Cara Menghentikan Aplikasi yang Sedang Berjalan di Laptop

Cara Menghentikan Aplikasi yang Sedang Berjalan di Laptop

Sebagai pengguna laptop tentunya kita pernah mengalami laptop yang tiba-tiba hang. Hal ini tentu saja menjadi sangat menghambat aktivitas kerja, apalagi jika sedang dikejar deadline. Laptop yang tiba-tiba hang ketika menjalankan sebuah aplikasi bisa terjadi pada laptop dengan sistem operasi apa saja. Lalu apa penyebab laptop tiba-tiba hang dan tidak merespon? Simak penjelasnnya berikut ini. Dan tentunya simak juga Cara Menghentikan Aplikasi yang Sedang Berjalan di Laptop yang akan kita bahas dengan sangat terperinci dan jelas.

Penyebab Laptop Tiba-Tiba Hang Dan Tidak Merespon

  1. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall di laptop

Penyebab laptop tiba-tiba hang yang pertama adalah terlalu banyak aplikasi yang terinstall di laptop Anda. Hal ini disebabkan setiap aplikasi akan menggunakan kapasitas RAM agar dapat berjalan. Oleh karena itu, jika di laptop Anda banyak terinstall aplikasi namun tidak didukung dengan kapasitas RAM yang memadai, tentu saja kinerja laptop Anda akan terasa berat. Dan akhirnya laptop Anda tidak merespon. Nah, sekarang coba periksa apakah di laptop Anda banyak aplikasi yang terinstall. Jika iya, kemungkinan laptop Anda hang bisa disebabkan oleh hal ini.

  1. Terlalu banyak startup program yang berjalan

Hal ini berkaitan dengan banyaknya aplikasi yang terinstall pada laptop. Sebab, semakin banyak aplikasi yang terinstall, semakin banyak pula aplikasi atau program yang akan berjalan ketika laptop pertama kali dihidupkan. Oleh karena itu, lebih selektif lagi dalam memlih aplikasi apa saja untuk diinstall pada laptop Anda. Anda juga bisa menghapus aplikasi yang dirasa tidak begitu penting.

  1. Kekurangan memori

Penyebab lainnya laptop menjadi hang atau ‘lag’ adalah minimnya kapasitas RAM yang disediakan laptop. Nah, untuk itu coba cek kapasitas memori pada laptop Anda. Jika dirasa kapasitas memori yang terpasang kurang, Anda bisa mengupgrade memori tersebut.

  1. Masalah pada penyimpanan harddisk

Harddisk merupakan salah satu komponen terpenting yang ada di laptop. Komponen ini dapat mengalami masalah jika kurang adanya perawatan. Masalah laptop hang yang disebabkan harddisk yang bermasalah dapat terjadi karena hard disk kekurangan ruang penyimpanan dan harddisk error/bad sector. Untuk mengatasi masalah pada harddisk, salah satunya bisa dilakukan dengan mengupgrade kapasitas harddisk dengan mengganti atau menambah harddisk.

  1. Masalah hardware overheat

Hardware overheat bisa terjadi sewaktu-waktu, baik itu pada vga card, harddisk, maupun CPU. Hal ini akan menimbulkan kinerja laptop menurun dan akhirnya membuat laptop menjadi hang dan tidak merespon.

Nah, setelah mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab laptop tiba-tiba hang, kita juga perlu mengetahui cara untuk mengatasi masalah tersebut. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah laptop yang tiba-tiba hang, salah satunya dengan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan secara paksa. Ada empat cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Langsung saja, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghentikan Aplikasi yang Sedang Berjalan di Laptop, dengan Cara Halus Sampai Paksa

Cara 1 : Melalui Task Manager

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di laptop adalah melalui Task Manager. Cara ini memang sering digunakan oleh banyak pengguna laptop dengan sistem operasi Windows. Task Manager merupakan aplikasi bawaan Windows. Aplikasi tersebut berfungsi untuk memonitor berbagai aplikasi yang sedang berjalan. Menghentikan aplikasi berjalan dengan Task Manager ini masih bisa dikategorikan cara yang cukup halus.

Untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan melalui Task Manager, langkah pertama Anda harus membuka Task Manager dengan cara menekan tombol Ctr + Alt + Del pada keyboard secara bersamaan. Selain itu, Anda juga bisa membuka Task Manager dengan klik kanan pada Taskbar. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 1

Setelah itu, pilih Task Manager. Kemudian Anda bisa melihat program atau aplikasi yang sedang berjalan seperti pada gambar dibawah.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 2

Untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, Anda bisa klik kanan pada aplikasi yang ingin dihentikan dan pilih End Task (seperti pada gambar dibawah). Setelah itu, aplikasi tersebut akan berhenti secara otomatis.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 3

Cara 2 : Melalui Command Prompt

Selain melalui Task Manager, Anda juga bisa menghentikan aplikasi yang sedang berjalan melalui Command Prompt. Seperti halnya Task Manager, Command Prompt juga merupakan salah satu aplikasi bawaan Windows. Dengan begitu, Anda tidak perlu menginstall terlebih dahulu Command Prompt agar dapat menggunakannya. Aplikasi ini berfungsi untuk menuliskan berbagai baris perintah untuk menjalankan sesuatu. Melalui aplikasi ini, Anda bisa menghapus, menjelajahi, hingga mengubah struktur file dan tentu masih banyak lagi. Memang jika kita perhatikan, cara yang ke dua atau melalui Command Prompt ini bisa dikatakan sebagai cara dengan kategori cukup memaksa.

Melalui Command Prompt ini, Anda bisa menghentikan aplikasi yang sedang berjalan dengan cara, Pertama-tama buka aplikasi Command Prompt. Command Prompt ini dapat diakses dengan menekan tombol Windows + R.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 4

Setelah itu akan muncul jendela Run, lalu ketik cmd (seperti gambar diatas). Maka akan muncul aplikasi Command Prompt seperti gambar berikut ini.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 5

Pada aplikasi Command Prompt, ketik tasklist untuk mengetahui berbagai program yang sedang berjalan di laptop Anda.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 6

Setelah itu, tekan Enter dan akan muncul seperti gambar di bawah ini.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 7

Untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, Anda bisa menggunakan perintah taskkill /im [nama program]. Misalnya, Anda ingin menghentikan aplikasi paint, Anda bisa menuliskan perintah pada Command Prompt yaitu taskkill /im mspaint.exe seperti yang terlihat pada gambar berikut ini. Lalu klik Enter.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 8

Setelah itu, Anda akan menerima Reply yang bertuliskan Succes yang menandakan aplikasi tersebut berhasil dihentikan seperti pada gambar dibawah.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 9

Cara 3 : Melalui Windows PowerShell

Menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di laptop juga bisa dilakukan melalui Windows PowerShell, pada dasarnya cara ini bisa dikategorikan seperti cara ke 2 yang cukup memaksa. Seperti halnya mengakses Command Prompt, untuk mengakses Windows PowerShell juga dilakukan dengan membuka jendel Run terlebih dahulu dengan menekan tombol Windows + R.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 10

Setelah jendela Run terbuka, selanjutnya ketik powershell dan klik OK atau Enter setelahnya. Lalu akan muncul jendela Windows PowerShell seperti gambar berikut ini.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 11

Ketikkan get-process untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Lalu klik Enter.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 12

Untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan, Anda bisa ketikkan kill –processname [nama aplikasi]. Misalnya, Anda ingi menghentikan aplikasi Google Chrome, jadi perintahnya yaitu kill –processname chrome. Setelah itu tekan Enter.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 13

Selain menggunakan perintah tersebut, menghentikan aplikasi yang sedang berjalan melalui Windows PowerShell juga bisa dilakukan dengan perintah stop-process [nama-program]. Lalu tekan Enter. Setelah itu, program atau aplikasi tersebut akan berhenti secara otomatis.

Menghentikan Aplikasi di Laptop 14

Cara 4 : Menggunakan Perintah Keyboard

Selain melalui Task Manager, Command Prompt dan Windows PowerShell, menghentikan aplikasi yang sedang berjalan juga bisa dilakukan dengan menggunakan perintah keyboard. Caranya yaitu dengan menekan tombol ALT + F4 secara bersamaan.

Setelah itu, aplikasi yang sedang Anda jalankan akan berhenti secara otomatis. Cara ini cukup efektif untuk menghentikan game yang sedang berjalan, terlebih saat bermain game dan tiba-tiba error.

Nah, itu dia empat cara yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di laptop. Cara tersebut tentunya cukup mudah untuk dilakukan dan bisa Anda terapkan untuk mengatasi aplikasi yang tiba-tiba tidak merespon atau hang. Semoga keempat cara yang telah dipaparkan di atas dapat menyelesaikan permasalahan pada laptop Anda, khususnya mengenai aplikasi atau program yang tiba-tiba hang.

ArenaLaptop Editor