VPN Mana Yang Paling Cepat? Ini dia 5 VPN Tercepat 2021

Terlepas dari apapun tujuannya, layanan VPN dianggap solusi terbaik untuk mengatasi masalah koneksi internet yang terbatas. Tak dipungkiri bahwa penggunaan VPN adalah mencari kecepatan internet yang mumpuni untuk membantu berbagai pekerjaan. Namun, masing-masing layanan VPN menuliskan bahwa merekalah yang terbaik dan paling cepat. Para pengguna VPN tentu tak hanya peduli soal proteksi privasi saja, melainkan kecepatan dan performa yang juga jadi tolak ukurnya. Lantas VPN mana yang paling cepat? Ada sejumlah VPN yang memiliki kecepatan yang benar-benar nyata kencangnya. Di dalam artikel ini, arena laptop sudah mempersiapkan beberapa VPN dengan kecepatan terbaik disertai dengan kinerjanya yang apik.

VPN Mana Yang Paling Cepat

Dengan menggunakan layanan VPN tentu membuka situs-situs yang diblokir atau terkena sensor adalah sesuatu yang menyenangkan, selama itu digunakan hal-hal yang positif. Beberapa layanan memberikan koneksi tanpa batasan geografis yang mumpuni untuk menjelajah di dunia maya ataupun menikmati streaming. Tapi berbicara soal kecepatan, layanan VPN justru memiliki masalah. Untuk tahu lebih lanjut, simak di bawah ini.

VPN Bermasalah dengan Kecepatan

Menggunakan layanan VPN memang memberikan keamanan ekstra, tidak hanya pada perangkat tapi juga informasi pribadi pengguna internet. Untuk melindungi keamanan dan merubahnya menjadi anonim, terdapat protokol enkripsi yang ternyata justru bisa membuat koneksi menjadi lambat. Mungkin sebagian besar pengguna tidak akan menyadari dan merasakan perbedaan pada saat mengakses situs web. Akan tetapi apabila VPN digunakan untuk mendownload atau menonton tayangan favorit di Netflix atau Hulu akan terlihat seberapa besar perbedaannya. Dengan demikian, kecepatan VPN dalam mengunduh jadi alasan yang masuk dalam pertimbangan.

Lokasi server layanan VPN jelas punya peran besar dalam menghadirkan kecepatan koneksi. Dalam hal ini, penyedia layanan VPN biasanya akan merekomendasikan lokasi jaringan server terdekat dengan wilayah penggunanya. Terkecuali apabila sahabat arena ingin menonton tayangan streaming tertentu tersedia di wilayah Perancis saja. Maka untuk bisa mengaksesnya, sahabat arena harus menghubungkan dengan server di Perancis.

Kemudian koneksi dari layanan internet atau ISP yang sahabat arena gunakan juga berpengaruh pada kecepatan VPN. Jika kecepatannya koneksinya antara 10 Mbps sampai 1 Gbps, maka kecepatan koneksi VPN tak akan terganggu. Tapi bila di bawah itu, bakal mengganggu koneksi VPN.

Mengukur Kecepatan VPN

Tergantung dari pemilhan VPN mana yang paling cepat, ada tolak ukur yang bisa digunakan dalam melihat kecepatan dari layanan VPN. Untuk mengukur bagaimana kecepatan dalam layanan VPN terlihat kencang, ada tiga faktor yang jadi patokannya.

  • Kecepatan Mendownload

Jadi faktor yang utama untuk memperlihatkan seberapa kencang data yang bisa diambil dari server ke sistem perangkat sahabat arena. Karena sebagian besar kegiatan internet pasti membutuhkan pengunduhan seperti menampilkan halaman situs atau video.

  • Kecepatan Upload

Unggahan jadi tolak ukur selanjutnya yang juga memperlihatkan kecepatan data sahabat arena yang dikirimkan ke internet. Seperti saat mengirim file-file dengan ukuran besar lewat email, mengunggah foto-foto ke media sosial atau saat menggunakan panggilan video.

  • Ping

Ping ini menunjukkan kecepatan menerima respon setelah sahabat arena mengirimkan suatu permintaan. Makin cepat pingnya menandakan koneksinya makin bagus. Seperti ketika sahabat arena bermain video game, dimana ketepatan waktu sistem dalam merespon merupakan yang utama.

Rekomendasi 5 VPN Tercepat 2020

Berikutnya arena laptop akan membahas lima layanan VPN yang memiliki kecepatan terbaik dari beberapa sumber yang dirangkum setelah melalui uji coba dari para pakarnya. Silahkan disimak dengan baik sebagai bahan pertimbangan untuk melihat VPN mana yang tercepat.

1. ExpressVPN

ExpressVPN

Layanan ExpressVPN direkomendasi buat pengguna mencari proteksi privasi yang baik dan kecepatan yang tinggi. Soal jaringan, ExpressVPN punya lebih dari 2000 server yang terletak di 94 negara dan rata-rata pada setiap jaringannya memiliki kecepatan yang luar biasa. Dengan layanan antarmuka yang sederhana, hanya satu kali klik sahabat arena bebas memilih server mana yang ingin dihubungkan. Dalam pengujian, rata-rata kecepatan mengunduh ExpressVPN mencapai 11,88 Mb per detik.

Layanan VPN ini dikenal sebagai lintas perangkat yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi, mulai dari Windows, Linux, MacOS, Android, dan IOS. Baik penggunaan di ponsel maupun komputer, aplikasi ExpressVPN akan dengan otomatis terkoneksi ke server yang aktual di lokasi sahabat arena. Dengan demikian sahabat arena bisa merasakan kinerjanya yang terbaik untuk keamanan privasi.

Melihat kecepatan yang dihasilkan, maka ExpressVPN merupakan pilihan yang tepat apabila sahabat arena ingin menikmati tayangan streaming atau mengunduh melalui torrent. Sebelum itu download dulu filenya disini.

Periksa Situs Web

2. VyprVPN

Dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya, VyprVPN mengelola sendiri jaringan mereka sepenuhnya. Dengan VyprVPN dapat memberikan kecepatan koneksi yang kencang dalam mengunduh. Penyedia layanan ini sangat kuat bagi sahabat arena yang sering mengunduh torrent. Apalagi didukung dengan jaringannya lebih dari 700 server yang ada di 70 lokasi berbeda sehingga tidak membuat penggunanya kesulitan mencari koneksi yang tepat dan cepat.

VyprVPN juga memberikan jaminan keamanan privasi online yang tangguh dengan protokol enkripsi 256-bit. Bila sahabat arena berlangganan premium akan mendapatkan manfaat proteksi dari layanannya berupa VypDNS dan Firewall NAT. Menariknya lagi, VyprVPN memiliki fitur keamanan yang mereka ciptakan sendiri bernama Chameleon yang berguna untuk menghindari inspeksi paket secara mendalam, menerobos situs yang terblokir dan koneksi yang lambat.

Akan tetapi kebijakan melakukan pencatatan beberapa informasi seperti alamat IP dan waktu koneksi, agaknya menjadi masalah bagi sebagian orang. Untuk yang mau mencoba, ada uji coba gratis selama 3 hari yang bisa diunduh disini.

3. PureVPN

PureVPN

VPN mana yang tercepat untuk streaming? Salah satunya dengan menggunakan PureVPN. Penyedia layanan VPN ini menawarkan kenyamanan kepada penggunanya untuk menikmati tayangan video streaming berkecepatan tinggi dan aman dengan mengandalkan DNS. Saat diuji cobakan dengan menyalakan opsi streaming, ternyata kecepatannya lebih baik dari VPN lainnya yang memiliki kecepatan mendownload di rata-rata 6,98Mb per detiknya. Tentu ini jadi kabar bahagia buat para penggemar Netflix, mereka bisa menikmati tayangan favorit dengan sukacita.

Dengan menggunakan PureVPN, sahabat arena pun tak perlu lagi khawatir koneksi lambat saat mengunduh. Dalam situsnya PureVPN mengklaim mereka menyediakan kecepatan koneksi 1Gb yang tidak ada dalam layanan VPN lainnya. Bila penasaran, bisa diunduh filenya dulu disini. Meski tidak terdapat uji coba gratis, tapi mereka menawarkan paket berlangganan dengan harga yang cukup terjangkau dan memberi jaminan uang kembali 31 hari.

Dengan memiliki jaringan lebih dari 2000 lokasi server, PureVPN menjamin 100 persen keamanan dan privasi penggunanya.

Periksa Situs Web

4. IPVanish

IPVANISH VPN

IPVanish menawarkan koneksi yang lebih baik dari layanan VPN lainnya dengan dukungan lebih dari jaringan server mereka. Layanan IPVanish ini memiliki kecepatan mengunduh yang tinggi dan kinerjanya sangat bagus. Dengan kecepatan yang diberikan IPVanish, sahabat arena dengan bebas dan nyaman mengunduh kapanpun.

Layanan IPVanish ini juga bisa sahabat arena dapatkan untuk perangkat komputer dan seluler dengan fitur-fitur yang mengagumkan. Kemudian IPVanish juga memastikan penggunanya aman selama beraktivitas di internet lewat beberapa protokol keamanannya. Mereka memiliki protokol seperti OpenVPN, PPTP, serta L2TP yang memberikan perlindungan maksimal dan privasi tetap aman. Ditambah dengan kebijakan privasinya yang menerapkan tanpa pencatatan yang ketat membuat IPVanis sangat ideal untuk siapapun. Karena biar bagaimanan pun informasi data pengguna adalah yang utama dan IPVanis tidak akan mengecewakan.

Untuk bisa mencoba merasakan performanya, sahabat arena bisa mengunduhnya disini. Namun, sayangnya aplikasi layanan VPN ini tidak terdapat uji coba gratis tapi memberikan jaminan uang kembali 7 hari.

Periksa Situs Web

5. Speedify VPN

SpeedifyVPN

Salah satu VPN terbaik untuk PC ini menawarkan banyaknya koneksi yang akan memberikan kenyamanan untuk penggunanya dalam menjelajah dunia maya. Speedify VPN punya keunggulan tersendiri dengan fitur menariknya, yakni ‘penyambungan saluran’ yang berfungsi untuk memberikan peningkatan pada kecepatan koneksi. Dengan menggunakan Speedify VPN, sahabat arena akan merasakan kenyamanan dalam mengunduh dan mengunggah file yang kencang secara private. Jadi, buat sahabat arena yang memiliki banyak kunjungan akses ke berbagai koneksi Speedify jadi pilihan yang sangat tepat.

Ditambah dengan kinerja yang baik mendukung aktivitas online sahabat arena yang menghubungkan dua koneksi sekaligus (Wi-fi dan seluler). Sementara untuk proteksi dan privasi online, Speedify didukung dengan protokol enkripsi 256-bit dan menerapkan kebijakan tanpa pencatatan informasi apapun. Tampilan antarmukanya pun cukup sederhana yang memudahkan sahabat arena mengopersikannya, walaupun terdapat sedikit pengaturan.

Speedify VPN ini bisa sahabat arena dapatkan dengan mengunduh aplikasinya disini. Jadi Speedify sangat ramah untuk beragam perangkat, seperti Android, IOS, hingga MacOS.

Bagaimana?…

Bagaimana sahabat arena? apakah sudah dapat memutuskan VPN mana yang paling cepat untuk dipilih? Jika melihat dari ulasan di atas, semua layanan VPN memiliki keunggulannya masing-masing. Balik lagi, semua itu tergantung dari tujuan sahabat arena sendiri.

Jika diminta menjawab VPN mana yang paling cepat dari semuanya, maka pilihan bagus adalah ExpressVPN. Sebab ExpressVPN menawarkan dua kali lebih cepat dan kinerja yang mumpuni dari sebagian besar VPN lainnya.

ArenaLaptop Editor