Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo Dibanding Laptop Lain

Siapa yang tidak mengenal Lenovo? Brand elektronik yang satu ini pastinya sudah sangat familiar bagi sahabat arena semua. Terutama buat yang up to date terhadap perkembangan gadget, Lenovo terus menghadirkan produk-produk canggihnya. Merek yang berasal dari China ini memang tengah naik daun sejak 2008 lalu yang berhasil menduduki peringkat delapan dunia sebagai produsen PC terbaik. Di pasar Indonesia sendiri, produk laptop Lenovo cukup populer, khususnya di kalangan pelajar dan pekerja kantoran. Tak ada salahnya jika sahabat arena sedang mencari laptop, merek Lenovo bisa layak untuk dipertimbangkan. Untuk menjawab kebutuhan konsumen, Lenovo terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur terbaik dengan harga yang bersaing. Nah, untuk meyakinkan sahabat arena semua disini akan dibahas mengenai kelebihan dan kekurangan laptop Lenovo. Jadi simak baik-baik ya!

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Lenovo

Sejarah Singkat Laptop Lenovo

Sebelum kita masuk ke pembahasan kelebihan dan kekurangan laptop Lenovo, ada baiknya mengenal sedikit sejarah dari merek dagang ini. Lenovo sendiri bukanlah nama pertama yang dipakai perusahaan komputer tersebut. Dulunya perusahaan ini bernama Legend atau dalam bahasa China disebut Lianxiang. Berdiri pada tahun 1984 oleh seseorang bernama Liu Chuanzi bersama sepuluh orang lainnya dengan modal yang sangat kecil.

Markas Awal-nya di Ruang Satpam

Jika Apple dahulu memiliki tempat produksi di sebuah garasi mobil, perusahaan yang bernama Legend saat itu bermarkas di ruang satpam yang dari luasnya tentu lebih kecil. Lambat laun produk-produk komputer yang mereka buat makin dikenal di daerah Cina. Namanya semakin besar sejak negara Cina bergabung ke dalam Organisasi Perdagangan Dunia. Pada saat itulah nama Legend dirubah menjadi Lenovo.

Sukses Mengambil Alih Perusahaan PC Terbesar di Amerika

Ternyata perubahan nama ini membawa keberuntungan sendiri buat perusahaan.Pada tahun 2004 merupakan merupakan momen penting buat Lenovo yang sekaligus jadi tonggak sejarah brand tersebut di mata internasional. Di tahun yang sama Lenovo mengumumkan akan mengambil alih perusahaan dari Amerika Serikat, IBM. Nama IBM sendiri merupakan produsen PC yang memonopoli pasar Amerika. Lenovo berharap tujuannya itu bisa melebarkan sayapnya di Amerika dan Eropa. Hal itu dilakukan demi mengejar ambisinya menjadi produsen PC terbesar ketiga dunia. Barulah di tahun 2005 tepatnya tanggal 1 Mei, Lenovo sukses mengambil alih divisi PC IBM. Apa yang dilakukan Lenovo ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan.

Nah, itu dia tadi sedikit cerita tentang sejarah dan prestasi yang diraih Lenovo. Agar makin mantab memilih, ketahui dulu kelebihan dan kekurangan laptop Lenovo.

Keungulan Laptop Lenovo Dibanding Laptop Lain

Alasan kenapa harus tahu kelebihan dan kekurangan laptop Lenovo karena sebagai bahan pertimbangan, sahabat arena dapat menentukan sendiri apakah layak atau tidak untuk dibeli. Namun, memang merek laptop yang satu ini harus masuk list pencarian sahabat arena. Untuk itu mari kita bahas dulu kelebihan dari laptop Lenovo ini agar sahabat arena lebih yakin lagi.

Harga Relatif Bersaing dan Terjangkau Serta Brand Terpercaya

Harga Laptop Lenovo Relatif Bersaing dan Terjangkau

Bagi mahasiswa laptop Lenovo akan sangat cocok untuk mengisi kegiatan belajar. Terutama buat seri Ideapad, biasanya dibanderol cukup murah dan memiliki spesifikasi yang tangguh.

Ideapad ini merupakan laptop harga bersahabat yang memiliki performa tinggi. Tidak hanya itu, sahabat arena yang juga mementingkan kualitas dari monitor, sound system dengan spek bagus bisa memilih seri Ideapad.

Merek dagang ini tentunya sudah terpercaya dan berpengalaman dalam menciptakan produk laptop selama puluhan tahun. Kesuksesannya dalam mengambil alih divisi PC IBM jadi bukti kuat brand yang satu ini punya kualitas terbaik pada produknya.

Memiliki Ketahanan dan Daya Listrik Baterainya Tangguh

Ketahanan Baterai Laptop Lenovo

Kelebihan Lenovo lainnya adalah memiliki sistem kelistrikan yang sangat baik. Bisa dibuktikan dari ketahanan baterainya yang tahan lama dan konsisten. Buat pekerja yang punya mobilitas tinggi hal ini akan sangat berguna dan bisa diandalkan tanpa perlu khawatir dan repot mencari-cari colokan listrik. Pastinya solusi terbaik buat sahabat arena yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan.

Ada lagi keunggulan laptop Lenovo yang jangan sampai dilewatkan, yakni kemampuannya dalam mempertahankan fully battery pada saat menjalankan game berat dalam keadaan charging. Kelebihan Lenovo yang satu ini pastinya sangat jarang ditemui pada merek laptop lainnya.

Pada Seri Thinkpad Tahan Air dan Banting

Laptop Lenovo Thinkpad Tahan Air dan Tahan Banting

Lenovo memiliki seri yang ditujukan untuk segmen kelas menengah dengan dukungan fitur canggih dan spesifikasi mumpuni bernama Thinkpad. Seri Thinkpad ini sangat cocok buat keperluan bisnis yang menawarkan ketahanan serta operasional tinggi. Apalagi sudah dibekali dengan fitur keamanan berupa autentikasi sidik jari dan dijual cukup terjangkau. Selain itu seri Thinkpad ini memiliki kelebihan yang tahan air dan tahan banting. Membuatnya aman dari percikan air ataupun terkena tumpahan air minum.

Kualitas Sound Mantap dan Sistem Pendinginnya Tidak Berisik

Kualitas Sound Laprop Lenovo Mantap

Buat para pecinta game dan film, laptop Lenovo menawarkan kualitas suara yang sangat baik. Itu karena Lenovo telah menyematkan teknologi audio Dolby Digital ke dalamnya untuk menghasilkan suara yang sangat jernih dan bulat meski dalam volume kencang

Lenovo juga memiliki sistem pendingin yang bagus yang sangat minim noise dari putaran kipasnya. Tentu hal ini akan membuat nyaman penggunanya yang tidak akan mengeluarkan suara bising dari kipasnya.

Kelemahan Laptop Lenovo Dibanding Laptop Lain

Kendati Lenovo menawarkan sejumlah kelebihan yang dimilikinya, namun yang namanya perangkat elektronik pasti mempunyai kekurangan. Apa saja kekurangan dari laptop Lenovo itu? Simak dibawah ini:

Service Center-nya Tidak Merata di Indonesia

Service Center Lenovo Tidak Merata di Indonesia

Kekurangan yang satu ini jadi pertimbangan besar pastinya, yaitu service center yang tidak tersebar luas di Indonesia. Sudah pasti konsumen akan kesulitan jika laptop mengalami kerusakan. Selain itu konsumen pun akan kesulitan mendapat garansi secara langsung di beberapa daerah.

Pada Beberapa Tipe, Casing Bodinya Kurang Solid

Casing Bodi Laptop Lenovo Kurang Solid

Lenovo sudah mengeluarkan banyak variasi produk di pasaran. Dengan banyaknya seri yang sudah dirilis Lenovo, pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi ada satu hal yang cukup mengecewakan, yakni casing bodinya yang kurang solid atau terkesan ringkih pada tipe tipe tertentu. Sangat tidak nyaman apabila dibawa bepergian karena dikhawatirkan layarnya tidak kuat terhadap tekanan dari barang-barang lain saat dijinjing dalam tas.

Itu dia…

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan laptop Lenovo yang bisa sahabat arena renungkan baik-baik. Memang sangat sulit dalam mencari laptop yang benar-benar pas sesuai dengan keinginan. Karena semua merek laptop punya kekuatannya masing-masing. Namun yang pasti, sahabat arena harus lebih teliti dalam melihat keunggulan, kekurangan serta spesifikasi yang ada di dalamnya.

Kelebihan dan kekurangan laptop Lenovo yang disebutkan di atas memang tidak bisa menggambarkan keseluruhan dari kualitasnya. Akan tetapi laptop Lenovo masih layak untuk dibeli karena spesifikasi dan mutunya yang terjamin. Mudah-mudahan informasi di atas dapat menambah pengetahuan sahabat arena akan kelebihan kekurangan laptop Lenovo.

ArenaLaptop Editor