindungan yang lebih baik.

VPN

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa VPN menjaga dari serangan berbahaya seperti peretas yang ingin mengambil data pribadi secara diam-diam atau pelacakan alamat IP. Selain itu kekuatan VPN ini mampu melindungi kebocoran informasi pribadi yang berpotensi mengalami kerugian terhadap finansial.

Antivirus

Sementara antivirus melindungi keamanan perangkat dari file-file yang mengandung virus untuk menerobos masuk ke perangkat. Jika sahabat arena hanya menggunakan VPN atau antivirus saja, salah satu dari ancaman tersebut tetap bisa menembus keamanan perangkat.

Sahabat arena sudah tahu kan kalau keduanya sulit untuk dibandingkan dari segi keunggulannya. Tapi akan lebih baik jika diperhatikan dari segi fungsinya, karena baik VPN atau antivirus sama-sama bermanfaat untuk memproteksi perangkat.

Program Terbaik Untuk Keamanan Perangkat

Salah satu program VPN terbaik adalah NordVPN. Aplikasi ini mengkombinasikan antara layanan VPN dengan antivirus yang tentu saja akan memberikan perlindungan maksimal.

NordVPN

NordVPN

Di dalam NordVPN terdapat fitur perangkat lunak bernama CyberSec yang bisa dinikmati pada paket premiumnya. Nah, CyberSec ini akan secara otomatis memblokir seluruh situs-situs yang dianggap membahayakan sehingga tak perlu khawatir untuk sekedar browsing atau berbisnis lewat internet. Di samping itu NordVPN memiliki kelebihan yang mampu menyembunyikan apapun jenis iklan yang tidak diharapkan, ada pula fitur autoplay video, dan juga pop-up. Jika tidak suka dengan layanan premiumnya, akan ada jaminan uang kembali 30 hari. Unduh aplikasinya disini.

ExpressVPN

ExpressVPN

Selain itu ExpressVPN juga tak kalah unggul dalam soal keamanan virtual. Dengan membeli layanan premiumnya seharga $6,6, sahabat arena sudah mendapat semua fasilitas keamanan dan kecepatan koneksi yang mengagumkan. ExpressVPN menawarkan keamanan blokir VPN untuk yang ingin menikmati layanan streaming Netflix dengan kualitas 4K tanpa lemot. Langsung saja unduh filenya disini.

Selain ke 2 VPN tersebut, jika ingin melihat VPN-VPN lainnya yang mungkin lebih cocok, sahabat arena bisa klik disini untuk melihat rekomendasi 20 VPN terbaik.

ArenaLaptop Editor

ArenaLaptop Editor