Mana Yang Lebih Baik, VPN Atau HTTPS? Berikut Ini Pembahasannya

Jika sahabat arena bertanya mana yang paling terbaik, apakah VPN atau HTTPS? Mungkin pertanyaan yang seperti ini, sahabat arena bisa melihat jawabannya melalui pembahasan yang ada dibawah. Karena pembahasan ini merupakan hal yang paling penting bagi sahabat arena yang bertanya mengenai hal tersebut. Langsung saja simak ulasan yang berikut ini.

VPN Atau HTTPS

Apa Itu VPN?

VPN atau Virtual Private Network merupakan salah satu layanan yang bisa digunakan untuk melindungi identitas ataupun privasi online dari setiap pengguna. Maksudnya perlindungan yang akan dilindungi oleh VPN bagi pengguna, seperti kita sedang menelusuri sebuah website yang mengandung konten negatif atau buruk. Bahkan pada layanan VPN terdapat kebebasan saat berinternet, jadi semua kegiatan online, seperti browsing dan streaming dengan konten yang dibatasi oleh ISP bisa dibuka oleh VPN.

Perlu diperhatikan ketika sahabat arena ingin menggunakan VPN, lebih baik mengenal VPN yang akan dipilih oleh sahabat arena. Jangan sampai sahabat arena salah memilih VPN. Karena dalam layanan VPN, ada dua versi yang berbeda dimana VPN berversi gratis dan ada juga versi premium. Namun tetap saja yang akan lebih unggul adalah layanan dengan versi premium daripada layanan gratis. Apabila sahabat arena ingin mendapatkan perlindungan yang maksimal dari VPN tersebut, alangkah baiknya sahabat arena menggunakan VPN dengan layanan yang premium.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Pada dasarnya sahabat arena harus mengunduh aplikasi VPN terbaik di tempat yang terpercaya. Kemudian instal pada sebuah perangkat sahabat arena serta mengaktifkan VPN tersebut dengan memilih server negara yang sesuai keinginan sahabat arena. Pada saat sahabat arena telah melakukannya, maka VPN akan bekerja dimana ia dapat membuat terowongan yang dapat mengenkripsi antara perangkat dengan servernya. Ini berarti tidak ada yang bisa memantau jalannya lalu lintas ataupun data dari sahabat arena yang terjadi pada perangkat serta server VPN.

Selain itu, VPN bisa menyembunyikan alamat IP yang asli dari sahabat arena. Ini terjadi pada saat sahabat arena telah terhubung pada server VPN. Sehingga mereka dapat menggantikan alamat IP yang asli dengan IP yang palsu atau samaran. Dengan demikian website apapun yang dikunjungi oleh sahabat arena, website tersebut tidak bisa mengetahui alamat IP yang asli dari sahabat arena. Bahkan pengawasan dari pemerintah serta peretas dan pencatatan apapun terhadap alamat IP sahabat arena tidak akan bisa menembus keamanan VPN, sehingga hilang atau bocor.

Dikarenakan alamat IP sahabat arena itu sangat penting untuk kita jaga, kenapa? Karena alamat IP itu berisikan tentang informasi yang sensitif, seperti;

  • Negara mana sahabat arena berasal
  • Kota mana sahabat arena berasal
  • Siapa yang menjadi ISP sahabat arena.

Apa Itu HTTPS?

Apa Itu HTTPS

HTTPS merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure dimana ini dapat memberikan sebuah keamanan yang besar pada website serta server website. Dengan adanya HTTPS, maka ini dapat mencegah ancaman dari manipulasi DNS, Man In The Middle dan upaya dari phishing dengan mengeksploitasi agar data setiap pengguna akan bermasalah.

Selain itu,  HTTPS juga bisa membuktikan kalau website yang sahabat arena kunjungi merupakan website secara sah atau website asli bukan asal-asalan. HTTPS salah satu penerus dari HTTP dimana HTTP sudah tidak menjadi aman untuk waktu yang sekarang.

Bagaimana Cara Kerja HTTPS?

HTTPS sebagai protokol komunikasi yang bisa mengirimkan kode, dimana ini dapat membuat website dengan server web akan menghosting pada perangkat yang mentransfer permintaan koneksi. Jadi cara kerjanya sebagai aturan yang bisa menentukan bagian-bagian jaringan mana untuk berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.

Namun perlu diingatkan kalau hal tersebut hanya bergantung disalah satu enkripsi asimetris. Dengan menggunakan sebuah kunci kriptografi yang secara publik maupun pribadi. Dengan begitu, ini bisa menutupi setiap data yang telah dibagikan pada perangkat sahabat arena dan website yang diakses oleh sahabat arena. Bahkan, mereka juga memastikan data yang akan diterima oleh sebuah server website serta HTTPS tidak bisa diganti dengan cara apapun itu.

Jadi, Mana Yang Lebih Baik, VPN Atau HTTPS?

Apakah sahabat arena masih bingung untuk memikirkan hal yang paling terbaik antara VPN atau HTTPS? Bagi sahabat arena yang ingin mencari tahu hal-hal yang terbaik dari VPN atau HTTPS, langsung saja simak ulasannya yang berikut ini.

  • VPN bisa menyembunyikan sebuah lokasi geografis sahabat arena secara online, serta bisa membantu sahabat arena untuk melewati sensor online. Sedangkan HTTPS tidak bisa melakukan hal seperti itu.
  • VPN atau HTTPS sama-sama mampu mengamankan pengiriman data sahabat arena dengan server. Namun VPN hanya bisa mengamankan data sahabat arena pada saat berinternet. Sedangkan HTTPS hanya bisa mengamankan data sahabat arena ketika mengakses ke website yang diakses oleh sahabat arena.
  • Tak sama seperti VPN, dimana sahabat arena tidak bisa mengontrol secara langsung pada HTTPS. Karena ini ditangani oleh pemilik dari website itu sendiri.

Jika dilihat keseluruhan HTTPS merupakan sebuah protokol komunikasi yang aman. Sementara VPN merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat melindungi privasi sahabat arena ketika berinternet. VPN atau HTTPS merupakan dua hal yang berbeda dan memiliki perbedaan pada cara untuk mencapai tujuan. Perlu diingatkan ketika menggunakan satu metode ini bukan berarti hal yang lain tidak efektif.

Pada saat sahabat arena menggunakan VPN dan berada di website HTTPS, ini akan membuat perangkat sahabat arena menjadi jauh lebih aman. Dimana sahabat arena akan mendapatkan perlindungan yang sangat kuat. Dengan begitu ada kemungkinan besar ini bisa membuat data dari sahabat arena menjadi lebih terasa aman.

Kesimpulan

Jika disimpulkan dari pembahasan yang ada diatas, VPN atau HTTPS memiliki kesamaan dan juga perbedaan. Dimana kesamaan serta perbedaannya dari VPN dengan HTTPS bisa dilihat dari kemampuan untuk melindungi data-data pengguna. Namun memiliki cara yang berbeda untuk mencapai sebuah tujuan dari VPN atau HTTPS. Seperti yang sudah arena laptop katakan kalau VPN atau HTTPS digabungkan maka ini akan mendapatkan perlindungan yang ekstra.

Apabila sahabat arena ingin memiliki VPN, arena laptop sarankan bagi sahabat arena agar tidak bermasalah ketika ingin memilih VPN. Sahabat arena harus mengetahui kalau VPN tersebut sangat aman untuk digunakan atau tidak. Dikarenakan dalam layanan VPN memiliki dua versi, seperti premium dan juga gratis. Namun tetap saja VPN dengan versi premium yang akan menjadi lebih unggul daripada yang versi gratis. Jika ingin mendapatkan sebuah perlindungan yang maksimal, tentu saja sahabat arena bisa menggunakan layanan VPN premium.

ExpressVPN

Untuk sahabat arena yang mencari VPN premium dengan kemampuan yang paling terbaik, maka arena laptop sarankan untuk menggunakan ExpressVPN atau NordVPN. Mungkin ada yang bertanya, kenapa harus menggunakan kedua layanan VPN itu? Ini dikarenakan dalam kedua layanan tersebut memiliki pengalaman yang sudah dipercayai oleh para pengguna. Jadi sahabat arena tak perlu ragu lagi dengan kedua layanan VPN tersebut.

ArenaLaptop Editor