Cara Mudah Menghapus Virus .exe dan .pif

ARENALAPTOP.COM — Informasi tips menghapus Virus .exe dan .pif. Di artikel sebelumya saya sudah membahas sedikit mengenai tips mengamankan komputer dari virus. Baca : (Tips Mudah Mengamankan Komputer dari Virus) Nah, untuk postingan kali ini masih dengan topik yang sama yaitu seputar virus komputer juga. Seperti yang kita ketahui bahwa apabila komputer kita sudah terjangkit virus maka virus – virus tersebut bisa dihapus menggunakan antivirus atau kalau sudah mentok, bisa juga dengan install ulang sistem operasi. Tetapi ada jenis virus yang boleh dibilang cukup membuat saya jengkel untuk menghadapinya. Tidak seperti virus yang pernah menjangkiti komputer saya seperti malware, trojan, ataupun worm yang masih bisa ditangani dengan antivirus. Virus yang satu ini bisa dibilang kebal antivirus, gak tau juga makan apa itu virus, sampai bisa kebal gitu, haha :D. Virus tersebut adalah jenis virus yang memiliki extensi .exe dan .pif.

Virus dengan extensi .exe dan .pif ini jika dihapus secara manual memang dapat hilang, tetapi di lain waktu dapat muncul lagi di komputer kita. Selanjutnya karena sudah cukup kewalahan dan gak mau repot – repot lagi, kemudian saya putuskan untuk install ulang komputer saya, saya pikir dengan begitu komputer akan bersih seperti baru lagi. Memang setelah install ulang komputer masih aman – aman saja, tetapi selang beberapa waktu virus yang sama muncul lagi, yaitu virus dengan ekstensi .exe dan .pif. Maka dari itu virus jenis ini bisa dibilang cukup bandel dan merepotkan, dan memerluhkan penanganan khusus.Akhirnya saya coba untuk googling untuk cari solusinya. Setelah beberapa lama keluar masuk situs yang berbeda, akhirnya saya menemukan solusi yang cocok.

Sebelum masuk ke solusi atau cara menganggulangi virus tersebut. Ada baiknya untuk kita tahu seperti apa sebenarnya virus dengan ekstensi .exe dan .pif itu. Virus ini digerakkan oleh sebuah file yang bernama autorun.inf dimana didalam file autorun.inf itu sendiri dituliskan script yang memerintahkan menciptakan file berestensi .exe dan .pif serta meletakkan file – file tersebut ke setiap drive yang ada pada komputer kita. Misalnya pada komputer kita ada drive C, D, dan E, maka file tersebut akan ditempatkan ke semua drive tadi. Jadi apabila kita mencoba menghapus file virus yang mempunyai ekstensi .exe dan .pif berulang – ulang sekalipun maka hasilnya akan sama saja, karena file tersebut bukan merupakan master virusnya. Disini master virus yang sebenarnya adalah file autorun.inf tersebut. Sekarang kita sudah tahu bilang keladi masalahnya, selanjutnya tinggal melakukan penangannya saja.

Cara Menghapus Virus .exe dan .pf

    1. Buka Notepad dan ketikkan code dibawah ini

    Yang dibutuhkan disini hanyalah notepad yang akan disisipi beberapa baris script saja. Pasti sudah punya semua kan notepad di komputer masing – masing. Selanjutnya adalah buka notepad dan ketikkan script dibawah ini :

    attrib -r -a -s -h autorun. inf
    erase autorun. inf
    copy remove. inf autorun. inf
    attrib +r +a +s +h autorun. inf

      1. Save Notepad tersebut dengan ekstensi .bat

      Setelah mengetikkan script tersebut kemudian SaveAs dan ganti SaveAs typenya menjadi All File lalu simpan dengan sembarang nama tetapi exstensinya harus .bat misalnya kita beri nama hapus.bat. Selanjutnya adalah buka notepad lain lagi kemudian berikan isi, isinya boleh bebas, tetapi kali ini saya isi dengan kata “remove”. Setelah itu SaveAs file tersebut dan ganti SaveAs typenya menjadi All File kemudian beri nama remove. Sekarang kita sudah punya dua file yaitu hapus.bat dan remove.inf.

        1. Jalankan file .bat tersebut

        Sebelum lanjut ke langkah sebelumnya, pastikan terlebih dahulu system restore komputer kita dalam keadaan mati, dan juga aktifkan pilihan show hidden file pada menu Folder Options di Control Panel, untuk melihat file master virus autorun.inf tersebut, karena file virus ini otomatis menghidden dirinya sendiri supaya tidak terlihat oleh kita. Jadi untuk melihat file tersebut ada atau tidaknya perlu mengaktifkan pilihan show hidden file. Langkah selanjutnya copy file hapus.bat dan remove.inf tadi ke tiap drive yang ada di komputer kita. Setelah itu jalankan file hapus.bat dengan cara klik dua kali. Lakukan langkah ini berulang – ulang untuk memastikan bahwa langkah ini berhasil.

        BACA  Cara Uninstall Software Sampai Tuntas Hingga Akar

        Apabila sukses, maka file autorun.inf yang tadinya berisi script untuk membuat dan memanggil virus dengan ekstensi .exe dan .pif akan berganti dengan isi catatan pada file remove.inf yang telah kita buat. Sehingga file autorun.inf tersebut tidak bisa lagi memanggil file virusnya lagi. Dan untuk keamanan sebaiknya biarkan saja file hapus.bat dan remove.inf tetap berada di komputer anda. Sekian artikel untuk kali ini yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi yang menemukan masalah serupa. Jangan lupa berkunjung lagi ke Arena Laptop, sampai ketemu lagi :D.

        Riko Rahmanto

        Saya misterius.

        Kasih komentar gan